................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Wednesday, January 01, 2014

Tips yang harus di perhatikan oleh seorang blogger

Salam Blogger. Sebelumnya saya mau ngucapin Selamat Tahun baru 2014. Siapa yang pernah blognya di komentarin. Mungkin semua blogger juga pernah kan. kalau saya sering sekali di beri kritik oleh para pengunjung, yang menurut saya sih memang bagus untuk membangun blog saya nantinya, Akan tetapi tergantung kita menyikapinya juga.

Berdasarkan Komentar dari beberapa pengunjung Blog ini. Berikut ini komentar yang menurut saya akan membangun para blogger, dan Apa saja yang harus di hindari oleh seorang blogger:

1. Kotak komentar memakai Kode Captcha.
Ini Terjadi ketika saya memulai ngeblog tahun 2009. Awalnya saya memasang komentar yang pakai kode Chaptha. Tetapi mendapatkan masukan dari salah seorang blogger yang Komentarnya yaitu: "mas kalau bisa jangan pakai code captcha Soalnya terkadang eror kalau mau komentar di HP".

2. Banyaknya Iklan di Blog
Namanya juga masih newbie, Saat itu saya memasang banyak sekali iklan. karena emang tidak tau efek negatif dari banyaknya iklan tersebut. Komentar dari sahabat blogger pada saat itu "Dalam rangka kumbal.. Menurut saya blog ini bagus dan terstruktur, mending jangan pake iklan.. kl yang pake iklan bikin saja blog lain dengan tema lawas, dan jadikan blog ini sebagai sarana aktualisasi diri.. maaf ini cuman pendapat saya pribadi :) on Iklan ku harapan palsu".

3. Konten Postingan Terlalu Fulgar.
Dulu saya sempat iseng memposting isi blog dengan foto yang terlalu fulgar. Setelah itu saya di bilang "wah blognya dewasa sekali ya". Saya sendiri pun berfikir, blog saya kan dilihat untuk umum, bukan khusus. maka dari situ saya hapus postingan yang berbau fulgar ++.

4. Tampilan Blog terlalu berat.
Awal mula ngeblog saya ber ambisi untuk mempercantik tampilan di blog saya, Berbagai widget pun saya masukan di blog saya, seperti turunnya salju, efek kembang api dan lain sebagainya. namun ada salah sahabat blog saya yang berkomentar "ini blog atau pasar ya, Rame bener euy". Waduh saya langsung ber inisiatif untuk menghilangkan widget yang emang bikin berat blog.

5. Warna blog kurang menarik.
Perubahan warna blog ini terjadi karena ada salah satu sahabat blogger saya berkomentar "oh ya, warwa template ini kok begitu norak ya mas, sakit mata mas hehehe"... on Cara Mudah Menambah Fans di Fanpage Facebook Oleh Saudari Leony Lee

6. Kebanyakan Tulisan di Posting
Kritikan yang membangun pernah terjadi ketika saya menulis sebuah Tugas yang isinya sangat Banyak sekali tulisannya. Di situ ada pengunjung yang mengomentari postingan tersebut "Isi Postingannya lumayan bagus, Tapi kalau bisa di imbangi dengan gambarnya juga". on Tugas Kampus.

7. Tema Judul sama Isi Postingan Tidak Nyambung.
Sobat blogger pasti sering memancing pengunjung dengan Judul yang unik. Saya juga pernah. waktu itu saya memposting dengan judul yang Unik. Tapi isinya tidak sesuai dengan judul yang saya berikan. Ternyata Hal ini akan membuat resah para pengunjung karena merasa tertipu untuk mengunjungi blog tersebut.

8. Isi Postingan Kurang menarik.
Ini bisa terjadi kepada semua para blogger. Biasanya dari komentar terselubung itu membawa arti yang lain, Misalnya penunjung berkomentar OOT (Out Of Topik) yang artinya pengunjung berkomentar tidak sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan.

9. Bahasa Penulisan kurang jelas.
Sekarang ini bahasa gaul menjadi tren di kalangan anak muda. Sampai-sampai saya pernah membuat postingan memakai bahasa gaul atau alay. Lalu setelah itu Saya di komentarin oleh seorang dosen katanya "Bahasa yang Santun adalah Bahasa yang Mencerminkan Tingkat Intelektual seseorang".

10. Artikel kebanyakan Copy Paste.
Pertama kali mengenal blogger. saya masih labil dalam membuat postingan, Karena nya saya pernah memposting memakai postingan orang, Alhasil yang punya blog itu marah dan kesal. Dari kejadian itu saya tidak pernah mengcopy paste artikel seseorang tanpa mengambil sumber aslinya.

11. Tidak Bisa di Copy Paste (Tergantung Blog)
Blog ini memang di pasang script agar tidak bisa di copy paste, Karena saya sering iseng dengan tulisan yang saya posting di blog, Hasilnya banyak sekali blogger yang copas 100% tanpa memberikan refrensi dari blog ini. dari situlah saya memasang Script Anti Klik kanan. Tapi ada saja komentarnya, "Sebaiknya web ini lebih berguna jika bisa di copy paste, dapat pahala loh.. bisa menolong sesama :) berbagi itu indah. apalagi kampus kita sama, dan kampus kita mengajarkan berbagi itu indah. wasalam ". on Pengertian Ideologi Terbuka

Ya menurut saya pribadi semua kritikan dalam komentar adalah masukan yang harus di pelajari lagi. agar kedepannya kita bisa lebih baik lagi.. Bagaimana Sobat, apakah blog sobat ada di salah satu point diatas...?

59 komentar:

  1. Tipsnya bermanfaat sekali untuk para blogger, mengumpulkan dari berbagai kritikan teman ... ini bisa jadi referensi, makasih share-nya

    ReplyDelete
  2. Kunjungan Malam gan .. Artikelnya sangat menarik.. Kunbal ya ..Thks
    http://valentinofebrian.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Beberapa catatan penting yang pantas untuk dijadikan bahan dan pedoman dalam ngeblo. Terima kasih tipsnya Sob...

    ReplyDelete
  4. catatan penting ini untuk yang newbie seperti saya jangan main sikat apa yang ada ya mas....makasih infonya

    ReplyDelete
  5. Mantp nih gan.. info nya. saya baru tahu soal nya hehe nice artikel

    ReplyDelete
  6. wah blog saya mungkin kena juga tuh sama point diatas, yang mana yah hehe...

    ReplyDelete
  7. sangat penting juga mendengar kritikan dan saran yang membangun dari orang-orang sehingga kita bisa belajar dari kesalahan di masa lalu, semoga di tahun 2014 ini bisa lebih baik lagi yah mas dan sukses selalu :)

    ReplyDelete
  8. Tips sangat sangat baik gan
    thanks da berbagi info yang sangat bermanfaat ini

    ReplyDelete
  9. Saran yang baik
    Dg komentar yang unik
    sesuai topik
    pasti blog terus banyak yg nglirik

    Saya kurang dikritik
    Apa blogku kurang cantik

    ReplyDelete
  10. Mungkin bagi saya yang terpenting dalam blogger adalah membuat postingan yang bisa bermanfaat bagi orang lain :)

    ReplyDelete
  11. banyak juga ya hal yang harus diperhatikan seorang blogger.
    kadang saya ingin menerapkan yang no. 11 mas. karena artikel saya ada yang copas dan itu membuat saya sedikit agak dongkol.

    ReplyDelete
  12. Ada beberapa file penting yang harus di terapkan di vlog saya mas...

    ReplyDelete
  13. Bener gan, bisa di copy paste . Kan nggak enak, kalo ada tugas gitu . Hehehe

    ReplyDelete
  14. nah itu dia masalahnya.. saya kalo nulis masih suka ngawur :D

    ReplyDelete
  15. sangat bermanfaat artikel ini.. masih banyak yang perlu saya perbaiki berdasarkan kepada tips yang ditulis ini..

    ReplyDelete
  16. @Mohammad Isnaeni Oke gan, terimakasih kembali. Semoga semua kritikan yang berasal dari komentar diatas, bisa jadi resolusi di tahun 2014 untuk lebih baik lagi.
    @Valentino Febrian. Terimakasih atas kunbalnya. Nanti saya kunjungi kembali.
    @Uda Awak. Ya uda. Semoga bermanfaat ya.
    @Jenx indah. hehe bener tuh mba, Harus intropeksi diri. berfikir sebelum bertindak.
    @Munawir Alfikri. Sip gan. semoga bisa bermanfaat ya.
    @Muroi El-Barezy. hehe hayo kena point yang mana mas. berarti harus di koreksi lagi.
    @Anthonie Eka. Oke mas. kita harus menanggapi Kritikan dengan baik. karena bisa sebagai masukan untuk terus berkembang nantinya.
    @taharonqi. terimakasih kembali gan. Semoga bermanfaat.
    @anisayu. Berarti blog mba sudah dianggap baik oleh para pengunjung. Karena kalo ada yang tidak suka sama blog mba, pasti ada yang kritik dalam bentuk komentar. entah itu kritik yang membangun atau bisa membuat kita ngedrop.
    @dadang hidayat. Betul yuh mas. dengan membuat postingan yang baik. pasti semua pengunjung pun akan suka dengan blog kita.
    @Kang Ucup. Sebenarnya blog ini juga tidak mau saya pasang anti klik kanan kang, Karena takut di benci sama pengunjing, Tapi terpaksa tidak saya lepas, karena kalau tidak di cegah dari sekarang. kapan lagi. Ya saya juga mencegah para kopaser yang biasa menduplikat artikel kita tanpa sepengetahuan.
    @Cah Dabloeng. harus di perhatikan mas, supaya gak ada kritik lagi hehe.
    @febriansyah haq. Saya jadi tidak enak mas, sama pengunjung. Tapi tidak apa-apa mas. yang penting kita sudah memberikan refrensi untuk pengunjung.
    @Andes Rizky Nugroho. haha ngawurnya masih di batas kendali kan mas bro. kalau buat becanda tidak apa-apa kok mas. hehe
    @Mizz Aiza (Dunia Kecil). Semoga bermanfaat ya mizz.

    ReplyDelete
  17. untuk poin nomor tujuh saya juga pernah sekali mas mencobanya.. cukup banyak menarik traffik, tapi terahir ada yang komen "terimakasih triknya, lainkali kalau nggak niat posting nggak usah posting" hahahahaha

    ReplyDelete
  18. mantap gan :D Keep Posting :)
    Blogwalking Andrekocak Blog - Blog Cerita

    ReplyDelete
  19. walah walah hampir 99% semua kriteria diatas sama seperti blog saya yang berat loadingnya, warna blog kurang menarik, isi tidak sesuai dengan judul, isi posting tidak menarik dan bahasa penulisan yang kurang jelas. tapi ya sudahlah dari pada nanti rusak gara2 saya otak atik "maklum tidak mengerti soal html/css"

    ReplyDelete
  20. tips blogging yg sangat berguna ni...tq SELAMAT TAHUN BARU...2014

    ReplyDelete
  21. point-point ngena smua gan.. ini bisa buat tips utk blogger pemula, trlebih jangan d biasakn artikel copas.. :)

    ReplyDelete
  22. Kira2 point no 5 termasuk blog saya gk ya? kalau boleh jujur aja mas,, mana tau itu masukan buat saya. Kalau saya dalam pemilihan warna suka memilih warna yg nyaman dimata aja hehe

    ReplyDelete
  23. memang betul mas, mengomentari yang terakhir. Memang kita tak mau artikel kita dicopas dan dipublis orang. Tapi kita tak pernah tau bahwa ada orang yang butuh banget dengan tulisan kita entah buat tugas atau apa :)

    ReplyDelete
  24. Perkembangan yang baik memang semuanya berasal dari kritik, kalau bisa menerima satu kritikan baik itu jelek maka pasti bisa menjadi baik :)

    ReplyDelete
  25. Penyakitnya blogger ya, mas. H-hee kl saya lbih suka komen utk poin terakhir. Copy, silahkan saja deh. Tanpa nyebut sumber, meski sudah saya tulis di disclaimer saya, OK-lah. Toh, tujuan kita menulis kan juga agar dibaca oleh org banyak?

    Nice sharing!

    ReplyDelete
  26. bisa di jadikan pedoman ini untuk menjadikkan blog semakin bermutu, makasih mas.

    ReplyDelete
  27. iya lumayan sulit juga ya mas untuk membuat blog yang bisa di sukai banyak orang. Soalnya setiap orang (pengunjung) mempunyai perspektif yang tidak sama dalam hal menilai sebuah blog/web. Disini kita perlu punya prinsip sehingga bisa membuat ketentuan yang tepat :)

    Pengunjung boleh memberi saran, masukan, dan kritikan atas konten dan atau performance blog. Tapi tetap yang punya otoritas adalah admin blog itu sendiri :)

    ReplyDelete
  28. catatan ngeblog yang bagus sob, ijin diterapkan sob.

    ReplyDelete
  29. @Mas Nady Pengalaman mas nady menarik juga ya. hehe. jangan kapok ya mas, kalo ada komentar yang membangun.
    @andre-tkj. oke sob, thanks sudah berkunjung disini.
    @Abdul Kholiq hasan. waduh. untung tidak 100% ya mas, yang penting isi postingannya bermanfaat mas. kalau masalah template itu kan kebutuhan sekunder bukan primer blog.
    @paridah. Ya terimakasih mba. selamat tahun baru juga..
    @Zain Muttaqin. bener sob. kalau buat refrensi tidak apa-apa, tapi kalau 100% copas. itu hang harus di perhatikan.
    @Agri Ahyar Prasetya. yang penting itu warnanya jangan terlalu cerah (mencolok) dan jangan terlalu gelap banget. hehe
    @intan Sudibjo. Kalau buat tugas tidak apa-apa kalau mau kopas, Tapi kalau untuk kepuasan sendiri alias 100% copas buat blognya sendiri, itu yang di khawatirkan.
    @Yobert Parai. bener mas. kita harus menyikapinya dengan baik.
    @Pri Enamsatutujuh. kalau blogger yang baik, harus mencantumkan sumbernya ya mas, hehe. takutnya disalah gunakan saja.
    @Mukhamad Sholikudin. Semoga bermanfaat ya mas.
    @Wahyu Eka Prasetyarini. ya, semua pengunjung punya pendapat masing-masing. Ya kita harus menyikapinya dengan baik, agar tidak terpancing emosi. karena akan menyebabkan Down nya inspirasi.
    @ekscalibur. Silahkan di terapkan. ambil postifnya ya sob.

    ReplyDelete
  30. Mantap nih gan..
    terima kasih banyak ya infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  31. saya masih bingung apakah blog saya nyaman untuk dikunjungi? hemmm

    ReplyDelete
  32. Artikelnya memberikan masukan kepada saya.

    ReplyDelete
  33. Kebanyakana yang salah adalah penulisan tanda titik dan koma

    ReplyDelete
  34. saya setuju tuh dengan tidak menggunakan kode chaptcha

    ReplyDelete
  35. kadang kode captcha bikin orang malas untuk berkomentar, memang sebaiknya sih dihilangkan, makasih sob udah share tipsnya :)

    ReplyDelete
  36. klo blog saya termasuk yang mana ya???

    ReplyDelete
  37. Wah, tipsnya sangat bermanfaat. Aku mau langsung praktekkan tipsnya ah hehe :D

    ReplyDelete
  38. di blogg saya malah iklan yg belum saya dapatkan mas, hehehee
    thanks mas post nya nambah wawasan

    ReplyDelete
  39. 11 Poin di atas saya tidak melanggar mas :) tapi kecepatan blog saya kurang tau nih kalau di PC saya sangat cepet ^_^

    ReplyDelete
  40. Kritikan perlu, tapi jangan karena kritikan kita merubah konsep dasar awal kita ngeblog.

    Makasih Tip menariknya Sob

    ReplyDelete
  41. harus belajar banyak nich dari mas fazry tentang ngeblog, soalnya saya masih pemula. Thanks mas atas share nya ya :)

    ReplyDelete
  42. saya termasuk poin 2 dan 9 sepertinya mas ehhehe... terimakasih mas sudah mengingatkan ehhehe

    ReplyDelete
  43. @Mohammad Isnaeni Kunjungan balik ya sob, di ikerenki.blogspot.com, saya paling males kalau pake capcta..

    ReplyDelete
  44. wah bener juga ya gan
    btw kalo yg pake iklan tuh kadang ane kesel yg pake pop-up bikin LAG Laptop ane aja
    udah spek komputer low T_T

    ~ Blogwalking Andrekocak Blog ~

    ReplyDelete
  45. ngeblog juga tentunya tidak asal-asalan yah mas harus ada tehniknya, seperti tips di atas supaya blognya bisa semakin meningkat :)

    ReplyDelete
  46. Artikelnya bagus mas, secara tidak langsung dengan membaca artikel ini mengevaluasi blog saya sendiri

    ReplyDelete
  47. kalau blog saya:
    1. Kode captcha : sudah settingan dari sononya, pingin sih balik ke blogspot lagi
    2.Banyak iklan : godaan ngeblog adalah pingin secepatnya dapat uang
    3.Posting Fulgar : enggak ada, biasanya sih tergoda karena banyak yang cari gambar fulgar
    4.Blog berat : Insya Allah enggak, saya coba memasang widget yang tidak berat, soal saya juga benci blog yang berat
    5.Warna blog : standar
    6.Banyak tulisan : kalau saya belum bisa banyak nulis. mengarang itu sulit
    7.Judul dan Isi : kadang dipaksa agar seseuai SEO :)
    8.Isi postingan : tergantung pembaca
    9.Bahasa penulisan : masih mencari gaya penulisan
    10.copas : ada beberapa, yang lain "ditulis kembali" :)
    11.mau copas : silahkan saja :)

    ReplyDelete
  48. Menerima kritikan dan saran dengan ikhlas dan lapang merupakan suatu langkah untuk maju kedepannya gan..
    terima kasih

    ReplyDelete
  49. Awal-awal ngeblog saya juga copas rata2 hhi

    ReplyDelete
  50. Makasih infonya gan. Saya mulai cara mas Achmad deh

    ReplyDelete
  51. Banyak pelajaran yang bisa saya dapatkan dari artikel ini gan, terima kasih banyak atas topik nge-bloggingnya. Saya bener-bener awam tentang dunia blog. Sangat bermanfaat dan apresiasi yang sangat bagus atas artikel yang diterbitkan.

    ReplyDelete
  52. Kalau saya males sama blog yang dipenuhi iklan melayang. soalnya ganggu pandangan kita kedalam artikel

    ReplyDelete
  53. Salam kenal ya mas, dari Orang Nganjuk, Jawa Timur

    btw, daru kesebelas itu masih ada salah satu faktor yang ada di blog ku :(

    ReplyDelete
  54. komentar dan kritikan orang lain memang terkadang jadi sarana pembelajaran bagi kita ya, mas....

    ReplyDelete
  55. Sampai sekarang blog saya masih bebas dari iklan :)

    ReplyDelete

  56. Mengenai point no.1 menurut saya itu benar ada nya, saya juga sangat risih bila ada blog yang menerapkan sistem Captcha di form komentarnya. Tapi tentu itu semua kembali lagi pada keputusan yang empunya blog sebagai pemilik hak penuh.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post