................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Monday, January 20, 2014

Jawaban Soal Distribusi Frekuensi Part 1

Berikut Ini Jawaban Soal untuk latihan belajar mengenai Distribusi frekuensi Part 1

1. Statistika deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna.

2. Langkah-langkah membuat tabel distribusi frekuensi:
a. Mengurutkan data dari yang terkecil ke yang terbesar
b. Menentukan jangkauan (range) dari data
c. Menentukan banyaknya kelas (k)
d. Menentukan panjang interval kelas
e. Menentukan batas bawah kelas pertama
f. Menuliskan frekuensi kelas secaran melidi dalam kolom turus / tally sesuai banyaknya data

3. Definisi dari:
a. Tepi kelas disebut juga batas nyata kelas, yaitu batas kelas yang tidak memiliki lubang untuk angka tertentu antara kelas yang satu dengan kelas lainnya.
b. Batas kelas bawah adalah nilai-nilai yang membatasi kelas yang satu dengan kelas yang lainnya, yang terdapat dideretan sebelah kiri setiap kelas.

4. Sebaran frekuensi adalah suatu ringkasan dalam bentuk tabel dari suatu kelompok data yang menunjukkan frekuensi item-item (kategori-kategori) dalam beberapa kelas

5 Definisi populasi dan sampel beserta contoh:
Populasi adalah totalitas ukuran semua nilai yang mungkin, hasil menghitung ataupun pengukuran, kuantitatif maupun kulitatif mengenai karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat-sifatnya, contoh : mahasiswa Universitas Gunadarma Sampel adalah bagian yang diambil dari suatu populasi, contoh: Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Gunadarma.

6. Sebaran frekuensi adalah suatu ringkasan dalam bentuk tabel dari suatu kelompok data yang menunjukkan frekuensi item-item (kategori-kategori) dalam beberapa kelas.
Pembagian sebaran frekuensi:
- Sebaran frekuensi tunggal menunjukkan tidak adanya pengelompokkan nilai-nilai variabel
- Sebaran frekuensi bergolong / kelompok yaitu menggunakan pengelompokkan dalam kolom nilai.
- Sebaran frekuensi relatif berisi nilai-nilai hasil bagi antara frekuensi kelas dan jumlah pengamatan yang terkandung dalam kumpulan data yang berdistribusi tertentu.
- Sebaran frekuensi kumulatif adalah sebaran frekuensi yang nilai frekuensi dari setiap kelasnya diperoleh dengan cara menjumlahkan / mengurangi frekuensi kelas di atasnya / bawahnya dengan jumlah frekuensi kelas yang bersangkutan Poligon frekuensi adalah gambar garis yang menghubungkan tengah-tengah tiap sisi atas yang berdekatan dengan tengah-tengah jarak frekuensi absolut masing-masing.

7. Poligon digunakan untuk memudahkan dalam membandingkan keadaan dua distribusi dalam satu grafik.

8. Defnisi dari:
- Titik tengah adalah nilai yang mewakili suatu kelas interval, merupakan rata-rata hitung dari kedua tepi / ujung pada suatu kelas interval.
- Kelas interval (lebar kelas) adalah selisih antara batas atas kelas dengan batas bawah kelas dibagi kelas yang bersangkutan.
- Frekuensi adalah jumlah data yang terdapat dalam kelas interval.

9. Statistika menurut Sudjana (2005) adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisisannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan. Statistik menurut Sudjana (2005) adalah hal yang menyatakan kumpulan data, bilangan maupun non-bilangan yang disusun dalam tabel dan atau diagram, yang melukisakan atau menggambarkan suatu persoalan.

10. Terbagi menjadi 2, yaitu distribusi frekuensi bilangan dan distribusi frekuensi kategoris.
- Distribusi frekuensi bilangan adalah distribusi frekuensi yang berisikan data berupa angka-angka.
- Distribusi frekuensi kategoris adalah distribusi frekuensi yang berisikan data bukan angka, dimana data itu dibagi atas golongan-golongan yang dinamakan kelas, berdasarkan sifat lain.

Untuk Jawaban Soal Latihan Belajar Distribusi Frekuensi Dapat dilihat di Part 2

Ingat !!! Postingan ini bukan untuk di Plagiat... Tapi hanya untuk belajar.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post