................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Monday, January 20, 2014

Latihan Soal Probabilitas Part 3

Berikut ini Soal-soal buat latihan. Khususnya untuk Teori Probabilitas.
Soal ini adalah kelanjutan dari soal Probabilitas part 2

9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ukuran lokasi pusat!
Jawab:
Ukuran lokasi pusat atau ukuran pemusatan merupakan sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data yang telah diurutkan dari yang terkecil sampai terbesar atau sebaliknya dari terbesar sampai terkecil.

10. Sebutkan dan jelaskan alasan mempelajari dispersi?
Jawab:
Alasannya antara lain:
a. Karena nilai seperti mean atau median tidak dapat memberikan informasi tentang sebaran nilai pada data tersebut.
Contohnya untuk menyeberangi danau, tidak mungkin begitu saja jika diketahui hanya kedalaman rata-ratanya
b. Untuk membandingkan sebaran data dari dua informasi distribusi nilai. Misalnya untuk membandingkan tingkat produktivitas dua perusahaan. Meskipun diketahui bahwa produksi rata-rata dari dua perusahaan mobil adalah 20 unit perhari, namun tidak dapat langsung disimpulkan bahwa tingkat produksi mereka identik. Untuk mengetahui lebih pasti, maka perlu melihat bagaimana sebaran nilai (jumlah produksi harian) dari kedua perusahaan tersebut. Supranto

11. Apa yang anda ketahui tentang persentil? dan tuliskan rumus serta penjelasannya!
Jawab:
Persentil adalah nilai atau angka yang membagi data dalam 100 bagian yang sama, setelah disusun dari data yang terkecil sampai terbesar atau sebaliknya (Diktat Kuliah, 2007). Untuk menentukan persentil, data yang diperlukan ialah tepi batas kelas, frekuensi kumulatif, frekuensi masing-masing kelas, interval kelas. Rumus umum untuk persentil adalah sebagai berikut:
Rumus Persentil
Rumus Persentil

12. Apa yang dimaksud dengan median? Jelaskan dan apa kelebihannya?
Jawab:
Median segugus data yang telah diurutkan dari yang terkecil sampai terbesar atau terbesar sampai terkecil adalah pengamatan yang tepat ditengah-tengah bila banyaknya pengamatan itu ganjil, atau rata-rata kedua pengamatan yang di tengah bila banyaknya pengamatan genap. “Kelebihan median adalah kemudahan menghitungnya bila banyaknya pengamatan relative kecil. Median tidak dipengaruhi oleh nilai ekstrem, sehingga memberikan rata-rata yang lebih benar.”


Soal Selanjutnya bisa anda cari di post selanjutnya di Soal Probabilitas part 4

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post