................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Sunday, October 28, 2012

Ayo Semangat Berwirausaha

       Bosan menjadi pegawai atau bingung mau melamar jadi pegawai..? mendingan jadi wirausaha saja. Sebelum menjadi wirausaha kita harus paham apa itu wirausaha. Wirausaha dapat di artikan sebagai pelaku utama dalam pembangunan ekonomi dengan fungsinya sebagai pelaku untuk berinovasi atau sebagai pencipta kreasi-kreasi baru dengan mengkonversikan sumber daya yang lebih ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ke tingkat produktivitas yang lebih tinggi. 

       Memang jadi wirausaha biasanya terhambat dengan yang namanya modal, tetapi jika kita sudah niat dan bersungguh-sungguh ingin jadi wirausaha semua pasti ada jalan. Menjadi wirausaha berarti menciptakan lapangan pekerjaan bagi oang lain dengan berswadaya. Biasanya orang yang ingin berwirausaha memiliki jiwa untuk memimpin diri sendiri dan bermasyarakat, selain itu selalu memiliki kebebasan dalam berusaha dengan mengembangkan pemiikiran atau gagasan sendiri, So jika memiliki jiwa tersebut mudah-mudahan bisa menjadi pengusaha yang sukses, selain itu orang yang ingin menjadi wirausah biasanya memiliki sikap mental yang positif, memiliki daya kreatif, selalu bertindak inovatif, memiliki motivasi yang tinggi, mengenal resiko dan persaingan usaha.


Sifat-sifat seorang wirausaha adalah:
  • Memiliki sifat percaya diri yang tinggi, keyakinan, individualitas, selalu optimisme. 
  • Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan memiliki inisiatif. 
  • Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan. 
  • Bertingkah laku sebagai pemimpin, serta mampu bersikap positif terhadap diri dan lingkungannya, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun. 
  • Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas
  • Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan. 
  • Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.
      
       Perbedaan antara wirausaha dengan wiraswasta yaitu pada usahanya. Jika wiraswasta strategi usahanyaa tidak berkembang sedangkan wirausaha selalu tumbuh berkembang dan maju usahanya. (Wira artinya: berani, gagah, luhur, teladan, pejuang dan swa yaitu sendiri, sta: berdiri, sedangkan usaha: bekerja, dan berbuat sesuatu) jadi dapat diartikan wira usaha yaitu orang yang berani berjuang dalam berbuat sesuatu yang berguna.

       Jika sudah menjadi pengusaha dalam berwirausaha kita tidak mengenal lagi dengan yang namanya Pensiun dan PHK. dalam berwirausaha seseorang harus mempunyai rencana (planning) berapa modal awal yang ideal untuk membangun sebuah wirausaha yang baik. Semua harus diperhitungkan sehingga tidak akan ada kekurangan dana atau sampai ada dana berlebih yang mubazir nantinya. Bahan bahan produksi juga harus dipikirkan secara matang, agar tidak terjadi kekurangan stok barang bahan produksi di tengah berjalannya produksi barang. 

       Selain aspek tersebut dalam membangun sebuah wirausaha yang ideal perlu adanya sumber daya manusia yang berkualitas. Perekrutan pegawai merupakan salah satu aspek penting demi mencapai sebuah wirausaha yang berhasil. Perekrutan tenaga kerja harus sesuai dengan kriteria perusahaan.

-----<{(SEMOGA SUKSES)}>-----

19 komentar:

  1. dan untuk menjadi wirausahawan yg sukses dibutuhkan modal yg cukup
    ya cukup matang untuk terjun berwirausaha

    ReplyDelete
  2. emank enak sob, klo pny usaha sendiri cz kita yg boss sekaligus merangkap karyawan.. *smile

    ReplyDelete
  3. Ya memang benar gan jiwa saya ingin menjadi seorang wirausaha dan benar sekali saya terhambat dengan modal, modal yang membuat saya lemah dan saya lebih baik mencari pengalaman saja dulu deh, mau kecil atau besar penghasilan saya yang penting dapat ilmu terlebih dahulu..

    ReplyDelete
  4. wirausaha itu anjuran Rasul dalam mencari rejeki :)

    ReplyDelete
  5. berkunjung lg ni gan sambil2 nyari2 postingan baru... *smile

    ReplyDelete
  6. Ayo mas semangat,ngeblog juga salah satu media yang bisa digunakan untuk menjadi sarana berwirausaha.

    ReplyDelete
  7. salam kenal kawan,,aku anak baru lagi mencari kawan blogger...makasih infonya kawan,,kalo berkenan,datang dan follback ya kawan..

    ReplyDelete
  8. wah postingan ini ngena banget buat ane gan, udah berkali-kali bikin usaha Alhamdulillah masih gagal2 juga padahal dah hampir habis modal dan kesabaran hehehehe kalo boleh ane tambahin yang tidak kalah pentingnya jadi pengusaha adalah keridhoan dari Ibu, ini udah ane alamin sendiri ibu ane lebih kepengen ane jadi pegawai daripada pengusaha, jadi apapun usaha kita kalau orang tua tidak ridho kemungkinan gagal lebih besar. Sekarang ane mau usaha nglamar kerjaan aja :D doain ane ya gan

    ReplyDelete
  9. .. berwirausaha keren juga. kita dapat menjadi boz pluz karyawan. enaknya sich kalo dapet order banyak, namun gak enaknya kalo pas sepi gimana hayoch?!? apalagi duit masih kepending lagi n belum keluar^. haduch,, rasanya strezZz berat. he..86x ..

    ReplyDelete
  10. @netecnohaha bener tuh gan. maaf kalo tersinggung soal berwirausaha. ya smua ada hikmahnya.

    @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ tergantung nsib dan kemauan VPie. rezeki gak kmana kok klo kita trus berusaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp gan share pengalaman aja, ane malah seneng anak muda yang bersemangat wirausaha :D

      Delete
  11. Setiap anak atau sebagian besar anak2 kalau ditanya cita2nya mesti menjawab.. ingin jadi insinyur, dokter dll.. jarang yg menjawab ingin adi pengusaha.. soo.. semua itu mesti ditanamkan sejak usia dini..

    ReplyDelete
  12. mantaap sob artikelnya visit yaa koran-informasi.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. untuk wirausaha betul2 membutuhkan tekad dan modal yang kuat.. yang terpenting ktrampilan juga perlu.. hehhehe.. :)

    ReplyDelete
  14. Baiknya, sifat - sifat wirausaha yang dijabarkan di atas benar - benar kita mengerti dan sebisa mungkin kita miliki. Kalau kata Pak Mario Teguh, kita harus memantaskan diri dulu. Ya, kalau sudah pantas, sudah memiliki karakteristik wirausaha, kesuksesan akan menyertai. Amin

    ReplyDelete
  15. iya nih lagi ngumpulin keberanian buat jadi wira usaha

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post