................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Tuesday, February 18, 2014

Pengertian Kumload dan Nasakom dalam istilah Kuliah

Salam Blogger. Semua mahasiswa atau mahasiswi pasti sudah tau pengertian dari istilah Kumload dan Nasakom dalam nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). kalau belum tau tentang istilah tersebut, Kali ini saya akan membahas mengenai apa itu Kumload dan Nasakom. siapa tau informasi mengenai kata lain dari kampus mahasiswa lulusan kuliah terbaik ini bisa kamu pahami.

1. Kumload, Kumlod, Kumlot
Kumload di ambil dari bahasa Latin yaitu kata "Cum Laude" yang artinya gelar penghargaan terbaik, Kehormatan besar akademis, Penghargaan tertinggi atau pujian Terbaik untuk mahasiswa yang berprestasi dalam masa perkuliahan.

Penghargaan ini diberikan kepada mahasiswa/i ketika mereka lulus dalam perkuliahan dan wisuda dengan mendapatkan nilai IPK diatas rata-rata dari teman-teman kuliahnya yaitu sekitar 3,7 sampai dengan 4. (Skala tertinggi 4). Biasanya nilai rata-ratanya A dan tidak ada yang C.

Kata kumload sering di ucapkan kumlot, atau Kumlod selalu dimaknai oleh mahasiswa/i sebagai Mahasiswa Cerdas. Ungkapan kumload tidak boleh sembarang di ucapkan, karena kata tersebut di berikan untuk mahasiswa/i yang mendapatkan prestasi nilai tertinggi dan sudah di akui oleh pihak kampus.

Apabila perusahaan mengetahui ada mahasiswa yang mendapatkan gelar terbaik (Kumload) dalam suatu kampus. biasanya perusahaan tersebut akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi, dan akan diajak kerja sama untuk bergabung di perusahaan tersebut.

Lain halnya dengan Nasakom.
Nasakom merupakan singkatan dari "Nasib Satu Koma" dimana nilai IPK (Indeks Prestasi komulatif) dibawah 2. yaitu sekitar 1,00 sampai 1,99. Kebanyakan mahasiswa yang mendapatkan Julukan nasakom adalah mahasiswa yang bisa dikatakan Malas, Tidak peduli dengan kuliahnya, Atau mungkin karena sibuk, tidak bisa membagikan waktu kuliahnya dengan kerja atau hanya bermain-main saja.
Istilah Nasakom
Ilustrasi Mahasiswa Nasakom
Dulu Pengalaman saya mencari Lowongan kerja (Loker) biasanya perusahaan akan membataskan calon pegawainya memiliki nilai Rata-rata IPK 2,75 dan kalau sekarang saya melihat loker di Job fair membatasi nilai IPK calon pegawainya yaitu 3,00 (wooow).

Mungkin esok hari perusahaan akan membatasi calon pegawainya dengan nilai rata-rata IPK diatas 3. Padahal belum tentu mahasiswa yang mendapatkan nilai IPK di atas 3 memiliki SKILL. Tapi apa boleh buat. Bagi Semua mahasiswa baru atau yang masih dalam masa perkuliahan. Saya sarankan fokus terhadap kuliah kalian... Jangan sampai kena julukan NASAKOM.

Sekian Informasi mengenai Istilah Kumload dan Nasakom.  Tidak semua mahasiswa Nasakom itu Bodoh dan tidak semua Mahasiswa yang memiliki predikat Kumload itu mempunyai Skill Hebat.

62 komentar:

  1. selamat malam Sob, wah jadi teringat nich masa masa Kuliah setelah Membaca Artikelnya, kalau saya dulu Alhamdulillah IPK nya 3,30...

    ReplyDelete
  2. gak ngerti mas kalau urusan kuliah, maklum pendidikan kebawah ane mas hehehe

    ReplyDelete
  3. h-hee, saya tdk termasuk nasakom sekaligus bukan kumlot... lah emg g prnah kuliah, h-hii...

    ReplyDelete
  4. Semoga saya bisa dapat hasil akhir di atas tiga untuk IPK-nya nanti dan walau tak berjuluk kumlod tak mengapa, asalkan bisa cepat wisuda yang penting. Amin,

    ReplyDelete
  5. Nah..kalau nilai uda memnuhi tapi ada dua yang dapet C apa sudah bisa dikatakan kumload?

    ReplyDelete
  6. Selamat malam Mas Achmad, wah saya kurang paham dengan artikel ini Mas
    Ijin simak dan belajar untuk lebih memahaminya terima kasih sudah berbagi :
    Salam silaturrahmi salam sukses :)

    ReplyDelete
  7. Saya tak punya pengalaman apa-apa Mas
    yah maklum Mas Wong Ndeso katro
    Simak dan berbagi dalam blogging
    Ini dunia yang saya banggakan

    ReplyDelete
  8. ehehe kasihan kalau yang nasakom ya mas selalu jadi bahan ledekan teman2 yang lain...rasanya saya juga dulu hampir mengalaminya :(
    terima kasih mas sudah share berbagai pengertiannya...
    saya follow blognya ya mas...salam kenal

    ReplyDelete
  9. Kasihan ya yang nasakom
    Seperti kena bom

    :D

    ReplyDelete
  10. hahha... jadi inget lagi nih nasakom.. tapi alhamdulillah sewaktu kuliah saya ga mendapatkan nilai nasakom.. :)

    ReplyDelete
  11. wah saya malah baru tau dua istilah ini mas...
    saya pikir nasakom di sini peninggalan partai terlarang jaman pki dulu

    ReplyDelete
  12. Ohh itu tohh..
    tapi saya belum kuliah nih hehe
    tapi gak apa apa lah.. untuk nambah pengetahuan .. :) thanks ya gan

    ReplyDelete
  13. Kunjungan perdana dari admin blog Tersexy.com. Izin menyimak artikel yang bermanfaat ini sekaligus minta izin memfollow blog anda untuk mengetahui update artikel terbaru dari blog anda di hari berikutnya. Kalau tidak keberatan, mohon follow back ya :)

    ReplyDelete
  14. awal jadi mahasiswa pernahdijuluki Nasakom, tapi...diakhir kuliah dapet predikat SUMA KOMLUD...keren kan....;o)

    ReplyDelete
  15. Hahaha sumpah saya baru tau mas temtang istilah ini.. Apakah ini hanya di pake di perguruan tinggi aja .?

    Hayo mas fazri masuk kategory mana nih.. "Kumload" apa "nasakom" nih.. Hehehe

    ReplyDelete
  16. ada juga istilah PMDK persatuan mahasiswa dua koma....

    ReplyDelete
  17. wah saya sedih kalau lihat ipk saya mas waktu kuliah, ternyata lumayan penting juga ya. IPK saya mepet banget, untung saja lebih dari 3.00 hehe :D

    ReplyDelete
  18. Saya nggak pernah jadi anak kuliahan jadi saya nggak ngerti masalah ini...nyimak aja dech

    ReplyDelete
  19. Waduh, kebetulan sekali saya tidak tau tentang hal ini :D
    Terimakasih atas informasinya sob...

    ReplyDelete
  20. kalau kumlaud cari kerjaan sepertinya gampang ya mas, ntar anak saya biaar kumlaud mas

    ReplyDelete
  21. kalau nasakom agak susah juga yah mas mencari pekerjaan, kasian juga hehe...

    ReplyDelete
  22. Baru denger istilah NASAKOM,... IP saya waktu kuliah 3,6...disitu tertera cumlaud, tapi baca artikel ini batasnya 3,7, ya?

    ReplyDelete
  23. Saya belum kuliah mas, Pantesan gak tau hehe

    ReplyDelete
  24. wah jadi tau nih sayah istilah perkuliahan, selama ini hanya mapu jadi kuli ahhh... :D

    ReplyDelete
  25. Sepertinya saya baru dengar naskah kumlot ini mas.... menambah waawasan :D

    ReplyDelete
  26. wah saya ikutan nyimak aja mas, kuliahnya juga gak ampe kelar hehehe....

    ReplyDelete
  27. ternyata sangat berat ya mas untuk memperoleh predikat cumloude ini. Butuh perjuangan :)

    ReplyDelete
  28. selamat malam sob.. saya malah baru tahu bahasa-bahasa seperti di atas ini :D makasih sharingnya

    ReplyDelete
  29. @Wahyu Eka Prasetiyarini wah bagus juga mbak, pasti gampang yah nyari kerja hehe...

    ReplyDelete
  30. Nasakom baru dengar mas mantap juga singkatan yang satu ini dalam perkuliahan

    ReplyDelete
  31. istilah nomor dua itu dulu sering saya dapatkan dengan teman - teman kuliah, hehehehe
    jadi bernostalgia nih

    ReplyDelete
  32. skill hebat dan nilai bagus dambaan semua ya mas :)

    ReplyDelete
  33. Baru denger istilah Nasakom heheee... mamaksih infonya yaah :)

    ReplyDelete
  34. nice pos aj sob saya kurang paham tentant perkuliahan soal y saya lulusan tk

    ReplyDelete
  35. Mungkin aku tahu pas setelah kuliah nanti hehe

    ReplyDelete
  36. saya jadi teringat nilai IPK di beberapa semester yang pernah tembus dibawah 2, wkwkwkwk mudah2n ane gak dapet julukan nasakom :D

    ReplyDelete
  37. oooh begitu ya.. saya baru tau ... maklum saya ndak kuliah, langsung kuli aja hehe

    ReplyDelete
  38. ada kebanggaan tersendiri ya mas apabila bisa mendapatkan ipk yang maksimal. tapi kadang, kalau kita sudah dan atau mau terjun di dunia kerja, nilai kuliah tidak diprioritaskan lagi. Yang paling penting adalah ijasah :)

    ReplyDelete
  39. hihihihi, gw nasakom, tapi bangga lah, wkwkwk

    ReplyDelete
  40. wah, saya belum kuliah mas, jadi ya ndak tau..hehe

    ReplyDelete
  41. kunjungan perdana nih mas..
    salam kenal dan sukses selalu ya...

    follback ya zon-go.blogspot.com :)

    ReplyDelete
  42. selamat malam sobat. Ane sampai sekarang belum pernah kuliah sob. Izin nyimak artikel nya yang bermanfaat ini. Izin belajar juga ya sobat

    ReplyDelete
  43. Belum ada yg istilah yg baru ya mas..hoho

    ReplyDelete
  44. semoga saya kedepan masuk universitas, dan mendapatkan kumlot yah mas.,
    thanks mas, atas infonya,. baru ngerti ane istilah itu., heheh :)

    ReplyDelete
  45. Nasakom gelar yang ideal banget tuh.... ! he,, he,,, he,,,,
    Semoga yang pada kuliah dapat menjadi para sarjana yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan atau pun usaha baru. Itu sih yang menurut saya kumlot. :D


    Salam

    ReplyDelete
  46. wah wah,, saya baru tau ada yang begini. sepertinya nanti saya juga akan mendapatkan nasakom soalnya nilai saya banyak yg C, saya juga tidak tau kenapa nilai saya selalu C padahal saya lihat ada yang cuma datang absen dan nilainya selalu A

    ReplyDelete
  47. wah cocok ini buat yang masih sekolah ya gan. kalau ane sih masih sma gan, jadi belum tahun istilah komlud

    ReplyDelete
  48. dulu waktu kuliah kalo pas IP jelek pasti ikut SP. lumayan dalam sebulan bisa dongkrak nilai, timbang kuliah ulang, nambah semester nambah biaya :).
    klo dulu sih angkatan saya terkenal pinter2, ada dua atau tiga IPnya 4, lainnya banyak yg 3,5 ke atas. pdhl pelajarannya susah. Saya sih cukup lah. Yg penting di atas 3 :)

    ReplyDelete
  49. met siang ,, makasih penjelasannya :)

    ReplyDelete
  50. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    ReplyDelete
  51. Tidak semua yang nasakom itu gagal. Bill gates dan Mark Zuckerberg itu salah satu mahasiswa yang DO.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post