................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Wednesday, April 08, 2015

Cara Membuat SIM A dan SIM C dengan mudah

Panduan cara membuat SIM dengan Mudah
Panduan cara membuat SIM dengan Mudah
Salam blogger, #Buat SimCara Membuat SIM A dan C dengan mudah - Menurut Pasal 77 ayat (1) UU No.22 Tahun 2009 menjelaskan tentang kegunaan Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan. Sudahkan kalian membuat surat ijin mengemudi (SIM)? Jika belum buat, silahkan anda simak urutan dalam pembuatan SIM dengan benar.

Pelayanan buat sim buka hari apa aja? 
WAKTU PEMBUATAN SIM / Jam buka bikin sim di samsat: 
Jadwal Hari Senin - Jum'at
Buka / Jam pelayanan SIM di Polres adalah Pukul 08.00 - 14.00 WIB.
Istirahat Pukul 12.00 - 13.00 WIB
Jam buka loket pendaftaran adalah pukul 08.00 - 12.00 WIB.
Catatan: Pukul 13.00 - 14.00 WIB hanya melayani pemohon yang sudah terdaftar (tinggal foto, dsb).

Jadwal Hari Sabtu
apakah buat sim hari sabtu bisa? Bisa kok silahkan anda buat sim pada hari sabtu.
Buka / Jam pelayanan SIM di Polres adalah Pukul 08.00 - 12.00 WIB

Diusahakan anda berangkat pagi-pagi, karena menghindari antrian yang panjang, Terutama pada hari SABTU.

Pendaftaran atau registrasi SIM online.
Buat kalian yang tidak punya banyak waktu. silahkan pakai cara online, Namun fasilitas ini hanya dikhususkan buat anda yang ingin Memperpanjang SIM. Kalau "buat SIM baru" belum bisa. karena untuk pembuatan SIM baru tetap di wilayah asal KTP masing-masing, melalui tahap ujian teori dan praktik.
Daftar SIM Online Terbaru klik disini
Daftar SIM Online Khusus KTP surabaya Klik disini
Daftar SIM Online Klik disini
Baca Juga: Cara Perpanjang STNK Kendaraan
Lalu apa saja persyaratan saat membuat sim ?
Berikut ini Prosedur Langkah-langkah atau alur Pembuatan SIM A dan SIM C
  1. Menyiapkan Dokumen
  2. Sebelum anda membuat SIM baru atau perpanjangan sim, Siapkan foto copy KTP 5 lembar, jangan lupa bawa pulpen sendiri, supaya tidak repot mencari pinjaman pulpen.
    Persyaratan umur atau usia pemohon SIM perseorangan berdasarkan Pasal 81 UU No. 22 Tahun 2009:
    - 17 tahun untuk SIM C dan D
    - 18 tahun untuk SIM A
    - 21 tahun untuk SIM B1
    - 21 tahun untuk SIM B2


  3. Tes Kesehatan (Lama waktu tergantung antrian)
  4. Selanjutnya anda harus memberikan hasil tes kesehatan. Silahkan anda cek kesehatan di rumah sakit, klinik atau di tempat tes kesehatan lainnya. Biasanya untuk tes kesehatan ada di dekat Polres tempat anda ingin membuat SIM. Saat mengecek kesehatan cuma disuruh ngisi biodata dan tes pengelihatan seperti saat tes kesehatan sebelum bekerja. biaya tes kesehatan bervariasi dari Rp 15 ribu sampai 25 ribu

  5. Bayar Registrasi dan Asuransi (Lama waktu tergantung antrian)
  6. a. Tarif Pembuatan SIM.
    Setelah anda menjalani tes kesehatan, langkah selanjutnya kita disuruh bayar registrasi pembuatan sim. biayanya bervariasi tergantung kepentingan yang diperlukan. berikut ini biaya yang harus anda bayar untuk pembuatan SIM: (Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010.)
    • Penerbitan SIM A
      untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.
      - Pembuatan SIM Baru Rp 120.000
      - Pembuatan Perpanjangan SIM Rp 80.000

    • Penerbitan SIM B I
      untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg
      - Pembuatan SIM Baru Rp 120.000
      - Pembuatan Perpanjangan SIM Rp 80.000

    • Penerbitan SIM B II
      untuk mengemudikan Kendaraan alat berat, Kendaraan penarik, atau Kendaraan Bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg. 
      - Pembuatan SIM Baru Rp 120.000
      - Pembuatan Perpanjangan SIM Rp 80.000

    • Penerbitan SIM C
      untuk mengemudikan Sepeda Motor.
      - Pembuatan SIM Baru Rp 100.000
      - Pembuatan Perpanjangan SIM Rp 75.000

    • Penerbitan SIM D
      untuk mengemudikan kendaraan khusus bagi penyandang cacat.
      - Pembuatan SIM Baru Rp 50.000
      - Pembuatan Perpanjangan SIM Rp 30.000

    • Pembuatan SIM Internasional
      - Pembuatan SIM Baru Rp 250.000
      - Pembuatan Perpanjangan SIM Rp 225.000

    b. Bayar Asuransi:
    Tarif asuransi untuk SIM A dan C adalah Rp 30.000
    Suasana Antrian Pembuatan SIM
    Suasana Antrian Pembuatan SIM
    (Dokumen pribadi)
  7. Mengambil Formulir Registrasi (Lama waktu tergantung antrian)
  8. Jika sudah membayar pembuatan SIM dan Asuransi, anda harus ke loket pengambilan Formulir, serahkan hasil pembayaran yang tadi dilakukan sama foto copy KTP. Isi semua formulir biodata anda secara lengkap dengan tulisan yang baik dan benar.

  9. Memberikan Formulir yang telah di isi (Lama waktu tergantung antrian)
  10. Langkah berikutnya anda harus ke loket penyerahan formulir yang telah anda buat. nanti di loket tersebut kita dapat selembaran kertas kecil untuk bukti bahwa kita ingin melakukan tahap selanjutnya yaitu Tes teori dan praktek.

  11. Tes Teori dan Tes Praktek (Lama waktu tergantung anda tes)
    • Tes Teori  (waktu yang diberikan 45 menit)
      Tes Teori dilakukan dengan menggunakan Pulpen sendiri, untuk tes Teori terdapat beberapa soal tentang peraturan saat kita mengendarai. Jika anda lulus, anda mendapatkan cap Lulus Tes Teori, Jika anda tidak lulus silahkan anda balik lagi mengikuti tes dua minggu setelah anda melakukan tes teori. Buat yang ingin belajar mengenai Tes teori, atau mengetahui soal-soal materi tes tertulis perpanjangan sim. Silahkan Download Materi Ujian SIM (kisi-kisi kunci jawaban soal ujian tertulis sim c) Klik disini, Awas jangan salah tekan link download, File berupa Format PDF....(12Mb), soal ujian teori sim c dan kunci jawaban 2016 hanya diacak saat tes teori asli berlangsung.

    • Tes Praktek (waktu yang diberikan 45 menit)
      Langkah selanjutnya anda harus tes Praktek. Tes praktek dilakukan dengan teliti, kesalahan sedikit saat mengendarai akan menyebabkan anda tidak lulus, jika anda tidak lulus maka anda harus mengikuti tes praktek di kemudian hari. Jika sudah lulus tes praktek, anda akan di berikan Cap bahwa anda lulus ujian praktek. Pengalaman saya Tes Praktek Buat SIM C pakai Motor sendiri (Formalitas), sedangkan TES SIM A tes tanpa Praktek (NEMBAK), Jika Tes Praktek Pembuatan SIM A, kendaraanya sudah disediakan oleh polisi. Hati-hati koplingnya sudah di setting, rentan mati mesin... 
    Kartu Lulus Ujian Teori dan Praktek Pembuatan SIM A dan C
    Kartu Lulus Ujian Teori dan Praktek Pembuatan SIM A dan C
  12. Pemotretan Foto (Lama waktu tergantung antrian)
  13. Bawa selembaran kertas kecil yang berisikan nomer registrasi dan cap bahwa anda telah lulus ujian tertulis dan ujian praktek. Jika dalam lembarannya tidak ada cap lulus ujian, maka anda tidak boleh mengikuti pemotretan foto. selain di foto anda disuruh tanda tangan dan cap jari.

  14. Sim Jadi (Lama waktu 10-15 menit)
  15. Setelah semua tahap sudah diselesaikan, anda disuruh menunggu sekitar 10-15 menit untuk mendapatkan SIM.
    prosedur Pembuatan SIM A dan SIM C
    Pembuatan SIM A dan SIM C sudah jadi
Adapun Fungsi SIM adalah sebagai berikut : (referensi: mabes polri)
  1. Legitimasi kompetensi Pengemudi, merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan dari Negara Republik Indonesia kepada para peserta uji yang telah lulus Ujian Teori, Ujian Keterampilan melalui Simulator, dan Ujian Praktik. 
  2. Identitas Pengemudi memuat keterangan identitas lengkap Pengemudi. 
  3. Kontrol kompetensi Pengemudi, merupakan alat penegakan hukum dan bentuk akuntabilitas Pengemudi. 
  4. Forensik kepolisian, memuat identitas Pengemudi yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan penyelidikan dan penyidikan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta tindak pidana lain.
Untuk membuat SIM ada 2 jalur: (Pengalaman Penulis)
  1. Jalur Manual
  2. Jika anda melewati jalur manual, pengeluaran anda akan sedikit, Jika ditotalkan hanya sekitar Rp 175.000 (sudah termasuk biaya registrasi, biaya asuransi, biaya kesehatan) biasanya jarang orang yang cepat jadi SIMnya jika melewati jalur ini. Terkadang ada saja yang gagal dalam tes, baik itu tes tertulis (teori) maupun tes praktik. Tetangga saya pernah mengikuti #buat sim pakai jalur manual, padahal beliau sudah mahir berkendara, tapi dalam tes praktek ada saja alasan mencari kesalahan, Beliau harus mengulang tes praktek selama 4 kali di hari yang berbeda, mungkin karena polisinya sudah bosan tes praktek tetangga saya. akhirnya beliau langsung diluluskan  (-_-")
  3. Jalur Cepat (calo)
  4. Sedangkan jika anda melewati jalur cepat atau cara bikin sim lewat perantara anda harus mengeluarkan uang yang lumayan besar, Untuk SIM A sekitar 500-600 rb, Untuk SIM C sekitar 450-550 rb (daerah bekasi). Jika anda melewati jalur cepat, Semua tes tertulis dan tes praktik hanya formalitas aja, Pasti di luluskan 100% ^_^ .
Lama waktu pembuatan sim berkisar antara 100 - 120 menit tergantung antrian. Buat kalian yang belum buat SIM, silahkan buat sekarang, soalnya dengar-dengar biaya (tarif) pembuatan SIM akan naik loh, untuk membuat sim bisa melalui biro Jasa Stir Mobil atau bisa anda datang langsung ke polres kota terdekat. Jadi tunggu apa lagi, Khususnya bagi Anda berada di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek) dan sekitarnya, Pembuatan SIM maupun Perpanjang SIM saat ini sudah begitu mudah dan murah loh. buat yang masih belum jelas, silahkan komentar dibawah ini,..Menurut kalian bagus tidak kalau membuat sim Pakai Calo?

Buat Kalian yang Masa berlaku simnya mau habis, segera lakukan perpanjangan SIM. Karena Kaporli sudah menulis surat keputusan bahwa, Barang siapa masa berlaku SIM telah habis, maka harus bikin baru lagi SIM nya. berikut ini bentuk surat edaran nya
Surat Tentang Pembuatan dan Perpanjangan SIM
Surat Tentang Pembuatan dan Perpanjangan SIM 

Ini Info Jadwal Lokasi Pelayanan Mobil SIM Keliling & STNK Keliling Update 2016 Klik disini

Tags: Tarif biaya pembuatan SIM 2016, Download Soal Tes SIM ( Surat Izin Mengemudi) terbaru, Kisi-kisi materi SIM, Kumpulan Soal-Soal Kisi-Kisi Ujian Teori SIM A/C, Panduan Pembuatan SIM A & C: Buku Contoh Soal Ujian, Download Kunci Jawaban Soal Ujian Teori SIM, Soal ujian sim C besrta kunci jawabanya, Tips mudah lulus ujian SIM A/C dan biaya pengurusannya, syarat buat sim c baru 2016, ini cara bikin sim c diluluskan. cara membuat sim c sim a sim d sim b1 sim b2 sim internasional baru di bekasi 2016, proses pembuatan sim terbaru, aturan dan biaya membuat sim, Langkah-langkah, dan Tips Membuat SIM, persyaratan dokumen yang harus dibawa untuk pembuatan sim c, Cara dan Syarat Membuat SIM C dan SIM A Dengan Mudah, informasi pembuatan sim di bekasi, Cara Membuat SIM Dengan Jalur Resmi, biaya sim baru polres bekasi, Ini gan Total Biaya Bikin Baru atau Perpanjang SIM, persyaratan dan harga pembuatan SIM C, (Pengalaman) Tata Cara Membuat SIM C Jalur RESMI, jam operasional pembuatan sim daan mogot jam operasional sim keliling jam kerja pembuatan sim jam kerja pembuatan sim bekasi pembuatan sim online syarat membuat sim c nembak biaya bikin sim c nembak 2016 syarat membuat sim c 2016, Cerita Saya Membuat SIM A dan SIM C Baru, Menjajal Prosedur Penerbitan SIM C di POLRES Bekasi, Bikin SIM C Legal Dalam Sehari, 2 tahun sim a dan c tidak perpanjang, buat baru berapa 2016, biaya pembuatan sim c di bekasi, Cerita Saya Membuat SIM A dan SIM C Baru, Proses Cara Membuat SIM C dan SIM A Baru (Cepat), cara membuat sim motor dan mobil terbaru, Biaya mengurus SIM, Begini Langkah Pembuatan SIM yang Benar, Cara Membuat SIM C Baru dan Memperpanjang SIM Lama, buat sim harus ujian?, Cara Mengurus Pembuatan SIM A dan SIM C, biaya pembuatan sim c lewat calo, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapat sim b2, aplikasi tes pembuatan sim kendaraan, Berapa Tarif Resmi Membuat SIM Baru dan Perpanjangan, berapa biaya buat sim motor 2016, Berapa Tarif Resmi Membuat SIM Baru dan Perpanjangan, Ini Biaya Pembuatan SIM A, B, dan C 2016, Tarif biaya pembuatan SIM A, B1, B2, C, D, perpanjang, Cara Membuat SIM Dengan Jalur Resmi Terbaru, Proses Cara Membuat SIM C dan SIM A Baru, Biaya Buat SIM A, B, dan C terbaru, ujian teori buat sim ujian membuat sim ujian membuat sim mobil ujian pembuatan sim ujian bikin sim, Bikin SIM C di Polres Bekasi, Beginikah Praktek Pembuatan SIM, Pengalaman Membuat SIM C, Polri: Buat SIM Gampang dan Mudah, Cara, Syarat, dan Biaya Membuat SIM Baru, (Pengalaman) Tata Cara Membuat SIM A dan C, cara buat sim c nembak, harga bikin sim c terbaru, Persyaratan Pembuatan SIM Baru Persyaratan Pembuatan, Daftar Biaya dan Cara Membuat SIM C, bikin sim c bekasi kota, bikin sim online, Bikin SIM C di Polres Bekasi, Lika-liku Bikin SIM, cara membuat sim tembak, cara membuat sim mobil, persyaratan bikin sim, Fakta Pembuatan SIM, Cara Membuat SIM C (Surat Ijin Mengemudi Motor) Panduan lengkap membuat sim dengan mudah, Daftar Biaya dan Cara Membuat SIM C, Daftar Harga & Tarif baru buat Sim, Prosedur Resmi dan Cara Membuat SIM C Terbaru, Cara Buat SIM di Satlantas Polres bekasi, Inilah Biaya Resmi Pembuatan SIM Baru dan Perpanjang, cara bikin SIM pake Kartu pelajar Berapa Sebenarnya Biaya Pembuatan SIM

251 komentar:

  1. Yang lewat belakang aja gan lebih cepet...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lewat belakang mana tuh mas, belakang rumah saya? hahaha

      Delete
    2. Harga jauh banget kl buat sama calo/biro jasa

      Delete
    3. ada chanel buat sim c ga yg harga murah?

      Delete
    4. Bang Achmad Fazri. Itu klo kita bkin normal. Misalkan ,kn bayar 120 yeh. Nah trus klo mislkan gagal pas tes lg,, bayar lg kg si ?

      Delete
    5. Iya harga Calo lebih mahal. karena sudah pasti Lulus tes. Tidak perlu takut gagal buat SIM.

      Untuk pembuatan SIM dengan harga murah, Harus punya kenalan polisi yang kerja di polres (sebagai refrensi), Kalau pakai calo atau biro jasa pasti mahal.

      Kalau tes dalam pembuatan SIM gagal, Tidak Harus bayar lagi, Hanya disuruh datang kembali 2 minggu setelah tes pembuatan SIM Gagal.

      Delete
  2. semua proses nya cepat kok, pinter-pinter saja milih waktu pas gak begitu rame, karena yang bikin lama itu ngantri nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mas, harus pandai mencari waktu yang tepat, kebetulan saya buat baru SIM A dan perpanjang sim C hari senin kemarin, sangat padat sekali...

      Delete
  3. Karena alasan itulah saya sampai sekarang belum punya sim mau manual repot bolak baliknya mau cepat mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. mending buat sekarang mas, dari pada harganya naik, Bisa lebih mahal kan... Jadi naik motor/mobil tidak grogi lagi kalo ada razia

      Delete
    2. @Dwi Sebetulnya kalau sekarang ga repot ko mas, sehari juga jadi kalau tesnya lulus

      Delete
  4. MUNGKIN N3 NI BERMAKSUD CARA MENDAPAT LESEN MENGENDALI KENDERAAN KOT...BANYAK SYARAT YG PERLU DIPENUHI TU..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali kak Paridah, entri ini dibuat untuk memudahkan seseorang mendapatkan surat izin mengemudi (berkendara)... syaratnya cukup mudah di pelajari..

      Delete
  5. Ane biasanya bikin lewat sim keliling mas, kalau perpanjang takperlu tes lagi, tinggal isi formulir langsung dech

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia masalahnya mas, saya mau perpanjang SIM dengan jasa sim Keliling tapi tidak pernah nemu... mesti update jadwal sim keliling...

      Delete
  6. wah lengkap uraiannya disini... pastinya bermanfaat untuk mereka yang belum dapat SIM untuk mengikuti setiap arahan yang mas Achmad Fazri sampaikan.

    mas saya ada liebster award ini untuk masnya mohon diterima ya.. silahkan komentar dan berikan keterangan deskripsi blog masnya kalau berminat untuk ambil awardnya. terima kasih... ditunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan saya baru buat SIM A dan perpanjang SIM C kemarin. jadi tidak ada salahnya saya Share. Smoga bermanfaat untuk mereka yang belum Punya SIM

      Wah saya udah lama sekali tidak mengikuti Award berantai...nanti saya pelajari dulu, terimakasih ya

      Delete
    2. mas yanto ini ngomongnya "wani piro" terus

      Delete
    3. Siapa yang mau manten tuh

      Nyari sampingan dong...

      Delete
    4. Sampeyan artis mas.. jenenge di sopo sopo

      Delete
    5. iya...#siapin buku minta tanda tangan

      Delete
  7. Wah ulasan yang lengkap seperti ini bakal sangat membantu, memang pada dasarnya biaya bisa berbeda tiap daerah atau kotanya, tapi bermanfaat buat gambaran sehingga kita jadi bingung akan cara pembuatannya dan prosesnya, makasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin yang beda hanya biaya "calo" nya saja mas... Soalnya untuk tarif pembuatan sim hampir semuanya sama, karena sudah diatur melalui peraturan pemerintah...smoga bermanfaat. soalnya saya buat post ini sama persis sesuai kejadian yang saya alami..

      Delete
  8. Saya bookmark nih mas. bermanfaat sekali nih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mba... mudah mudahan gak bingung lagi saat membuat SIM... :)
      Soalnya Kemarin banyak kejadian yang menarik. ada orang yang baru registrasi langsung mau Foto Pemotretan.. otomatis di tolak sama Pihak Satlantas Polri :)

      Delete
  9. kebetulan saya belum punya mas,nanti saya pelajari dulu biar lulus hihii,,kalau sama bikin passport lebih ribet mana ya,,kalau passport ke luar saya malah sudah punya hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo buat SIM nya mas. Keburu Tarifnya naik ... Kalo buat passport saya malah belum pernah tuh... jadi gak bisa membandingkannya :)

      Delete
  10. murah bang simnya aku buat dulu tahun 2012 bayar 200 ribu beda sekali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikinnya lewat manual apa pakai calo mas? kalau manual emang murah tetapi tidak mudah.

      Delete
    2. kalo kopi Luwak dapet 5.. beli 2 gratis 1 :D

      Delete
  11. akhir2 ini ngurus sim didaerah saya lumayan sulit lomas.bisa bolak balik sampai 3-4 kali baru lulus.
    untung saya udah lama punya sim jadi tinggal memperpanjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah dari situ bisa diliat kalau kita emang disuruh pakai jasa calo.. supaya bikin SIMnya cepat. Syukur deh mas kalau sudah bikin, kalau memperpanjang prosesnya lumayan cepat...

      Delete
    2. istri saya tuh nggak pernah lulus. sampe sekarang. padahal kata dia prakteknya gampang tertuisnya mudah

      Delete
  12. memang terjangkau banget sekarang Mas. tapi ya itu, tetep aja ada oknum yang ngedepong di luar kantor nungguin orang lalai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang mah calo sudah lumrah.. udah kerja sama dengan para oknum dalam... Jarang yang sukses membuat SIM lewat jalur manual

      Delete
  13. saya malah udah setahun nih SIM C udah daluwarsa. kelupaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jarang razia sih, Aman mas, Tapi kalau sering razia bisa was was, Harus rela nyumbang duit gocap... :D

      Delete
    2. kalau sama mas zach pasti diganti klepon

      Delete
    3. Kalo polisinya doyan gak apa apa mas :D

      Delete
  14. saya belum punya ne sob, infonya berguna sekali bagi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dipelajari dulu mas, nanti kalau mau buat sim biar cepat dan lancar. Gak bingung lagi saat udah di polres.

      Delete
  15. cara paling gampang dan relatif lebih murah ya nembak lewat kursus mobil. meskipun kita ga kursus disitu bisa kok. nambah 200rb buat diterbitin ijazah mengemudi. buat tes tulisnya jg sebelum tes kita diajarin dl soal dan jawaban yg akan diujikan. ada try outnya jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener juga mba, Untuk membuat sim yang mudah memang lewat biro jasa, selain bisa belajar mengemudi, bisa dapat SIM juga, Kalau saya gak lewat biro jasa...

      Delete
  16. Replies
    1. Dandan dulu dong sebelum pemotretan Foto SIM. biar cool :D

      Delete
    2. bukan gitu mas tukang fotonya gak kasi aba-aba main jepret

      Delete
    3. Wah tukang fotonya kurang profesional tuh...

      Delete
    4. Coba bisa pakai foto yang sudah jadi... Pasti bisa di setting dirumah pakai Photoshop :)

      Delete
    5. wah kacau juga kalau di edit pakai potoshop ntar mukanya diganti

      Delete
    6. Saya natural aja... soalnya sudah dari lahir :D

      Delete
  17. info ini mungkin akan sangat bermanfaat bagi yang belum mempunyai SIM, atau yang ingin buat SIM. saya sendiri sudah mempunyai SIM, tapi saya mah nembak kang biar ga ribek.nembak ke polisi dgn sedikit sogokan jadi deh.hehe
    soalnya pas masuk polres suka ditanya mau ngapain pas bilang mau bikin SIM ditawarin nembak biar cepet, 15 menit langsung jadi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Kalo gak nembak, Proses pembuatan SIM nya di lamain...Padahal di kantor polisinya tulisan ada kawasan bebas Calo, Tapi tetap aja ada oknum yang menjadi Calo..

      Delete
    2. harus diberesin masalah kaya gini ya mas, nanti kan ujungnya memperburuk citra polisi juga..

      Delete
    3. Sepertinya sudah terbiasa mas. jadi susah dihilangkan...

      Delete
    4. kalo mencoba revolusi polisi mungkin akan susah lagi.iya mas susah pasti.udah mendarah daging.

      Delete
    5. Iya mas, sudah sulit di hilangkan, Sudah menjadi tradisi tersendiri :D

      Delete
  18. jika mengikuti prosedur sangat mulia banget tuh cara bikin SIM A dan C-nya, selama bisa di SUAP mah mendingan lewat SUAPan ajah lah, suapannya cuman jigoh kok mang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih dari Jigoh lo mang, yang non calo aja 175 rb, kalo pakai calo bisa 500rb...Kalo punya kenalan dalam malah bisa lebih murah...

      Delete
  19. mudah dan cepat ya mas, proses pembuatan SIM nya, memang bagi kita para pengguna jalan sudah sepantasnya melengkapi dokumen dokumen berkendaraan tersebut, saya juga sudah punya SIM mas Alhamdulillah, tapi kalau di tempat saya lumayan mahal Mas, kemarin perpanjang SIM B 1 Umum kena 1jt mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mahal sekali ya mas, sampai 1 jt gtu... Calo nya menang banyak banget. Padahal tarif normalnya pembuatan SIM b1 cuma 120rb

      Delete
  20. kalau di Malaysia lesen memandu kelas A,B,D atau E..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap Negara mewajibkan seseorang yang mengendarai kendaraan untuk memiliki surat izin berkendara ya

      Delete
  21. Uraiannya cukup detail, bermanfaat sekali,. serasa ikut dlm antrian. Pas dpt sim rasanya legaa banget. Sayangnya sim ku tidak terpakai ... women r not allowed 2 drive here in Saudi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh. gitu ya mba, emang kalau pakai SIM internasional masih tidak boleh mengendarai kendaraan juga? sayang sekali yah kalau tidak boleh.

      Delete
  22. caranya lengkap sekali mas, tapi saya dulu suka yang tinggal foto saja, kalau pakai test2 lama.hehe (ups, jangan ditiru ya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti saya saat buat SIM C mas.. Tinggal duduk manis dan nunggu difoto langsung jadi :D Harus di tiru dong

      Delete
  23. iya mas, padahal langsung ke kantor nya lo kemrin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau sampai 1 jt untuk 1 sim sepertinya emang kemahalan mas... saya kira yang paling mahal cuma 600 rb, ternyata sampai 1 juta untuk SIM B1...

      Delete
    2. kalau yg punya kantong tebal sih nggak masalah mas
      la saya??

      Delete
    3. kantong tebal kalo isinya cuma serabut kelapa gmana ?

      Delete
  24. wah panduan membuat simnya detail sekali mas,hehe sangat membantu.kalau buat sim kayak gini males nunggunya mas:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin besar bayar calo nya, semakin cepat proses pembuatan SIM nya mba... gak perlu nunggu lama lagi :D

      Delete
  25. Kebtulan kemarin baru aja antar anak saya buat SIM C, cuma karena buru2, udah gitu pas ada yg mau bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis berapa tuh mba... lebih mahal atau lebih murah

      Delete
  26. kemarin sempat juga bingung mau bikin sim c, ternyata mudah dan gak ribet amat. yang jelas asal persyaratannya. sisanya sudah bisa berjalan dengan lancar dan mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lewat jalur Normal tetap saja di persulit mbah :D
      kecuali pakai jasa Calo... Pasti dimudahkan dalam membuat SIM

      Delete
  27. kayaknya saya mau pilih jalan cepat deh,mahal dikit asal cepet :D ,nyalahi undang-undang ;:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat sim emang kebanyakan lewat jalur cepat... kalau lewat yang biasa sering diperlambat,.. harus punya uang lebih :)

      Delete
  28. sangat bermanfaat bagi yang mencari informasi tentang cara pembuatan sim ya bang, SIM punya saya masih aktif hehehe... masih lama berlakunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bermanfaat
      Agar tujuan berkendara selamat

      Delete
    2. Syukur deh mas Kalau sudah buat SIM, berkendara jadi nyaman...

      iya mba Smoga semua pengendara bisa memiliki SIM...

      Delete
  29. Replies
    1. Bagus tuh.. kalau sudah punya sim C. Naik motor jadi gak was was...

      Delete
    2. kalo ada yang D, SIM D, saya pesen dua

      Delete
    3. SIM D kan untuk penyandang cacat. wkakaka
      ya sruput kopi dulu selagi istirahat

      Delete
  30. ane bauru punya sim c gan, kalau sim a masih dalam tahap rencana soalnya ane belum bisa setir mobil sendiri, padahal bapak ane sudah punya mobil haaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mas, lancarin dulu nyetir mobilnya, baru biat SIM A... :D

      Delete
  31. Jika baru punya sepeda
    belum punya motor dan mobilnya
    apa ada perijinan membuat sim A
    Dan lain hurufnya

    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIM merupakan suatu bentuk legalitas
      Karena sebagai pengganti kartu identitas
      Untuk mematuhi peraturan lalu lintas
      Guna menjadikan pengendara yang berkualitas

      Delete
    2. Selain sim pengganti kartu identitas
      Kendaraanpun harus legalitas
      Supaya tidak ragu-ragu melintas
      Dan tak terhambat bila ada polantas

      Delete
    3. Identitas kendaraan sangat dibutuhkan
      Sebagai bukti pertanggung jawaban
      Untuk mencegah dari tindak kejahatan
      Yang berdatangan tanpa suatu alasan

      Delete
  32. jalur cepat aja, ga pake ribet hehe...

    ReplyDelete
  33. bermanfaat nih buat yang mau buat sim, makasih infonya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di simak, supaya gak ribet saat bikin SIM...

      Delete
  34. kebetulan nih mas saya belum punya, nanti saya mau bikin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan bikin mas, keburu harga pembuatan SIM naik.. bisa nambah mahal kalau lewat calo

      Delete
  35. SIM memang penting sekali mas biar perjalanan tetap lancar tanpa tilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya sim tapi Lupa bawa STNK tetep aja di tilang :p

      Delete
    2. SIM dan STNK tak bisa terpisahkan memang mas:D

      Delete
    3. KTP juga loh....isi dompet penuh dengan kartu identitas. hahaha

      Delete
  36. Kenapa Pak Polisi suka foto tiba-tiba sih? Baru aja ambil posisi buat foto, tiba-tiba Pak Polisi bilang, "Udah selesai, dek."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pak polisinya sudah ahli...Menjiwai pemotretan tanpa disuruh pose foto sudah jadi...lain kali harus mampir ke wc dulu buat dandan sebelum pengambilan foto yah :D

      Delete
  37. Pengalaman pribadiku pas bikin SIM si sebetulnya kalau lancar cepet jadinya. Dulu untungnya yang bikin nggak banyak orang yang antri. Jadi nggak bosen nunggu ampe lumutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang yang bikin males itu nunggu antriannya...kalau hari senin full banget...

      Delete
  38. kebetulan nih, saya belum punya sim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dipelajari dulu prosedur pembuatan SIM nya. nanti tinggal buatnya gampang

      Delete
  39. kalau ada razia motor saya kasih sim A saya.haha

    ReplyDelete
  40. Sudah lama punya motor, tapi sampai saat ini belum mempunyai SIM. Mungkin informasi ini bisa membantu, karena bulan depan kalau jadi mau buat SIM ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh belum punya SIM... ada razia kena tilang terus ya...

      Delete
  41. Nah mantep nih... kebetulan banget saya belum punya SIM, padahal udah dapet KTP :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah punya KTP sebaiknya buat SIM saja secepatnya...

      Delete
    2. Saya juga belum punya sim
      Masih belajar berkendara biar dianggap lazim

      Delete
    3. Punya sim saat berkendara
      Bisa terhindar dari razia

      Delete
  42. Kayaknya saya bakal lama lagi biar bisa punya sim A mas.. hehe

    kalo sim C mah dah dari SMP..

    ReplyDelete
    Replies
    1. SMP sudah punya SIM... wah ketauan nembak yak.. :D

      Delete
    2. Di tembak saja.. dor

      Saya sudah bosan di razia mas... hahaha sekarang sudah komplit jadi gak takut lagi

      Delete
    3. sekarangmah di saya lagi marak rajia satpol pp

      Delete
  43. makasih infonya mas.
    mau bikin sim ini,

    ReplyDelete
  44. Saya sudah pernah mas mengalami 2 kali gagal, tapi ketiga kalinya berhasil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin SIM nya pakai jalur manual ya... Bagus tuh, pengeluarannya jauh lebih sedikit... Selamat...

      Delete
  45. Mas, kalau perpanjang sim A dan C perlu tes lagi nggak? kabarnya saya dengar seperti bikin baru....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Perpanjang SIM Gak perlu mas tes teori dan praktik lagi. cuma tes kesehatan saja...

      Delete
  46. terima kasih ya mas atas infonya,
    lengkap banget.. great :)

    ReplyDelete
  47. Replies
    1. SIM D kan buat Disabilitas... berarti mang adul....? wkakaka

      Delete
  48. kalau bayar calo akan lebih cepat di proses ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, Buat SIM Pakai CALO Prosesnya lebih cepat, tanpa tes...tinggal duduk manis nunggu di foto... Tapi kalau bikinnya di Aceh bisa tanpa foto ditempat, tinggal kasih foto dari rumah...

      Delete
  49. klo dihitung-hitung lebih murah yang lewat calo
    kalo yang resmi 4x gagal bsa lebih mahal biayanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu mengeluarkan biaya lagi, cuma ujian praktek ulang saja...

      Delete
  50. Kalau saya kemarin bikin sim motor c yang baru pakai jalur normal Mas. Allhamdulillah lulus. :)
    Demi Indonesia, selama memungkinkan sesuai prosedur, tidak ada salahnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah syukurlah mas kalau lulus, Biasanya dalam membuat sim pakai Jalur normal malah dilamain... Harus tes bolak balik...

      Delete
  51. Kalau bikin langsung jadi bisa gak ya hehehe...

    ReplyDelete
  52. lengkap sekali mas informasinya, sangat bermanfaat nih buat saya belum dapet sim :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Buat sim Secepatnya. Karena biaya pembuata SIM akan semakin Mahal :D

      Delete
  53. ikuti aturan yg berlaku,jgn sama calo hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan sulit jika mengikuti aturan berlaku. karena pasti di persulit Jika akan meningikuti Tes Teori dan Tes Praktek Pembuatan SIM

      Delete
    2. Memang yang baik dan benar adalah ikuti aturan yang berlaku, jika punya waktu lebih dan tingkat kesabaran yang tinggi sangat dianjurkan untuk mengikuti jalur manual :)

      Delete
  54. biasanya sih mau yg langsung jadi aja ya...karena berdasarkan pengalaman juga nih kalau tes kayaknya sengaja disalah-salahin dan dilama2in :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kalau buat SIM pakai jalur normal pasti dipersulit

      Delete
  55. lengkap dan komplit, sampai cara membuat sim dengan jalur calo pun ada, saya jadi sedikit curiga, kang admin pengalaman dan pengamalan hehehe peace... sepengalaman saya, dalm pembuatan sim sama dengan persyaratan diatas, akan tetapi para calo ternyata memang seperti sudah disediakan di tempat-tempat khusus disekitar satlantas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembuatan sim sekarang semakin di mudahkan, Apalagi kalau pakai calo :D

      Delete
  56. thanks buat infonya,, bener2 bermanfaat nih :D

    ReplyDelete
  57. maaf numpang infonya klu mau bkin sim di luar kota asal bisa gak kira'',,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, asalkan ada surat keterangan tinggal. buat sim itu mudah, kalo uangnya ada... :D kalau mau instan pakai calo aja

      Delete
  58. saya mau tanya,apakah seandainya kita tidak lulus teori ni,apakah kita disuruh membayar lagi apa tidak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tes teori dan praktek tidak lulus, maka anda Tidak perlu bayar lagi, hanya tinggal mengeluarkan bukti tes aja, karena anda akan disuruh kembali tes sekitar semingu lagi...

      Delete
  59. alhamdulillah saya buat sim c sekali tes langsung lulus lewat jalur normal :) cuma ngeluarin duit 150.000 (termasuk asuransi sama tes kesehatan),
    pesan saya mah mending coba aja dulu lewat jalur normal, jangan langsung lewat calo, kali aja beruntung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jalur normal untuk tes praktiknya hanya 100:1 aja yang lulus... kebanyakan petugasnya nyari-nyari kesalahan pas praktiknya

      Delete
  60. alhamdulillah saya buat sim c sekali langsung lulus lewat jalur normal :) biayanya cuma 150.000 termasuk asuransi sama tes kesehatan, jadi mending coba aja dulu lewat jalur normal jangan langsung lewat calo, mungkin aja beruntung :D

    ReplyDelete
  61. Yang lewat belakang kayaknya udah nggak ada, oknum pada takut karena pengawasan semakin ketat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibekasi masih ada kok. Baru sampai parkir di dekat kantor kepolisian bekasi, sudah banyak yang nawarin (calo)

      Delete
  62. Halo,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka peluang keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi hari kami melalui e-mail di: (saintloans@hotmail.com)

    ReplyDelete
  63. File pdf-nya rusak ya mas? gak bisa dibuka setelah saya download

    ReplyDelete
    Replies
    1. File pdf tentang soal tes pembuatan sim masih bisa kok, ada 500 soal, karena dalam tes teori soalnya ada banyak yang di acak

      Delete
  64. Terimakasih ya gan infonya, bermanfaat banget. sepertinya emg lebih baik pake calo haha
    ohya, bener ngga sih klo kita udah lewat dri 17 tahun baru buat sim bakal kena denda?

    Btw gan, klo di bekasi buat simnya dmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama sama. untuk buat sim kalau mau ngga ribet mending lewat biro jasa atau calo aja... Ngga ada denda kalau mau buat sim, tidak seperti perpanjangan Pajak...

      Kalau dibekasi, saya buat di polres bekasi dekat alun alun bekasi...

      Delete
  65. ada yg mau bantu bikin sim yg cept ga tanpa d tes....., kalau d tes sika grogi..... tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke biro jasa bikin sim aja atau ke calo... tinggal duduk manis, tanpa harus ikut tes...

      Delete
  66. Saya nk bikin sim mobil nembak...batam berapa harganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir rata rata nembak sim diatas 500 rb... di bekasi lebih besar,
      kalau dibatam mungkin bisa kurang.

      Delete
  67. SIM saya mati & waktu msh pakai KTP dikampiung. skr KTP udh pindah ke bekasi jd SIM jg hrs bekasi. liat biaya normalnya cm 175rb itu jg kalo lolos, yg cepet bs bengkak 200% gitu mas?. edannn makanya males bikinnya -___-

    ReplyDelete
  68. Jalur cepat 'JALUR DILARANG AGAMA'; PENYUAP dan yang DISUAP sama-sama masuk neraka !!. Jika kita melalui jalur cepat ini, sungguh kita telah menjerumuskan saudara kita 'CALO' ... saudara kita 'PAK POLISI' dan tentu 'KITA' sendiri, akan sama-sama masuk neraka! ? Mau??

    Kalau kita tidak melalui jalur cepat keuntungannya :
    Akhirat :
    1. Kita selamat dari azab Allah
    2. Yang kedua, kita menyelamatkan saudara kita PAK POLISI dari azab Allah
    3. Sang Calo, Juga selamat dari azab Allah
    dan tentunya juga beserta keluarganya yang ikut makan rizki dari calo dan pak polisi..

    Dunia :
    1. Belajar rabu lalulintas - jadi paham hehehehe
    2. Latihan praktek di rumah sebelum praktek sesungguhnya di SAMSAT.
    3. Irit Biaya sekitar 500ribuan alhamdulillah........

    mohon ditambahkan keuntungannya yaa

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post