................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Monday, January 20, 2014

Latihan Soal Probabilitas Part 5

Berikut ini Soal-soal buat latihan. Khususnya untuk Teori Probabilitas.
Soal ini adalah kelanjutan dari soal Probabilitas part 4

17. Jelaskan pengertian ukuran dispersi?
Jawab:
Ukuran dispersi adalah ukuran yang menyatakan seberapa jauh penyimpangan nilai-nilai data dari nilai-nilai pusatnya atau ukuran yang menyatakan seberapa banyak nilai-nilai data yang berbeda dengan nilai pusatnya.

18.  Apa yang dimaksud dengan rata-rata harmonik?
Jawab:
Rata-rata harmonik (harmonic mean) Cara lain yang dipakai untuk menentukan ukuran pemusatan data adalah dengan rata-rata harmonik, khususnya bila suatu kelompok data mempunyai ciri-ciri tertentu yang merupakan bilangan pecahan atau bilangan dalam harmonik. Rata-rata harmonik ialah proses mencari nilai rata-rata dengan cara menjumlahkan data dibagi dengan jumlah satu persetiap data (Diktat Kuliah, 2007). Rata-rata harmonik data tunggal ialah proses perhitungan untuk mencari rata-rata dengan cara banyaknya data dibagi dengan 1 per nilai tiap data atau harga tiap data.

19. Apa yang anda ketahui mengenai desil? (tuliskan rumusnya beserta penjelesannya).
Jawab: 
Desil adalah nilai atau angka yang membagi data dalam 10 bagian yang sama, setelah disusun dari data yang terkecil sampai data yang terbesar atau sebaliknya (Diktat Kuliah, 2007). Untuk menentukan desil, ada beberapa data yang diperlukan, yaitu tepi kelas, frekuensi kumulatif, frekuensi masing-masing kelas, interval kelas.
Rumus umum untuk desil adalah sebagai berikut:

Bm = Tepi batas kelas bawah pada kelas desil.
i = Interval Kelas.
fkd = Frekuensi kumulatif sebelum kelas desil.
fd = Frekuensi pada kelas desil.
n = Ukuran sampel.

20. Apa yang dimaksud dengan rata-rata ukur atau rata-rata geometrik?
Jawab:
Rata-rata ukur atau rata-rata geometrik adalah nilai yang diperlukan untuk mengikuti rata-rata persentase tingkat perubahan sepanjang waktu ( Supranto, 1992)

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post