................................... ...................................
Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Wednesday, April 04, 2012

Jurnal Sistem Produksi (PERAMALAN)

(PERAMALAN)
PENDAHULUAN
Dunia industri biasanya tidak lepas dari suatu peramalan. Hal ini disebabkan bahwa peramalan dapat memprediksi kejadian dimasa yang akan datang dengan mengambil keputusan. Para peneliti banyak yang mengembangkan metode peramalan agar bertujuan peramalan baru tingkat keakuratannya semakin tinggi. Peramalan banyak sekali digunakan untuk berbagai bidang. Contohnya untuk meramalkan cuaca, memperkirakan volume penjualan, memprediksi banyaknya jumlah siswa, meramalkan pendapatan perusahaan dan lain sebagainya.
Metode permalan terbagi menjadi dua, yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif. Metode kualitatif biasanya cenderung menggunakan intuisi, emosi, pendidikan, pengalaman seseorang dan lain-lain tanpa menggunakan pendekatan matematis maupun statistik. Metode kuantitatif yaitu metode yang berdasarkan adanya data historis atau data masa lalu yang digunakan untuk meramalkan data masa depan.
            Tingkat ketepatan suatu peramalan akan sedikit berkurang apabila seiring dengan rentang waktu yang semakin panjang. Maka perusahaan harus meneliti kembali peramalan dengan menggunakan data yang tidak terlalu lama.
Penelitian yang dibuat dalam praktikum penulis memakai metode peramalan kuantitatif  sebagai langkah mengelolah data, karena berdasarkan data matematis. Time series termasuk metode kuantitatif yang didalamnya terdiri dari WMA (Weighted Moving Averages), SES (Single Exponential Smoothing), Regresi Linier. Metode Time series hanya meninjau sebuah variabel sebagai fungsi waktu.
Metode WMA (Weighted Moving Averages) meramalkan dengan memakai beberapa data terakhir dengan memberikan bobot yang berbeda-beda. Metode SES (Single Exponential Smoothing) menghasilkan peramalan dengan jangka pendek. Metode regresi linier untuk mengetahui pengaruh antara satu atau beberapa variabel terhadap satu buah variabel.
Permasalahan dalam penelitian peramalan adalah bagaimana cara meramalkan dengan menggunakan metode WMA (Weighted Moving Averages), SES (Single Exponential Smoothing), Regresi Linier.
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui berapa hasil peramalan dimasa yang akan datang dengan menggunakan metode WMA (Weighted Moving Averages), SES (Single Exponential Smoothing), Regresi Linier. Menghitung tracking signal metode SES (Single Exponential Smoothing).
TINJAUAN PUSTAKA
Peramalan merupakan suatu bentuk usaha untuk meramalkan keadaan di masa mendatang melalui pengujian keadaan di masa lalu. Esensi peramalan adalah perkiraan peristiwa-peristiwa di waktu yang akan datang atas dasar pola-pola di waktu yang lalu, dan penggunaan kebijakan terhadapt proyeksi-proyeksi dengan pola-pola di waktu yang lalu.
Menurut Hery Prasetya (2009), Peramalan adalah seni dan ilmu untuk memperkirakan kejadian di masa depan. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan pengambilan data masa lalu dan menempatkannya ke masa yang akan datan dengan suatu bentuk model matematis.
Menurut Gaspersz (2004), aktivitas peramalan merupakan suatu fungsi bisnis yang berusaha memperkirakan permintaan dan penggunaan produk sehingga produk-produk itu dapat dibuat dalam kuantitas yang tepat. Dengan demikian peramalan merupakan suatu dugaan terhadap permintaan yang akan datang berdasarkan pada beberapa variabel peramalan, berdasarkan data deret waktu historis. Peramalan dapat menggunakan teknik-teknik peramalan yang bersifat formal maupun informal. Aktivitas peramalan ini biasa dilakukan oleh departemen pemasaran dan hasil-hasil dari peramalan ini sering disebut sebagai ramalan permintaan.
Jenis-jenis peramalan dapat dilakukan secara kuantitatif maupun kualitatif. Pengukuran metode secara kuantitatif menggunakan metode statistik, sedangkan pengukuran secara kualitatif berdasarkan pendapat (judgment) dari yang melakukan peramalan. Berkaitan dengan itu, dalam peramalan dikenal istilah prakiraan dan prediksi.
Prakiraan didefinisikan sebagai proses peralaman suatu variabel (kejadian) di masa datang dengan berdasarkan data variabel itu pada masa sebelumnya. Data masa lampau itu secara sistematik digabungkan dengan menggunakan suatu metode tertentu dan diolah untuk memperoleh prakiraan keadaan pada masa datang. Sementara, prediksi adalah proses peramalan suatu variabel di masa datang dengan lebih mendasarkan pada pertimbangan intuisi daripada data masa lampau. Prediksi peramalan yang baik sangat tergantung pada kemampuan, pengalaman dan kepekaan dari si pembuat peramalan. (Eddy Herjanto, 2003).
Teknik peramalan terbagi menjadi dua teknik peramalan diantaranya adalah teknik peramalan secara kualitatif yaitu peramalan yang melibatkan pendapat pribadi, pendapat ahli, metode delphi, penelitian pasar dan lain-lain. Bertujuan untuk menggabungkan seluruh informasi yang diperoleh secara logika dan sistematis yang dihubungkan dengan faktor kepentingan si pengambil keputusan. Sedangkan teknik peramalan secara kuantitatif yaitu peramalan yang digunakan pada saat data masa lalu cukup tersedia. Beberapa teknik kuantitatif yang sering dipergunakan adalah seperti metode pemulusan eksponensial, rata-rata bergerak, regresi linier dan masih banyak lainnya. (Gaspersz, 2004).
Metode weight moving average atau model rata-rata begerak terbobot lebih responsif terhadap perubahan, karena data dari periode yang baru biasanya diberi bobot lebih besar. Menurut Gaspersz (2004) suatu model rata-rata bergerak n - periode terbobot, weighted MA (n), dinyatakan sebagai berikut:

Metode peramalan dengan pemulusan eksponensial biasa digunakan untuk pola data yang tidak stabil atau perubahannya besar dan bergejolak. Metode permalan ini bekerja hampir serupa dengan alat thermostat, dimana apabila galat ramalan (forecast error) adalah positif, yang berarti nilai aktual permintaan lebih tinggi daripada nilai ramalan (A–F>0), maka model pemulusan eksponensial akan secara otomatis meningkatkan nilai ramalannya. Sebaliknya apabila galat ramalan (forecast error) adalah negatif, yang berarti nilai aktual permintaan lebih rendah daripada nilai ramalan (A – F < 0), maka metode pemulusan eksponensial akan secara otomatis menurunkan nilai ramalan. Proses penyesuaian ini berlangsung secara terus-menerus, kecuali galat ramalan telah mencapai nol. Peramalan menggunakan metode pemulusan eksponensial dilakukan berdasarkan formula seperti di bawah ini.

dimana:

Ft        = nilai ramalan untuk periode waktu ke-t
Ft-1     = nilai ramalan untu satu periode waktu yang lalu, t-1
At-1     = nilai aktual untuk satu periode waktu yang lalu, t-1
a         = konstanta pemulusan (smoothing constant)
      Metode Regresi Linier merupakan metode yang dipergunakan sebagai metode peramalan apabila pola historis dari data aktual permintaan menunjukkan adanya suatu kecenderungan menaik dari waktu ke waktu. Pada dasarnya metode ini berusaha mencari fungsi hubungan antara sebab dengan akibat. Diasumsikan waktu mempunyai hubungan linier dengan ramalan dan pola data akan berlanjut, sehingga fungsi yang terbentuk akan menetukan ramalan dimasa datang dengan cara extrapolasi. Metode ini dapat dipakai untuk peramalan jangka panjang. Rumus perhitungan metode Linier Regresi :
ŷ = a + bx
dimana:
ŷ    = nilai ramalan permintaan pada peiode ke-t
a    = intersep
b    = slope dari garis kecenderungan,merupakan tingkat perubahan dalam permintaan.
x    = indeks waktu ( t = 1,2,3,...,n) ; n adalah banyaknya periode waktu
Slope dan intersep dari persamaan regresi linier dihitung dengan menggunakan formula berikut:
                        
dimana:
b          =  slope dari persamaan garis lurus
a          =  intersep dari persamaan garis lurus
x          =  index waktu
x-bar    =  nilai rata-rata dari x
y          =  variabel permintaan (data aktual permintaan)
y-bar    =  nilai rata-rata permintaan per periode waktu, rata-rata dari y
Validasi metode peramalan terutama dengan menggunakan metode-metode di atas tidak dapat lepas dari indikator-indikator dalam pengukuran akurasi peramalan. Bagaimanapun juga terdapat sejumlah indikator dalam pengukuran akurasi peramalan, namun yang paling umum digunakan adalah Mean Absolute Deviation, Mean Absolute Percentage Error dan Mean Squared Error.
Akurasi peramalan akan tinggi apabila nilai-nilai MAD, MAPE, dan MSE semakin kecil. MAD merupakan nilai total absolut dari forecast error dibagi dengan data atau yang lebih mudah adalah nilai kumulatif absolut error dibagi dengan periode. Jika diformulasikan maka formula untuk menghitung MAD adalah sebagai berikut:


Mean forecast error biasa disebut juga galat peramalan. Galat peramalan ini juga dapat berfungsi untuk menghitung nilai MAD yang telah dibahas pada sub bab sebelumnya. Galat ramalan tidak dapat dihindari dalam sistem peramalan, namun galat ramalan itu harus dikelola dengan benar. Pengelolaan terhadap galat ramalan akan menjadi lebih efektif apabila peramal mampu mengambil tindakan mengambil tindakan yang tepat berkaitan dengan alasan-alasan terjadinya galat ramalan itu. Dalam sistem peramalan, penggunaan berbagai model peramalan akan memberikan nilai ramalan yang berbeda dan derajat dari galat ramalan yang berbeda pula. Rata-rata kesalahan kuadrat memperkuat pengaruh angka-angka kesalahan besar, tetapi memperkecil angka kesalahan prakiraan yang lebih kecil dari satu unit (Gaspersz, 2004).

Rata-rata persentase kesalahan kuadrat merupakan pengukuran ketelitian dengan cara-cara persentase kesalahan absolute, (MAPE) menunjukkan rata-rata kesalahan absolut prakiraan dalam bentuk persentasenya terhadap data aktualnya.

Menurut Gaspersz (2004), suatu ukuran bagaimana baiknya suatu ramalan memperkirakan nilai-nilai aktual suatu ramalan diperbaharui setiap minggu, bulan atau triwulan, sehingga data permintaan yang baru dibandingkan terhadap nilai-nilai ramalan. Tracking signal dihitung sebagai running sum of the forecast errors dibagi dengan mean absolute deviation.
Tracking signal yang positif menunjukkan bahwa nilai aktual permintaan lebih besar daripada ramalan, sedangkan apabila negatif berarti nilai aktual permintaan lebih kecil daripada ramalan. Suatu tracking signal disebut baik apabila memiliki RSFE yang rendah dan mempunyai positive error yang sama banyak atau seimbang dengan negative error, sehingga pusat dari tracking signal mendekati nol. Pada setiap peramalan, tracking signal terkadang digunakan untuk melihat apakah nilai-nilai yang dihasilkan berada didalam atau diluar batas-batas pengendalian dimana nilai-nilai tracking signal itu bergerak antara -4 sampai +4.
Moving range dibuat untuk membandingkan nilai-nilai observasi atau data aktual dengan nilai peramalan dari kebutuhan yang sama. Dapat dikatakan bahwa moving range adalah peta kontrol statistik yang digunakan pada pengendalian kualitas.

 
Peta moving range memiliki batasan-batasan yang terdiri dari batas kontrol atas dan batas kontrol bawah. Jika ada sebuah titik atau data yang berada di luar batas tersebut maka ada beberapa data yang harus dihilangkan atau mencari metode peramalan yang lain. Moving Range digunakan untuk mengetahui sejauh mana arah pergerakan (misal : permintaan) bergerak.
Rumus diatas tidak terlalu terlihat. jika ingin lihat rumus dalam bentuk dokumen klik disini


Gasperz, Vincent, Production Planning and Inventory Control berdasarkan pendekatan sistem terintergrasi MRP II dan JIT menuju manufaktur 21, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.
Herjanto, Eddy, Manajemen Produksi dan Operasi, Cetakan Ketiga, Jakarta, PT. Grasindo, 2003.
Prasetya, Hery dan Fitri Lukiastuti, Manajemen Operasi, Yogyakarta, Media Pressindo, 2009

http://staff.blog.ui.ac.id/komarudin74/2011/09/28/forecasting-moving-average-dan-weighted-moving-average/


60 komentar:

  1. Dalam dunia bisnis atau apapun prospek maju atau tidaknya usaha yg dilakukan memerlukan peramalan atau prediksi bagaimana kedepannya nanti dgn metode yg digunakan,bagus infonya

    ReplyDelete
  2. nice info gan,design blog yg menarik.Goodluck selalu.. :)
    btw UNV gunadarma daerah cengkareng kn?Taman Palem?

    ReplyDelete
  3. @Xpresi4share N Software Pro Thx masukan tambahannya gan

    @Pemuda peser. kalau saya Gunadarma bekasi gan tepatnya di kalimalang..

    ReplyDelete
  4. sobat,,,saya punya Awards buat sobat,,,silahkan ambil di artikel terbaru saya..!!!

    ReplyDelete
  5. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    Saat kamu menemui batu sandungan janganlah kamu ptus asa,
    karena semua itu pasti akan ada solusinya.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    ReplyDelete
  6. Teman sobat ku,,jgn lupa Mampir dan saya punya PR sekaligus Info yang harus sobat simak,,,

    kunjungan baliknya di tunggu...!!!!

    ReplyDelete
  7. oh ya,,,

    Laporan,,,,
    Anda mendapatkan Awards dari Blog "Info penting banget "

    cari aja Awards buat sobat di blog saya..!!!!

    cemungut ea...!!!!

    ReplyDelete
  8. Ok Kawan, benar sekali memang dalam sebuah bisnis kita memerlukan sebuah projections dan juga tentang estimasi-estimasi ,akan tetapi jika kita sebagai newcomer dalam sebuah bidang,maka banyak sekali hal yang tidak tampak dalam projection dan estimasi tersebut,maka yang anda perlukan hanya berdoa setelah berusaha, karena hanya itu yang bisa merubah takdir,yang kadangkala sesuatu yang tidak kita lihat tersebut akan membunuh bisnis kita.Be,,agood enterpreneurship next time

    ReplyDelete
  9. tolong gan minta address lengkapnya soalnya saya mau cantumkan didaftar pustaka

    ReplyDelete
  10. tolong gan minta address lengkapnya soalnya saya mau cantumkan didaftar pustaka

    ReplyDelete
  11. @asep supriyadi Agan buka aja di show source. disitu sudah lengkap daftar pustaka

    ReplyDelete
  12. @asep supriyadi Agan buka aja di show source. disitu sudah lengkap daftar pustaka

    ReplyDelete
  13. hello!,I like your writing very much! percentage we keep up a correspondence more
    about your post on AOL? I require a specialist on this
    area to resolve my problem. May be that's you!
    Taking a look ahead to peer you.

    ReplyDelete
  14. Será que qualquer um pode tomar Turbo Maca Peruvian?

    ReplyDelete
  15. This is a very good tip particularly to those new to the blogosphere.
    Simple but very accurate info... Many thanks for sharing this one.
    A must read article!

    ReplyDelete
  16. Howdy! This blog post could not be written much better!
    Reading through this article reminds me of my previous roommate!
    He always kept preaching about this. I most certainly will forward this article to him.
    Pretty sure he'll have a very good read. Thank you for sharing!

    ReplyDelete
  17. casinos online
    online casino gambling
    online casino games
    casino slots
    play casino games online

    ReplyDelete
  18. casino slots
    online casino real money
    online gambling casino
    online casino games
    casinos online

    ReplyDelete
  19. Keep on working, great job!

    ReplyDelete
  20. However, the darkness of the show, in addition to many adult themes littered through the
    entire storyline, get this inappropriate fare for young
    children. And it will improve the shutter speed therefore the photo isn't overexposed
    by the extra light allowed within the bigger aperture.
    This is a refreshingly vibrant gaming console that redefines the joy of
    electronic gaming.

    ReplyDelete
  21. I need to to thank you for this excellent read!! I definitely loved
    every little bit of it. I have you book-marked to look at
    new stuff you post…

    ReplyDelete
  22. http://www.micropromocodes.com Best Place for Upto 80%
    Off Free Coupon Codes, Promotion Codes, Discount Deals and Promo Offers
    For Online Shopping,Upto 80% Off Promo Coupon Codes.
    Save on Online Shopping Always. Use Coupons.

    Exclusive Coupons · Genuine Offers · Updated Daily ·
    Best Coupons · Free Coupons · Best Offers,
    Types: Coupon Codes, Discount Coupons, Offers & Deals,Save Upto 80% Off on Microsoft Store
    Promo Code,

    ReplyDelete
  23. Isso trará um efeito mas ligeiro a maquiagem.

    ReplyDelete
  24. This paragraph is genuinely a fastidious one it assists new
    web people, who are wishing for blogging.

    ReplyDelete
  25. There is obviously a lot to know about this.

    I feel you made certain good points in features also.

    ReplyDelete
  26. http://www.micropromocodes.com Best Place for Upto 80% Off
    Free Coupon Codes, Promotion Codes, Discount Deals and Promo Offers
    For Online Shopping,Upto 80% Off Promo Coupon Codes.
    Save on Online Shopping Always. Use Coupons.
    Exclusive Coupons · Genuine Offers · Updated Daily · Best Coupons · Free Coupons · Best Offers,

    Types: Coupon Codes, Discount Coupons, Offers & Deals,Save Upto 80% Off on Microsoft
    Store Promo Code,

    ReplyDelete
  27. Paragraph writing is also a fun, if you be familiar with after that you can write or else it is complicated to write.

    ReplyDelete
  28. Right here is the perfect webpage for everyone who would like to find out about
    this topic. You know so much its almost hard to argue with you (not that I
    personally will need to…HaHa). You definitely put a new spin on a topic that has been written about for a long time.
    Excellent stuff, just wonderful!

    ReplyDelete
  29. I read this piece of writing fully about the comparison of hottest and preceding
    technologies, it's remarkable article.

    ReplyDelete
  30. whoah this weblog is wonderful i love reading your articles.
    Stay up the great work! You know, many persons are searching around for this information, you can help them greatly.

    ReplyDelete
  31. Hi there! I'm at work surfing around your blog from my
    new iphone 3gs! Just wanted to say I love reading your blog and look forward
    to all your posts! Carry on the fantastic work!.#naphogathanhan #nắp_hố_ga_Thành_An #Bán_nắp_hố_ga_Thành_An #nap_ho_ga_thanh_an #ban_nap_ho_ga_Thanh_An

    ReplyDelete
  32. Pretty section of content. I just stumbled upon your site and
    in accession capital to assert that I get in fact enjoyed account your blog
    posts. Any way I'll be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently quickly..#naphogathanhan #nắp_hố_ga_Thành_An #Bán_nắp_hố_ga_Thành_An #nap_ho_ga_thanh_an #ban_nap_ho_ga_Thanh_An

    ReplyDelete
  33. Though it is just not viable sooner, if the government succeeds in controlling
    the on-line poker industry, then there'll be a sudden increase or boom on this industry.

    They are regulated by electronic micro generators called random number generators.
    Many travelers who arrived at Singapore are generally over a stop over or business trip.

    ReplyDelete
  34. Hmm is anyone else having problems with the pictures on this blog loading?
    I'm trying to determine if its a problem on my end or if it's the
    blog. Any feedback would be greatly appreciated.

    ReplyDelete
  35. Hello!! me ha molado esta publicación, creo haber cogidobuena nota, amo Tailandia y deseo ir el próximo mes me
    quedo husmeando otras mas, me sumo a esperar las actualizaciones,
    muchas muchas gracias

    ReplyDelete
  36. Muy buenas! me ha agradado mucho esta nota, espero haber tomadobuena nota,
    me encanta Tailandia y deseo regresar proximamente
    me quedo chequeando otras mas, me sumo a esperar las novedades, muchas muchas gracias

    ReplyDelete
  37. Que tal! me ha encantado esta nota, creo haber cogidobuena
    anotacion, me encanta Tailandia y deseo volver en breve me quedo
    chequeando otras mas, me sumo a ver las actualizaciones, muchas gracias

    ReplyDelete
  38. Though it just isn't viable soon, in the event the government
    succeeds in governing the poker online industry, then you will have an unexpected increase or boom
    on this industry. They are regulated by electronic micro
    generators called random number generators. Live
    casino games, like live roulette, live blackjack, and live baccarat, are for sale to be played from the comfort of
    your own property in today's gambling market.

    ReplyDelete
  39. If ʏou get Mastfer Resell rіghts, it will be
    possіble to trade the program, e-book or PDFfile, in somme intances viⅾeo series too for cash you decide on, or
    maybe provide away to your sᥙbscribers. There iѕ a lot of informatiߋn regarding freeelancing or tеlecommuting, butt away from books and blogs,
    iit can be hard to discover ѕpecific advice for any home-based
    business. This is the best onlқine affiliate marketіng affiliate netԝork on the net.

    ReplyDelete
  40. Eu tenho ler alguns boa coisas aqui. Certamente
    valor bookmarking para revisitar. Eu maravilha como muito esforço você definir para fazer este tipo
    de fantástico informativo web site .

    ReplyDelete
  41. Though it is just not viable in the future, if the government succeeds
    in regulating the internet poker industry, then there will be a
    sudden increase or boom in this industry. Net
    Entertainment is specially well known for terrific slots games since these outshine others compared regarding game play, graphics and low house advantages.

    Live casino games, like live roulette, live
    blackjack, and live baccarat, are for sale to be played from the comfort of your
    own house in the present gambling market.

    ReplyDelete
  42. If you would like to grow your experience just keep visiting this site and be updated with
    the most recent information posted here.

    ReplyDelete
  43. The portal is giving to its clients a number of the authentic information to help
    them to play bingo in their own fashion. Sportwetten bonus could be the profit that
    online bookies want to give their members. The following paragraph will show
    you much about some advices and tricks for those of serious bettors.

    ReplyDelete
  44. Que tal! muy lindo post, creo que el maestro bing me trajo directamente a la info que estaba buscando, me dedico al coaching de clinicas dentales y
    deseo regresar en breve, me apunto a leer las nuevasnotas, gracias Gran trabajo

    ReplyDelete
  45. But, 2010 is special for Delhi and thousands of sports persons,
    who are likely to come here and participate in the games.
    Something which I realized in the beginning occurs when there
    isn't a graphic for you personally business, your decisions are sort of irratic, and your path to your company is
    like guesswork. Visual displays might be designed to show any airport or terrain on earth with the flight simulator.

    ReplyDelete
  46. Although the harder cash-back bonuses you get,
    meaning that greater money you might have loss; it is better to acquire something back, in term of
    cash-back bonuses than nothing. They are regulated by electronic micro generators called random number generators.
    One of the dealer's two cards will probably be placed face-up up for grabs so all the players can easily see it, and also the other card will likely be placed face down.

    ReplyDelete
  47. The portal is giving to its clients some of the authentic information to
    help them to play bingo in their own fashion. The games incorporate different racing tracks, variety of surfaces and numerous tournaments including the rewards.
    The owners of the network devise that rule whose top most priority is usually to give immense happiness for the clients.

    ReplyDelete
  48. But, 2010 is special for Delhi and a huge number
    of sports persons, who are likely to come here and engage in the games.
    Playing free addicting games or any game accessible online can provide enjoyment to the household.
    For example, in order to understand how to get three stars on Angry
    Birds Ham'o'ween level 1-8, You - Tube user Angry - Bird - Nest offers the tutorial
    shown below.

    ReplyDelete
  49. My spouse and I absolutely love your blog and find almost all of
    your post's to be just what I'm looking for. Would you offer guest writers to write content in your case?
    I wouldn't mind composing a post or elaborating on a few of
    the subjects you write about here. Again, awesome web log!

    ReplyDelete
  50. You may also add forum sections where people can leave their comments, questions, suggestions,
    and reactions. The games incorporate different racing
    tracks, various surfaces and numerous tournaments such as
    rewards. The following paragraph will tell you much about some advices and tricks for those of serious bettors.

    ReplyDelete
  51. But, 2010 is special for Delhi and a large number of sports persons, who will be likely to come here and
    take part in the games. Playing free addicting games or any game accessible on the net can actually provide enjoyment on the
    household. Visual displays could be programmed to show any airport or terrain on the globe over the flight simulator.

    ReplyDelete
  52. Without management of their money, a casino player is usually doomed
    from your start. Since the overall game has massive followers worldwide it's not at
    all surprising a large number of searches about
    roulette strategies and tips are whipped out. Some online roulette casinos present a soaring bonus scheme so observe out of those since contest
    leads the crooks to provide more bonuses.

    ReplyDelete
  53. I'm not sure exactly why but this website is loading incredibly
    slow for me. Is anyone else having this issue or is it a problem on my end?
    I'll check back later and see if the problem still exists.

    ReplyDelete
  54. Hola me ha agradado mucho esta nota, espero haber tomadobuena nota, me encanta Tailandia
    y espero regresar el próximo mes me quedo husmeando alguna mas,
    me apunto a esperar las novedades, muchas gracias

    ReplyDelete
  55. Que tal! me ha molado esta nota, espero haber tomadobuena nota, amo Tailandia
    y planeo regresar el próximo mes me quedo chequeando otras mas, me sumo a ver
    las novedades, muchas muchas gracias

    ReplyDelete
  56. Me ha agradado , la nota, verdaderamente buena, gracias por la información, demasiado informativa.

    Me quedo fizgoneando por la web a ver mas notas interesantes, muchas
    gracias again.

    ReplyDelete
  57. Que tal! me ha molado esta publicación, espero haber tomadobuena anotacion, me encanta Tailandia y espero volver el próximo mes me quedo husmeando
    alguna mas, me apunto a ver las actualizaciones, muchas muchas gracias

    ReplyDelete
  58. Every weekend i used to pay a quick visit this site, because i want
    enjoyment, as this this site conations genuinely good
    funny dataa too.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

free counters
Memuat...