................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Sunday, April 01, 2012

TUGAS SOFTKILL 2 etika profesi

1. Jelaskan perbedaan pokok antara moral dengan etika, berikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari!
Jawab: Mengenai moral. Moral adalah suatu perilaku manusia yang terkait dengan nilai-nilai baik dan buruk yang dimiliki seseorang saat menjalankan etika kehidupan sehari-hari dengan melihat norma atau aturan sebagai dasar dalam berperilaku.
Contohnya pelajar yang berani menendang gurunya sendiri. Perilaku seperti ini menjelaskan bahwa tindakan yang dilakukan tidak memiliki moral atau nilai moral yang buruk.








Sedangkan Etika adalah seperangkat aturan yang mengatur perilaku manusia yang dianut oleh suatu golongan
Contohnya etika cara berkendara yang baik. Dalam berkendara harus memiliki etika, yaitu dengan mematuhi peraturan lalulintas.







Jadi inti perbedaan antara moral dan etika yaitu moral terpaku pada sifat atau tingkah laku seseorang yang dinilai baik dan buruk dalam kehidupan sehari-hari sedangkan etika lebih kecondong ke ilmu tentang aturan prilaku manusia yang dihasilkan dari akal pikiran.

2. Jelaskan perbedaan pokok antara paham kantianisme dan utilitariansime! Berikan contoh masing-masing! Paham mana yang lebih banyak dianut oleh para profesional/Insinyur di bidang keteknikan? Mengapa?
Jawab: Paham kantianisme adalah suatu paham pengambilan keputusan tanpa memikirkan kepentingan orang lain karena secara umum menyatakan bahwa kesadaran manusia sangat individual, sehingga menghasilkan interprestasi yang berbeda-beda. Paham kantianisme bisa disebut dengan pengikut paham Immanuel Kant. Sedangkan paham utilitariansime adalah paham yang berpendapat baik dengan mementingkan orang lain sehingga berguna dan bermanfaat bagi orang lain karena mempunyai prinsip dengan jelas dan rasional.
Contoh paham kantianisme yaitu keputusan menaikan bahan bakar minyak. Karena kanyataannya kenaikan bbm dilakukan tanpa melihat rakyat kecil yang masih banyak kekurangan soal materi. Contoh paham utilitariansime yaitu pemilihan umum presiden yang sebelumnya dilakukan lewat voting dewan pemerintahan tetapi dizaman demokrasi sekarang ini pemilihan presiden dilakukan dengan pemilu karena dipilih langsung dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
Menurut saya paham yang banyak dianut oleh para profesional/Insinyur di bidang keteknikan yaitu paham utilitariansime karena paham tersebut lebih mementingkan orang banyak dari pada individual. Sehingga lebih banyak manfaatnya.

3. Jelaskan yang dimaksud dengan dilemma moral, beri contoh dalam kejadian dalam kehidupan sehari-hari!.
Jawab: dilema moral adalah suatu situasi yang sulit untuk menentukan pilihan diantara dua pilihan yang kemungkinan sama-sama tidak menyenangkan atau tidak menguntungkan atau bisa disebut pilihan yang membingungkan.
Contohnya yaitu seorang istri yang ditinggal suaminya keluar kota, suami dari istri yang ditinggalkan tersebut berpesan agar sang istri tidak boleh keluar rumah untuk hal apapun. keesokan harinya ibu dari istri dikabarkan meninggal dunia dikampungnya. Istri tersebut bingung untuk memutuskan pilihannya. Mau meninggalkan rumah untuk melihat almarhum ibunya atau tetap dirumah menuruti pesan sang suami.

4. Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah dimilikinya kompetensi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut jelaskan kompetensi utama dan kompetensi penunjang yang harus dimiliki oleh Sarjana Teknik Industri Indonesia!
Jawab:
Kompetensi merupakan suatu kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugas yang diperoleh dari dunia pendidikan ataupun latihan.
Kemampuan utama yang harus dimiliki sarjana teknik industri diindonesia yaitu mampu Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang Teknik Industri (Bidang Manufaktur & Proses, Teknologi Industri, Human Study, Manajemen Industri, dan Manajemen Sains), sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian keteknik-industrian.

Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan Teknik Industri (Simulasi Sistem, PPIC, QC, Lay Out, Material Handling, Akuntansi Biaya & Ekonomi Teknik, Manajemen Teknologi, Software & Hardware, dll.) yang dimilikinya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan masyarakat.

sedangkan kemampuan penunjang yang harus dimiliki sarjana teknik industri diindonesia yaitu Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri dan berkarya di Bidang Teknik Industri maupun dalam ber kehidupan bersama di masyarakat Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berhubungan dengan masalah Teknik Industri.

Keterangan:
*Postingan diatas adalah Tugas Softskill 2 mata kuliah Etika Profesi
*Nama : Achmad Fazri
*Kelas : 3ID 04
*NPM : 31409130
*Dosen : Bpk.Sudaryanto, IR, MSC.
*Jawaban soal diatas berdasarkan sumber.







Please Don't Plagiarism
Copy Paste Mouse di Non aktifkan

fik.uny.ac.id/cmpr/file/download/4.doc
http://www.scribd.com/doc/8365104/PENGERTIAN-ETIKA
http://tiny.cc/mlb2bw
http://www.artikata.com/arti-325274-dilema.html
http://ftiumi.4umer.com/t37-kompetensi-lulusan-teknik-industri

1 komentar:

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post