................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Wednesday, April 22, 2015

Wisata Rohani Ziarah ke Panjalu - Ciamis

Gapura Situ Lengkong Panjalu -  Ciamis
Wisata Rohani Ziarah ke Panjalu - Ciamis
Salam blogger. Wisata Rohani Ziarah ke Panjalu - Ciamis. Saat Liburan biasanya orang sering pergi ke tempat rekreasi seperti ke pantai, ke kebun binatang atau ketempat wisata lainnya. Tetapi tidak dengan ibu dan bapak saya. Jika ada libur panjang beliau lebih suka ke wisata religi/rohani, seperti berziarah kubur ke makam sunan atau wisata ke tempat yang bertema kan agamis lainnya. Berziarah kubur sudah menjadi tradisi tersendiri bagi umat muslim di indonesia, Karena dalam berziarah ada banyak sekali manfaatnya. Untuk itu kita di sarankan untuk ziarah kubur.



Wisata Rohani Ziarah ke Panjalu - Ciamis.
Sewa Perahu di Danau/Situ Lengkong
Sewa Perahu di Danau/Situ Lengkong
Wisata rohani yang akan saya kunjungi yaitu Ziarah ke #Panjalu - Ciamis. Untuk menghindari kemacetan saat weekend saya dan keluarga berangkat hari sabtu pukul 06:00 wib dari Bekasi. Setibanya kami sampai bandung. Kami terjebak macet karena sistem buka-tutup oleh satlantas bandung. Sampai di Panjalu sekitar Pukul 12:30. Kamipun rehat sejenak sekalian menunggu kedatangan tetangga saya yang sudah dari kemarin ada di Panjalu. Hawa sejuk dan pepohonan yang rindang menjadi pemandangan awal kami. Tempat parkir kendaraan lumayan cukup luas dan berhadapan langsung dengan deretan toko suvenir. Namun jika anda ingin memakai Bus, tempat parkirnya berbeda. Setelah lama menunggu Kami bertemu dengan tetangga dekat rumah. Selanjutnya kami akan mengunjungi kepemakaman. Sebelum ke Pemakaman, Kami Harus melewati danau atau situ Lengkong. 
Biaya sewa perahu di situ Lengkong Mulai dari 125 ribu sampai 200 ribu. Anda harus pandai pandai menawar. Tapi saran saya jangan menawar. Ikhlaskan saja berapa uang yang akan dibayarakan, karena niatnya kami kan emang pengen berziarah.
Naik Perahu di Situ Lengkong Panjalu - Ciamis
Naik Perahu di Situ Lengkong Panjalu - Ciamis
Di perahu kami diajak memutari Pulau yang terdapat makam keramat. Konon katanya di pulau ini lah ada sosok Harimau jadi-jadian (baca ke Sejarah Panjalu). karena Di depan gerbang makamnya ada patung harimau. Nah, dari situ lah kisah mistis pun terjadi. Setelah berputar-putar mengelilingi pulau di situ lengkong. Kamipun sampai ke tempat pemakaman. setibanya dimakam. Kami harus melewati anak tangga yang lumayan panjang.
Tangga jalan menuju Makam di Situ Lengkong - Panjalu
Tangga jalan menuju Makam di Situ Lengkong - Panjalu
Jangan Takut lelah ketika menaiki anak tangga tersebut, Karena diatas puncak ada yang menjual mata air yang sangat jernih dan segar. Konon katanya khasiat air ini hampir sama dengan air zam zam. Anda harus bayar seikhlasnya untuk meminum mata air tersebut.
Beberapa Foto Wisata Rohani Ke Panjalu
(Sentuh Gambar untuk memperbesar)
Ziarah Ke Makam Panjalu
Wisata religi Panjalu
Mata Air Panjalu
Ziarah Makam di Panjalu
Buku Sejarah Panjalu
Buku Sejarah Panjalu
(Dokumen Pribadi)
Sejarah PANJALU
Menurut Buku karya R. Haris yang cover bukunya termuat dalam di postingan ini. Panjalu adalah salah satu kota kecamatan di wilayah utara Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Dalam statusnya itu peranan yang sangat menonjol adalah sebagai Kota Daerah Wisata yang sekaligus baik Wisata Alam, Wisata Budaya maupun sebagai Wisata Ziarah. Mendukung perananya itu Pemerintah Propinsi Jawa Barat, pada tanggal 17 Maret 2004 mengukuhkan Panjalu sebagai Desa Wisata.....

Kota ini terletak sekitar 35 Km sebelah utara Kota Ciamis atau sekitar 15 km sebelah barat kota Kawali, berbatasan dengan sebelah utara wilayah Talaga Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan, suatu lingkup wilayah komunitas yang dulu dikenal sebagai Daerah Pusat Kerajaan Galuh (panjalu).

Wilayah Panjalu berupa daerah perbukitan yang subur, di lereng utara gunung Syawal dengan ketinggian 700 meter diatas permukaan air laut. Di sebalah barat laut dan utara daerah ini juga berupa perbukitan subur, lereng gunung Bitung, gunung Cendana, dan gunung Cakrabuana, dimana sungai Citanduy berasal, sehingga secara menyeluruh wilayah Panjalu merupakan dataran perbukitan yang diapit gunung-gunung sekitarnya.

Temuan-temuan data kepurbakalaan, nilai-nilai sosio kultural serta jejak-jejak kesejarahan lainnya yang kini masih terlestarikan memberikan petunjuk tentang masa lalu kota itu. sebagai kota kerajaan kuno yang dikenal sebagai kerajaan Soko Galuh Panjalu. Ibu kota Kerajaan itu dibangun pada areal suatu Danau (situ) seluas 70 hektar yang kini disebut Siti Lengkong, terletak di sepanjang tepi Utara Kota Panjalu, sekarang terdapat tiga buah nusa (Pulau Kecil). Pada situ tersebut yang masing-masing digunakan sebagai tempat bangunan Istana Kerajaan, Kepatihan, dan Staf Kerajaan dan sebagai taman rekreasi. Pendiri ibu kota kerajaan ini adalah tokoh Karismatik Leluhur Panjalu bernama Prabu Sanghyang Borosngora raja Panjalu Islam pertama

Berikut ini Daftar Tempat-tempat Ziarah di Panjalu - Ciamis, Jawabarat:
  • Pasir Jambu / Nusa Gede situ lengkong Panjalu (pemakaman dan bekas kerajaan pada masa Prabu sanghyang Borosngora). 
  • Museum Bumi Alit Panjalu (tempat penyimpanan benda-benda pusaka perabot soko Galuh peninggalan leluhur Panjalu). 
  • Kapunduhan,Kertamandala Panjalu (pemakaman). 
  • Citatah,Dayeuhluhur (bekas kerajaan panjalu prabu sanghyang Cakradewa ayah dari Prabu Borosngora). 
  • Kubang Kelong,Sindangwangi Panjalu (pemakaman) 
  • Puspaligar,Ciater Panjalu (pemakaman). 
  • Pasarean Maparah Panjalu (pemakaman). 
  • Cilanglung Simpar Panjalu (pemakaman). 
  • Buninagara Simpar Panjalu (pemakaman) 
  • Hujungwinangun Sriwinangun Panjalu (pemakaman) 
  • Sareupeun,Hujungtiwu Panjalu (pemakaman). 
  • Ciramping Panjalu (pemakaman). Cipanjalu 
  • (pemakaman dan tujuh sumur sumber mata air). 
  • Panghulugusti,Ciomas Panjalu (pemakaman) 
  • Kulah Pangbuangan Garahang Panjalu (pemakaman). 
  • Nagasari,Hanjatan Ciomas Panjalu (bekas museum bumi alit). 
  • Kampuh jaya,Cilimus Panumbangan (pemakaman). 
  • Sukatingal (pemakaman). 
  • Munjul,Paricariang Panjalu (pemakaman). 
  • Gontot,Paricariang Panjalu (pemakaman). 
  • Pasir Cempaka,Paricariang Panjalu (pemakaman). 
  • Pasir Bangbara,Paricariang Panjalu (pemakaman).
  • Situ Ciater Panjalu. 
  • Cibengan,Garahang Panjalu (pemakaman). 
  • Ranca Beureum / Pamulihan (pemakaman) 
  • Ciranca,Bunisakti,Maparah Panjalu (pemakaman). 
  • Sindangbarang,Panumbangan (pemakaman). 
  • Rancagaul,Tengger Panjalu (pemakaman). 
  • Citatah,Sandingtaman Panjalu (pemakaman). 
  • Cikabuyutan,Maparah Panjalu (pemakaman). 
  • Jakabaya,Bunusakti Maparah Panjalu (pemakaman). 
Cerita Awal Mula Maung Panjalu.
Dalam buku ini juga disebutkan silsilah keturunan Kerajaan Panjalu. Ternyata berawal dari Raja kerajaan majapahit yang ingin mengadakan suatu ikatan persatuan dengan kerajaan Padjajaran. hingga akhirnya Raja Majapahit (Prabu Brawijaya) menikah dengan putri (Kencanalarang) dari raja Padjajaran (Prabu Siliwangi). Hingga akhirnya putri kencana hamil dan akan melahirkan anak. Putri kencana meminta ke prabu Brawijaya agar ketika melahirkan nanti putri kencana akan kembali ke kerajaan Padjajaran. Setelah Anak Putri Kencanalarang sudah beranjak dewasa. Anak tersebut menanyakan kalau bapaknya siapa. Kerana sejak melahirkan Putri kencanalarang tidak pernah bertemu kembali dengan Prabu Brawijaya.

oleh karena itu anak putri Kencanalarang (Bongbang Larang dan Bongbang Kencana) pergi meninggalkan istana Padjajaran untuk bertemu sang ayah di Majapahit. Setelah berbulan bulan mereka belum juga sampai ke kerajaan majapahit. Hingga akhirnya mereka berdua mendatangi telaga yang ber isi air jernih. mereka pun bertemu dengan Aki garahang. singkat cerita Aki grahang menyuruh mereka berdua untuk tidak bermain main di telaga tersebut (Cipambuangan). Telaga cipambuangan airnya sangat jernih hingga akhirnya mereka berdua tertarik untuk berendam menyegarkan diri di telaga tersebut. Namun tiba tiba mereka berdua berubah wujud seperti harimau. Untuk cerita selengkapnya silahkan anda beli buku ini di Wisata Panjalu...

Ziarah kubur memang sempat dilarang oleh Nabi Muhammad S.A.W. karena dianggap bisa mendatangkan kemudaratan. akan tetapi kemudian ziarah kubur menjadi diperbolehkan dengan beberapa alasan yang dapat memberikan dampak manfaat bagi umat. Adapun manfaat berziarah yang dikutip di fanspage facebook ulama indonesia, diantaranya:
  1. Dapat memberikan kebahagiaan kepada si mayit (ahli kubur) karena telah dikirimi doa-doa, sehingga bisa meringankan siksa si mayit di dalam kuburnya
  2. Dapat melembutkan hati, membuat air mata berlinang, dan mengingatkan kalian akan akhirat kelak. (untuk perenungan diri, mengingat mati dan mengingat akhirat)
  3. Sebagai pelajaran sejarah (mengingat kembali para ahli agama yang telah wafat menjalankan ibadah kepada Allah dan menyebarkan ajaran Islam)
  4. Dapat membuat musibah yang kita alami terasa ringan. karena ziarah mengusir kesenangan terhadap dunia. (termasuk bisa menghalangi seseorang dari maksiat)
  5. Dapat membangkitkan semangat untuk semakin meningkatkan ketakwaan kepada ALLAH S.W.T. 
Setiap agama ada tempat ziarah masing-masing. so ambillah manfaat dari ziarah. Demikian informasi Mengenai Wisata Rohani Ziarah Ke Panjalu Ciamis. Semoga bermanfaat. Bersambung....

160 komentar:

  1. Replies
    1. Kalau saya sih mau ke sana. Tapi orang tua saya gak ada yang mau :D

      Delete
    2. iya harus tuh ke curung 7
      sayang klo ga sekalian ke sana

      Delete
    3. Kemaren karena keterbatasan waktu, jadi hanya ke panjalu dan ke Pamijahaan (next)...

      Delete
    4. next maksudnya diceritakan pada artikel berikutnya yamas?

      Delete
    5. iya mas saya ziarahnya dua tempat... kalau saya gabungkan takut berat post nya :D

      Delete
    6. Kepantai sudah sering mas. Sekarang pengennya naik gunung :D

      Delete
    7. mo unt eve rest (dibaca: gunung jaya wijaya) :D

      Delete
    8. Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau klik http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Delete
  2. WISATA KE PERMAKAMAN DILAKUKAN KEPERMAKAMAN AGAMAWAN YG BERSEJARAH DAN PASTI TURUT MERASAI PENGAJARAN ILMU YG DITINGGALKAN SEBAIKNYA..

    ReplyDelete
  3. saya blm pernah naik perahu sob... rasanya gimana ya?

    Oya sob, tukeran link yuk, dah saya pasang link blogmu di sidebar kiri bwh, di my friend blog, saya suka tuh dgn widget blogrollnya, pintunya kereeeenn, gmn bikinnya sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga jarang naik perahu. Rasanya seperti apa ya, saya malah bingung ngejelasinnya :D
      Oke sudah saya pasang. Linknya terpasang di Blogroll.. itu Pakai javascript sliding box mas... Terimakasih ya.

      Delete
  4. Kalau saya ziarah ya ke makam keluarga aja. Belum pernah ke makam tokoh agama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa apa mas, walaupun hanya ziarah ke makam keluarga. Manfaatnya sama juga... Bisa memberi doa ke ahli kubur

      Delete
  5. Wah situ lengkong, itu mah sering saya kesana. Soale keturunan asli dari Ciamis, daerah situ. Memang menyenangkan ya suasananya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya daerahnya masih alami... saya juga baru pertama kali kesana mas... :D Jadi pengen lagi kesana

      Delete
    2. Bulan mei kan ada banyak tanggal merah tuh...

      Delete
  6. Naik perahu nya itu ya mas yang paling seru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha yang naik gendut2 nggak langsing kayak saya

      Delete
    2. iya saya sendiri yang langsing... Tapi untungnya berimbang :D

      Delete
  7. menarik juga pergi kewisata seperti ini yamas.
    refreshing didapat dan juga dapat mendoakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya berziarah bisa untuk refreshing fisik maupun batin

      Delete
    2. dahaga nurani bisa terpuaskan kan ya begitu?

      Delete
    3. Wisata Ziarah kubur
      buat diri semakin bersyukur

      Delete
    4. Iya bisa menjauhkan kesedihan
      mendatangkan kebahagiaan

      Delete
    5. saya cuman bisa melongo membaca 2 orang diatas saling berbalas puisi

      Delete
    6. efek dari mba anis
      Yang suka memberikan puisi manis :D

      Delete
  8. pasti sangat bertuah tuh makam ya mas, sampai-sampai dijaga sama harimau, harimau putih lagi, hehe,,!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harimau nya masih sebuah misteri, katanya emang masih ada, untuk menjaga di area tersebut...Harimau Albino

      Delete
    2. beda sama harimaunya Kang Marness pasti

      Delete
    3. hahah mas marnes punya peliharaan harimau ya...

      Delete
    4. cuman pinjem punyanya mas zach tuh
      harimau eropah(baca kucing)

      Delete
  9. alhamdulillah walisongo saya udah kalo kesini blom nih , brrti mas sering ziaroh ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ziarah kemakam para sedulur saya setiap mau lebaran mas... Alhamdulilah udah beberapa kali ziarah...

      Delete
    2. yang pasti mengingatkan kita akan mati

      Delete
    3. Iya berziarah bisa mengingatkan kita akan kematia, Jadi lebih mendekatkan diri kepada sang Khaliq..

      Delete
    4. iya bener kita harus mengingat mati untuk mempersiapkan bekal , kan kita masih punya kehidupan yakni alam barzah

      Delete
    5. iya bener kita harus mengingat mati untuk mempersiapkan bekal , kan kita masih punya kehidupan yakni alam barzah

      Delete
    6. Iya dengan berziarah kita bisa mengingat kematian, jadi harus sering sering berziarah :D

      Delete
  10. iya, Panjalu ada di Ciamis, saya tahu. Padahal Panjalu juga ada di Kediri. berarti kembar ya. Kota Kembar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Panjalu yang ada di ciamis katanya Penerus kerajaan Panjalu yang ada di kediri :D

      Delete
    2. Oh ternyata kembar
      Aku baru terima kabar

      Delete
    3. nah itu yang saya belum tau
      kalo Cilacap gimana Mas?

      Delete
    4. Saya malah gak tau panjalu yang di cilacap mas, soalnya di bukunya tidak dijelaskan :D

      Delete
    5. ntar yg dikasih buku apaan coba...

      Delete
  11. Tempat wisata rohani ziarahnya menakjubkan mas...Pengin juga berwisata rohani ke sini tapi jauh dari tempat saya sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berziarah memang sangat dianjurkan setiap setahun sekali uda... Nyari wisata Rohani yang berdekatan dengan Lokasi Uda saja... :)

      Delete
  12. Tempat ziarah panjalu ini lmyan dekat dari tempat tingal saya kang, memang mitosnya dipulau yang di tengah2 Danau, ada sosok harimau putih ( mungkin yg suka jga tempat itu ) , disana banyak sekali kelelwar ya mas, yg lmyan gede2 juga siy :D. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang mas hary tinggal diciamis? iya saya juga penasaran sama Maung harimau yang ada di tengah pulau situ lengkong... kemarin kalilawarnya gak keliatan, masih pada tidur semua kalau siang hari

      Delete
    2. sudah pernah lihat belum kang harimaunya?

      Delete
    3. Udah tuh... liat foto diatas lagi senderan dekat harimau :D

      Delete
    4. oalah itu to harimaunya. hahahahaha
      nyata kalo itu pasti ada

      Delete
    5. iya mas, Jadi gak penasaran lagi kan. hehe

      Delete
    6. ia jadi g penasaran kalo gituh. :D
      ada sudah harimaunya

      Delete
    7. Kalo yang aslinya mah blum liat mas... Katanya masih misteri...

      Delete
  13. Udah lama nih ga jalan-jalan lgi ke situ lengkong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah banyak perbaikan di Wisata Situ lengkong :D

      Delete
  14. hmm enak yah bisa ziarah kesana sambil naik dulu perahu xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba wida emang enak, Tapi saya agak sedikit takut kalo naik perahu... :D Makamnya emang di kelilingi Danau/Situ. Jadi harus naik perahu...

      Delete
    2. koq neik perahu terus ketawa xixixi

      Delete
    3. Itu ketawa manis mba wida... hiks hiks hiks :D

      Delete
  15. Masak sih mas airnya di sana rasanya seperti air zam - zam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, Kata warga sekitar sih seperti itu, Soalnya air tersebut sudah di cek di laboraturium, Yang buktinya bisa di lihat di foto diatas.

      Delete
  16. saya pernah beberapa kali ke situ panjalu tapi belum pernah ziarah nih mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang sekali kenapa tidak mampir berziarah mas..

      Delete
  17. Saat hari libur
    Ziarah ke kubur
    Bisa jadi tanda rasa syukur
    Dari hati Kepada Yang Maha Pengatur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan berziarah
      Insyaallah hidup akan berkah
      Karena bisa meneguhkan Ibadah
      Mengubah masa depan menjadi cerah

      Delete
    2. Ya dapat berkah
      Hari-hari indah
      Jauh dari masalah
      Selalu ramah bersedekah

      Delete
    3. Selain Hati menjadi senang
      Jiwapun terasa tenang

      Delete
    4. Selain Hati menjadi senang
      Jiwapun terasa tenang

      Delete
  18. aku belum pernah ziarah ke panjalu. o ya mata airnya berkhasiat seperti air zam-zam ya, aku mau coba ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya airnya berkhasiat...Tapi air yang saya bawa sudah habis teh...

      Delete
  19. menarik neh, wisata sambil ziarah..

    jadi tidak hanya sekedar wisata biasa, bermanfaat juga untuk penyegaran rohani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali tuh mas. dengan wisata sambil ziarah, selain bisa berwisata melepas lelah, Bisa sekalian penyegaran rohani :D

      Delete
  20. wisata religi bagi umat beragama memang sekali-kali patutlah dilakukan yang paling pas wisata religinya ke Panjalu di Kabupaten Ciamis Jawa barat - Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mang. setiap setahun sekali sepatutnya orang harus berziarah. karena banyak manfaatnya. Wisata rohani di panjalu, salah satu alternatif untuk berziarah

      Delete
  21. Belum pernah kesana. Semoga ada kesempatan :)

    ReplyDelete
  22. Suasananya masih alami banget deh kayaknya mas dan bisa dipastikan ketika menjelang bulan puasa wisata ziarah di Panjalu ini bakalan ramai dikunjungi para pengunjung yang ingin berziarah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Hari weekend aja ramai, apalagi menjelang lebaran, Pasti rame tuh... Foto diatas di Shoot sengaja pas lagi sepi. soalnya kalo rame gak bisa ngambil gambar :D

      Delete
  23. Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, berziarah juga bisa dijadikan sebagai bahan renungan buat kita untuk selalu ingat dengan kematian sekaligus sebagai motivasi buat kita agar kita meningkatkan ketaqwaan dengan sebenar-benarnya taqwa, yakni menjalankan semua perintahNya dan menjauh semua laranganNya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, Banyak sekali manfaat dari Ziarah Kubur, Tapi masih banyak orang yang belum pernah melakukan ziarah kubur :D

      Delete
  24. Belum pernah ziarah ni, semoga bisa liburan sambil ziarah kesana dan minum airnya itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah mudahan secepatnya bisa pergi berziarah ya. dan bisa minum air yang berkhasiat tersebut :D

      Delete
  25. dulu di pesantren sering ziarah kayak gini nih mas,tapi sayang pas ke panjalu belum pernah ikut soalnya gak di kasih izin sama orang tua katanya khawatir pas naik perahunya takut jatuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kenapa khawatir mba, Kan ada pemandunya. Pasti aman kok.

      Delete
    2. sudah gampang sekarang ya mas...dan yang jelas sekarang ada pemandu, jadi lebih mudah.

      Delete
    3. Iya mbah, disana sudah ada yang siap jadi pemandunya

      Delete
  26. kalo sayah jarah paling ke makam keluarga aja. ke nenek kakek dan orang tua.itu juga pas hari raya.
    Mudah - mudahan dosa orang tua saya yang sudah tiada di ampuni dosanya amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. intinya berziarah mas, mau ziarah kemana pun kalau niatnya baik, pasti berkah :D

      Delete
    2. amin...semoga juga dosa orang tua kita yang masih hidup atau udah meninggal diampuni dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, amin ya Robbal alamin.

      Delete
    3. asal jgn zarah minta togel aja ya. hahaha

      Delete
    4. Amin mbah smoga yang berziarah juga mendapatkan berkah..

      Yah kalo minta nomer togel namanya bukan ziarah mas tapi......

      Delete
  27. Replies
    1. Silahkan kesana, tapi harus cari waktu libur yang tepat...

      Delete
  28. Replies
    1. Kalo ziarah kubur tidak seram kok, Tapi kalau lewat kuburan sendirian tengah malam itu yang seram :D

      Delete
    2. gak juga serah sih...tapi ngeri aja. heeee

      Delete
    3. Para mas mas ini pembrani semua yah

      Delete
  29. kalau udah ziarah kayak gini seru nih mas,pahalanya dapet liburannya juga dapet,hehe
    dulu suka ziarah juga ke panjalau tapi sekarang udah lama gak berziarah kesana mas.jadi pengen kesana lagi duh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh udah pernah juga ya, Sekarang lokasi ziarahnya sudah sedikit diperbaiki, terutama di gapura pintu masuk makamnya...

      Delete
  30. ziarah kubur memang sangat membantu si mayit mendapatkan tempat yang lebih baik di sisi Allah SWT dan banyak juga keuntungan yang di dapat bagi sipenjiarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, Kita sebagai Umat muslim di haruskan berziarah minimal setahun sekali...

      Delete
  31. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan dalam Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman saat ini orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: diamondfinanceinsurancecompany@gmail.com

    PEMINJAM DATA'S
    (1) Nama Lengkap:
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: diamondfinanceinsurancecompany@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah kamar kakak... silahkan komentar di Postingan tips kredit Mobil di blog ini

      Delete
  32. Wah, terus terang saya belum pernah berziarah ke panjalu. Apa memang di Panjalu sangat ramai diziarahi banyak orang seperti pada makam-makam sunan lainnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ziarah ke Panjalu - Ciamis, sudah banyak penziarahnya. sudah seperti ziarah ke makam sunan...

      Delete
  33. ada juga yang menarik ya di ciamis, kapan kapan pengen liat juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Banyak yang menarik di ciamis mba, smoga bisa kesana secepatnya :D

      Delete
  34. AAAA ngeliat tangga jalannya kayak ngerasa adem gitu ya mas. Pohonnya rindang bangettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya yu, ditengah tengah pulau yang tak berpenghuni, hanya ada makam sesepuh panjalu...

      Delete
  35. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai panjalu ciamis.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetaui lebih jauh mengenai tempat wisata di indonesia.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di sini

    ReplyDelete
  36. terimakasih infonya sangat bermanfaat sekali gan

    ReplyDelete
  37. Sesuai pengalaman saya, wisata ziarah kubur selain bertujuan untuk rekreasi, juga bermanfaat untuk mengingatkan kita akan kematian yang akan dialami setiap makhluk bernyawa mas. Sama seperti dalam 5 poin yang mas sebutkan diatas... dengan nya kita jadi lebih giat dalam mencari bekal untuk kematian dan kehidupan diakhirat nanti.

    ReplyDelete
  38. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena buruk ekonomi di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan seorang teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda SANDRAOVIALOANFIRM kontak yang lebih baik. menghubungi mereka melalui email:. (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post