................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Monday, September 07, 2015

Perkembangan Jaringan Komunikasi di Indonesia

perkembangan jaringan internet di indonesia
Perkembangan jaringan internet di indonesia
Salam blogger. Perkembangan atau Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia - Teknologi informasi dan komunikasi di indonesia sekarang ini masih dalam tahap perkembangan. Bukan hanya perangkat telephone, komputer, Laptop, Tablet atau Handphone saja yang semakin canggih. Jaringan Internet pun tidak mau kalah. Seperti contoh untuk perkembangan teknologi komunikasi jaringan seluler di indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun, dari yang mengenal jaringan 2G, 3G dan sekarang ini memasuki Dunia 4G Lte Advanced. di sini penulis akan membahas perkembangan Jaringan internet di indonesia.

Tahukah anda ?
Berdasarkan informasi yang di unduh dari website Akamai.com, penulis dapat menyimpulkan bahwa Peringkat kecepatan internet di indonesia bisa dibilang naik turun. Pada tahun 2013 indonesia berada pada urutan 118 dunia dengan kecepatan rata-rata sebesar 1.6 Mbps.
Statistik Peringkat kecepatan internet tahun 2013 sumber: Akamai.com
Statistik Peringkat kecepatan internet tahun 2013
Selanjutnya, Pada tahun 2014 rata rata kecepatan internet di indonesia semakin meningkat dengan rata-rata 1.9 Mbps, namun jika dilihat pada peringkat dunia, negara indonesia bisa dibilang anjlok, karena hanya menempati urutan 122 dunia yang sebelumnya menduduki peringkat 118 dunia.
statistik peringkat kecepatan internet 2014 sumber: Akamai.com
statistik peringkat kecepatan internet 2014 
Berikutnya pada tahun 2015 kuartal pertama. Akamai telah merilis statistik kecepatan internet dunia. Kecepatan internet di indonesia makin bertambah dari tahun sebelumnya yaitu sekitar 2.2 Mbps dan menempatkan urutan nomer 117 dunia.
statistik peringkat kecepatan internet 2015  sumber: Akamai.com
statistik peringkat kecepatan internet 2015  
Negara korea selatan adalah satu satunya negara yang mampu menduduki peringkat pertama di dunia dalam hal kecepatan internet selama 3 tahun terakhir, yaitu sebesar 23.6 Mbps. Sebagian besar pengguna internet di korea menggunakan teknologi fiber optik. Perusahaan telekomunikasi di korea selatan berlomba-lomba menciptakan internet cepat. yang konon hanya butuh kurang dari 1 menit untuk mendownload file berukuran 1 GB.

Kecepatan internet tentu sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan suatu negara, seperti halnya di negara indonesia, yang sudah mengenal teknologi Fiber optik. Dengan teknologi ini membuat jaringan internet semakin cepat, bukan hanya memberikan kecepatan koneksi internet super cepat namun menawarkan tiga layanan sekaligus, yakni paket internet, data center, dan TV kabel. Rekor yang pernah di buat dalam teknologi fiber optik yaitu internet dengan kecepatan 100 Terabit/detik. Adapun nama-nama perusahaan yang melayani internet kabel berbasis teknologi fiber optik seperti:
  • Telkom Speedy yang berganti nama menjadi Indi home, 
  • Biznet, 
  • First Media, 
  • MNC Play Media, 
  • Oxygen.id
  • Cepat.net berubah menjadi Innovate, lalu tahun 2015 sahamnya dibeli oleh My Republic.
Penulis berharap semua provider di indonesia bisa melayani jaringan internet seperti perusahaan di atas, Bukan tidak mungkin, negara indonesia bisa naik peringkat di tahun berikutnya. dengan berkembangnya jaringan internet di indonesia, akan berdampak positif dan negatif. berikut ini dampak berkembangnya internet di indonesia:

12 Dampak positif berkembangnya internet di indonesia:
  1. Bisa sebagai media komunikasi
  2. Contoh: Berkomunikasi cepat lewat sosial media seperti facebook/twitter/GPlus/BBM
  3. Media pertukaran data
  4. Contoh: Kirim Email seperti ymail/gmail
  5. Sarana Hiburan
  6. Contoh: Youtube/dubsmash/Memecomic
  7. Hemat waktu
  8. Contoh: Pergi kesuatu tempat dengan memanfaatkan GPS atau google maps
  9. Sarana mencari teman lama
  10. Contoh: Mencari teman lama melalui facebook
  11. Sarana Media Dakwah
  12. Contoh: Streaming video ceramah
  13. Media untuk mencari informasi update
  14. Contoh: Membaca berita terupdate seperti detik.com/liputan6.com/merdeka.com
  15. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
  16. Contoh: Berbelanja Online seperti tokopedia/bukalapak
  17. Lahan informasi dalam bidang pendidikan
  18. Contoh: Kuliah online, Kursus online, download software pendidikan
  19. Meningkatkan Layanan Publik
  20. Contoh: Buat SIM Online, Beli Tiket Online
  21. Menghemat Biaya
  22. Contoh: Beli Pulsa online
  23. Membuka lahan pekerjaan
  24. Contoh: Jasa pembuatan website
12 Dampak Negatif berkembangnya internet di indonesia:
  1. Ketergantungan/Kecanduan
  2. Contoh:Kecanduan bermain game online seperti Pointblank/COC/Getrich
  3. Penyebaran Propaganda negatif
  4. Contoh: Adu domba/saling fitnah karena terprovokasi Penyebaran Informasi yang salah
  5. Pornografi dan Penculikan
  6. Contoh: Maraknya Situs Pornografi dan mudahnya mengetahui informasi calon korban penculikan
  7. Kejahatan hacking/cracking/carding/phising/spamming/defacing
  8. Contoh: Mengambil keuntungan dari mudahnya mencuri dan menghancurkan data seseorang.
  9. Penyebar Virus Perangkat
  10. Contoh: Virus Trojan, Virus Malware yang dapat Merusak data seseorang, membobol atau merusak suatu software atau operating system
  11. Penipuan
  12. Contoh: Semakin banyak situs Online shop Palsu, Penipuan atas nama perusahaan (kuis berhadiah)
  13. Perselingkuhan
  14. Contoh: Dapat dengan mudah mencari selingkuhan lewat sosial media
  15. Pembajakan
  16. Contoh: Download MP3 gratis
  17. Antisocial Behavior (Kuper atau Kurang Pergaulan)
  18. Contoh: Gila internet (Sosmed Lovers) jadi lupa dengan kehidupan sosial, tidak kenal tetangganya sendiri karena selalu asik dengan dunianya sendiri
  19. Pemalas
  20. Contoh: Semakin banyak budaya Copypaste saat mengerjakan tugas.
  21. Perjudian
  22. Contoh: Semakin marak website perjudian, karena mudah diakses.
  23. Pelupa
  24. Contoh: Jika ditanya siapa presiden indonesia yang ke 3, Jawab: mencari jawaban ke google
Sekarang ini jaringan 4G sudah masuk ke negara indonesia, banyak sekali provider yang menawarkan program internet murah dan cepat. salah satunya Provider Smartfren. Baca juga: Promo Smartfren Tukar Handphone 4G atau Mifi
Ilustrasi Ekspresi wajah 3G 4G 5G
Ilustrasi Ekspresi wajah 3G 4G 5G  
*Perbedaaan kecepatan teknologi 3G dengan 4G Lte :
Proses 3G 4G
Download Game Kapasitas 30 MB 22 Detik 4 Detik
Loading Streaming Musik 15 Detik 1 Detik
Buffering Streaming Video (Standar) 20 Detik 2 Detik
Buffering Streaming Video (HD) 40 Detik 3 Detik
Browsing Multimedia (Facebook) 10 Detik 3 Detik
Upload Foto Facebook 25 Detik 5 Detik
Game Online Ping 55 ms Ping 22 ms
Kecepatan Download 0.4 Mbps 20 Mbps
Keceptan Upload 0.2 Mbps 5 Mbps
*Sumber ArenaLte yang di olah kembali oleh penulis

Berikut ini Perbandingan Jaringan 1G, 2G, 2.5G, 3G, 3.5G 4G, 5G yang akan diulas pada tabel dibawah ini:
Keterangan Jaringan*
Jaringan Kecepatan Fasilitas Tahun Teknologi
1G 14.4 Kbps Suara 1970 - 1980
  • AMPS, 
  • NMT  
  • TACS 
2G 115 Kbps Suara + Data (SMS) 1980 - 2000
  • TDMA
  • CDMA
2.5G 153 Kbps Suara + Data (WAP, MMS) 2001 - 2004
  • GPRS
  • EDGE (2.7G)
3G 3.1 Mbps Suara + Data + Video Call + Akses Internet  2004 - 2005
  • CDMA 2000
  • (1xRTT, EVDO) 
  • UMTS
3.5G 14 Mbps Suara + Data + Video Call + Akses Internet Kecepatan Tinggi 2006 - 2010
  • HSPA
  • HSPUA (3.75G)
4G 100 Mbps Suara + Data + Video Call + Akses Internet Kecepatan Tinggi + Upload Data + High Streaming 2011 - Sekarang
  • WiMax
  • LTE Advanced
5G 1 Gbps Teknologi Wireless Full Speed Estimasi 2020
  • MiMO
*Sumber: teqlog.com yang di olah kembali oleh penulis

Berdasarkan survei tanggal 5 September 2015 negara Indonesia hanya dalam waktu 7 hari telah Menghabiskan 949.4 TB (terabyte) untuk mendownload data dengan rata-rata download sebesar 3,3 Mbps, sedangkan Negara paling banyak download data adalah negara Amerika serikat dengan menghabiskan 25.5 PB (petabyte) dan rata rata kecepatan downloadnya sekitar 20,1 Mbps Sumber test klik disini, sungguh sangat tertinggal sekali negara indonesia...

Demikian informasi Perkembangan atau Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia. Saya berharap, kepada bapak Menkominfo bisa merealisasikan internet cepat di indonesia, sehingga pertumbuhan ekonomi di negara indonesia bisa semakin berkembang. Kecepatan internet bisa mencerminkan seberapa makmurnya suatu negara. Kalau sekarang indonesia di peringkat 117 dunia dengan kecepatan 2.2 Mbps, Apakah indonesia sudah bisa dikatakan makmur....?

Sumber referensi: 
Akamai.com. Teqlog.com, ArenaLte.com, Steampowered.com. Speedtest.net. 

91 komentar:

  1. Masak kalah sama Philipina dan Vietnam :) ... Disini Internet msh mahal pula sie gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya untuk sekarang ini jaringan internet di indonesia masih kalah sama Philipina dan vietnam, Namun dengan masuknya teknologi terbaru fiber optik, kecepatan internet di indonesia akan bertambah...

      Delete
    2. Semoga kecepatan Internet Indonesia tidak kalah dengan Negara luar, dan yang lebih penting harga nya harus bisa lebih murah lagi dari orang luar negeri juga ya Mas Fazri..?

      Delete
    3. Amin...sekarang ini kebanyakan internet dibatasi waktu dan kuota yang sedikit. semoga kedepannya banyak provider yang bisa mengatasi kekurangan saat ini...

      Delete
    4. Amin ya Mas Fazri semoga Internet di Indonesia lebih baik lagi :)

      Delete
    5. kan promosi diindonesia mengandalkan yg mahal mas :D

      Delete
    6. Amin, tidak hanya promosi aja kencangnya, tapi untuk pemakaian selanjutnya stabil dan lancar...

      Delete
  2. klo ngeliat di film2 luar negri kayaknya gampang banget internetan, buka yutup ga pake buffer. lah gw buka FB aja loadingnya sampe hape lowbat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin karena kecepatan internet di luar negeri cukup kencang... semua butuh kesabaran... negara indonesia banyak kepulauan, Jadi cukup lama untuk mengembangkan jaringan internet cepat...

      Delete
    2. Harus sabar tawakal ya Mas Fazri. semoga tekhnology Khususnya Internet di indonesia lebih baik dari tahun sebelumnya :)

      Delete
    3. Sebenarnya internet indonesia sudah cepat, namun di peruntukan kepada orang-orang yang berani bayar mahal... kalau murah kebanyakan dibatasi waktu dan kuota

      Delete
    4. Itu berarti di Indonesia tidak semua kalangan bisa menikmati internet dengan nyaman dan tentram ya Mas?

      Delete
    5. iya kurang modal, atau tak sanggup membeli paket yang mahal untuk mendapatkan jaringan yang super cepat

      Delete
  3. Replies
    1. Terimakasih kembali, semoga tambah pengetahuan

      Delete
  4. Teknologo dari tahun ke tahun berkembang cepat
    Namun Indonesia masih terhitung koneksinya lambat
    Tapi harus tetap semangat
    Bisa menyaingi negara lain sampai hebat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Internet cepat tinggal menunggu waktu
      Koneksi lambat biarlah berlalu
      Fiber optik menjadi terobosan baru
      Agar indonesia bisa lebih maju

      Delete
    2. Biar lambat asal selamat
      Dari pada cepat tapi kurang tepat
      Nikmati dan syukuri saja yang ada
      Itu suatu bukti kecintaanya kepada Bangsa

      Delete
    3. Ini jadi kayak yang berbalas pantun ya... hehehehehehe :) Hebat nih! :)

      Delete
    4. Ini bukanlah puisi/pantun semata
      Namun curahan hati para pengguna
      Yang menginginkan internet cepat menjadi nyata
      Bukan pasrah dengan apa adanya

      Delete
    5. Siapa cepat dia yang dapat
      Siapa yang berkantong padat
      Pasti dia yang mendapat Internet cepat
      Kalau saya makasain net cepat, yakin resiko dapur sekarat

      Delete
    6. Jaringan internet yang lama
      Bikin hati kecewa
      Pengen rasanya pindah negara
      Untuk merasakan koneksi dewa

      Delete
  5. internet ka Msia cuma laju di kwsn bandar saja..kalau di desa2 tu slow saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal jaringan internet di malaysia 2x lebih cepat dibandingkan indonesia...

      Delete
    2. Mending di Indonesia Mas. buktinya saya tinggal di desa namun Internet masih stabil diatas standar

      Delete
    3. Berarti tempat tinggal mas Saud dekat tower yah. walaupun di desa jaringan internetnya stabil. providernya apaan tuh

      Delete
    4. Alhamdulilah di tempat saya, Beberapa Provider bisa di terima dengan baik jaringanya, meski agak jauh dari Tower Mas :)

      Delete
  6. Memang masalah jaringan masih menjadi persoalan bangsa ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaringan Cepat dengan harga murah tanpa syarat waktu hanya imajinasi :'(

      Delete
    2. Tepat dan sependapat saya dengan narasi Mas Fazri good :)

      Delete
  7. mantap mas, saya jadi tau, indonesia semoga terus bertambah kencang, biar enak ngeblognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih... Amin semoga saja banyak provider yang menawarkan internet cepat dan murah...Supaya berselancar di dunia maya tanpa loading/buffering

      Delete
  8. Di jaringan 4G aja udah gitu ekpresi wajahnya...gimana 5G?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ngga bisa ngebayangin kalau jaringan 5G sudah ada... Mangkanya masih tanda tanya....

      Delete
  9. Perkembangan Internet di Indonesia gak Ketinggalan jaman ya Mas Fazri.? dari urutan masih 1G Hingga kini sudah bisa di nikmati jaringan 5 g walau belum meluas di seluruh pelosok Indonesia. Tetap jaya dan Majulah Indonesia ku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya internet di indonesia tidak ketinggalan zaman, kini sudah bisa menikmati jaringan 4G Lte, walaupun tidak semua kota kota di indonesia bisa menikmatinya... Untuk jaringan 5G belum ada mas... mungkin di tahun 2020 baru bisa digunakan...4G aja sudah cepat apalagi 5G :D

      Delete
    2. Itu yang 5 g mah danbaan saya belaka loh Mas, jangan diambil hati yah? tt3tt3tt3 :D tapi saya Pribadi sudah menggunakan 4G juga sudah puas luar biasa :)

      Delete
  10. Selama masih di Indonesia sih mau 3G atau 4G tetep aja lemot, ping selalu intermitten/putus2, kecuali di bawah BTS :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali, internet lambat karena jauh dari tower... ini masih dalam tahap perkembangan. tinggal menunggu waktu...kalau berani bayar mahal, internetnya pasti cepat :)

      Delete
  11. Iya saya dukung harapannya Mas Achmad yang ke pa menkominfo walaupun internet ada dampak negatifnya juga seperti perselingkuhan hehehehehehe.. Tapi kan banyak postifinya juga seperti untuk media dakwah.. hehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga internet di indonesia bisa semakin cepat. supaya ngga kalah dengan negara-negara lainnya. karena dengan itu, negara indonesia dapat berkembang dengan baik...semua ada sisi positif dan negatifnya. tergantung kita sendiri yang menjalankannya....

      Delete
  12. seperti dua maya pisau dampak perkembangan teknologi, harus bisa memanj=faatkannya dg bijak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dengan berkembangnya teknologi, setiap orang harus memanfaatkannya dengan baik dan bijak, bukan untuk melakukan unsur kejahatan.

      Delete
  13. Dengan berkembangnya teknologi semakin banyak nilai positif yang bisa digali. Semoga perkembangannya semakin lebih baik lagi termasuk jaringannya. Jaringan 4G dst lebih cept lagi menjangkau area yang lebih luas ya kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. semoga jaringan 4G bisa semain meluas ke pelosok-pelosok negeri, bukan tidak mungkin setiap daerah bisa memanfaatkan layanan internet super cepat dan menjadikan daerah tersebut semakin berkembang...

      Delete
    2. Iya kang, amin! Semoga semakin menyebar luas jangkauannya ya.

      Delete
    3. iya mas... Internet cepat idaman semua orang. i hate slow

      Delete
  14. bentar lagi kyaanya pindah kekorea wkwk, keceng gitu kecepatan internetan. mau upload apa aja cepet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggoh jalan jalan ke korea untuk merasakan sensasinya koneksi internet cepat :D

      Delete
    2. haha kekorea cuma internetan :v. nyari cewe juga ah kesian jomblo wkwk

      Delete
    3. saya juga suka tuh cewe kpop hahaha... andai saya bisa hack jaringan internet korea...

      Delete
  15. selalu ada dampak positif dan negatifnya. semoga yang positif positif berkembang lebih pesat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Setiap perkembangan teknologi pasti ada dampak positif dan negatinya...tergantung kita yang memanfaatkannya

      Delete
  16. Wiih... semoga kita bisa bisa mengambil hal positif dari teknologi.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mengambil sisi positif dan meninggalkan hal hal yang berbau negatif...

      Delete
  17. Semoga dapat menggunakan dengan bijak :-)

    ReplyDelete
  18. brarti makin lama makin cepat ya. di saya baru ada 4G nih. meskipun masih tidak begitu stabil. saya akan tunggu 5 G dan G G setelusnya. hebat sekali sampai 1 Gbps donload filem sebentar ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4G aja sudah cepat apalagi G G selanjutnya yak... film bioskop jadi ngga laku, karena makin banyak film yang di download dengan kecepatan tinggi

      Delete
    2. brarti pertanda bioskop bubar dong mas. wah siap-siap nih bioskop tutp 2020.
      kudu bikin blog film kalo gitu bir rame. hahahaha

      Delete
  19. internet seperti sumber pencaharian, dari rezeki, informasi dll

    ada juga yang ketemu jodoh via internet *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, dari segi positifnya internet banyak memberikan rezeki kepada orang, bukan hanya penggunanya saja, tapi para provider pun juga ikut merasakan... hahaha bisa jadi, di alam nyata tidak ketemu jodoh, tapi lewat dunia maya, jodohpun ketemu... #cie yang pengalaman

      Delete
  20. wah pantesan nih speedy kesini-kesini suka nlp nawarin paket indihome, cuman sayang juga fasilitasnya kalo ga bisa saya pake semua, soalnya kan indihome itu sudah gratis juga sama tv luar dan bisa nonton liga inggris juga katanya.tapi saya mah masih jarang sih menggunakan tv luar.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil aja paket indihomenya mas, kan lumayan bisa nonton bola tanpa harus pasang parabola lagi... walaupun harus pakai paketan yang mahal biar komplit fasilitas yang didapat...

      Delete
  21. kecepatan dunia internet indonesia masih kalah jauh dari negara2 didunia yamas.
    teorinya sih memang sampai Mbps tp nyatanya kayak keong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mas yanto berani bayar paket mahal, Pasti bisa merasakan internet cepat mas, minimal yang 500rb perbulan... kalau yang 50rb perbulan palingan cuma 2 hari aja cepetnya :D

      Delete
  22. Saya juga merasakan sendiri bagaimana tahun2 belakangan ini kecepatan internet menjngkat dan semakin murah ... Makasih info jaringan lengkap sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukti perkembangan jaringan komunikasi indonesia... dari yang biasanya download hanya kecepatan kbps, sekarang bisa mbps. terimakasih, semoga bermanfaat

      Delete
  23. kalau dilihat dari perkembangannya, Indonesia sudah berkembang lumayan lambat ya mas dan itu bisa dilihat dari peringkatnya.. semoga lebih cepat lagi dan lebih murah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat dari peringkatnya emang naik turun mba... seperti kurang stabil. harus ada provider yang mau berinvestasi besar untuk menciptakan jaringan super cepat dan murah. kalau sekarang kebanyakan promosi tanpa hasil yang nyata

      Delete
    2. betul tuh mbak desy, harus sabar, katanya orang sabar banyak ayamnya. hehe

      Delete
    3. Orang kelamaan sabar biasanya akan cari pelampiasan untuk menenangkan dirinya...

      Delete
  24. Aku pakai Indi Home, memang kadang lemot sih. Semoga aja bisa semakin cepat, soalnya aku kerja dari internet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, ya biasanya provider itu cepat kalau sedang masa-masa promosi aja...banyak yang mengandalkan bisnis melalui jaringan internet, kalau internetnya lambat maka akan menghambat perekonomian indonesia...

      Delete
  25. internet memang dapat menyebabkan kecanduan, termasuk anak saya, setiap hari wajib nonton video kesukaannya di yutub. kalau spidinya pas ada gangguan, nagis-nagis deh tuh anak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti ngeblog ya kang... buat kecanduan...
      Kalau banyak gangguan speedy nya, mending komplen atau ganti provider lainnya kang

      Delete
  26. Internet di Indonesia sekarang ini sangat dianjurkan ya Mas Fazri. pada pendidikan sekolh sekarang ini juga ada mata pelajaran tentang internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena rata rata semua kegiatan akan lebih mudah jika berintegrasi dengan internet mas...

      Delete
  27. Terimakasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasi kembali...semoga tambah pengetahuan...

      Delete
  28. Dulu pernah lihat video di youtube alasan knpa internet Indonesia lemot dan salah satunya adalah letak geografisnya jg mempengaruhi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya letak geografis di indonesia sangat mempengaruhi tingkat jaringan internet... tapi kalau semua pakai technologi fiber optik, pasti bisa teratasi

      Delete
  29. This morning happy because with the information that is so very nice.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post