................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Monday, June 08, 2015

16 Cara Mengatasi Rayap Pada Bangunan Rumah

Cara Efektif Membasmi Rayap - Anti Rayap
Cara Efektif Membasmi Rayap
Salam Blogger. #Anti Rayap. 16 Cara Mengatasi Rayap Pada Bangunan Rumah - Betapa sedihnya jika rumah yang baru dibangun itu cepat rusak, Ya rumah ini memang dulunya sudah lama tidak di tempati, Namun baru saja di perbaiki, Tapi apalah daya, Koloni rayap sudah menggempur habis-habisan kayu yang ada di rumah tersebut, Kejadian ini terjadi setelah beberapa tahun tidak berpenghuni, mungkin rayap tersebut sudah membuat rumah di kayu yang ada di rumah ini. Kayu didalam plafon rumah sudah lusuh lunglai tanpa mengerat keras di plafon, akibat kayunya rapuh dimakan serangga rayap. Gara-gara kejadian ini, Akhirnya rumah ini di bangun dan di renovasi kembali. dengan mengganti Kayu penyangga (range) dengan besi holo atau dengan baja ringan.


kayu anti rayap apa ya?
Kayu yang paling dijauhi oleh rayap itu adalah:
1. Kayu merbau.
Konon kayu ini mengeluarkan bau yang dapat mengusir rayap, dan apabila kayu tersebut dimakan rayap, Rayap tersebut tidak akan hidup lebih lama, karena zat yang terdapat pada kayu tersebut bisa mematikan rayap.
2.Kayu jati
Sudah tidak asing lagi, jika kalian mendengar kayu jati, karena Kayu jati itu semakin lama umurnya, maka semakin keras, sehingga rayap tidak akan mampu untuk memakannya.
3. Kayu Ulin.
Kayu ini sudah jarang ditemukan, kayu ini bisa disebut dengan kayu besi karena memang kayu ini termasuk kayu terkuat di habitat aslinya.

Jenis Rayap:
Rayap salah satu serangga yang sangat menyukai kayu dan selulosa lainnya, Dalam berkelompok raya terbagi menjadi 5 jenis
Siklus Kehidupan Rayap
Siklus Kehidupan Rayap
1. Ratu rayap
2. Raja rayap
3. Bayi rayap (Nimfa)
4. Rayap pekerja (pencari makan)
5. Rayap prajurit (penjaga sarang)

Fakta-fakta unik tentang rayap:
  • Rayap binatang yang memakan batang kayu dan rayap termasuk kedalam binatang purba, Karena serangga ini sudah ada sejak 100 tahun yang lalu
  • Rayap dapat membangun sarangnya dari lumpur dan dibentuk berupa gundukan tanah yang tinggi dan besar dengan banyak ruangan di dalamnya. Tapi tau kah kalian, kalau rayap membangun sarangnya dengan kotorannya sendiri.
  • Di dalam sarang, rayap membangun menyimpan makananya yang berasal dari kotorannya. di dalam Sarangnya juga di lengkapi dengan cerobong khusus yang berfungsi sebagai ruang penyejuk udara. 
    Rumah Rayap bagian dalam
    Rumah Rayap bagian dalam (Dokumen Pribadi)
  • Ratu dan raja rayap berukuran sangat besar. Tetapi, ratu rayap lebih besar dengan panjang 11 cm, sementara raja rayap panjangnya hanya 2 cm. Sedangkan rayap prajurit yang bertugas untuk menjaga ratu hanya 1 cm panjangnya.
  • Meski tubuhnya kecil, koloni rayap bisa menghancurkan gedung dengan capit + air liurnya untuk mencari makan
  • Rayap merupakan serangga pengurai (dekomposer),yang menguraikan sisa-sisa tanaman/kayu kemudian mengembalikannya sebagai "unsur hara" yang dapat menyuburkan tanah. Akan tetapi karena tempat tinggalnya digusur oleh pemukiman manusia, Tapi sekarang rayap dapat menjadi hama perusak bangunan, mungkin karena tempat tinggalnya sudah tidak ada.
  • Rayap hidup berkoloni atau berkelompok dengan jumlah anggota bisa sampai 10 juta rayap 
  • Rayap harus hidup berkelompok karena jika berpisah ia tidak bisa bertahan hidup atau bisa di bilang mati 
  • Rayap Makan kotorannya temannya sendiri.
  • Rayap bisa bertahan hidup maksimal hanya 2 tahun. akan tetapi ratu rayap mampu hidup hingga 50 tahun
  • Rayap merupakan binatang yang unik karena Sarangnya adalah karya arsitektur yang mengagumkan karena Di dalam sarang ini terdapat sistem-sistem canggih untuk memenuhi seluruh kebutuhan rayap yang tidak boleh terkena sinar matahari karena rayap tidak suka dengan cahaya matahari. Di dalam sarang rayap ada sistem ventilasi yang banyak, lalu terdapat pintu ke-luar darurat, ruang untuk musim panas dan musim dingin.
  • Rayap jenis Neocapriterme taracua akan melakukan bunuh diri jika kehidupannya diserang. para Peneliti mendapati beberapa individu rayap memiliki bintik biru serta tubuhnya meledak ketika dipegang.
  • Rayap paling suka saling menyuapi atau sering di sebut dengan tropalaksis, dimana rayap akan transfer material (makanan, senyawa kimia dan protozoa) dalam satu koloni, melalui mulut (Stomadeal) atau melalui anus (Proctodeal). Perilaku ini merupakan perilaku yang penting dalam koloni rayap,karena kasta prajurit dan kasta reproduktif (ratu dan raja) tidak bisa mencari makanan sendiri,sumber makanan mereka diperoleh dari kasta pekerja. 
  • Rayap paling suka bersembunyi atau Cryptobiotik. Rayap sangat peka terhadap cahaya, karena mereka suka tempat yang gelap dan terlidung dari cahaya dan sinar matahari. 
  • Rayap termasuk serangga pengengembara atau Foraging. Rayap suka mengembara untuk mencari makan secara kontinyu dan dilakukan secara acak. 
  • Rayap suka makan temannya sendiri, atau disebut dengan Kanibalistik yaitu memakan individu lain yang sakit atau lemas. Neurophagy yaitu memakan bangkai individu lainnya
  • Rayap paling suka menggerogoti kayu hingga keropos dan hanya menyisakan kulit kayunya saja 
    Kayu Akibat Rayap
    Kayu Akibat Rayap (Dokumen Pribadi)
  • 80% dari seluruh binatang di dunia adalah serangga, salah satunya rayap
  • Salah satu jenis rayap dewasa atau rayap bersayap sering disebut sebagai Laron atau Anai-anai, Pada awal musim hujan, laron terbang berbondong-bondong keluar sarang mendekati cahaya untuk mencari pasangannya
  • Ratu rayap dalam sehari bisa menghasilkan 30 ribu telur. Bayangkan betapa banyaknya koloni-koloni rayap yang terlahir.
  • Ratu rayap dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit, karena di dalam tubuh ratu rayap terdapat zat-zat yang baik untuk menyembuhkan penyakit.
  • Rayap itu di lahirkan buta, tuli, dan bisu namun rayap bisa membangun sarang yang sangat besar dan tinggi hingga 7 meter
    Sarang-sarang rayap terbesar di dunia
    Sarang-sarang rayap terbesar di dunia (Google Image)
Biasanya dalam mencegah rayap, kebanyakan orang menggunakan Bahan kimia pembasmi rayap atau umpan rayap, mungkin karena lebih mudah didapat di pasaran. Sebutlah misalnya alfametrin, sipermetrin, imidaclotrin, lamdasalotrin dan venfalarat. Kalau malas melakukan sendiri, anda bisa menyewa perusahaan jasa pembasmi rayap. Buat alternatif lain untuk mencegah, menghilangkan dan mengatasi rayap anda bisa melakukan beberapa cara:

16 Cara mencegah dan mengatasi Rayap
  1. Oli Bekas atau oli rantai
  2. Bagi anda yang sering membuang oli bekas setelah mengganti oli kendaraan anda, sebaiknya anda simpan oli bekasnya, Karena oli bekas bisa berguna untuk mengusir Rayap. Bukan karena baunya saja yang tidak disukai oleh rayap, Tapi kayu yang di olesi oli bekas itu paling di jauhi oleh rayap, karena sifat bahan oli tersebut bisa mencegah rayap tinggal di kayu tersebut.
  3. Kapur Ajaib anti Serangga (kapur barus)
  4. Kapur barus atau kamper ( C10H16O ) merupakan Kristal yang mudah menyublim. Bahan pewangi ini berasal dari getah pohon kapur barus yang mengandung senyawa kimia bernama naftalen. Selain berfungsi sebagai pewangi, kapur barus berfungsi juga sebagai pengusir hama. Seperti rayap, kutu ataupun jamur.
  5. Sabun
  6. Sabun jika diistilahkan dalam bahasa kimia adalah garam basa yang dapat diperoleh dari berbagai asam lemak. Sabun itu fungsinya untuk membersihkan kotoran pada pakaian dan kulit yang sulit dibersihkan dengan menggunakan air. Reaksi penyabunan disebut dengan yang namanya saponifikasi. Selain untuk membersihkan diri, Sabun bisa mengusir semua serangga, seperti semut, kelabang, rayap dan serangga lainnya.
  7. Pestisida
  8. Pestisida berasal dari kata pest yang berarti hama, sedangkan cide bermakna membunuh. Pestisida adalah nama lain untuk racun yang digunakan untuk membunuh serangga penggangu seperti rayap.
  9. Air Tajin (Air Cucian Beras)
  10. Air cucian beras atau sering di sebut sebagai air tajin, selain bermanfaat untuk kecantikam, ternyata bisa juga untuk membasmi rayap, Caranya dengan mencuci air beras yang pertama, lalu semprot kan air tersebut ke sarang rayap, dijamin rayap pada ngungsi.
  11. Daun Salam dan Kemangi
  12. Jika dilemari anda terdapat rayap, Jangan khawatir, gunakan daun salam sebagai jalan alternatif, Karena aroma khas daun salam sangat dijauhi oleh serangga, seperti rayap. Anda tidak perlu khawatir meskipun memiliki aroma kuat, daun salam tidak akan mempengaruhi bau pada pakaian anda.
  13. Air rendaman Tembakau + Garam
  14. Buat kalian para perokok, jangan dibuang putung rokoknya, Karena air rendaman tembakau bekas rokok dapat mengusir rayap dari tempat pesembunyiannya, Caranya, yang anda harus lakukan dengan merendam tembakau di dalam air selama satu malam. Air rendaman ini bertujuan untuk mengeluarkan sari yang ada di dalam tembakau tersebut. selanjutnya anda campurkan dengan garam, lalu silahkan siram atau semprotkan air tersebut ke sarang rayap.
  15. Tisu + Kimia Heksaflumuron
  16. Tisu merupakan sejenis kertas tipis, dimana dalam tisu itu mengandung selulosa, Apabila kita lembabkan dengan air, Tisu ini bisa mengundang rayap, karena Rayap menyukai benda-benda yang lembab, Tisu tersebut di semprotkan dengan cairan kimia.
  17. Minyak Tanah atau solar
  18. Sebagian orang hanya mengetahui minyak tanah dan solar itu sebagai bahan bakar. Padahal minyak tanah dan solar paling ditakuti oleh semua serangga, Tak terkecuali dengan serangga rayap, Saran saya, sebelum anda menjadikan kayu sebagai pondasi rumah, lebih baik, di olesi dengan minyak tanah atau solar. dengan begitu kayu tersebut akan dijauhi oleh rayap
  19. Kapur Sirih
  20. Panas dari kapur sirih mampu membuat koloni rayap mengungsi ke tempat lain, Gunakan kapur sirih untuk mencegah rayap berkembang di kayu rumah anda.
  21. Khitosan
  22. Khitosan dilarutkan dengan cairan NaOH 60% sesuai konsentrasi yang dibutuhkan. Lalu cairan tersebut di rendam dengan kertas, maka kertas saring yang sudah direndam diumpankan ke rayap. Selama 21 hari, rayap memakan kertas saring. Rayap-rayap tersebut tak menolak mengkonsumsinya. Akibatnya, rayap-rayap tersebut mati teracuni.
  23. Bubuk daun pepaya dan daun Sirih
  24. bubuk daun pepaya dan daun sirih mengandung kavikol dan kavibetol yang mempunyai daya antibakteri lima kali lipat dari fenol biasa sehingga jamur tidak mudah tumbuh pada kayu, sehingga dapat mencegah adanya rayap
  25. Akar wangi
  26. Akar wangi, selain untuk mengharumkan pakaian anda saat diletakan di lemari, ternyata bisa juga untuk mengusir rayap , ngengat dan juga kecoa. caranya akar wangi di bungkus dengan kain kasa.
  27. Bubuk Merica
  28. Rayap, umumnya menyerang peralatan kayu, yang akan mengakibatkan mudah keropos dan rusak. Untuk mengatasinya cukup anda sediakan biji merica dan bungkuslah dalam kain kasa, lalu biasa nada tarus di lemari, kusen kayu atau lainnya. Aroma tajam merica akan mengusir rayap , ngngat dan kawan-kanannya.
  29. Meni Kayu
  30. Meni kayu biasanya berwarna merah. Meni kayu ini sejenis cat dasar untuk kayu ini berbasis pada resin alkyd dan pigmen timah merah. Produk ini memiliki sifat adesif film yang baik dan daya tahan yang baik terhadap parasit, lapuk dan jamur dan secara umum ini termasuk dapat melindungi kayu dari rayap.
  31. Udara Panas
  32. Udara panas merupakan tempat yang paling dijauhi oleh rayap, Diusahakan buat kalian yang membangun rumah, untuk membuat ventilasi dan cahaya yang cukup, dengan cara membuat ruang control dengan genteng kaca. dengan begitu rayap tidak akan berkembang biak dan membuat sarang, karena rayap takut terhadap cahaya matahari.
Cukup sekian ulasan kali ini tentang cara mengatasi atau membasmi rayap, semoga bangunan kita bisa terhindar dari serangan serangga rayap, Mencegah lebih baik, dari pada terjadi sesuatu yang dapat merugikan kita nantinya. semua isi postingan ini saya rangkum menurut pendapat para ahli dan suatu obrolan sesama tetangga rumah, Saran saya kalau mau bangun rumah, mending pakai baja ringan untuk penyangga nya, tapi kalau masih ingin pakai kayu, silahkan pakai cara-cara diatas. demikian dan terimakasih sudah membaca.

Sumber: Pengalaman Pribadi, Ebook Google, Buku panduan penangkal rayap, repository.ipb.ac.id.

Tags: 16 Cara Mengusir Dan Membasmi Rayap Pemakan Kayu, Bagaimana Cara Membasmi Rayap di Rumah, tanaman yang tidak disukai anai-anai, laron rayap, cara tercepat menghilangkan rayap dari rumah, mengusir rayap dari rumah, Cara Membasmi Rayap Secara Alami, cara membasmi rayap sampai lenyap, cara menemukan ratu rayap, Masuk ke kerajaan rayap, Mengenal Rayap : Si Hewan Tuli, Bisu, Buta, Sains dan Pendidikan, Seribu Cara Tumpas si Pemakan Kayu (Rayap), cara agar kayu tidak dimakan rayap, cara menghilangkan rayap di genteng dengan ampuh, ara menghilangkan rayap pada lemari kayu cara menghilangkan rayap di dinding cara menghilangkan rayap di lantai cara menghilangkan rayap di lemari pakaian cara menghilangkan rayap di kusen cara menghilangkan rayap di kaki, cara membasmi rayap di lemari pakaian,  Fakta Seputar Laron dan Rayap, Membasmi rayap harus mengenal fungsi masing – masing, Cara Menemukan Ratu Rayap, KOLONI RAYAP DAN JENISNYA YANG BERBAHAYA, rayap itu KEAJAIBAN SERANGGA, Membasmi Rayap Dengan Ramah Lingkungan, Ilmuwan: Sarang Rayap Bisa Menguak Lokasi Tambang, cara basmi rayap, anti rayap murah, cara agar kayu tidak dimakan rayap bahan pengawet kayu cara membasmi hama bubuk kayu cara menghilangkan bubuk kayu pada lemari cara mengawetkan kayu dari rayap cara mengawetkan kayu secara alami cara mengawetkan kayu sengon cara membasmi kumbang bubuk pada kayu, umpan rayap bubuk, Cara Mudah Mencegah dan Membasmi Rayap di Rumah,  Tips Mengusir Rayap Kayu Dari rumah, Rayap-rayap buta membangun gedung pencakar langit, cara praktis mengusir rayap, Mencegah Dan Merawat Kayu Dari Rayap, Cara mengatasi dan menghilangkan rayap di rumah, Cara mengatasi rayap pada bangunan/rumah yang sudah terserang rayap, Mengatasi Rayap Pada Mebel Kayu Dan Penangannnya, Tembakau Untuk Membasmi Rayap, agar kayu awet tidak dimakan nonor pake apa?, Cara Termudah: cara membasmi rayap di plafon rumah, Cara Membasmi Rayap Dengan Tisu, Mencegah Dan Mengendalikan Serangan Rayap Dirumah, Gimana cara ngusir rayap yang menggerogoti kayu di plafon rumah, Cara Mengatasi Rayap di Rumah Tanpa Obat Hama, Tips & Cara Efektif Mengusir / Membunuh Rayap, Tips Mencegah Dan Mengendalikan Rayap, Cara Membasmi Rayap, cara mengusir rayap di tembok, cara membasmi rayap dalam tanah, Laron (Anti Rayap) beserta Cara jitu, Bagaimana Membasmi Rayap Pada Dinding, Seribu Cara Tumpas si Pemakan Kayu (rayap), Cara praktis basmi rayap di furniture kayu, Cara Membasmi Rayap Di Rumah Secara Cepat, Tips Cara Mengusir Rayap yang Mengganggu, Basmi Rayap dengan Anti-Rayap Alami, Umpan Rayap - anti rayap, Cara membasmi rayap dengan oli, cara mengatasi rayap,  Cara Membasmi Rayap Kayu Sampai Tuntas, Pengecekan rayap pada bangunan pasca Konstruksi, Anti Rayap, Pemusnah Rayap, Pengendalian Rayap, cara mengusir rayap, mencegah rayap, cara membunuh rayap, Oli dan solar untuk cegah rayap, oli dan solar untuk kayu, obat pembunuh bubuk bambu, Cara Mengusir Laron dan Rayap dari Rumah, tips aman dan nyaman buat membasmi rayap.

118 komentar:

  1. Ternyata banyak juga yah buat mengatasi rayap. Yang tembakau itu lumayan tuh, apalagi buat yang suka ngerokok. Obat rayap juga ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lumayan banyak cara membasmi rayap, salah satunya dengan air yang sudah di rendam tembakau rokok. dijamin rayap akan minggat atau mati...

      Delete
    2. tapi kalau rayapnya lahir di Papua mah harganya jadi mahal ya mang

      Delete
  2. wahhhh ,,,,, bnyk banget nih caranya ,,,, q bungkus dlu mas ,... buat oleh2 dirumah orgtua ,,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas fiu, dibungkus yang rapih, siapa tau bisa berguna dilain waktu...

      Delete
  3. pernh pakai minyak tanah. hati2 jgn kena api,
    jgn sampai ingin basmi rayap, jadi basmi semua krn kebakaran.

    yg suka menggerogoti, merusak, hrs dibasmi...
    koruptor bak rayap = bs dibasmi dg minyak tanah .. (?)
    ayo basmi, cepaat jgn merayap..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lebih suka pakai solar dicampur oli mba,, Emang harus hati-hati, jangan sampai kena percikan api, Tapi dengan begitu rayap tidak akan kembali bersarang di kayu tersebut :D

      Koruptor emang hukuman yang pantas itu di siram minyak tanah lalu di Bakar, biar jera...

      Delete
    2. hidup mas Fazri...! next saya coblos anda jd presiden dah :)
      Rakyat sejahtera, Rayap rakyat amblaass.

      jangan dibakar ah sereeem. balurin minyak tanah lalu dikerockin .. biar gak masuk angin..hihi.

      Delete
    3. hahaha bisa aja nih mba... biarkan saja di bakar, supaya semua orang para pejabat nakal takut dengan hukuman. Kalau hanya penjara gak akan kapok... Jangan lupa Pilih saya ...

      Delete
  4. Kayu di rumah saya habis di makan rayap, btw makasih tipsnya mas achmad :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti rumah saya mba, untungnya sekarang sudah dibangun kembali dengan kayu yang sudah dilapisi solar + oli...

      Delete
  5. Yang saya tau yang bagus agar ga dimakan rayap cuma kayu jati, kalo kayu merbau sama kayu ulin baru tau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayu jati memang bagus untuk properti rumah, karena bahannya sangat kuat. untuk kayu merbau dan ulin bisa jadi alternatif kalau kayu jati harganya mahal...

      Delete
  6. Berapa duit ya, ngebangun rumah dari kayu jati? :/

    Trus untuk benda-benda yang bisa mengatasi rayap, ada yang gak aku tau. Taunya cuma kapur sirih. Itu sering dipake mamaku dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk sekarang kayu jati memang sudah mahal, karena untuk tumbuhnya saja memakan waktu yang sangat lama, semakin tua semakin kuat kayunya... benda-benda lain tersebut untuk alternatif jika tidak menemukan pembasmi rayap :D

      Delete
  7. artikel yang sangat bermanfaat dan pasti banyak diperlukan orang terutama yang rumahnya mulai kena rayap, lengkap dan mendetail artikelnya mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan saya abis benerin rumah gara-gara kayunya pada keropos karena rayap...Sekalian buat postingan ini, siapa tau bermanfaat....

      Delete
    2. kalo rumah mang lembumah g akan kena rayap ya. hehehe
      beton semua ya mang

      Delete
  8. wah kebetulan banget kalau disini tepatnya didesa banyak rayapnya mas, makanya dengan menerapkan tips mengatasi rayap diatas, bisa lekas kabur rayapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rayap Dikota juga banyak mas, Soalnya tumbuhan kayu yang seharusnya jadi rumah rayap, sekarang jadi rumah semua, alhasil rayap pindah ke kayu-kayu yang ada dirumah...

      Delete
  9. biasanya disini sebelum mendirikan rumah adalah dengan mengolesnya pake oli mas, ternyata oli juga bisa membasmi rayap ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener sekali, sebelum membangun rumah, lebih baik kayunya di olesi oli bekas atau minyak tanah, supaya tidak di hinggapi oleh rayap,

      Delete
  10. wawww, info yang super lengkap sekali mas.. gila

    ternyata banyak banget cara yang bisa dilakukan untuk membasmi rayap ya mas, saya coba eh mas, soalnya kos-kosan saya mulai diserang rayap nih.

    thanks infonya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati mas, rayap tidak makan kayu saja, buku atau koran bisa jadi sasaran rayap, karena mengandung solulosa... waspada

      Delete
  11. makasih tipsnya, sangat membantu :)
    rayap memang sangat mengganggu banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga bermanfaat, bukan mengganggu lagi tapi sudah menjadi musuh dirumah. karena sudah banyak menggrogoti kayu dirumah

      Delete
  12. dulu sempat ada rayap dirumah kena lemari, mengatasinya suka pakai minyak tanah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya malah seringnya di kayu pintu dan plafon rumah...

      Delete
  13. Berarti ntar kalo ganti oli motor jangan dibuang yah bekas olinya
    lumayan menghilangkan rayap sekaligus berhemat haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jgn dibuang oli bekasnya, soalnya bisa berguna untuk mengusir rayap...

      Delete
  14. tipsnya sangat bermanfaat mas. boleh juga nih dicoba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba mas, mudah mudahan berhasil...

      Delete
    2. sip. tembok rumah saya sekarang sudak tidak ada rayapnya lagi nih. *nah loh..*

      Delete
    3. Temboknya tidak ada rayap, Tapi kayunya itu loh #sudah habis dimakan rayap... hahaha

      Delete
  15. Kalau di tempat saya yang paling umum pake solar gan, kalo sabun buat mandi, kalau pestisida buat semprot hama wereng, looh,,, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo solar buat bbm truck gan.... itu hanya alternatif saja....

      Delete
  16. jendela rumah saya juga bolong2 habis di makan rayap, tapi sampai saat ini saya ga tau bentuk rayap kaya apa, tau2 kayu udah pada bolong aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati-hati kacanya jatuh mba, gara-gara kayunya kropos dimakan rayap...kalau bentuk rayap, hampir sama dengan semut. tapi putih

      Delete
    2. aku kira yang putih2 itu warna kayu aja yang udah lapuk di makan usia, ternyata rayap ya

      Delete
    3. iya, tapi rayap lebih suka menghindar dari cahaya. paling yang dilihat sisa-sisa kotorannya saja...

      Delete
  17. ratu rayap bisa hidup sampe 50 tahun? kereen yaa :D
    Sarang rayapnya amazing banget mas. Tinggi bener
    Baru tau kalo air tajin bisa ngusir rayap. Makasih ya infonya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener lan, ratu rayap memang hidupnya lebih panjang, karena semua kehidupannya selalu di jaga oleh para koloninya. keren ya sarangnya, padahal Rayap itu buta, bisu dan tuli loh....Selain air tajin, masih banyak alternatif untuk mengusir rayap...

      Delete
  18. ternyata bisa pakai air tajin ya buat mengatasi rayap

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, mangkannya kalau abis cuci beras, airnya jangan dibuang... :D

      Delete
  19. kalau saya biasanya menggunakan oli bekas untuk membasmi rayap mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu juga termasuk cara mengusir rayap mas.. seperti yang sudah saya jelaskan diatas... Cuma tinggal dioleskan saja pada batang kayunya.

      Delete
    2. iya mas.
      hari2 gini mesti rutin memeriksa rumah ya.
      sebelum kayunya dihabisin rayap :D

      Delete
    3. rendam di lumpur atau kayunya di threatment seperti di bilang mas yanto....ampuh.

      Delete
    4. @mang yanto. iya harus dicek semua bahan yg terbuat dari kayu, jangan sampai terlambat....

      @mbah dinan, Diolesi aja sudah dijauhi rayap, apalagi di rendam. Tapi jangan kelamaan di rendam, Bisa-bisa kayu jadi lapuk

      Delete
  20. kayu jadi terlalu keras ya untuk dimakan rayap, kirain rayap ga pilih-pilih.hihi
    takut giginya habis sama kayu jati kali itu rayap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan hanya takut keras aja mas, Kayu jati juga mengandung bau yang tidak disukai oleh rayap...

      Delete
  21. kalo pake minyak tanah agak takut kebakaran sih mas.hehe
    mending kapur ajaib aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai kena percikan api loh.. kalau bisa pakai oli bekas aja mas

      Delete
    2. Lagian minyak tanah
      Belinya susah
      Dah hampir punah

      Delete
    3. Iya mba, minyak tanah sudah langka
      Jarang beredar seperti hilang seketika
      Ini menjadi petaka
      Karena nyata bukan fiktif belaka

      Delete
  22. kebetulan dirumah saya menggunakan meja makan dari kayu ngatasi rayapnya biasanya dikasih air disetiap kaki kaki meja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seperti mengatasi semut pada meja makan ya. dengan menambahkan air di sisi meja. Tapi Rayap biasanya mencari benda lain yang terbuat dari kayu. Seperti jendela, pintu atau kayu penyangga pada plafon rumah,,

      Delete
  23. Wah makasih ya artikelnya sangat berguna nih, rumahku juga banyak rayapnya, keluar dari sela-sela lantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, di rumah saja sebelumnya juga banyak rayapnya, Mungkin karena sudah lama tidak di tinggali, Jadi tempatnya lembab. Untung sekarang sudah tidak ada rayapnya...

      Delete
  24. Lengkap bingit pembahasannya, rumah kami 2 tahun lebih ditinggalkan sudah banyak rayapnya dan tiang banyak yang putus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah berarti rumah mas daniel sangat lembab, Karena rayap paling suka di tempat yang lembab...Kalau bisa atapnya di kasih genteng kaca , karena rayap paling tidak suka dengan cahaya matahari

      Delete
    2. sayangnya kang. itu karena ga ada yang ngisi paling kang

      Delete
    3. Mungkin saja mang, rumahnya lama tak di huni... Soalnya rayap juga menghindari rumah yang banyak penghuninya...

      Delete
  25. yang paling sedih itu kalau kita bikin sesuatu dari kayu atau bambu, udah jadi dan sebulan kemudian malah kena rayap....sedih rasanya bro....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan sedih lagi mbah, tapi dongkol dan kesal... tapi sekarang sudah tau cara mengatasinya, jadi gak was was lagi dengan rayap

      Delete
  26. Lo bisa pakai air cucian beras ya. setau sayah sih pake oli kang di bagian yang nempel ketanah atau semua rangka kayu.
    atau di kasih meni kang yang warna oranye.
    Serius kang bisa pakai air cucian beras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mang, Air tajin selain bisa digunakan untuk mengusir hama kutu, bisa juga untuk membrantas rayap dari sarangnya, meni kayu hanya untuk pelapis kayu, trus juga bisa untuk antisipasi datangnya rayap....silahkan dicoba...

      Delete
    2. bisa di coba nih.
      murah kan tiap mau masak nasi aja sayah kumpulin airnya yah. hehehe

      Delete
    3. Silahkan mas, Biar nggak mubazir ya. hehe

      Delete
  27. Ternyata daun salam juga bisa digunakan untuk mencegah rayap, baru tahu hehe...
    Kalau ratu rayap yang dijadikan obat sempat lihat di tv.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada banyak cara untuk mengatasi atau membasmi rayap, salah satunya dengan daun salam. Ratu rayap memang berkhasiat untuk obat juga...

      Delete
  28. bubuk merica kan buat masak, ternyata bisa buat menghilangkan rayap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba defa, selain bisa dijadikan bumbu masakan, bubuk merica juga di takuti oleh rayap....

      Delete
  29. Boleh dicoba nih tipsnya mas Achmad, kebetulan di rumah saya banyak rayap nih, makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas Anthonie, Mudah-mudahan rayap dirumahnya cepat hilang. Jangan sampai perabotan atau alat rumah yang terbuat dari kayu bisa terhindar dari rayap yang ganas...

      Delete
  30. Biasaya saya menggunakan kapur ajaib mas, selain murah, simple, ternyata sampai saat ini kapur ajaib masih ampuh mengusir rayap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapur ajaib memang dikhususkan untuk membasmi serangga seperti rayap...

      Delete
  31. Baru tau nih kalau air tajin pun bisa untuk mengusir rayap, nice info, salam kenal,

    ReplyDelete
  32. Sangat membantu mas, semoga kita bisa mengatasi dengan cara diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas.... Amin semoga bisa terhindar dari rayap...

      Delete
  33. wah kebetulan disini banyak rayapnya mas, mungkin bisa saya coba diatas untuk mengatasi rayap yang merusak kayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba mas pur, mudah-mudahan rayapnya pada minggat ya :D

      Delete
  34. Bicara soal rayap
    Jadi ingat lembap
    Banyak yang lagi merayap
    Lalu berubah bersayap
    Dan terbang ke tempat terang dari gelap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rayap terbang dalam kegelapan
      Bikin resah menghantui keadaan
      Pengennya pergi untuk melupakan
      Supaya terhindar dari kekesalan

      Delete
  35. banyak juga ya gan tipsnya. biasanya pake minyak tanah aja gan. cukup ampuh dan rayap dijamin gak balik lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbah, dengan minyak tanah, rayap akan kabur. dijamin gak balik lagi, Tapi jangan dibakar ya...

      Delete
  36. jangankan kayu mas.. dirumah saja tembok masih dirayapi.. saya kira tembok sudah bisa bebas rayap.. ehhh malah menjalar..
    terimakasih atas tipnya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena persediaan makanan rayapnya sudah habis mba, Jadi rayapnya menjalar ke tempat yang banyak selulosa seperti kayu, kertas atau koran.... Sama-sama mba, semoga bermanfaat

      Delete
  37. Wah lengkap banget caranya nih,, dulu rumah saya juga pernah kena rayap mas, kursinya pada habis semua :( ,
    Sepertinya bakal saya praktikkan dimasa mendatang nih, thanks deh artikelnya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba, semoga bisa bermanfaat di lain waktu

      Delete
  38. Replies
    1. Kursi Masih mending kok, Lah rumah saya yang sudah lama tidak di tinggalin, Kayu plafonnya yang habis dimakan rayap

      Delete
  39. Saya ucapkan terima kasih informasinya, semoga informasi yang Anda berikan bisa menjadi infomrasi yang bermanfaat dunia dan akhirat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... Terimakasih ya, semoga informasi ini banyak manfaatnya

      Delete
  40. Pantesan tonggak utama rumah tua saya dikampung halaman masih kokoh berdiri mas, sebab tonggaknya itu terbuat dari kayu jati. Saya baru tau ternyata kayu jati tidak disukai oleh rayap. Saya sempat juga heran melihat hal tersebut.. karena didalam tanah, dibawah rumah tersebut terdapat sekoloni rayap yang cukup besar, dan sudah banyak bagian rumah saya tersebut yang dimusnahkannya. Tetapi tidak dengan 4 buah tonggak utamanya yang terbuat dari kayu jati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayu jati memang di jauhi oleh rayap karena sifatnya yang keras... maka nya harganya sangat tinggi sekali...dan banyak yang di palsukan

      Delete
  41. Hi Blogger Indonesia! Kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa desain interior dan arsitek, kontraktor bangunan, dan agen properti. Kami hadir sejak tahun 2013 sebagai solusi tepat untuk semua masalah bangunan Anda, baik rumah, apartemen, maupun kantor dan kios. Kalau Anda ada yang membutuhkan jasa kontraktor untuk renovasi maupun rancang bangun, silahkan menghubungi kami di nomor 0813 8080 9198. Mampir ya di web kami : http://persadaland.com/

    ReplyDelete
  42. sore ini alhamdulillah abah mendapat pengalaman dari cara mengatasi rayap pada bangunan artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih sudah berbagi artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Semoga bermanfaat abah, mudah mudahan di hindari dari rayap perusak bangunan...

      Delete
  43. sangat akurat infonya, kebetulan ditempat saya ga banyak juga, tapi bisa dicoba ne mas :) tks mas dan sukses

    ReplyDelete
  44. Kayu cayur juga sangat kuat dan jarang di hinggapi rayap :)

    ReplyDelete

  45. Ternyata rayap tidak kalah hebat dengan jenis binatang lainnya, terbukti mereka bisa membuat tempat tinggal yang ukurannya berpuluh2 kali dari ukuran tubuh mereka, seperti yang terlihat dalam gambar diatas. Bahkan ada yang tingginya, melebihi tinggi manusia dewasa dan mobil.. Wowwww

    ReplyDelete
  46. wahh tipsnya bagus dan berguna sekali ,, trima kasih

    ReplyDelete
  47. Halo, saya mrs Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, pinjaman untuk paket Natal, tahun baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete

  48. Membasmi rayap dengan sistem umpan yang terbukti Efektif,Cepat,Aman & Tuntas.
    Kami dapat memberikan konsultasi gratis via phone atau email atau via facebook
    Kami juga menjual umpan rayap yang bisa langsung di implementasikan sendiri.
    Email: mr.rizki.rachmadi@gmail.com
    Phone/WA: 08577-345-0101
    BBM : 2A98D67B
    www.facebook.com/rizki.antirayap
    Alamat workshop sehari hari :
    Jalan Kebon Baru Raya No. 1
    Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

    Engga usah malu, engga usah takut mahal, engga usah takut engga enak, engga usah galau, engga usah sebel sendiri...

    Langsung aja cari tau.. apakah kami bisa menjangkau wilayah anda..
    Salam Anti Rayap - Rizki Rachmadi

    ReplyDelete
  49. Terima kasih infonya. Kami sangat terbantu dengan artikel ini. mohon cek web kami di http://pestcontroljakarta.id untuk silaturrahmi.

    ReplyDelete
  50. Dapatkan pinjaman hari @ 2% bunga dan menghidupkan kembali bisnis Anda tanpa mengganggu, kami menawarkan $ 3,000.00 ke $ 20,000.000.00, email kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang pinjaman yang Anda butuhkan. silahkan hubungi kami di: anitacharlesqualityloanfirm@gmail.com bersama-sama dengan informasi di bawah.
    {Lengkapi formulir di bawah pinjaman}
    Nama Anda: ===========
    COUNTRY: ===========
    NEGARA ===========
    ALAMAT: ===========
    GENDER: ===========
    JUMLAH DIPERLUKAN: ===========
    PERIODE: ===========
    NOMOR TELEPON: =========== =============
    akun yang lebih baik dari perusahaan yang sah.
    Hubungi kami di email ini: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com
    Ibu Anita

    ReplyDelete
  51. Halo, nama saya Setiabudi, saya telah ditipu 8 Juta karena aku butuh modal besar dari 40 Juta, bisnis saya hancur sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya dan suami saya ke Mrs Alexandra yang akhirnya membantu kami mendapatkan pinjaman dalam dirinya perusahaan, jika Anda membutuhkan pinjaman dan kontak pinjaman dijamin ibu yang baik Alexandra melalui email perusahaan.

    alexandraestherloanltdd@gmail.com
    atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,

    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com informasi atau saran yang perlu Anda ketahui.
    Harap bijaksana.

    ReplyDelete
  52. nah ini nih yang aku cari,, aku brantas tuh rayap..

    ReplyDelete
  53. makasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  54. Terimakasih gan infonya, sangat membantu

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post