................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Wednesday, March 23, 2011

Menangkal Virus Komputer Untuk Para Pemula

Belajar Bersama Menangkal Virus Komputer Untuk Para Pemula.
Virus, Malware, and Spyware
Windows komputer bermasalah karena file rusak atau hilangnya data bisa diakibatkan virus, worm, dan spyware. Pasti sangat sering terjadi, baik pengguna awam (baru) maupun pengguna yang sudah advance (jago) sekalipun. Biasanya serangan malware paling banyak terjadi saat komputer kita beraktivitas di dunia maya atau internet.
Bagaimana cara menangkal serangan virus, spyware, malware dan sejenisnya. yang dapat berakibat fatal pada komputer kita? Berikut ini TIPS dan TRIK mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan pengalaman yang saya alami. Virus bisa membuat komputer kita menjadi agak lemot, selain itu virus dapat menghilangkan data yang kita simpan. Tapi yang lebih parahnya lagi virus dapat membuat windows komputer kita mati atau blank. Dan hanya bisa dibenarkan dengan cara install ulang windows kita... untuk itu kita harus waspada dengan yang namanya virus dan sejenisnya. Dampak virus yang biasa terjadi pada komputer kita adalah berubahnya ekstensi beberapa folder menjadi .exe atau aplication. Sedangkan folder aslinya akan disembunyikan oleh sang virus dan apabila kita mengklik folder tersebut otomatis kita menjalankan virus akan menyebar kekomputer kita efeknya bermacam-macam contohnya yang sudah dijelaskan diatas. Cara yang pertama untuk menangkal atau mencegah agar virus tidak berkutik di komputer kita adalah sebagai berikut.

Tags: cara agar kompeter tidak kena virus, cara menangani komputer yang terkena virus

1. Buka menu RUN dengan cara KLIK START pilih ALL PROGRAM pilih Accessories lalu pilih RUN. Atau dengan cara yang cepat cari lambang windows atau bendera pada keyboard tekan lambang tersebut sekaligus tekan huruf R. Maka akan terbuka menu RUN. Tuliskan kode gpedit.msc maka akan terbuka menu LOCAL GROUP POLICY EDITOR, pilih menu USER configuration pilih administrative template pilih system lalu buka Turn Off autuplay. Lalu terbuka menu turn off autoplay properties. Pilih enabled dan pilih turn off autoplay on all drive. Cara tersebut berguna untuk mematikan autoplay pada komputer kita. dengan cara tersebut akan meminimalisasi virus masuk dikomputer kita.
Untuk windows 7 home basic dan home premium. Apabila tidak bisa memakai cara diatas maka harus memakai cara kedua yaitu dengan cara membuka menu CONTROL panel lalu pilih menu autoplay apabila kita susah mencari menu tersebut maka pilih view by menjadi small icons. Cari menu autoplay setelah itu hapus tanda ceklist pada tulisan Use autoplay for all media and devices lalu pilih save. Cara diatas akan mematikan autoplay kesemua device, jadi apabila kita akan memasang modem tidak terbaca maka kita harus membukanya dengan cara manual dengan cara kilik kanan pilih run autoplay pada modem kita di windows explorer.

2. Cara selanjutnya apabila akan memasukan Flasdisk ke komputer kita klik shift sebelum memasukan flasdisk beberapa detik saja. Cara tersebut menangkal virus yang masuk dari flashdisk kita.

3. Kenali ekstensi file yang ada diwindows. Jangan asal membuka file yang ada di komputer kita. Bisa jadi yang kita klik tersebut adalah virus seperti kasus yang sudah dijelaskan diatas.

4. Pilih antivirus yang menurut kita bagus untuk dipakai. Contohnya Norton av, avast, avg, avira dan lain-lain. Sample yang saya pakai adalah AVG dan SMADAV. Updatelah selalu antivirus yang kita pakai secara berkala. Perlu diingat pakailah antivirus sesuai dengan ukuran space komputer kita. Jangan memakai dua antivirus yang dikatakan berat, seperti AVG dengan AVAST. Kalau bisa pilih antivirus yang kedua yang dikatagorikan ringan contohnya SMADAV, PCMAV, ARTAV. Apabila kita memakai dua antivirus yang dikatagorikan berat maka akan terjadi benturan dalam scan-menyecan virus, yang mengakibatkan virus dengan mudah menembus scan tersebut dan masuk kekomputer kita. Atau dapat menyebabkan komputer kita sedikit Lemot.

5. Cara menscan dengan antivirus, mungkin kita sudah mengenali antivirus smadav, yang dapat menangkal banyak virus. Namun seiring perkembangan teknologi virus saat ini. Beberapa virus sekarang sudah mengenali antivirus yang kita pakai contohnya smadav. Apabila kita scan maka virus tidak akan terbaca dengan antivirus yang kita pakai. Untuk itu kita harus mengganti nama antivirus smadav dengan nama lain . caranya buka windows exlporer cari file bernama smadav.exe lalu copy kedekstop dan rubah aplikasinya dengan nama lain. Lalu scan komputer kita secara rutin.

6. Untuk anda yang sering menjajaki dunia maya dengan mendownload file-file yang ada didalamnya. Berhati-hatilah sering kali para programer yang memiliki skill tinggi mampu membuat source code spyware atau virus yang bertugas merusak atau memata-matai komputer kita. Akibatnya kinerja komputer kita menjadi lambat. Untuk mencegahnya, jangan asal membuka konten yang berbau pornografi, download gratisan, apalagi download serial number sembarangan dan jangan sekali-kali mengklik POP UP yang terdapat pada halaman website. Biasanya spyware bersarang disana.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post