................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Tuesday, March 11, 2014

Diskon Pembodohan Konsumen

Diskon Pembodohan Konsumen
Ilustrasi Diskon
Salam Blogger. Teknik marketing yang selalu di andalkan dalam menjual produk yaitu dengan memotong harga atau diskon, Trik ini benar-benar ampuh memancing konsumen untuk membeli produknya, Betapa tidak. Diskon yang di Patok sampai dengan 70%-90%.

Bayangkan jika itu benar-benar terjadi pada produk yang terjual. Pasti perusahaan akan merugi ya. Dari mulai produk murah sampai yang mahal pun pasti akan memakai teknik diskon apabila produknya tidak laku terjual. Sehingga penjualan produk masih bisa di lanjutkan kembali.

Lalu mall diskon midnight sale apa benar-benar diskon? menurut saya Midnight Sale termasuk Budaya Rakus Konsumerisme

1. Produk diskon yang Pertama
Minuman Kopi Instan dalam Botol
"Jika beli 2 dapat diskon 10%"
Harga 1 Produk Rp 6.000
Produk Kopi Instan
Minuman Kopi Instan
  • Menghitung diskon 10% dari Rp 12.000
    10/100 x Rp 12.000 = Rp 1.200
  • Produk yang harus dibayar = Harga Produk - Diskon
                                               = Rp 12.000 - Rp 1.200
    Harga yang harus saya bayar yaitu Rp 10.800
Padahal setelah saya tanya ke toko lainnya, harga 1 produk yang saya beli adalah Rp 5.000 dan jika membeli 2 produk tersebut adalah
= Rp 10.000




 2. Produk diskon yang kedua
Sepatu Sport
Jika membeli sepatu tersebut saya akan mendapat diskon 40%
Harga Sepatu = Rp 475.000
Sepatu Sport
Sepatu Sport
  • Menghitung diskon 40% dari Rp 475.000
    40/100 x Rp 475.000 = Rp 190.000
  • Produk yang harus dibayar = Harga Produk - Diskon
                                               = Rp 475.000 - Rp 190.000
    Harga yang harus saya bayar yaitu Rp 285.000
Setelah saya selidiki harga pasaran sepatu tersebut adalah
Rp 270.000


Teknik diskon itu dilakukan setelah pihak marketing menghitung ulang harga asli dengan potongan diskon, Setelah harga produk di naikkan maka produk langsung bisa di kasih Diskon. Namun hati-hati, biasanya produk yang diskon itu adalah produk yang berkualitas rendah atau produk yang akan expired. 

Kalau dipikir-pikir bukannya untung malah buntung ya. Jadi intinya jangan terpengaruh terhadap diskon yang di tampilkan pada produk yang di jual. Oleh sebab itu saya menganggap bahwa Diskon itu Pembodohan Konsumen. Masih percaya kah anda dengan diskon yang menguntungkan ?
.::Terimakasih::.

130 komentar:

  1. Mudah-mudah konsumen menjadi lebih cerdas dan paham makna diskon sehingga mereka tidak tergiur oleh diskon melainkan oleh kualitas produk. Info bermanfaat mas Achmad, terima kasih sharingnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali uda, Jangan ke makan dengan diskon yang tinggi, karena harganya sama aja. sebaiknya sebelum membeli produk harus survei dulu biar tau harga sebenarnya :)

      Delete
    2. Semoga saja Pembeli Lebih Pintar dengan penjual yang pembohong
      Yang mengatas namakan, Discount cap Sendal jepit yah Mas ? hhh

      Delete
    3. kalau menurut saya bukan pembodohan mas... adanya perbedaan harga dalam dunia bisnis wajar terjadi & banyak faktor yg mendukung seperti itu. jualan di mall sewanya tinggi, blm biaya lainnya

      & yg terpenting, orang kalau mau berbisnis hrs tau dulu kelemahan masyarakatt itu tepatnya dmn, bukan berarti membodohi, kalau jualan polosan kapan majunya, rugi terus nanti mas... hehehe...

      Delete
  2. sebenernya kalau ada toko yang ngasih diskon nggak selalu menguntungkan yah mas, kalau kita tidak hati-hati malah bisa tertipu, makasih sharingnya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, saya juga pas beli sepatu juga ketipu dengan diskon tinggi, padahal setelah saya survei harga pasarannya hampir sama dengan harga yang sudah di diskon..

      Delete
  3. memang harga diskon bisa menghipnotis pembeli ya mas, padahal kalau diselidiki lagi ternyata harga barangnya yang dinaikkan untuk lalu dipotong harga diskon. memang begitulah yang namanya bisnis mas, makanya saya lebih sering membeli di kaki lima daripada di mal2 yang menawarkan diskon, agar uangnya juga boisa berputar ke rakyat kecil menurut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah setuju tuh, kebanyakan harga di mall itu menipu konsumen ya.. mending di di kaki lima bisa tawar menawar. walaupun kualitas produk mungkin sedikit berbeda..

      Delete
  4. wah dalam acara apa ni mas pakek diskon segala

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam rangka cuci gudang mungkin, soalnya saya belanja di akhir pekan mas. diskon tanpa event.

      Delete
  5. Diskon kan dari harga yang di cantumkan, bukan dari harga modal ya Sob ? :D

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, harga nya sudah di naikan lalu di diskon. Padahal harganya tidak naik tidak turun.. cuma mencari banyak peminat saja..

      Delete
  6. Replies
    1. Sayangnya bukan pertamax tuh mas.. iya banyak orang berduit di tipu dengan diskon yang tinggi..

      Delete
  7. Memang begitulah ulah para pedagang
    yang seenaknya sendiri

    ReplyDelete
  8. ternyata diskon hanya dipakai untuk pancingan saja, padahal sebenarnya harganya lebih mahal dari yang lain. terima kasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, Cara diskon terbukti ampuh memancing calon pembeli/konsumen

      Delete
  9. Iya benar tu, sebenarnya diskon itu tidak ada cuma bohong

    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalinya diskon yang bener, Paling produknya udah mendekati expired mba..

      Delete
  10. saya kadang tergiur juga dengan diskon seperti itu, ternyata seperti itu yah ...trims infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga dulu seperti itu mas, tergiur terhadap diskon produk... terimakasih kembali semoga bermanfaat

      Delete
  11. kalo ibu-ibu, udah naluri alami mas hapal harga semua bahan kebutuhan rumah tangga yg tiap bulan dibeli, bahkan harga di tiap toko yg pernah didatangi. Jd tau kapan bener-bener diskon. Dan saat diskon baru nyetok banyak. Klo pas ga diskon, ya ga beli apa-apa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau udah naluri pasti bisa baca harga dengat tepat ya.. berarti udah tau kalau event pasti ada diskon ya. hehe

      Delete
  12. Padahal saya paling demen sama yang namanya diskon, tapi ternyata, ada makna terselubungnya ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati jangan terjebak dalam potongan harga/diskon, bisa jadi kita bisa rugi bukan untung :)

      Delete
  13. Tapi kalo emang kagak punya PITI yg kudu nyari yg murah gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mencari barang yang murah gak harus nunggu diskon.. akan tetapi harus pandai-pandai memilih produk yang akan dibeli :)

      Delete
  14. biasanya mendengar kata diskon saja sudah langsung kalap, padahal biasanya didiskon itu karena barangnya sudah lama dan gak laku

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti kebanyakan orang akan seperti itu mas, tergiur dengan diskon yang tinggi

      Delete
  15. btw, mas kalau klik kanannya dinonaktifkan sebaiknya klik linknya disetting di tab baru saja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas, nanti akan saya perbaiki, terimakasih sarannya

      Delete
  16. nama nya juga usaha bisnis mas. Pasti para produsen sudah menghitung nya. Jadi meskipun mereka kasih diskon, tapi mereka tetap bisa meraup untung besar. hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, gak ada pengusaha yang mau merugi ya, Cara diskon menjadi primadona untuk mencari pelanggan

      Delete
  17. begitu rupanya ya sob...!, jadi mesti teliti nih...tp teknik yg dibuat mang mengecohkan...apalagi kita konsumen...gak terlalu mikirin itung2annya yg penting di kasi kata diskon aj langsung bawa kabur sj...hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, pengunjung kalau udah melihat kata diskon pasti pada penasaran..

      Delete
  18. trik dagang akal2an, sering terjebak, terutama disupermarket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau ada event-event tertentu, Pasti semua swalayan akan menampilkan diskon pada produk yang dijual..

      Delete
  19. Iya gan.. memang barang yang didiskon itu harganya sudah dinaikkan terlebih dahulu.. bisa dilihat dari harganya yang melambung jauh..

    ReplyDelete
  20. Saya dulu sempeet terjun di dunia retail juga mas..dan menurut pengalaman saya..
    Memang ada beberapa produk yg du jual sampe jauh dari harga modal..dan biasanya barang2 tsb meliputi barang yg sudah mau mask expired,produk sisa stok atau barang kategori fresh.(yg sistemnya ndak bisa di retur)

    Dan utk sekrng ini sangking byknya ..swalayan atau hyper di mana2..mereka berlomba menjor produk tertentu yg di promosikan..dan utk mentupi los profit mereka menaikan barang urgen lainnya..seperti susu bayi atau produk kebutuhan lainnya yg memang konsumen butuh walau harga di label mahal dari biasanya dan karena.mereka butuh pasti jd di beli..

    Dan kalo soal barang diskon yg.di jual oleh salah satu toko tadi .. beneran murah..kita bisa bandingin dg harga normalnya di pasaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pernah pengalaman ya mas, Tapi info diatas berdasarkan saya membeli produk di mall mas. setelah saya bandingkan dengan harga di internet ternyata gak beda jauh..malah harga yang di mall lebih mahal. mungkin karena pajak ya.

      Delete
  21. tapi biasa nya sering diburu konsumen mas yang diskon-diskon getu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, Tapi kalau gak jelih liat produknya bisa dirugikan kita.. karena barang yang diskon biasanya mendekati expired atau barang yang tidak laku/kualitas rendah

      Delete
    2. nama nya juga usaha mas hehehe :D pasti produsen ingin cari laba yang sebesar-besar nya :D

      Delete
  22. Wahh mending beli yang murah aja mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau beli yang murah biasanya kualitas rendah mba..

      Delete
  23. maaf baru bisa berkunjung, semoga para pembeli lebih cerdas dengan membaca artikel di atas, nice post

    ReplyDelete
  24. Yah namanya jualan ya begitu mas. Apapun iming2 nya. Ujung ujungnya tetap saja harganya pasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah mas. memancing konsumen paling ampuh dengan diskon

      Delete
  25. Yang penting kita jangan terburu-buru membeli karena ada diskon tapi harus membandingkan dulu dengan toko lainnya supaya tidak menyesal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas,kita harus survei barang yang mau di beli sebelum merasa dirugikan

      Delete
  26. kok malah tambah mahal ya? mudah2an para pembeli jeli akan hal seperti ini, ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas, biasanya gak beda jauh dengan harga aslinya

      Delete
  27. Ini pelajaran yang bagus buat orang-orang yang suka berburu diskon. Tidak semua diskon itu murah dan menguntungkan buat pembeli. Alih-alih justru itu hanyalah trik penjual untuk meningkatkan angka penjualan dan meraih keuntungan yang lebih besar. Mungkin cara yang terbaik saat mesuk ke sebuah toko atau supermarket adalah membawa daftar belanja. Lalu membatasi diri ketika melihat ada diskon dengan terlebih dulu memikirkan apakah kita benar-benar membutuhkan barang tersebut. Jangan-jangan kita cuma terpancing emosi melihat label angka diskon yang berwarna merah dan guedeee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah benar sekali mba, calon pembeli jangan langsung kepancing dengan Diskon yang terpajang diatas produk, tetapi memilih produk yang memang harus dibeli.

      Delete
  28. yah inilah salah satu Pembodohan masyarakat..

    ReplyDelete
  29. owh..
    tentang pembodohan diskon ya,,
    ya saya juga tahu kalau konsumen kalau denger diskon udah kayak kesetanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling kepancing diskon itu biasanya kaum Hawa..

      Delete
  30. Suatu pembelajaran yang baik Kang, kita jangan mudah tergiur dengan yang namanya Diskon. Sebaiknya diteliti dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, calon pembeli yang baik akan selalu teliti dalam membeli produk, tidak kepancing dengan diskon

      Delete
  31. pihak penjual tentunya tidak mau rugi meskipun dengan memberikan dikson besar jadi diakali dengan cara diatas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalinya mau merugi, biasanya penjual menjual produknya dengan diskon untuk barang-barang yang mau expired, supaya ruginya tidak besar.

      Delete
  32. Mantap sob postingannya.. aku belum pernah beli produk yg ada diskonnya.. soalnya harganya sama di pasaran haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya sering kepancing dengan diskon, Tapi setelah survei produk jadi tidak terpancing lagi..

      Delete
  33. Meskipun sudah banyak yang tau, tapi masih ada juga yang suka diskon-diskon semacam ini,
    Kemaren sempet juga saya jalan-jalan ke mal kebetulan ada diskon dan gila ramainyaaaa minta ampun. (ditulis juga di postingan blog saya)

    ReplyDelete
  34. saya kurang percaya sama diskon sih. mindset otak saya ya kaya tulisa mas tadi. kalo harganya udah dinaikin. trus dikasih embel-embel diskon

    ReplyDelete
  35. Memang Retail seperti itu. semua hanya akal akalan pihak marketing saja. Tapi kalo warung-warung kecil Insya Allah engak ikut ikutan :)

    ReplyDelete
  36. salam.semua orang suka diskaun dapat beli banyak dan harga murah pula itu .

    ReplyDelete
  37. kita memanh harus hati2 yia bos, kadang2 emang kaya gitu, hehehe......

    ReplyDelete
  38. hitungannya tepat sekali mas, ternyata selam ini saya di bodohi harga discount
    thanks mas tipsnya :)

    ReplyDelete
  39. haha setujuu gan,kita kena tipu tuh kalo kaya gitu..

    ReplyDelete
  40. ini semua strategi pemasaran.. orang memang suka beli barang yang mempunyai diskaun walaupun harga yang dipamerkan selepas diskaun sebenarnya lebih mahal daripada harga biasa.. nice sharing...

    ReplyDelete
  41. meski banyak iming-iming produk diskon, sebaiknya sebagai konsumen tidak terburu tertarik ya mas. Alangkah baik nya juga perlu memperhatikan kualitas produk yang terjual. Sehingga nantinya para konsumen tidak dirugikan oleh para penjual nya ;)

    ReplyDelete
  42. Pengetahuan yang sangat penting buat Konsumen atau pembeli
    Yang di iming-imingi dengan Discount yang Membual ya Mas
    Makasih atas infonya Mas salam sukses :)

    ReplyDelete
  43. saya suka diskon kalau beli pakaian aja, karena pakaian gak ada expirednya, hehehe :D
    makasih pengingatnya mas fazri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bos, paling ketinggalan jaman, hehehe...

      Delete
  44. pengalaman yang bisa menjadi pelajaran buat yang lainnya yah mas agar selalu membandingkan dulu barang yang mau kita beli di tempat lainnya, makasih mas :)

    ReplyDelete
  45. Diskon yg diberikan penjual ke Pmbeli, tetap akan menguntungkan penjual mas..:)

    ReplyDelete
  46. wah saya gak terlalu suka belanja, makanya kalau ada diskon gak lgs tertarik juga. Soalnya prnh dikasih tau temen, barang diskon itu biasanya ya gitu, harganya dinaikin dulu ,ckck

    ReplyDelete
  47. bener juga ya sob ulasan diatas. semua orang pasti tergiur terhadap diskon. tapi ane nggak tergoda sob, soalnya ane nggak punya duit sob haha

    ReplyDelete
  48. hehehe ilmu marketing memang seperti itu mas, mana mungkin mereka mau rugi hehehe
    diskon si diskon tapikan hargnya sudah di naikin dulu baru diskon

    ReplyDelete
  49. keren informasinya, sangat menarik dan bermanfaat sekali agar orang lain tidak tertipu dengan diskon :)

    ReplyDelete
  50. siip deh mas, jadi mulai sekarang kalau mau belanja harus bawa kalkulator ya, buat membandingkan harga hehehe

    ReplyDelete
  51. diskon membutakan mata setiap orang judulnya ya sob.. dari pada buat beli barang yg nggak ada habisnya mendingan beli bibit aja buat penghijauan sob :)

    ReplyDelete
  52. itu semua tergantung si konsumennya yang kudu pinter milih dan update harga pasaran gan :)

    ReplyDelete
  53. hehe siasat marketing itu gan,, ini terjadi ama supermarket yang besar2 umumnya gan.. parah

    ReplyDelete
  54. 1 lg mas.. yg penting jangan melanggar hukum...

    ReplyDelete
  55. mantap mas,, lanjutkan sharingnya ya
    jangan lupa follow dan kunjangannya mas.

    ReplyDelete
  56. Hati -hati saja dengan barang diskon, jangan mudah tergiur ..
    harus melihat juga gmn kondisi barangnya...

    kunjungi balik ya
    http://mal-amal.blogspot.com/2014/04/kebebasan.html

    ReplyDelete
  57. Nah, begitulah kalo jadi konsumen :D
    sering ada diskon besar-besaran taunya harganya cuma segitu..

    ReplyDelete
  58. mungkin itu salah satu politik jual beli mas :)

    ReplyDelete
  59. hal ini juga saya temui di toko online terbesar di indonesia....diskountnya sampe 80%, tetapi barang yg dijual harganyanya jauh lebih mahal dari harga di pasaran, jadi konsumen harus benar2 hati2 saat belanja online...agar tidak tertipu dengan diskon abal2......keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  60. kalau udah denger diskon pasti rame yah :D

    ReplyDelete
  61. Hhahah...ini emang pinter2nya bagian pemasaran aja.
    Teknik marketing yang membodohi pembeli :D
    Tapi kalo pembelinya nggak tau ya pasti seneng2 aja dapet diskon :D

    ReplyDelete
  62. memang kalau sudah ada diskon pasti ramai pengunjungnya apalagi di mall2 besar

    ReplyDelete
  63. Wah, begitu ya rupanya. Aku gak terlalu memperhatikan sih, tapi gak ada salahnya lain kali lebih jeli. Terkecuali untuk produk baju, soalnya aku bikin sendiri jadi gak terpengaruh diskon, hihihi :)

    ReplyDelete
  64. Wah sangat bermanfaat mas buat yg suka belanja. Thanks mas sudah sharing. Jadi tambah wawasan nih hehehe.

    ReplyDelete
  65. tapi seringkali nda sadar si konsumen

    ReplyDelete
  66. harga di markup kemudian di diskon.
    bisa dilihat dari kualitas barangnya..
    masa harga barang A kualitasnya kaya gitu, segitu mahalnya, kemudian di diskon, akal-akalan aja

    ReplyDelete
  67. waduh, kalo gitu harus benar benar meriset dulu sebelum membeli nih :)

    ReplyDelete
  68. tapi kalau ada diskon pasti rame gan dan sering diburu konsumen, jadi itu strategi juga

    ReplyDelete
  69. wkwkwk bener banget ini gan, diskon nya pembodogan

    ReplyDelete
  70. intinya harganya dinaikkan dulu baru di diskon ya bg?

    ReplyDelete
  71. sebagai pembeli, harus jeli ya jangan sampai ketipu dengan obral dan diskon ;)

    ReplyDelete
  72. Dengan adanya diskon memang mampu menarik konsumen, meski kalau dihitung lagi sama saja yah, Mas. bukan dapat potongan :)

    ReplyDelete
  73. ya begitulah mas rumus pemasaran, mau didiskon sampai 90% tetapi harga jualnya dinaikan dulu ya sama aja hehehe, dan itu sudah menjamur di indonesia sudah hal yang biasa terjadi. tinggal kita aja menyikapinya dan berusaha lebih bijak dalam memilih produk.

    ReplyDelete
  74. mas kunjungan sore, sekalian ijin follow blognya ya mas fajri....
    kayaknya kebanyakan orang kalau udah lihat diskon besar udah ga pake mikir langsung borong haha...

    ReplyDelete
  75. penjual mana yang mau rugi... hehe. biar diskon habis-habisan sekalipun, pasti masih untung banyak :)

    hati0hati yah beli makanan diskonan, biasanya udah mepet kadalwarsa.

    ReplyDelete
  76. intinya tidak ada diskon, diskon itu melebihkan dari harga aslinya, ketika belanja di toko ada big sale diskon 50%, dan harus bayar sebesar setengah dari harga di label barang, y mang itu harga aslinya. terkadang orang mang lebih kepincut dengan harga diskon.

    ReplyDelete
  77. Wah jadi musti lebih jeli nih buat beli barang diskonan. biasa orang banyak yang tergiur karena bandrol diskon, ternyata eh ternyata

    ReplyDelete
  78. yaahhh ternyata selama ini saya kena tipu yah ternyata :(

    ReplyDelete
  79. Memang sering begitu yaaa... Tapi memang secara psikologis diskon itu menarik je hahaha... memang konsumennya aja juga mau dibodohin wkwk.

    ReplyDelete
  80. Biasanya paling tertarik dengan yang namanya diskon ini ya para kaum ibu2 mas. Benar sekali, diskon sering hanyalah trik perusahaan untuk menarik konsumen dengan cara mempermainkan daftar harga yang ditawarkan.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post