................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Monday, May 07, 2012

Indahnya beretika dalam kehidupan sehari-hari

Salam blogger. Kita sebagai manusia sering kali lupa akan suatu tindakan yang pernah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, dimana tindakan tersebut terlihat baik dan buruknya hanya dimata kita saja, tanpa melihat sisi pandangan orang lain. Ada baiknya dalam melakukan sesuatu tindakan, kita harus intropeksi dahulu, apakah perbuatan yang kita lakukan baik atau tidak. Untuk memahami suatu tindakan atau beretika baik tentu saja melalui suatu proses yang disebut Enkulturasi atau proses pembudayaan seseorang dari semenjak usia dini. Dari proses tersebut akhirnya tercipta suatu sikap yang tampak dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh. Apabila orang sudah membiasakan diri dari usia dini untuk membuang sampah pada tempatnya, maka jika sudah besar nanti perbuatan tersebut akan dilakukan secara terus menerus, karena sudah terbiasa melakukannya. Membuang sampah pada tempatnya termasuk suatu prilaku atau etika yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. Selain dipandang orang lain baik membuang sampah pada tempatnya juga banyak manfaatnya.
Orang yang selalu beretika terhadap lingkungan hidup akan mampu mempertanggung jawabkan tindakannya secara langsung maupun tidak langsung. Pengembangan etika terhadap lingkungan hidup diperlukan untuk mengendalikan perubahan secara mendasar dari pandangan kosmologi atau pandangan terhadap alam semesta untuk menumbuhkan sikap hormat dan bersahabat dengan alam lingkungan.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Apabila seseorang membuang sampah pada tempatnya, alam pun akan senang. Lihatlah contoh gambar dibawah ini. Apabila orang membuang sampah sembarangan sekecil apapun. Maka sampah tersebut akan menjadi bukit. Lama kelamaan akan berdampak buruk bagi lingkungan. 


Dampak buruk untuk jangka waktu mendatang salah satunya adalah banjir. Banjir terjadi akibat saluran air atau drainase tersumbat. Oleh karena itu kita sebagai manusia untuk selalu menjaga etika dalam memuang sampah pada tempatnya. Memang teguran atau hukuman di negara kita bagi pembuang sampah sembarangan masih kurang. Sekali lagi kita intropeksi diri sebelum melakukan suatu tindakan. Jika sudah terjadi mau di apakan lagi.


Jangan saling menyalahkan antar sesama orang lain jika sudah terjadi seperti gambar diatas.. Lihatlah gambar berikut ini. daerah yang selalu mematuhi peraturan untuk membuang sampah pada tempatnya.


Jika tempat bersih. Kita pun enak memandangnya kan dan anak cucu kita dikemudian hari tidak akan terbebani oleh namanya perusakan lingkungan dikarenakan sampah yang menimbun. Tidak hanya beretika membuang sampah saja yang harus dilakukan akan tetapi ada banyak sekali suatu tindakan yang harus dilakukan dengan menggunakan etika. yaitu menyebrang jalan dengan melewati jembatan penyebrangan, merokok pada tempatnya, memakai helm saat mengendarai motor dan masih banyak yang lainnya.

28 komentar:

  1. intinya mah harus disiplin ya? :-)
    susah sekali mengajarkan itu pada masyarakat..

    ReplyDelete
  2. your blue is so fantastic.. and green is mine..

    hehe.

    kalau pengen dihargai oleh alam, mulailah menghargai alam. jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, dan pipis pada kakusnya. (kakus = bahasa ilmiah, bukan bahasa tidak sopan)

    salam kenal ya bro

    ReplyDelete
  3. Bener tuh, coba aja setiap hari minggu SE-INDONESIA... ada program, pembersihan pasti dalam kurung waktu 2 atau 3 bulan indonesia ini akan bersih... :-)

    ReplyDelete
  4. foto yg terakhir itu dimana.,,? wah bersih banget.. :)

    ReplyDelete
  5. ya.. kesadarana akan pentingnya beretika, dimulai dengan membuang sampah pada tempatnya..

    semangat berbagi dan menyadarkan.. nice

    Mengundang rekan blogger
    Kumpul di Lounge Event Tempat Makan Favorit

    Salam Bahagia

    ReplyDelete
  6. @Ay Sagira ya intinya harus disiplin kawan. mulailah dari diri sendiri, nanti org lain pun akan ikut dengan sendirinya. hehe

    @zero salam blog green kawan. benar bgt gan kita harus menghargai alam. nanti alam akan membalasnya dengan yg baik.

    @Fahmi wah ide bgus gan. kalau didaerah saya sudah dri dlu diadakan kerja bakti seminggu sekali. smoga aja pmerintah mewajibkan wrganya untuk kerja bakti. klo ga didenda.

    @Syaruramadhani itu foto didaerah eropa gan. bersih bgt yak.

    @adang. sip gan.etika yg baik dimulai dri diri sndiri.

    ReplyDelete
  7. ga sia2 klo saya nunggu artikelnya nih,,artikelnya sgt bermutu..!!!

    klo ada artikel baru tlong ksih tau di blog saya ya sob,,mkasih..!!!

    ReplyDelete
  8. wah.. keren tuh quotes nya,, salam kenal yak..
    :D :)

    ReplyDelete
  9. akhlaq yang bagus mencerminkan aqidah yang kuat..

    keren sob tulisannya, patut direnungkan.

    ReplyDelete
  10. Hal kecil kalau nggak dilakukan akan menjadi hal besar yang memprihatinkan. Seperti pembuangan samapah sebenernya kecil tapi sedikit sekali yang secara sadar membuang pada tempatnya. Mentalnya sudah nggak disiplin.

    ReplyDelete
  11. nice sob..mari kita menjaga alam kita

    perdana disini sob

    ReplyDelete
  12. bagus nih sob buat pembelajaran

    ReplyDelete
  13. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
  14. Memang kesadaran akan lingkungan di negeri ini masuh rendah sekali, terutama di kota kota besar. Mari kita memperbaiki alam ini dimulai dari diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  15. kalau dari foto pertama ke foto kedua, pasti bisa.
    tpi dari mfoto kedua ke foto ketiga kayaknya butuh perjuangan yg keras.
    jangan lupa main ke blog gaptek yaw

    ReplyDelete
  16. kunjungan malem dan sekaligus kunjungan perdana sob..
    support juga buat blog sobat :)

    ReplyDelete
  17. Kebiasaan2 buruk di masyarakat sulit dirubah dengan cepat butuh proses dari pendidikannya sejak kecil gan

    ReplyDelete
  18. Kalau gambar ketiga kayaknya gak mungkin bisa. Secara... tahu sendiri

    ReplyDelete
  19. Hal kecil yg dapat kita lakukan adalah nengajarkan disiplin dan kebiasaan yg baik pada orang2 di sekitar kita..

    udha sy follback gan..thanks

    ReplyDelete
  20. yup mari kita ciptakan lingkungan yg bersih agar kesehatan diri kita tetap terjaga.salam kenal yah maz.

    ReplyDelete
  21. . . bener banget tuch. oia bahkan aq tu palink sebel kalo pas mengendarai motor didepan ada yg mrokok. padahal asap nya itu loh menganggu banget. huhh . .

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post