................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Wednesday, January 21, 2015

Tips Cara Memilih Ustad Dalam Kegiatan Acara

Kegiatan Acara Maulid Nabi Muhammad
Kegiatan Acara Maulid Nabi Muhammad
Salam blogger. Kegiatan Acara Maulid Nabi Muhammad - Beberapa hari yang lalu saya dan jama'ah masjid baitul muttaqin mengadakan acara peringatan maulid nabi Muhammad S.A.W. Berbagai macam persiapan sudah di lakukan oleh semua panitia, Mulai dari perkumpulan dana donatur, sampai ke fasilitas-fasilitas lainnya. Acara maulid awal mulanya berjalan lancar, akan tetapi di puncak acara, Kami bingung setengah mati, karena yang akan mengisi Tausiah Agama masih belum datang juga, dan akhirnya saya beserta panitia lainnya memilih alternatif lain, untuk mencari seseorang buat mengisi caramah agama.

Sebelumnya saya sudah pernah buat: Proposal Maulid Nabi Muhammad 1436 H

Alhamdulilah dalam hal pendanaan, kami sebagai panitia bersyukur, karena mendapatkan dana lebih  dari para donatur.
Rencana anggaran sebesar Rp 7.200.000
Hasil proposal sebesar Rp 9.200.000
Sisa saldo sebesar Rp 2.000.000
Insyaallah saldo lebih tersebut rencananya untuk membeli alat musik marawis.

Kecewa Dengan Pak Ustadz
Ustad Nur Fadillah Yusuf alias Ustad Tile
Ustad Nur Fadillah Yusuf alias Ustad Tile
Saya sedikit kecewa dengan pak ustad KH. Nur Fadillah Yusuf alias ustad Tile. Karena beliau tidak menepati janjinya. Padahal Acara Peringatan maulid sudah dimulai, namun Tidak ada satu pun kabar dari ustad Tile kalau beliau akan hadir, Kami Panitia berusaha menghubungi beliau, Namun handphone ustad Tile dibiarkan begitu saja, di telpon tidak pernah di angkat. Kepercayaan mulai luntur, saat tidak hadirnya ustad Tile yang rencananya akan tampil untuk mengisi acara ceramah agama di masjid baittul muttaqin. Ustad tile seperti kurang profesional. karena beliau tidak menghubungi kami kalau dirinya tidak bisa hadir, kami sebagai panitia sedikit kecewa. Padahal beliau yang membuat Hari/jadwal untuk tampil. dan kami sebagai panitia sudah menyiapkan Sound sistem yang bagus sebagai fasilitas yang diminta ustad Tile. uang muka atau DP sudah diberikan sebagai bukti kalau kami serius dalam mengundang ustad tile untuk mengisi acara.
Para tamu undangan di dominasi oleh kaum ibu-ibu, Karena hajat ini memang digabung oleh acara ibu-ibu dari Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Rawalumbu dan Pengasinan, Bekasi Timur.

Jama'ah sudah terlanjur banyak yang datang, hanya untuk mendengarkan ceramah agama ustad tile, namun ustad Tile tidak hadir ditengah-tengah acara kami. Mau tidak mau, Acara harus segera dilaksanakan. Untungnya ada pengganti ustad tile, yaitu warga kami yang pandai dalam ceramah. warga pun antusias mendengarkan ceramah agama, walaupun merasa sedikit kecewa dengan ketidak hadiran Ustad Tile.

Tips Cara Memilih Ustad untuk Mengisi kegiatan Acara Ceramah
1. Kalau bisa jangan mencari ustad yang sudah terikat kontrak dengan manajemen
karena biasanya ustad atau ustazah yang sudah terikat dengan manajemen memiliki jam terbang yang padat dan tarifnya juga lumayan besar (mahal).

2. Jangan membuat perjanjian melalui Handphone
saya sudah berpengalaman dengan beberapa ustad untuk mengisi acara ceramah, Kalau bisa jangan membuat janji melalui handphone, karena setiap manusia memiliki pandangan berbeda, biasanya  kalau kita membuat janji melalui handphone, hanya dipandang setengah-setengah atau bisa dibilang tidak serius. kalau bisa di datangi langsung kerumah ustadnya.

3. Jangan membayar uang sebelum acara dimulai
yang selalu dilakukan oleh para penceramah, biasanya  harus membayar DP atau uang muka untuk memakai jasa ustad, Sebenarnya cara tersebut mendahulukan kehendak allah.dan bisa dibilang ustad ini hanya mementingkan materi bukan untuk berdakwah. belum tentu ustadnya datang.

4. Mempunyai Kenalan Dekat dengan Ustad
Mempunyai kenalan dekat dengan ustad lebih memudahkan kita untuk menghubungi ustad. karena para ustad akan memilih hadir kalau diundang oleh teman dekatnya.

5. Pak Ustad nya harus dijemput 
Kalau bisa pak ustadnya harus dijemput atau harus ada yang mewakili/mendampingi ustad dalam perjalannya. Kalo tidak dijemput, Sesuai pengalaman pribadi takutnya ustad atau penceramahnya bisa memutuskan ketidak hadiran secara sepihak.

Buat anda yang akan mengundang ustad untuk mengisi acara di berbagai macam kegiatan, seperti hajatan pernikahan, hajatan sunatan, peringatan hari besar maulid nabi, isra mi'raj, ceramah ramadhan, dan lain sebagainya. di sarankan untuk mencoba tips diatas. Semoga tips berdasarkan pengalaman saya, bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mengundang ustad.

Catatan: manusia memiliki keterbatasan, hanya allah yang berkehendak, Barang siapa yang berbuat janji, maka tepatilah janji tersebut, Apabila janji tersebut tidak ditepati maka dia termasuk kedalam orang munafik.

70 komentar:

  1. Kegiatan rohaniah islam tidak lepas dari sebuah perencanaan yang matang ya mas? Mulai dari perencanaan melalui proposal sampai pada kiat dan trik sehingga sukses. Ternyta hal itu sudah mas Fazri buktikan melalui kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW...Terima kasih sudah berbagi, mas Fazri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan ternyata hasilnya masih juga meleset

      Delete
    2. @uda.bener sekali, saya dan teman teman panitia sudah mempersiapkan acara secara matang, Tapi pas hari H. pak ustadnya tidak datang, tanpa alasan, padahal beliau sudah janji, seminggu sebelum acara, untuk datang. namun kenyataanya berkehendak lain... Pak ustadnya tidak datang...

      @mang yanto. Iya hasilnya melenceng. Tapi acara tetap berjalan dengan lancar kok mang...

      Delete
    3. bukan mengenaskan lagi, tapi grutu-grutu terus..

      Delete
  2. gimana sekarang udah ada konfirmasi dari ustadz tersebut nggak mas?
    berapa sih uang yg mesti kita berikan untuk mengundang penceramah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acara sudah terlanjur selesai mang, sampai sekarang belum ada konfirmasi dari ustadnya. kalau menurut proposal buget untuk penceramah sekitar 2,5 jt, dan panitia baru bayar DP sebesar 500rb...

      Delete
    2. 500 ribu juga lumayan banyak dong, sekarang sih iklas aja biar jadi berkah uang 500 ribu nya

      Delete
    3. iya lumayan 500 rb, Tapi udah diikhlaskan kok mba, buat pembelajaran aja untuk kedepannya :)

      Delete
    4. o ustadz lokal tomas,maksudnya nggak jauh rumahnya dari tempat pengajian.
      biasanya kalau jauh kan sampai 4-5jt

      Delete
    5. iya mas ustad lokal, katanya sih sudah sering tampil di stasiun Tv lokal (sindotv)... wah kalo 4-5jt terlalu tinggi mas. nanti uang proposalnya tidak cukup :)

      Delete
    6. semoga dapat dijadikan pembelajaran bagi kita bila mau mengadakan acara kayak gini yamas

      Delete
    7. idealnya sih ustadz nggak dibayar ya
      paling ganti transport ajalah
      setuju nggak?

      Delete
    8. @mang yanto, iya mas, smoga gak ada lagi yang di PHP sama penceramah.

      @mas zach. hahaha iya setuju, tapi kayaknya gak ada deh mas

      Delete
    9. jarang banget mas zach di zaman sekarang ustad cuma di kasi uang transport, gimana anak istrinya mau makan coba kalo ga ada bayaran nya hehe

      Delete
  3. Alhamdulillah kegiatan Maulid Nabi di tempat saya sudah terlaksana tgl 4 kemarin mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. cepet juga ya mas ari, kalo ditempat saya baru hari sabtu kemarin

      Delete
  4. Hmm sayang sekali ustadznya tidak hadir ya sob..


    salam admin satriyoku.blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, padahal panitia sudah menyiapkan fasilitas yang lebih, sesuai permintaan pak ustadnya, tp ustadnya tidak datang...

      Delete
  5. persiapan sudah matang, tpi sayang sekali pak ustadzna ko kenpa gax bisa datang ? padahal kan beliau sudah berjanji ya ? hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau tuh mas, sampai sekarang ustadnya belum konfirmasi, kalo gak bisa datang, iya ustadnya sudah janji untuk hadir dan beliau juga yang minta hari H nya.

      Delete
  6. nyimak mudulu sob
    biar bisa adaptasi diblog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan duduk mba,..saya ambil air dulu...

      Delete
    2. terima kasih sob, maaf air apa ya yg dimaksud?

      Delete
    3. iya sama-sama mba, Maksudnya mau diambilin air minum :)
      kan sudah bertamu disini, jadi harus disuguhi dengan baik :)

      Delete
  7. Amat di saysngkan ya mas, nah itu saya baru tau, kalo manggil juga perlu pake DP ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sedikit kecewa bukan karena Udah bayar DP mba, Tapi gak enak sama warga sekitar... DP bukti keseriusan kita mengundang ustad untuk mengisi ceramah mba..

      Delete
    2. tapi untungnya ada yang menggantikab ya mas :)

      Delete
    3. iya mba, alhamdulilah ada penggantinya, dari warga sendiri

      Delete
  8. kadang saya juga heran...kok banyak ustad yang dipegang manajemen...padahal dulu gak ada ustad yang dipegang manajemen, masih juga kok ngasih ceramah tiap minggu dan itu gratis...pas maulid nabi di banjarmasin dulu saya tinggal, gampang cari penceramah...karena kebetulan dikampung banyak yang bisa...tapi sekarang banyak yang bisa malah saingan untuk menjadikan pekerjaan...jadi bingug juga mas....lalu fungsi dakwah dikebelakangkan gitu? aneh....sabar aja ya bro .... pasti akan dapat yang lebih baik dan acara sukses kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia mbah, saya juga bingung, kebanyakan ustad yang sudah terkenal terikat kontrak dengan managemen...Dakwahnya jadi sumber mata pencaharian. serta menjadi ajang mencari popularitas..

      Delete
    2. susah juga ya mas, klo dakwah sudah menjadi bagian dari mata pencaharian, saya juga pernah mendapat kendala mencari ustad yang relevan saat hari besar Islam, yang akhirnya memakai jasa ustad kampung sendiri, ketimbang ustad tersohor tapi molor waktunya...

      Delete
    3. wah mas buret pengalaman juga ya.. Sekarang sudah menjadi problema dikalangan masyarakat, kalo mau mencari ustad yg notabennya benar-benar mau dakwah sudah jarang...

      Delete
  9. Syukur alhamdulillah. Berarti proposalnya berhasil yaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah proposalnya berhasil dan mencapai target rencana anggaran. Tapi kendala pas acaranya hanya ustadnya saja yang tidak hadir :(

      Delete
  10. kalau ditempat saya kemaren juga berjalan lancar kegiatan maulidnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus tuh mas, saya juga berjalan lancar, untung ada pengganti ustadnya

      Delete
  11. wah payah deh, kok bisa-bisanya gak hadir tanpa ada pemberitahuan sama sekali seperti itu si pak ustadznya. diminta kembali aja mas uang dpnya dan dikasiin ke saya. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, udah di ikhlaskan kok mas, Smoga dengan ini kita diberi kemudahan untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya

      Delete
  12. haha, iyaa
    saya bisa mambayangkan, saat hari H jam J koq yang ditunggu malah nggak muncul, nggak ngasih kabar pula
    wahh, ngalamat kapan2 nggak pake beliau lagi dah, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya buat pelajaran untuk kita semua supaya kalo mau manggil ustad, sebaiknya dijemput oleh pihak panitia mas.

      Delete
  13. cari ustadz itu yang nggak mau kalau dibayar untuk ceramah mas. menurut saya hal itu adalah fenomena menarik saat ini yang perlu direnungkan bersama baik ustadznya ataupun orang-orang yang hendak mengadakan acara dan membutuhkan pengisi acara tausiah. Mohon maaf sebelumnya, ustadz yang dibayar untuk ceramah bukanlah ciri pengikut rasul yang mukhlis. kenapa saya bisa sampaikan demikian, karena Rasulullah tidak pernah mengajarkan dibayar untuk ceramah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya setuju, tapi sekarang sepertinya sudah jarang mas, karena sekarang sudah menjadi mata pencaharian

      Delete
    2. saya ada posting terkait fenomena ini. terinspirasi juga dari pengalaman masnya hehe

      Delete
  14. Kalo dikampungan saya malah acara maulid nabinya lebih awal mas, sebelum pergantian tahun baru kalo ndak salah, pas saya lagi pulang kampung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho kok bisa ya mas, kan hari maulidnya abis tahun baru tepatnya tanggal 3 januari kemarin.. bagus deh kalau sudah memperingati peringatan maulid nabi. berarti masih ada yang memperdulikan hari kelahiran nabi muhammad S.A.W

      Delete
  15. semoga dengan kegiatanMaulid Nabi, keimanan kita bertambah ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mang. smoga kita masih bisa memperingati hari besar islam lainnya.

      Delete
  16. padahal itu acara maulid ya mas, kenapa pak ustadnya seperti itu, harus pak ustad itu menghormati acar besar Islam ini.. waaahh bagaimana pak ustad ini, kok sepertinya tidak ikhlas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya kurang tau tuh mas, setiap manusia pati punya ke khilafan masing-masing, tak terkecuali para ustad, smoga bisa menjadi pengalaman buat kedepannya...

      Delete
  17. sayang sekali, kok bisa sampe nggak hadir...pak ustadnya :(

    ustad jaman sekarang umumnya sudah ada managemnt nya ya..kayak artis
    biayanya juga nggak kalah mahal, hampir susah dibedakan antara dakwah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, apalagi para ustad yang tampil di Tv, biasanya sudah memakai manajemen. biayanya pasti berbeda dengan ustad lokal yang tidak terlalu terkenal.

      Delete
  18. memilih ustadz nya yang suka bercanda hehe pasti deh bisa ketawa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia mba, ustad yang sayang undang, katanya punya selera humor yang tinggi, tapi sayangnya tidak datang :'(

      Delete
  19. ditempat saya kalau acara maulid nabi banyak yg jualan dan juga banyak yg berpacaran ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, kok bisa gitu, di tempat saya malah tidak ada yang seperti itu... :)

      Delete
  20. pengalaman gagal di telponnya ustad nya artikel ini terlahir, thanks banget tips memilih ustad, tips ini juga bisa di terapkan ke pembicara gak hanya ustad

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, smoga pengalaman saya bisa bermanfaat ya mba untuk kegiatan kegiatan lainnya

      Delete
  21. Hmm kasian tuh para jamaah nunggu ustadnya datang eh yang di tunggunya malah ga dateng, sakitnya tuh dimana mas? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau tuh mba, pak ustadnya tidak profesional... sakitnya tuh dijama'ah. soalnya pd kecewa.. saya sebagai panitia, juga merasa tidak enak dengan jamaah yg datang, karena lumayan banyak.. :)

      Delete
  22. masjidnya besar, gak kayak di desa saya masjidnya kecil. wajar saja jamaah di desa saya kecil hee
    salam bsukses blogging gan

    ReplyDelete
  23. pas mau komen malah keliat umur blognya wkwkwk manteb udah dewasa ini blog :)

    ReplyDelete
  24. tips poin ke 3 bener tuh niatnya udah beda :)

    ReplyDelete
  25. maulid nabi masih sering diadakan oleh masyarakat Indonesia semoga dengan acara maulid nabi bisa menambah keyakinan anda terhadp Tuhan Yang Maha Esa

    ReplyDelete
  26. Baru tahu kalo ada ustad yang punya manajemen :)

    Salam kenal mas

    ReplyDelete
  27. pasti kecewa ya mas ya, ustad tile nya udah diharap2kan kedatangannya tpi gak ada kepastian.
    Positif thinking aja mas, mungkin ustad tile lagi ada urusan mendadak mas :)

    ReplyDelete
  28. kapan-kapan undang abah kang. dan mudah-mudahan fiissabilillah

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post