................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Thursday, August 06, 2015

Perhitungan Biaya Pengecoran Jalan

Salam Blogger, Perhitungan Biaya Pengecoran Jalan - Betapa sedihnya jika melihat jalanan di perkampungan sudah banyak yang di cor, Akan tetapi perumahan yang ada dikomplek saya belum juga di cor jalannya. Kalau menunggu cor dari pemerintah sepertinya hanya membuang buang waktu, Tidak ada kepastian. Akhirnya para penghuni perumahan komplek kami mengadakan ide untuk mengecor jalan dengan biaya dari masing masing penghuni.

Pungutan biaya yang di ambil sekitar Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) per rumah selama 15 kali atau selama 15 bulan, atau kalau di akumulasi 1 rumah dikenakan biaya sebanyak Rp 1,500,000 (satu juta lima ratus ribu rupiah) Setelah biaya terkumpul akhirnya pihak panitia mengadakan rapat bersama. untuk membahas pemilihan jenis semen yang akan digunakan.


Panitia pengecoran jalan hanya menggunakan produk semen holcim dan semen tiga roda. Penawaran harga di ambil dari sebuah perusahaan terkait. Setelah di rundingkan hasil yang di dapat bisa anda lihat sebagai berikut:

SEMEN TIGA RODA
Kualitas Semen Harga Per m³ (Rp) Ketebalan 10 Cm (Rp) Ketebalan 15 cm (Rp)
K250 (830,000/m³) 53,086,800 79.630,200
K300  (860,000/m³) 55,005,600 82,508,400
K350 (880,000/m³) 56,284,800 84,427,200
Keterangan Semen Cor:
Panjang: 123 Meter
Lebar 5,2 Meter
Tinggi cor: 0,1 M atau 0,15 M
Luas jalan 639,6 Meter

SEMEN HOLCIM
Kualitas Semen Harga Per m³ (Rp) Ketebalan 10 Cm (Rp) Ketebalan 15 cm (Rp)
K250 (840,000/m³) 53,726,400 80,589,600
Keterangan Semen Cor:
Panjang: 123 Meter
Lebar 5,2 Meter
Tinggi cor: 0,1 M atau 0,15 M
Luas jalan 639,6 Meter

*Belum termasuk biaya tukang
* Harga tertaut per tanggal 25 Mei 2015
Kualitas semen K250-K350 adalah jenis kekuatan beton yang mampu menahan beban sebesar 250 - 350 kilogram setelah sebulan waktu proses pengecoran.

Proses Pengecoran Jalan
1. Menghitung Luas Jalan yang akan di cor
Hal yang harus dilakukan sebelum melakukan pengecoran jalan adalah dengan mengukur jalan yang akan di cor
2. Meratakan Jalan yang akan di cor.
Selanjutnya jalan yang akan di cor akan diratakan, Agar kekuatan cor sama rata nantinya.
Proses Meratakan Jalan Sebelum di Cor
Proses Meratakan Jalan Sebelum di Cor
(Dokumen Pribadi)
3. Buat Papan cor + lapisan plastik
Setelah itu buat Papan cor, untuk membatasi jalan yang akan dicor,
Pembuatan Papan Cor
Pembuatan Papan Cor
(Dokumen Pribadi)
4. Pengecoran Berlangsung
Setelah di buat papan cor, selanjutnya pengecoran dapat di langsungkan. biasanya pengecoran akan dilakukan malam hari,
Proses Pengecoran Berlangsung
Proses Pengecoran Berlangsung
(Dokumen Pribadi)
5. Meratakan Cor
Selama pengecoran berlangsung, cor  coran harus langsung diratakan, dikarenakan semen cor akan cepat mengering.
Proses Meratakan Jalan Cor
Proses Meratakan Jalan Cor
(Dokumen Pribadi)

Demikian informasi tentang pengecoran jalan. Siapa tau bisa nambah pengetahuan kalian, Ada baiknya jika ingin mengcor sesuatu, harus survei terlebih dahulu, supaya bisa membandingkan harga yang lebih murah tanpa mengurangi kualitas cor tersebut. Terimakasih...


Tags: cara mengecor bangunan cara mengecor atap rumah cara mengecor beton yang baik cara mengecor dak yang baik cara mengecor halaman rumah, Metode cara membuat jalan beton, Metode Cara Membuat Jalan Beton, PELAKSANAAN PEMBANGUNAN JALAN BETON SEMEN, Proses Pembuatan Jalan Beton Bertulang, Pengecoran Beton untuk Perkerasan Jalan (Rigid Pavement), Membuat Jalan Beton, Berapakah biaya pembuatan jalan beton/cor?, Dunia Teknik Sipil: RIGID PAVEMENT, biaya cor dak per m2 biaya dak beton per m2 2016 biaya cor dak per meter 2016 biaya dak rumah per meter persegi 2016 biaya ngecor per meter persegi 2016 biaya ngecor rumah per meter 2016 biaya dak rumah 2016 cara menghitung biaya cor dakkenapa Pengecoran Jalan Dilakukan Malam Hari, kenapa sih sekarang jalan lebih banyak di cor beton, Pelaksanaan pekerjaan beton untuk jalan

74 komentar:

  1. perhitungan kontraktor yang rumit,hihii,,memang sih,,jalan itu lebih awet di cor dibanding di aspal untuk jalan-jalan di perumahan,desa dan gang-gang kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya jalanan aspalnya masih bagus, tapi ngga rata, tadinya mau nunggu dana dari pemerintah, namun lama sekali responnya...

      Delete
    2. kalau menurut saya masih enak di cor pak,mudah dalam perawatan kedepannya,kalau rusak dikit bisa beli ecer bahannya di toko bangunan :D

      Delete
    3. Iya bener, bagusan di cor daripada diaspal, Tapi untuk biayanya mahalan di Cor mas...

      Delete
  2. Replies
    1. iya mas harganya emang segitu, lumayan ya... itu warga kami yang survey langsung ke perusahaan terkait...

      Delete
  3. Biaya segitu bisa kebikin rumah mewah klo di kampung mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dikampung memang bisa kebeli rumah, tapi kalau di tempat saya cuma dapat tanahnya aja... :D

      Delete
  4. kemarin sempat ada obrolan untuk ngecor jalan di tampat saya...akhirnya perhitungannya harga bahan dan pekerja dibagi dengan jumlah KK di tempat saya...tapi alhamdulillah ada juga bantuan pemerintah sehingga tidak terlalu mahal biaya patungan per KKnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nunggu bantuan dari pemerintah, bisa bertahun tahun mbah, padahal udah di sosialisasi..tapi ngga ada hasil...

      Delete
  5. BESAR BIAYANYA MENAIK TARAF JALAN DENGAN LEBIH BAIK NI...JIKALAU ADA KESEPAKATAN MASYARAKAT SETEMPAT TENTU LBH MUDAH ...XPERLU NK HARAPKAN PEMERINTAH MENGURUSNYA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...Tidak perlu menunggu bantuan dari pemerintah, kalau warganya bisa mewujudkan pengecoran jalan. Meskipun harus mengeluarkan dana besar

      Delete
  6. Salam malam Mas Fazri. wah lengkap sekali daftar biaya Pengecoran Jalannya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi mas saud. semoga bermanfaat... siapa tau mau ngecor jalan juga

      Delete
  7. Paham betul ya Mas Fazri dengan pembiaya an pengecoran jalan itu. Mas Fazri kaya pemborong pengecoran jalan ya Mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan pemborong mas, perhitungannya berdasarkan hasil survei dari warga...yang di bahas saat rapat warga...

      Delete
  8. Itu pengecoran jalanya di Tempat tinggal Mas Fazri apa di mana tuh Mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu di komplek perumahan kami mas... cuma 1 gang aja...

      Delete
  9. Itu cor blog ya mas, memang benar mas survey harga sangat diperlukan untuk bisa menghembat biaya dalam pembangunan, kalau ditempat saya bisa juga melalui lelang mas, siapa yang bisa menawarkan harga paling murah itu yang dipakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lelang biasanya untuk pengecoran yang sangat luas ya, kalau ini informasi untuk perhitungan pengecoran jalan gang perumahan...

      Delete
  10. Keren nih perkampungan kompleknya kreatif, dan jiwa kebangsaannya juga tinggi, tuh kan jadi inget bahwa sekarang bulan Agustus, bentar lagi RI akan merayakan hari kemerdekaan.. Ini bisa jadi contoh atau tauladan ya.. Siiip Mas... hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru itu, di perkampungan dapat bantuan dari pemerintah, sedangkan komplek rumah kami belum tersentuh. untuk itu semua warga mengadakan ide mengecor sendiri...

      Delete
  11. Hm tapi sepertinya selain dari faktor semen,, tukang yang bagus juga patut diperhatikan ya mas.. kadang juga ada tukang yg asal-asalan sampek jalannya gak rata ato malah kadang menyelundupkan bahan.. hufftt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harus di pantau selama pengecoran berlangsung, supaya hasilnya memuaskan.

      Delete
  12. kompak sekali warganya mas, bisa swadaya bikin cor jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena lama menunggu bantuan dari pemerintah, ngga di respon :D

      Delete
  13. biaya yang di keluarkan lumayan juga ya mas, tapi kreatif usul nya, dari pada nunggu bantuan dari pemerintah, mending insiatif buat patungan aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lumayan besar, tapi kalau di cicil selama setahun sepertinya jadi ringan...

      Delete
  14. anak sipil bro? Rumit mah kallo hitung-hitungan gini, mending nggambar XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya warga sipil gan... itu perhitungan mudah kok, karena satuannya sudah di tentukan...

      Delete
  15. Bisa jadi rujukan nih mas, kalau boleh tau mas kerjanya apa ya?

    Soale bahasannya itu bangunan mulu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bukan kerja bangunan mas, sebelumnya sudah saya posting mengenai pekerjaan saya... Postingan diatas dokumen pribadi dari hasil musyawarah warga perumahan saya...

      Delete
  16. wah baru tau saya gan kalau harganya semahal itu -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu hanya satu gang saja dengan jarak 123 meter, memang mahal biaya pengecoran jalan :D

      Delete
  17. Jalan yang diCor sama yang diAspal bagusan mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jalan halus bagusan Aspal, Tapi untuk tahan lama bagus di cor...

      Delete
  18. kalau semua warga indonesia mau suka rela seperti itu, kayaknya indonesia siap berjaya lagi ya mas.. BTW biaya perbaikan jalan kan sudah jadi anggaran pemerintah, berarti dananya sudah tersedia.. tul ga ya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya suka rela teh, harus rela mengeluarkan uangnya... Sebenarnya memang sudah ada anggarannya dari pemerintah, Tapi macet ngga turun turun dana nya :D

      Delete
  19. Replies
    1. Sip mang, semakin bagus kualitasnya semakin mahal harganya,...

      Delete
  20. Replies
    1. Setiap semen tentu ada kualitas masing masing mang...

      Delete
  21. wah kreatif sekali warga kampungnya yg mau mengeluarkan biaya yg nggak sedikit untuk melakukan pengecoran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru di perkampungan sudah di cor dari pemerintah mas, sedangkan di komplek perumahan masih belum tersentuh sama sekali...

      Delete
  22. lumayan gde juga harganya jika diperhitungkan. di jalan raya desa saya juga sedang dibangun pengecoran. alhasil jalan ngebul (debu bertebaran) huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus tuh, Kalau jalannya sudah di cor, jadi tidak berdebu lagi ya. Harga pengecoran jalan memang mahal, Apalagi per meter persegi...

      Delete
  23. kompak sekali warganya, jarang-jarang loh warga kompak dipungut biaya buat bikin jalan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kompak karena kebutuhan mas, dan sudah di rapatkan sebelumnya. karena pengecoran jalan berdasarkan kesepakatan bersama...

      Delete
  24. waw lumayan juga biayanya. dari inisiatip warganya lagi,salut.
    ehm semoga pemerintah bisa cepat tanggap dengan hal2 sprti ini, terutama didaerah saya,lama banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menunggu respon dari pemerintah kelamaan mas, bisa bertahun tahun tidak di gubris, mending buat inisiatif bersama warga setempat... meskipun pengeluarannya besar,

      Delete
  25. hebat sekali mas ini gitungnya, keren pokoke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu perhitungan biaya pengecoran berdasarkan survei, sehingga didapatkan perbandingannya...

      Delete
  26. Replies
    1. Itu masih standar... karena ada yang lebih mahal lagi, tergantung kualitas semen beton yang dipakai

      Delete
  27. Wah bener bener kreatif warga Kampungnya. Kalau dilihat dari harganya mahal sekali ya ,, Wah ini ilmu baru nih. Layak disimak dan dijadikan referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap daerah berbeda-beda harganya mas, mungkin di tempat saya termasuk paling murah. karena berdasarkan survei, hanya mengambil yang harganya tidak tinggi. namun kualitasnya bagus. semoga bermanfaat

      Delete
  28. alhamdulillah rumah saya sih sudah dipinggir jalan.tapi mau ketabrak pembuatan jalan :D
    kreatif dan kompak ini warganya mas, patut menjadi contoh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah mas, kalau jalan dirumahnya sudah di Cor, Tidak perlu lagi mengumpulkan dana untuk mengecor jalan...

      Delete
  29. dengan cor lebih awet ya dari pada aspal, saya sering lihat aspal mudah banget mengelupas kalo ditempat lembab, sedangkan cor lebih bertahan lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semuanya ada kelebihan dan kekurangan, Untuk jalan dengan ketahanan yang kuat lebih baik di cor.

      Delete
  30. kalo jalan nya di cor jadi aspalnya lebih halus ya engga berlubang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau di dobel jalannya di cor dan di aspal, maka akan lebih kuat lagi jalannya...

      Delete
  31. ada beragam macam kualiatas dengan varian harga sesuai komposisinya harga beton redy mik, memang kudu survei dan banding bandingkan dahulu sebelum melaksanakan betonisasi jalan kayak begini. namun pengalaman di desa saya lebih awet beton bikin sendiri daripada beton siap pake beginian. cuma kalau bikin beton sendiri lebih banyak memakan tenaga yang di butuhkan, untuk orang desa ga begitu masalah. Tapi untuk Kepraktisan dan menghemat tenaga yang dibutuhkan Ready mik bisa jadi pilihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kalau buat sendiri jalan cor, harus memiliki tenaga yang ahli ya. dan harganya pun lebih hemat dibandingkan memakai jasa Rmix.

      Delete
  32. Saya bingung cara baca tabelnya. Ketebalan 10 cm itu untuk per meter persegi juga harganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, untuk ketebalan nya itu sama dengan tinggi Jalan cor, keterangannya ada di bawah tabel...

      Delete
  33. Mas Achmad Fazri ini sepertinya tidak hanya aktif di dunia blogging saja, tapi juga aktif di kegiatan masyarakat.. salut deh mas (y)

    ReplyDelete
  34. sangat lengkap sekali kang fazri..jangan lupa ngopi

    ReplyDelete
  35. Slamat siang kami dari abadi beton menawarkan pengecoran.kunjungi blog kami. Abadibeton1.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post