................................... ...................................
Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Wednesday, April 04, 2012

Jurnal OPC, APC, STRUKTUR PRODUK, DAN BOM (Bill of material)

OPC, APC, STRUKTUR PRODUK, DAN BOM (Bill of material)

PENDAHULUAN
Perkembangaan jaman yang semakin maju sejalan dengan pertumbuhan ekonomi membuat perindustrian sektor manufakturing berusaha bersaing secara profesional. Setiap perusahaan memiliki suatu aktivitas dimana aktivitas tersebut dilakukan untuk memudahkan perusahaan tersebut terutama dalam hal produksi. Melayani suatu kebutuhan pabrik adalah salah satu kegiatan agar tercipta keberhasilan suatu perusahaan. Bahan baku merupakan kebutuhan utama dalam proses produksi, karena bahan baku inilah yang akan diolah menjadi produk jadi, maka pengelolaan kebutuhan bahan baku merupakan suatu kegiatan yang penting bagi perusahaan dalam rangka kelancaran proses produksi. 
Aktivitas-aktivitas dalam perencanaan produksi meliputi perencanaan proses, jadwal induk produksi, perencanaan kebutuhan material, perencanaan kapasitas, dan pengendalian aktivitas produksi. Dalam penjabaran lebih lanjut, maka perencanaan manufacturing diuraikan menjadi proses apa saja yang harus dikerjakan, siapa pelaksananya, kapan, dimana dan perkiraan ongkos yang ditimbulkan. Bill of material menjadi sasaran untuk planning dalam melakukan produksi karena tidak hanya menspesifikasikan produksi, tetapi juga berguna untuk pembebanan biaya dan dapat dipakai sebagai daftar bahan yang harus dikeluarkan untuk produksi atau perakitan. Dunia manufaktur menjelaskan bahwa Bill of material disebut juga struktur produk yang didifinisikan sebagai cara komponen-komponen yang bergabung ke dalam suatu produk selama proses manufakturing.
Masalah yang akan dirumuskan pada penulisan laporan ini adalah bagaimana membuat peta proses operasi, peta proses perakitan, struktur produk, dan bill of material (BOM) pada pembuatan rak pajangan. Masalah yang ada pada perumusan masalah akan dibatasi agar tidak ada data yang menyimpang dari permasalahan. Pembatasan masalah dalam penulisan laporan ini hanya terletak pada pengambilan data pada saat pembuatan rak pajangan dari mulai bahan mentah sampai ke proses perakitan hingga menjadi produk jadi.
            Tujuan penelitian merupakan hal yang penting dalam membuat suatu penulisan laporan agar pembahasan dalam penelitian ini lebih tertuju pada apa yang akan dilakukan. Tujuan penulisan laporan ini adalah mengetahui komponen penyusun rak pajangan, mengetahui total waktu pembuatan rak pajangan pada OPC, mengetahui total waktu perakitan pada APC, mengetahui waktu siklus, normal dan baku pada perakitan rak pajangan, mengetahui jumlah level pada struktur produk dan BOM dari perakitan rak pajangan, baik dalam bentuk exploition maupun imploition.
TINJAUAN PUSTAKA
operation Process Chart (OPC) adalah suatu diagram yang menggambarkan langkah-langkah proses yang dialami oleh bahan baku yang meliputi urutan proses operasi dan pemeriksaan. Lambang-lambang dari OPC yang akan digunakan, yaitu seperti operasi (   ) adalah kegiatan dimana komponen mengalami perubahan karena dirakit dengan komponen lain, pemeriksaan (   ) adalah kegiatan memeriksa benda atau objek baik-baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Aktivitas Gabungan adalah kegiatan dimana antara assembling dan pemeriksaan dilakukan bersamaan atau dalam selang waktu yang relative singkat Penyimpanan adalah seandainya benda kerja disimpan dalam waktu yang lama dan jika mau diambil kembali biasanya harus berdasarkan rekomendasi atau izin terlebih dahulu (Sutalaksana,1979).
Peta perakitan dilakukan untuk memahami komponen-komponen yang membentuk produk, bagaimana komponen-komponen ini bergabung bersama, komponen yang menjadi bagian suatu rakitan- bagian, aliran komponen ke dalam sebuah rakitan, gambaran menyeluruh dari proses rakitan, kebutuhan operator, tata letak fasilitas, perbaikan tata cara kerja.
Menganalisis suatu sistem atau cara kerja berarti mencatat secara sistematis, meneliti seluruh kegiatan/operasi, serta menyajikan berbagai fakta dan spesifikasi kerja yang ada pada sistem kerja tersebut. Assembly Process Chart (APC) adalah suatu peta kerja yang menggambarkan langkah-langkah proses perakitan yang akan dialami oleh komponen (produk), berikut pemeriksaan (inspeksi) dari awal sampai produk jadi selesai dan juga memuat informasi- informasi yang diperlukan untuk analisa lebih lanjut, seperti waktu yang dihabiskan, komponen yang digunakan, dan alat- alat yan dipakai. Tujuan dari Assembly Process Chart terutama untuk menunjukkan keterkaitan antara komponen, yang dapat juga digambarkan oleh sebuah “ gambar terurai “ yang digunakan untuk mengajar pekerja yang tidak ahli untuk mengetahui urutan  suatu rakitan yang rumit. informasi-informasi yang bisa dicatat melalui peta proses operasi dapat memperoleh banyak kegunaan dan manfaat dari APC, antara lain,  Untuk menentukan kebutuhan operator, Untuk mengetahui kebutuhan tiap komponen, Alat untuk menentukan tata letak fasilitas, Alat untuk melakukan perbaikan cara kerja, Alat untuk latihan kerja (Sutalaksana,1979).
Prinsip-prinsip pembuatan peta proses operasi yang perlu diikuti antara lain pada baris yang paling atas dinyatakan sebagai kepalanya “(Peta Proses Operasi)” yang diikuti oleh identifikasi lain seperti: nama obyek, nomor peta (nomor gambar), diptakan oleh siapa, tanggal dipetakan, cara lama atau cara sekarang dan usulan.  Material yang akan diproses diletakkan diatas garis horizontal, yang menunjukkan bahwa material tersebut masuk kedalam proses. Lambang-lambang ditempatkan dalam arah vertikal yang menunjukkan terjadinya perubahan proses. Penomoran terhadap suatu kegiatan operasi diberikan secara berurutan sesuai dengan urutan operasi yang dibutuhkan untuk pembuatan produk tersebut atau sesuai dengan proses yang terjadi. Penomoran terhadap suatu kegiatan pemeriksaan diberikan secara tersendiri dan prinsipnya sama dengan penomoran untuk kegiatan operasi. Agar diperoleh gambar peta proses operasi yang baik, produk biasanya paling banyak memerlukan operasi, harus dipetakan terlebih dahulu, berarti dipetakan dengan garis vertikal disebelah kanan halaman kertas (http://jidadhaneh.blogspot.com).
Struktur produk atau bill of material (BOM) didifinisikan sebagai cara komponen-komponen itu bergabung kedalam suatu produk selama proses manufakturing (Gaspersz, 2004). Bill of material  yang dipakai untuk perencanaan produksi sering disebut sebagai planning bill of materials (planning BOM ) atau sering disingkat sebagai planning bill. Planning bill tebagi menjadi dua yang pertama  planning bill dengan item yang dijadwalkan merupakan komponen atau subassemblies untuk pembuatan produk akhir, dimana item-item yang dijadwalkan itu secara fisik lebih kecil daripada produk akhir (end items).
            Modular bill of material dan interved bill of material termasuk kedalam kategori planning bill tersebut, sedangkan yang kedua yaitu Planning biil dengan item yang dijadwalkan memiliki produk akhir sebagai komponennya (super bill), dimana item-item yang dijadwalkan secara fisik lebih besar dari pada produk akhir. Seperti super bill of material, super family bill of material, dan super modular bill of material. Modular bill adalah bill of material yang dapat diatur diseputar modul produk dan merupakan komponen yang dapat diproduksi dan dirakit menjadi satu unit produk. Modular bill mengelompokkan subassemblies dan  parts pada unit terhadap semua konfigurasi produk (Gaspersz, 2004).
            Struktur inverted lebih sedikit subassemblies dibandingkan dengan produk akhir, dan lebih sedikit komponen dan bahan baku dibandingkan subassemblies (berbentuk segitiga terbalik, dengan bagian atas adalah produk akhir bagian tengah adalah assemblies, dan bawah adalah komponen bahan baku (Gaspersz, 2004).
Bill of material (BOM) adalah daftar dari bahan, material atau komponen yang dibutuhkan untuk dirakit, dicampur atau membuat produk akhir. Jenis-jenis BOM, antara lain Phantom Bill digunakan untuk meterial yang tidak disimpan, tidak dibuat planned order, Lead time, Lot size = Lot for lot. Modular Bill digunakan jika suatu produk akan dijual dengan sejumlah option yang berbeda, BOM Explotion akan menghitung kebutuhan kotor untuk masing-masin komponen. Pseudo Bill Disebut sebagai composite product diciptakan untuk memudahkan dan meningkatkan akurasi peramalan penjualan, mengurangi jumlah end item, dll. Psudeo bill adalah bill of material  yang menggambarkan produk aktual yang dibuat untuk memudahkan peramalan penjualan. Struktur produk dibagi menjadi dua yaitu implotion dan explotion
Macam-macam Level dalam BOM. Level BOM dibagi menjadi dua yaitu Single Level BOM dan Multi Level BOM. Single Level BOM menggambarkan hubungan sebuah induk dengan satu level komponen-komponen pembentuknya. Multi Level BOM menggambarkan strktur produk yang lengkap dari level 0 (produk akhir) sampai level yang paling bawah. Komponen yang sama dapat digunakan pada level yang berbeda.


Jurnal Lengkap Tentang OPC, APC, STRUKTUR PRODUK, DAN BOM (Bill of material) bisa diunduh di sini




Copy Protection Systems

Gasperz, Vincent, Production Planning and Inventory Control berdasarkan pendekatan sistem terintergrasi MRP II dan JIT menuju manufaktur 21, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.
Sutalaksana, Iftikar Z. Teknik Tata Cara Kerja. Bandung : Institut Teknologi Bandung, 1979.
Anonim, Sistem Produksi (OPC, APC, Struktur Produk dan Bill Of Material), URL:http://jidadhaneh.blogspot.com/2011/03/sistem-produksi-opc-apc-struktur-produk.html, di unduh tanggal 23 Febuari 2012.


33 komentar:

  1. Pela dedicação do dono desse site, não duvido que logo ele
    será conhecido . Posts maravilhosos!

    ReplyDelete
  2. Hellо, Neat post. Ꭲһere's an issue toցether with your website in internet explorer, mɑy test this...
    IΕ nonetheless is the marketplace leader ɑnd a Ƅig
    section of people will omit yоur excellent writing Ьecause of
    tһis prⲟblem.

    ReplyDelete
  3. If the student suffers from any problems they be
    the contact point out help buy them resolved
    in a very reasonable and timely fashion. These institutes envision creating top class
    leaders of tomorrow who could take rational
    and merely decisions for that betterment and prosperity from the society.
    We are transforming into a global society, so understanding other cultures will better prepare any student for
    their future - in spite of their goals.

    ReplyDelete
  4. Anyone who would like to visit India for approximately 8 weeks,
    the gap must request special permission through the Head of Mission.
    If not the placement option, a college degree of education in USA is in itself so known and recognized for its intensive training and knowledge it can easily help students get used in this company of
    his choice. Crossing boundaries inside their disparate forms will be the single greatest
    purveyor of wisdom in study abroad.

    ReplyDelete
  5. I adore forgathering utile info, thіs post һas got me еven mօrе info!

    ReplyDelete
  6. A motivating discussion is worth comment. I think that you should write
    more about this topic, it might not be a taboo subject but generally people do not
    speak about such subjects. To the next! Best wishes!!

    ReplyDelete
  7. Hello!! me ha gustado esta publicación, creo haber
    cogidobuena nota. me quedo chequeando algunas mas, me sumo a esperar las actualizaciones, muchas gracias

    ReplyDelete
  8. I blog frequently and I truly thank you foor your
    information. The article haas really peaked myy interest.
    I will take a note of your website and keep checking for new information about oncce a week.
    I opted in for your RSS feed as well.

    ReplyDelete
  9. This is a topic which is close to my heart... Many thanks!

    Where are your contact details though?

    ReplyDelete
  10. However, the darkness in the show, in addition to many adult themes littered through
    the storyline, get this to inappropriate fare for young children. When the mode is defined to landscape, the
    aperture automatically narrows to create everything into focus.
    s involved in a hopeless puzzle that, at best, is just baby
    sitting him as a possible intellectual.

    ReplyDelete
  11. Ϝantastic post.Never knew this, apprecіate it for letting
    me know.

    ReplyDelete
  12. My brother ѕuggested I may like thіs bⅼog. He
    used to be totally right. This submit truly made my day.
    You can not consider just how much time I had spent for tһis info!
    Thanks!

    ReplyDelete
  13. You are ɑ very ѕmart person!

    ReplyDelete
  14. http://www.micropromocodes.com Best Place for Upto 80% Off Free Coupon Codes, Promotion Codes,
    Discount Deals and Promo Offers For Online Shopping,Upto 80%
    Off Promo Coupon Codes. Save on Online Shopping
    Always. Use Coupons.
    Exclusive Coupons · Genuine Offers · Updated
    Daily · Best Coupons · Free Coupons · Best Offers,
    Types: Coupon Codes, Discount Coupons, Offers & Deals,Save Upto 80% Off
    on Microsoft Store Promo Code,

    ReplyDelete
  15. http://www.micropromocodes.com Best Place for Upto
    80% Off Free Coupon Codes, Promotion Codes, Discount Deals
    and Promo Offers For Online Shopping,Upto 80% Off Promo Coupon Codes.

    Save on Online Shopping Always. Use Coupons.
    Exclusive Coupons · Genuine Offers · Updated
    Daily · Best Coupons · Free Coupons · Best Offers,
    Types: Coupon Codes, Discount Coupons, Offers & Deals,Save Upto
    80% Off on Microsoft Store Promo Code,

    ReplyDelete
  16. The graphics in this video game are pretty good overall.

    ReplyDelete
  17. Helou muy buen post, parece que don google me condujo
    exactamente a la información que estaba queriendo, me encanta Tailandia y espero ir proximamente, me sumo a
    esperar las nuevaspublicaciones, muchas gracias Buena nota

    ReplyDelete
  18. Hi to every one, it's genuinely a pleasant for me to visit
    this web site, it contains helpful Information.

    ReplyDelete
  19. Hello, Neat post. There's a problem with your website in web explorer, could test this?
    IE still is the marketplace leader and a large element of people will leave out your great writing because
    of this problem.

    ReplyDelete
  20. Can I simply say what a relief to find an individual who
    genuinely understands what they're discussing
    on the net. You actually know how to bring a problem to light and make it important.
    More people must check this out and understand this side of your
    story. It's surprising you aren't more popular since you certainly possess the gift.

    ReplyDelete
  21. I have read so many posts on the topic of the blogger lovers but this
    article is truly a good piece of writing, keep it up.

    ReplyDelete
  22. I have read so many articles about the blogger lovers however this article
    is actually a fastidious paragraph, keep it up.

    ReplyDelete
  23. Outstanding post however I was wanting to know if you could write a litte more on this subject?
    I'd be very grateful if you could elaborate a little bit more.
    Many thanks!

    ReplyDelete
  24. Que tal! me ha molado esta nota, espero haber tomadobuena
    nota, amo Tailandia y deseo ir proximamente me quedo chequeando alguna mas, me sumo a
    esperar las actualizaciones, muchas muchas gracias

    ReplyDelete
  25. Hi me ha gustado esta nota, creo haber tomadobuena nota,
    me encanta Tailandia y planeo volver en breve me quedo
    chequeando otras mas, me apunto a ver las novedades,
    muchas muchas gracias

    ReplyDelete
  26. Esta doença pode ter numerosos graus de sisudez.

    ReplyDelete
  27. Does your site haνe a contɑct page? І'm having trouble locating it but, I'd ⅼike tо send yoս an e-mail.
    I've got some creative ideas for your blog
    yoᥙ migһt be interеsted in hеaring. Either wаy, great blog and I look forward
    to seeing it grow over time.

    ReplyDelete
  28. Hola me ha molado esta publicación, espero haber cogidobuena nota, amo Tailandia y espero regresar en breve me quedo chequeando
    otras mas, me apunto a ver las actualizaciones, muchas gracias

    ReplyDelete
  29. Greetings I am so glad I found your blog, I really found you by error, while I was searching on Bing for something else,
    Nonetheless I am here now and would just like to say thanks for a fantastic post and
    a all round entertaining blog (I also love the theme/design), I don’t have time to read through it all at the moment but
    I have book-marked it and also added your RSS
    feeds, so when I have time I will be back to read a lot more,
    Please do keep up the superb work.

    ReplyDelete
  30. On the streets individuals are very friendly and helpful.

    ReplyDelete
  31. Execs: Loved the good staff at this lodge.

    ReplyDelete
  32. I was recommended thks websige by my cousin. I'm not sure whether this post is written byy him as nobody else know such detailed about my difficulty.
    You're wonderful! Thanks!

    ReplyDelete
  33. you are in reality a excellent webmaster. The site
    loading pace is incredible. It seems that you're doing any distinctive trick.

    Furthermore, The contents are masterpiece.
    you have performed a great task in this subject!

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

free counters
Memuat...