................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Sunday, December 02, 2012

Modul Aspek Ekonomi dan Finansial


BAB II
STUDI LITERATUR


2.1              Aspek Finansial
Analisis aspek finansial digunakan untuk menganalisis kelayakan suatu usaha dari segi keuangan melalui keputusan pengalokasian sumber daya yang terbatas ke dalam suatu peluang investasi yang ada, sehingga dapat memberikan keuntungan yang maksimal. Analisis kelayakan finansial ini ditujukan untuk mengetahui tingkat kelayakan usaha suatu perusahaan. Analisis finansial dilakukan dengan menggunakan kriteria-kriteria penilaian investasi, yaitu Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C), dan Payback Periode (PBP) (repository.ipb, 2012). Adapun kegunaan dari aspek finansial sebagai berikut (lab industri lanjut, 2012):
a.         Memperlihatkan aliran keluar masuknya kas perusahaan.
b.        Sebagai pengambilan keputusan investasi.
c.         Memperlihatkan sejauh mana usaha perusahaan di dalam mengembalikan modal kerja yang telah dikeluarkan.
Aspek finansial meliputi anggaran rutin dan pembangunan dari suatu instansi pemerintahan. Aspek finansial dapat dianalogikan sebagai aliran darah dalam tubuh manusia, maka aspek finansial merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pengukuran kinerja (Tangkilisan, 2005).
Menurut pendapat kelompok, aspek finansial yaitu mempelajari dana investasi, sumber dana, prediksi penerimaan, biaya dan rugi-laba, proyeksi keuangan serta mempelajari manfaat dan biaya finansial. Aspek finansial diperlukan untuk mengevaluasi dapat tidaknya suatu proyek dilaksanakan dengan baik.



2.2              Biaya Produksi
Biaya produksi adalah sejumlah pengorbanan ekonomis yang harus dikorbankan untuk memproduksi suatu barang. Menetapkan biaya produksi berdasarkan pengertian tersebut memerlukan kecermatan karena ada yang mudah diidentifikasikan, tetapi ada juga yang sulit diidentifikasikan dan hitungannya.  Secara umum unsur biaya tersebut dapat dibagi atas tiga komponen biaya, berikut (repository.usu, 2012):
a.         Komponen biaya bahan, meliputi semua bahan yang berkaitan langsung dengan produksi.
b.        Komponen biaya gaji atau upah tenaga kerja.
c.         Komponen biaya umum (biaya overhead pabrik) meliputi semua pengorbanan yang menunjang terselenggaranya proses produksi.
Biaya produksi adalah seluruh pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa. Macam-macam biaya produksi, yaitu (Joko, 2010):
a.         Biaya tetap (Fixed Cost atau FC): biaya yang jumlahnya tidak berubah dalam jangka waktu tertentu. Contoh: biaya mesin.
b.        Biaya variabel (Variable Cost atau VC): biaya yang jumlahnya selalu berubah sesuai dengan jumlah besar kecilnya jumlah produksi. Contoh: biaya tenaga kerja dan bahan baku.
c.         Biaya Total (Total Cost atau TC): jumlah antara biaya tetap dengan biaya variabel.
TC = FC + VC
d.        Biaya tetap rata-rata (Average Fixed Cost atau AFC): biaya yang dibebankan pada setiap unit produksi.
Keterangan:
Q = jumlah barang.

e.         Biaya variabel rata-rata (Average Variable Cost atau AVC): biaya variabel yang dibebankan pada setiap unit produksi.
Ketangan:
Q = jumlah barang.
f.         Biaya total rata-rata (Average Cost atau AC): biaya total yang dibebankan pada setiap unit produksi.
TC = AFV + AVC
Atau

g.        Biaya marginal (Marginal Cost atau MC): biaya karena adanya tambahan satu unit produksi. Biaya marginal merupakan turunan pertama dari fungsi TC.
 atau MC = TCi
Ketangan:
TCi = turunan dari fungsi TC.
Menurut pendapat kelompok, biaya produksi merupakan langkah terpenting dalam kegiatan manufacturing. Biaya produksi merupakan pengeluaran perusahaan yang diakumulasi pada saat proses produksi seperti biaya bahan, biaya tenaga kerja dan biaya lainnya.

2.3              Tujuan Rencana Bisinis
Tujuan rencana bisinis dalam aspek finansial biasanya untuk meningkatkan kekayaan perusahaan yang diukur dengan naiknya nilai saham. Secara ringkas dapat dijelaskan bahwa ada lima faktor dalam proses perencanaan bisnis yaitu (repository.usu. 2012):
a.         Menghindari resiko kerugian.
Untuk mengatasi resiko kerugian dimasa yang akan datang, karena dimasa yang akan datang ada kondisi ketidakpastian. Kondisi ini ada yang dapat diramalkan atau memang dengan sendirinya terjadi tanpa dapat diramalkan. Dalam hal ini fungsi perencanaan bisnis adalah untuk meminimalkan resiko yang tidak kita inginkan, baik resiko yang dapat dikendalikan maupun tidak dapat dikendalikan.
b.        Memudahkan perencanaan.
Jika kita sudah dapat meramalkan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, maka akan memudahkan kita dalam melakukan perencanaan dan hal-hal apa saja yang perlu direncanakan. Perencanaan disini meliputi berapa jumlah dana yang diperlukan, kapan usaha akan dijalankan, dimana melaksanakannya, bagaimana cara menjalakannya, berapa besar keuntungan yang akan diperoleh serta bagaimana mengawasinya jika terjadi penyimpangan.
c.         Memudahkan pelaksanaan pekerjaan.
Dengan adanya berbagai rencana yang telah disusun akan sangat memudahkan pelaksanaan bisnis. Para pelaksana yang mengerjakan bisnis tersebut telah memiliki pedoman yang harus diikuti. Kemudian pengerjaan usaha dapat dilakukan secara sistematik, sehingga tepat sasaran dan sesuai dengan rencana yang sudah disusun.
d.        Memudahkan pengawasan.
Dengan telah dilaksanakannya suatu usaha atau bisnis sesuai dengan rencana yang sudah disusun, maka akan memudahkan perusahaan untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya usaha tersebut. Pengawasan ini perlu dilakukan agar pelakasana usaha tidak melenceng dari rencana yang telah disusun.
e.         Memudahkan pengendalian.
Apabila dalam pelaksanaan pekerjaan telah dilakukan pengawasan maka jika terjadi suatu penyimpangan akan mudah terdeteksi, sehingga akan dapat dilakukan pengendalian atas penyimpangan tersebut. Tujuan pengendalian adalah untuk mengendalikan pelaksanaan pekerjaan tidak melenceng dari rel yang sesungguhnya, sehingga pada akhirnya tujuan perusahaan akan tercapai.
Menurut pendapat kelompok tujuan rencana bisnis dalam aspek finansial  merupakan suatu perencanaan strategi perusahaan yang gunanya untuk mencari keuntungan terutama dalam pengambilan keputusan dalam berinvestasi.

2.4              Metode Analisis Investasi
Aspek finansial dipilih sebagai aspek penentu dan paling penting dalam rencana investasi yang layak atau tidak. Hal tersebut dikarenakan apabila aspek finansial memberikan hasil yang tidak layak, maka usulan proyek akan ditolak karena tidak memberikan manfaat ekonomi bagi perusahaan. Aspek finansial ditemukan beberapa hal yaitu (library.binus, 2012):
1.        Depresiasi atau penyusutan modal
Depresiasi atau penyusutan modal adalah suatu komponen yang terpenting dalam analisa ekonomi teknik, terutama yang berkaitan dengan pajak. Depresiasi pada dasarnya adalah penurunan nilai suatu aset fisik seperti mesin, peralatan produksi, bangunan pabrik dan lain-lain karena waktu dan pemakaian aset atau aktiva tersebut. Penyusutan atau berkurangnya nilai   suatu peralatan ada umumnya di perhitungkan setiap tahun sampai peralatan modal tersebut tidak dapat dipergunakan atau apabila dipergunakan sudah tidak ekonomis lagi. Untuk menghitung depresiasi, ada 3 (tiga) komponen utama yang digunakan, yaitu (library.binus, 2012)::
a.          Nilai  Sekarang (P)
Nilai  sekarang  adalah  harga  dari    peralatan  pada  waktu  sekarang.  Apabila perhitungan depresiasi dihitung sejak peralatan masih baru, maka nilai sekarang merupakan harga terpasang diperalatan tersebut.
b.          Nilai Sisa (S)
Nilai  dari  peralatan  pada  akhir  guna  pemakaian,  dalam  hal    ini   penentuan harganya adalah dengan memperkirakan engan kondisi yang ada.
c.         Umur Ekonomis (N)
Umur produktif   yang menunjukkan lamanya asset tersebut ingin dioperasikan secara ekonomis. Terkadang untuk menentukan umur sebenamya sulit ditentukan dengan baik, sehingga taksiran harga berdasarkan pengalaman dianggap perlu.
2.        Net Cash Flow
Pengertian cash flow adalah suatu gambaran tentang perkembangan uang sesuai dengan waktu. Digunakannya aliran kas ini disebabkan karena  dengan  kas dapat ilakukan investasi dan dengan kas pula dapat dibayar kewajiban finansial yang ada. Jika rus uangnya keluar disebut cash out  flow  sedangkan  apabila  arus uangnya masuk disebut cash in flow. Selisih dari  cash out  flow dan  cash in  flow disebut net cash flow
Kriteria pemilihan investasi terdiri dari beberapa macam metode. Metode-metode tersebut dipakai untuk memudahkan perusahaan dalam berinvestasi. Berikut metode analisis investasi (Freddy. 2000):
a.         Payback Period (PP)
b.        Return on Investment (ROI)
c.         Internal Rate of Return (IRR)
d.        Profitaility Index (PI)
e.         Net Present Value (NPV)
Menurut pendapat kelompok, metode analisis investasi merupakan metode yang dipakai untuk memperhitungkan biaya yang di keluarkan perusahaan dalam berinvestasi. Metode-metode tersebut nantinya dapat memberikan informasi apakah investasi perusahaan layak atau tidak.

2.5              Payback Period (PP)
Definisi Payback Period adalah suatu periode yang menunjukan berapa lama modal yang ditanam dalam proyek tersebut dapat kembali (Freddy. 2000). Payback Period (PP) merupakan salah satu metode perhitungan Capital  Budgeting yang relatif sederhana. Payback Period  merupakan penentuan jangka waktu yang dibutuhkan untuk menutup initial investment dari suatu proyek dengan menggunakan cash inflow yang dihasilkan oleh proyek tersebut (Johar, 2006). Metode ini dapat ditulis dalam sebuah rumus:

Menurut pendapat kelompok, Payback Period  adalah metode yang paling mudah karena tidak mempertimbangkan tingkat bunga sebagai imbalan yang diharapkan atas suatu proyek yang ditanamkan, metode ini semakin cepat kembali maka semakin baik, karena hal itu berarti penerimaan ditahun selanjutnya adalah keuntungan atau laba bagi perusahaan.

2.6              Return on Investment (ROI)
Pengembalian atas investasi atau asset (Return on Investment - ROI) adalah perbandingan dari pemasukan (income) per tahun terhadap dana investasi. Dengan demikian mengindikasikan profitabilitas suatu investasi. Rumusnya adalah sebagai berikut (kk.mercubuana, 2012):
ROI =
Investasi dapat dinyatakan dalam berbagai bentuk:
a.       ROI = 
b.      ROI = 
c.       ROI = 
Apabila Semakin besar ROI semakin disukai investor. ROI dapat dijadikan patokan untuk menerima atau menolak usulan proyek. ROI memiliki beberapa keuntungan dan keterbatasan diantaranya:
1.        Keuntungan menggunakan ROI
a.    Mudah dipahami dan tidak sulit menghitungnya.
b.    Tidak seperti periode pengembalian, lingkup pengkajian kriterian ini menjangkau seluruh umur investasi. Dengan demikian, wawasannya lebih luas.



2.        Keterbatasannya terutama disebabkan oleh:
a.    Terdapat berbagai variasi cara menghitung ROI sehingga seringkali sulit menentukan besar angka ROI yang akan dipakai sebagai patokan menerima atau menolak usulan investasi.
b.    Tidak menunjukkan profil laba terhadap waktu. Hal ini dapat menyebabkan keputusan yang kurang tepat. Misalnya, ada dua rencana investasi, yaitu satu memiliki pemasukan atau laba yang lebih besar di tahun-tahun awal, jadi l;ebih disukai, tetapi mungkin memiliki ROI yang sama besar.
c.    Tidak mempertimbangkan nilai waktu dari uang.
Menurut pendapat kelompok, Return on Investment (ROI) merupakan suatu metode yang menentukan usulan investasi berdasarkan angka ROI. Apabila ROI yang dikeluarkan kurang dari angka tersebut maka keuntungan dalam investasi tidak disetujui.

2.7              Internal Rate of Return (IRR)
Internal Rate of Return (IRR) adalah tingkat discount (discount rate) yang menyamakan nilai sekarang dari aliran kas yang akan terjadi (PV inflows) dengan nilai sekarang aliran kas keluar mula-mula (PV investment cost). arus pengembalian internal (Internal Rate Of Return – IRR) adalah arus pengembalian yang menghasilkan NPV aliran kas masuk = NPV aliran kas keluar. Pada metode NPV analisis dilakukan dengan menentukan terlebih dahulu besar arus pengembalian (diskonto) (i), kemudian dihitung nilai sekarang neto (PV) dari aliran kas keluar dan masuk. Untuk IRR ditentukan dulu NPV = 0, kemudian dicari berapa besar arus pengembalian (diskonto) (i) agar hal tersebut terjadi Rumusnya adalah sebagai berikut (kk.mercubuana, 2012).:
  n       (C)t         n     (Co)t
              ---------- -       ---------- = 0
      t=0   (1 + i)t       t=0    (1 + i)t
dimana :          ( C ) t   = Aliran kas masuk tahun ke t
                        (Co)t    = aliran kas keluar tahun ke t
                        n          = umur unit usaha hasil investasi
                        i           = Arus pengembalian (rate of return)
                        t           = waktu
Karena aliran kas keluar proyek umumnya merupakan biaya pertama (Cf). Maka persamaan di atas dapat disederhanakan menjadi:
n       (C)t
                       ---------- - (Cf) = 0
  t=0   (1 + i)t
Menganalisis usulan proyek dengan IRR memberi kita petunjuk sebagai berikut :
a.          IRR > arus pengembalian (i) yang diinginkan (Required Rate Of Return –RRR), proyek diterima. Apabila suatu proyek mempunyai IRR lebih besar daripada biaya dana (cost of fund) maka proyek diterima. Ini berarti proyek menguntungkan karena ada kelebihan dana bagi shareholder setelah dana yg dihasilkan proyek digunakan untuk membayar modal.
b.         IRR < arus pengembalian (i) yang diinginkan (Required Rate Of Return –RRR), proyek ditolak.
Menurut pendapat kelompok, Internal Rate of Return (IRR) merupakan suatu metode yang dapat menunjukan tingkat bunga yang menyamakan PV pengeluaran dan PV penerimaan.

2.8              Profitaility Index (PI)
Profitaility Index (PI) adalah metode peniilaian kelayakan investasi yang mengukur tingkat kelayakan investasi berdasarkan rasio antara nilai sekarang aruskas masuk total (TPV) dengan nilai sekarang investasi inisial (Io) (library.binus, 2012)
Menurut pendapat kelompok, Profitaility Index (PI) merupakan suatu metode antara variasi lain dari kriteria NPV yang menunjukan kemampuan mendatangkan laba persatuan nilai investasi.



2.9              Net Present Value (NPV)
NPV (Net Present Value) merupakan nilai dari proyek yang bersangkutan yang diperoleh berdasarkan selisih antara cash flow yang dihasilkan terhadap investasi yang dikeluarkan. NPV merupakan  arus kas yang diperkirakan pada masa yang akan datang yang didiskontokan pada saat ini.Untuk menghitung NPV diperlukan data tentang perkiraan biaya investasi, biaya operasi, dan pemeliharaan serta perkiraan manfaat/benefit dari proyek yang direncanakan. NPV adalah selisih antara present value dari investasi dengan nilai sekarang dari penerimaan-penerimaan kas bersih di masa yang akan datang.  NPV > 0 (nol) → usaha atau proyek layak (feasible) untuk dilaksanakan. NPV < 0 (nol) → usaha atau proyek tidak layak (feasible) untuk dilaksanakan. NPV = 0 (nol) → usaha atau proyek berada dalam keadaan BEP dimana TR=TC dalam bentuk present value. Untuk menghitung NPV diperlukan data tentang perkiraan biaya investasi, biaya operasi, dan pemeliharaan serta perkiraan benefit dari proyek yang direncanakan (Husnan, 2009).
Net Present Value (NPV) merupakan Suatu investasi dikatakan menguntungkan kalau investasi tersebut bisa membuat pemodal menjadi lebih kaya. Dan karena investasi dalam hal ini adalah investasi jangka panjang, maka setelah kita dapat menghitung berapa arus kas/pendapatan yang kita terima selama usia proyek tidak dapat begitu saja kita jumlahkan lalu dikurangi dengan jumlah investasi yang telah kita tanamkan Indikasi NPV Mengkaji usulan proyek dengan NPV memberikan petunjuk (indikasi) sebagai berikut  (kk.mercubuana, 2012):
NPV = positif, berarti usulan proyek dapat diterima, semakin tinggi angka NPV semakin baik.
NPV = negative, berarti usulan proyek ditolak
NPV = 0, berarti  netral.
1.        Kelebihan metode NPV:
NPV memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini kelebihan dari NPV:
a.     Memasukkan factor nilai waktu dari uang
b.    Mempertimbangkan semua aliran kas proyek
c.    Mengukur besaran absolute dan bukan relatif, sehingga mudah mengikuti kontribusinya terhadap usaha meningkatkan kekayaan perusahaan atau pemegang saham.
Menurut pendapat kelompok, NPV merupakan metode yang didasarkan pada konsep mendiskonto seluruh aliran kas ke nilai sekarang. Dengan mendiskonto semua aliran kas masuk dan keluar selama umur proyek (investasi) ke nilai sekarang, kemudian menghitung angka neto maka akan diketahui selisihnya dengan memakai dasar yang sama, yaitu harga (pasar) saat ini.

2.10          Break Even Point
Break Even Point (BEP) adalah volume produksi di mana suatu perusahaan tidak menghasilkan keuntungan atau kerugian. Setiap kenaikan produksi dari hasil tingkat dalam pembuatan keuntungan, sementara penurunan apapun akan mengakibatkan kerugian. Oleh karena itu perusahaan berusaha untuk melebihi titik ini sehingga mereka dapat membuat keuntungan. Konsep analisi BEP tergantung pada teori marjinal biaya. Di bawah ini, total biaya manufaktur atau menghasilkan produk atau jasa dapat dipisahkan menjadi dua bagian yang berbeda: biaya tetap dan variabel. Biaya tetap dikatakan tetap konstan tidak peduli variasi dalam volume produk, sedangkan variabel (marjinal) biaya bervariasi langsung dengan volume produksi (Nwachukwu 2004).
Menurut Sutrisno (2010), analisa Break Even Point dapat digunakan untuk membantu menetapkan sasaran tujuan perusahaan, kegunaan bagi menejemen  antara lain sebagai dasar atau landasan merencanakan kegiatan operasional dalam usaha  mencapai laba tertentu.yang kedua, sebagai dasar atau landasan untuk mengendalikan kegiatan operasi yang sedang berjalan yaitu alat untuk pencocokan antara realisasi dengan angka-angka dalam perhitungan Break Even atau dalam gambar Break Even. Sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan harga jual yaitu setelah diketahui hasil perhitungan menurut hasil analisa Break Even dan laba yang ditargetkan. Sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang harus dilakukan seorang manager suatu  perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA



Arifin, Johar, dkk. 2006. Manajemen rumah sakit modern berbasis komputer (mencangkup aspek pemasaran dan manajemen keuangan). Jakarta: Elex Media Komputindo.
Husnan, S. 2009. Pembelanjaan Perusahaan (Dasar-Dasar Manajemen Keuangan), Edisi 5. Yogyakarta: Liberty.
Lab Industri Lanjut. 2012. Aspek ekonomi dan Finansial. Universitas Gunadarma.
Nwachukwu, C.C. 2004. Management: Theory and practice. pp. 265-267. Africana First Publishers Limited, Onitsha, Nigeria: Anambra State.
Rangkuti, Freddy. 2000. Business Plan (teknik membuat perencanaan bisnis dan analisis kasus. Jakarta: Gramedia
Sutrisno. 2010. Manajemen Keuangan : Teori, Konsep Dan Aplikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005 Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo
Untoro, Joko. 2010. Buku pintar pelajaran. Jakarta:  Wahyu Media.
http://kk.mercubuana.ac.id/ diunduh 05 November 2012
http://library.binus.ac.id./ diunduh 25 November 2012
http://repository.ipb.ac.id/ diunduh 25 November 2012
http://repository.usu.ac.id/ diunduh 25 November 2012

13 komentar:

  1. Saya tertarik dengan artikel diatas. Terima kasih atas info yang diberikan. Mudah dipahami dengan pemilihan kata yang ringan.
    Saya memiliki link yang mungkin berguna untuk menambah referensi Ekonomi Bisnis.
    Silahkan dikunjungi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis

    ReplyDelete
  2. BERLAKU UNTUK KREDIT ANDA

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda dalam stres keuangan? Anda perlu Uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan merasa sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, MichelleN Haward Badan Kredit adalah jawaban untuk menawarkan semua jenis pinjaman kepada masyarakat atau siapa pun di nees bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman sebesar 2% suku bunga untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah kondisi yang jelas dan mudah. hubungi kami hari ini via e-mail di michellenhawardloans@gmail.com

    Catatan: Semua pemohon harus di atas 18 tahun

    ReplyDelete
  3. saya tertarik dengan artikel anda mengenai ekonomi, saya juga mempunya tulisan serupa mengenai ekononi, bisa dilihat
    disini, happy sharing :)

    ReplyDelete
  4. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!
    Nama saya adalah Purti Hamzah, tinggal di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
    media ini untuk mengingatkan semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang penipu karena mereka di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut online. Saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Chloe Morris yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan dari angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Chloe melalui:
    chloemorrisloanfirm@gmail.com atau chloemorrisonloan@financier.com
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: purtihamzah@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  6. Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  7. Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibua Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  8. Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibua Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  9. Segala puji bagi Allah, yang Anda cari pinjaman? silahkan saya sarankan semua orang di sini sangat hati-hati, karena ada begitu banyak lender pinjaman palsu di sini. Saya telah menjadi korban dari sebuah pemberi pinjaman 8-kredit palsu, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri. saya baru saja keluar dari penjara dan seorang teman saya memperkenalkan saya ke kreditur pinjaman yang saya mencoba karena saya tidak punya pilihan selain untuk mencoba pinjaman asli dan pemberi pinjaman. Saya mendapat pinjaman saya dari CHLOEMORRISLOANFIRM tanpa stres, jadi saya memutuskan untuk membuat kesaksian ini. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik menghubungi CHLOEMORRISLOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. chloemorrisloanfirm@gmail.com,.
    Anda masih dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang harsiniyono@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati

    ReplyDelete
  10. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  12. Selamat siang,

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk pembiayaan kembali, Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membeli mobil atau rumah? Jika ya tidak khawatir lagi, Kami dapat membantu !!! hubungi kami sekarang via E-mail untuk pinjaman mendesak Anda.

    E-mail: finansbankloan@list.ru (atau) finansbankloan@gmail.com

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. Halo, Saya cunson hamilton Katheren, saat ini tinggal di Texas, Amerika Serikat. Saya seprated kali ini dengan tiga anak-anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan Mei 2015 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya. Saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman pribadi dan perusahaan tetapi tidak pernah dengan sukses, dan sebagian besar bank menolak kredit saya. Demi Allah, saya membaca sebuah artikel online dan saya memutuskan untuk mencoba, Pada awalnya saya sangat takut tapi saya mencoba memberikannya karena pada saat itu dalam hidup saya, saya tak akan kehilangan, jadi saya mengikuti arahan mereka dan melakukan aything saya diminta untuk melakukan sebelum pinjaman saya dapat diberikan, saya sangat takut pada saat itu, tapi aku bilang hari ini sebagai tuhan adalah saksi saya, saya sekarang seorang pemilik usaha kecil dan saya membayar kembali pinjaman saya di bunga yang lebih rendah dari 1,5% tanpa masalah, Percayalah dengan perusahaan ini saya jamin tidak akan menyesal, tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada co penandatangan dengan tingkat bunga hanya 1,5% dan pembayaran yang lebih baik rencana dan jadwal, silahkan hubungi Mr Dangote perusahaan pinjaman ( dangotegrouploandepartment@gmail.com). Dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini tapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk membiarkan orang tahu lebih banyak tentang dia dan Tuhan memberkati alsoi ingin lebih. Anda dapat menghubungi dia melalui email-nya.
    dangotegrouploandepartment@gmail.com dan saya juga menyadari bahwa beberapa dari Anda mungkin berpikir itu adalah stres tapi tidak, saya tidak pernah scammed $ 5.000 yang membuat saya merasa ingin menyerah tapi hari ini semua berkat Allah Mahakuasa dan Mr Dangote. jadi hubungi saya di Cunsonhamilton342@gmail.com atau hubungi saya di nomor (682) 233-0439 untuk informasi, Nikmati

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post