................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Monday, January 20, 2014

Jawaban Soal Distribusi Frekuensi Part 2

Berikut Ini lanjutan dari Jawaban Soal untuk latihan belajar mengenai Distribusi frekuensi Part 1 

11. Pengertiannya adalah:
- Panjang kelas adalah tiap-tiap kelompok nilai variabel yang merupakan selisih antara tepi atas dengan tepi bawah.
- Batas kelas atas adalah nilai-nilai yang membatasi kelas yang satu dengan kelas lainnya, yang terdapat di deretan sebelah kanan setiap kelas.

12.  Distribusi frekuensi adalah suatu ringkasan dalam bentuk tabel dari suatu kelompok data yang menunjukkan frekuensi item-item (kategori-kategori) dalam beberapa kelas.

13. Langkah-langkah membuat sebaran frekuensi:
a. Tentukan banyaknya selang kelas yang diperlukan
b. Tentukan wilayah data tersebut
c. Bagilah wilayah tersebut dengan banyaknya kelas untuk menduga lebar selangnya
d. Tentukan limit bawah kelas bagi selang yang pertama dan kemudian batas bawah kelasnya. Tambahkan lebar kelas pada batas bawah kelas untuk mendapatkan batas atas kelasnya.
e. Daftarkan semua limit kelas dan batas kelas dengan cara menambahkan lebar kelas pada limit dan batas selang sebelumnya.
f. Tentukan titik tengah kelas bagi masing-masing selang denganmerata-ratakan limit kelas atau batas kelasnya.
g. Tentukan frekuensi bagi masing-masing kelas.
h. Jumlahkan kolom frekuensi dan periksa apakah hasilnya sama dengan banyaknya total pengamatan.

14. Poligon frekuensi adalah gambar garis yang menghubungkan tengah-tengah tiap sisi atas yang berdekatan dengan tengah-tengah jarak frekuensi absolut masing-masing.

15. Rumus-rmus beserta keterangan dari :
a. Tepi bawah kelas = batas bawah kelas – 0,5
Batas bawah kelas terdapat di deretan sebelah kiri setiap kelas.
b. Tepi atas kelas = batas atas kelas + 0,5
Batas atas kelas terdapat di deretan sebelah kanan setiap kelas.
c. Titik tengah kelas = ½ x (batas atas kelas + batas bawah kelas)

16. Statistika deskriptif menurut Walpole adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna. Statistika inferensia menurut Walpole adalah mencakup semua metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data untuk kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan gugus data induknya.

17. Distribusi frekuensi relatif adalah distribusi frekuensi yang berisikan nilai-nilai hasil bagi antara frekuensi kelas dan jumlah pengamatan yang terkandung dalam kumpulan data yang berdistribusi tertentu. Berikut ini adalah rumus distribusi frekuensi relatif:
Frekuensi relatif = (fi / ∑f) x 100%
Keterangan:
fi = frekuensi kelas tertentu
∑f = jumlah keseluruhan frekuensi

18. Kurva ogive adalah grafik berbentuk garis yang menggambarkan frekuensi kumulatif, dibuat dengan memplotkan frekuensi kumulatif yang lebih kecil daripada bagian atas kelas dan kemudian menghubungkan semua titik yang berurutan dengan garis lurus.

19.  Menurut Bambang (1994), data merupakan kumpulan fakta atau angka atau segala sesuatu yang dapat dipercaya kebenarannya sehingga dapat digunakan sebagai dasar menarik suatu kesimpulan.
Berikut ini adalah macam-macam data berdasarkan bentuknya:
- Data kuantitatif adalah suatu karakteristik dari suatu variabel yang nilai-nilainya dinyatakan dalam bentuk numerikal.
- Data kualitatif adalah suatu karakteristik dari suatu variabel yang nilai-nilainya dinyatakan dalam bentuk non-numerikal atau atribut-atribut (dapat juga dikatakan kategori).

20.  Perbedaan antara histogram dan poligon:
- Grafik histogram lazimnya dibuat dengan menggunakan batas nyata, sedangkan grafik poligon selalu menggunakan titik tengah.
- Grafik histogram berwujud segiempat-segiempat, sedangkan grafik poligon berwujud garis-garis atau kurve (garis-garis yang sudah dilicinkan).

21. Rumus-rumus beserta keterangannya:
- Banyak kelas (k) = 1 + 3,322 log n k dan n menyatakan banyaknya kelas dan banyaknya data. - Panjang interval kelas (I) = jangakauan ruang (R) / banyaknya kelas (k) Jangkauan ruang atau rentang kelas diperoleh dari selisih antara nilai terbesar dengan nilai terkecil.

22.  J. Supranto memberikan pengertian statistik dalam dua arti, yaitu:
a. Dalam arti sempit
Statistik adalah data ringkasan yang berbentuk angka (kuantitatif).
b. Dalam arti luas
Statistik adalah ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, penyajian, dan analisis data, serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang menyeluruh.

23. Distribusi frekuensi kumulatif adalah sebaran frekuensi yang nilai frekuensi dari setiap kelasnya diperoleh dengan cara menjumlahkan atau mengurangi frekuensi kelas di atasnya atau bawahnya dengan jumlah frekuensi kelas yang bersangkutan. Distribusi frekuensi kumulatif terbagi menjadi dua, yaitu:
a. Distribusi frekuensi kumulatif kurang dari adalah distribusi frekuensi yang memuat jumlah frekuensi dan memiliki nilai kurang dari nilai batas kelas suatu interval tertentu.
b. Distribusi frekuensi kumulatif lebih dari adalah distribusi frekuensi yang memuat jumlah frekuensi dan memiliki nilai lebih dari nilai batas kelas suatu interval tertentu.

26. Distribusi frekuensi terbagi menjadi empat macam, yaitu:
a. Distribusi frekuensi tunggal adalah distribusi frekuensi yang tidak menggunakan penggolongan-penggolongan nilai variabel dalam penyusunan tabelnya.
b. Distribusi frekuensi berkelompok adalah distribusi frekuensi yang menggunakan pengelompokkan nilai variabel dalam penyusunan tabelnya.
c. Distribusi frekuensi relatif adalah distribusi frekuensi yang berisi nilai-nilai hasil bagi antara frekuensi kelas dan jumlah pengamatan yang terkandung dalam kumpulan data yang berdistribusi tertentu.
d. Distribusi frekuensi kumulatif adalah distribusi frekuensi yang nilai frekuensi dari setiap kelasnya diperoleh dengan cara menjumlahkan atau mengurangi frekuensi kelas di atasnya atau bawahnya dengan jumlah frekuensi kelas yang bersangkutan.

27. Bentuk penyajian grafik pada distribusi frekuensi:
a. Histogram
b. Poligon
c. Ogive

28. Histogram adalah bentuk penyajian daftar distribusi frekuensi dengan menggunakan batang-batang atau persegi-persegi panjang yang lebarnya sama. Histogram hampir sama dengan diagram batang, tetapi antara batang yang satu dengan batang yang lain tidak terdapat jarak.

29. Pengertian dari:
a. Tepi kelas disebut juga batas nyata kelas, yaitu batas kelas yang tidak memiliki lubang untuk angka tertentu antara kelas yang satu dengan kelas lainnya.
b. Kelas interval (lebar kelas) adalah selisih antara batas atas kelas dengan batas bawah kelas dibagi kelas yang bersangkutan.
c. Batas kelas atas adalah nilai-nilai yang membatasi kelas yang satu dengan kelas lainnya, yang terdapat di deretan sebelah kanan setiap kelas.
d. Titik tengah adalah nilai yang mewakili suatu kelas interval, merupakan rata-rata hitung dari kedua tepi / ujung pada suatu kelas interval.

Ingat !!! Postingan ini bukan untuk di Plagiat... Tapi hanya untuk belajar.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post