................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Thursday, September 10, 2015

Cara Jitu Mengatasi Kemacetan Jalan

Salam blogger. #Cara Jitu Mengatasi Kemacetan Jalan - terkadang kita suka menahan emosi jika terjebak macet, karena sudah lelah bekerja lalu harus terjebak macet pula. ini banyak sekali yang dirasakan oleh para pengguna jalan raya. Pemerintah sudah banyak mencoba beberapa cara untuk mengatasi kemacetan, Namun belum juga bisa mengatasi kemacetan. banyak yang bertanya #Apa Harapan Masyarakat Pada Polisi Untuk Memecahkan Kemacetan? Langsung saja disini saya akan mencoba bahas tentang hal-hal yang kemungkinan dapat mengurai kemacetan di Jakarta.

Terus bagaimana cara mengatasi kemacetan di jakarta? Ada 20 cara untuk mengurai kemacetan jalan ibukota. Berikut ini cara mengurai kemacetan dan solusinya

1. Transportasi Memanfaatkan Jaringan online
cara pertama mengurangi kemacetan lalu lintas yaitu dengan memanfaatkan layanan ojek online. Selain hemat, mudah dan cepat. Transportasi yang memanfaatkan online ini tidak memerlukan pangkalan seperti contoh Gojek dan Grib bike, Karena Ojek pangkalan bisa menjadi penyebab kemacetan dikarenakan berebut penumpang.

Baca juga: Daftar Lengkap Nama Ojek Online di Indonesia
Perbedaaan Ojek Pangkalan dengan Gojek
Perbandingan ojek Pangkalan dengan Gojek online

2. Pengaturan waktu kendaraan Truck.
Saya menyarankan agar pemerintah mengatur waktu untuk Truk yang melewati jalur utama karena rentan kena macet. Apalagi saat jam berangkat kerja (pagi) dan pulang kerja (sore). Untuk jalur cakung celincing truck banyak yang bersandar di bahu jalan, di karenakan mengantri masuk. ini menyebabkan penyempitan jalan, dan akhirnya mengakibatkan kemacetan yang panjang.
Truck Jalan di jam kerja bikin macet
Truck Jalan di jam kerja bikin macet
3. Sistem Gaji Supir
Supir angkutan umum di gaji sesuai standar pendapatan keseharian, Contoh supir APTB/PPD yang tidak mencari penumpang, Namun penumpang yang menunggu bus. selain itu contoh bus Damri yang hanya jalan dari pull/terminal bus. sehingga kemacetan dapat teratasi. Angkutan umum yang ngetem menunggu penumpang bisa menyebabkan kemacetan panjang.

4. Membangun Jalan Fly Over di Persimpangan Jalan
Pemerintah harus mempercepat pembangunan jalan fly over untuk kendaraan yang ingin belok ke persimpangan, karena hal ini dapat sedikit mengatasi jalan yang rentan kena macet, dibandingkan dengan mengandalkan lampu merah
FlyOver Persimpangan Jalan (Jepang) Anti macet

5. Harus memperbanyak angkutan berkualitas
Seperti Bus Transjakarta (busway) baru dari Scania yang memiliki kualitas terbaik dan menjamin produknya. bukan busway berwarna orange (made in china) karena mudah rusak, Teman saya yang tadinya menyukai naik busway, sekarang sudah beralih naik motor, dengan alasan bis nya sudah rusak, panas, padat dan lama menunggu. bisa anda liat jika semua orang ingin memakai kendaraan umum (bus), mungkin angka volume kendaraan pribadi akan berkurang,
Estimasi Perbandingan  Kendaraan
Estimasi Perbandingan orang naik Kendaraan
6. Diberlakukan jam masuk yang berbeda
Rata-rata masuk jam kerja hampir sama yaitu antara pukul 7:00 atau pukul 8:00 pagi. sehingga serentak akan bertemu di jalan raya. kalau bisa jam kerja dibeda-bedakan seperti
- Aparatur negara seperti PNS, Pemda, TNI, Polisi Masuk Pukul 7.00.
- Para pelajar serta mahasiswa, guru, dosen Masuk Pukul 8.00.
- Perusahaan Swasta Masuk Pukul 9:00.
Dengan begitu dijamin kemacetan berkurang hingga 50% pada jam sibuk (Pagi & sore hari)

7. Pelebaran Jalan 3 Ruas
Untuk membangunan Jalur bus transjakarta (busway) yang benar, minimal berdampingan dengan 3 Ruas jalur biasa yang memuat 3 kendaraan, sehingga jalur kendaraan umum bisa leluasa memakai jalan, tidak seperti jalan di Dekat terminal pinang ranti. jalan sempit ada jalur busway pula, bagaimana tidak macet.
Pelebaran Jalan Busway
Pelebaran 3 Ruas Jalan Umum + 1 Jalan Busway
8. Pembangunan Angkutan Massal di percepat
Angkutan Massal harus segera di rampungkan, Kebanyakan proyek ini mandeg (berhenti) ditengah jalan, dikarenakan pihak developernya sangat LAMBAT.
- Monorail (Perusahaan swasta kerja sama dengan china)
- MRT (Perusahaan pemerintah dengan dana apbn + kerja sama dengan development jepang)
- Subway (kereta bawah tanah)
- Water way
- Botabek Shuttle Express (BSE).
- Metro kapsul (bus kereta)

9. Penggunaan E-Toll card untuk Pengguna Tol
Gerbang tol yang masih menggunakan bayar karcis membuat antrian panjang, sehingga menimbulkan kemacetan, solusinya jalan Tol hanya untuk pengguna yang menggunakan E-tol card, agar tidak ada antrian masuk dan keluar tol.
Perbedaan Gardu berbayar dengan e-toll card
Perbedaan Gardu berbayar dengan e-toll card

10. Pembatasan Kepemilikan kendaraan
Pemerintah harus membatasi kendaraan pribadi dengan meningkatkan pajak progresif, sehingga kemacetan dapat di minimalisir. Sekarang ini jumlah panjang jalan di Jakarta sekitar 6,86 juta kilometer (km) atau setara dengan sekitar 42 juta meter persegi (m2), sedangkan luas daratan Jakarta sekitar 661 kilometer persegi (km2). Sedangkan panjang jalan sekitar 2% adalah jalan tol atau setara dengan 123 km. di Jakarta aneka kendaraan pribadi menjadi masalah besar.
Tahun
Kendaraan di Jakarta
Total Kendaraan
Kendaraan Pribadi
Persentase Pertumbuhan
Motor (Unit)
Mobil (Unit)
2012
14.618.313 unit
10.825.973
2.742.414
9,8 persen
2013
16.043.689 Unit
11.929.103
3.003.499
11 Persen
2014
17.523.967 unit
13.084.372
3.226.009
12 Persen
2015*
-
-
-
-
*input data akhir tahun

11. Memperbanyak bus sekolah
Siswa sekolah dilarang membawa kendaraan bermotor seperti mobil/motor. dikarenakan belum cukup umur untuk mengendarai kendaraan. termasuk orang tua yang mengantarkan anaknya sekolah, Beberapa persen kemacetan disebabkan anak sekolah. seandainya bus sekolah ada banyak, mungkin anak sekolah bisa memakai transportasi tersebut. (liat: poin no 5)

12. Razia khusus Mobil
ini menjadi solusi untuk menghindari kemacetan, Rata-rata pengendara mobil banyak yang tidak memiliki SIM loh, karena polisi hanya merazia kendaraan bermotor roda 2, Jarang sekali razia mobil. dengan adanya razia mobil, kendaraan mobil hanya diperuntukan jika memiliki SIM saja.
Razia Kendaraan hanya berlaku untuk motor ?
Razia Kendaraan hanya berlaku untuk motor ?

13. Menambah KRL (Commuter Line)
Penambahan kerata listrik bisa menjadi modal pemerintah untuk memberantas kemacetan, Saya sendiri sekarang Ogah naik kereta jika di Jam kerja (jam sibuk), selain rebutan tempat padahal datang duluan, antrian tiket juga bikin pusing. dan demi menarik masyarakat menggunakan transportasi umum, Tiap pengelola transportasi menyediakan tiket murah untuk penggunaan bulanan.
Suasana Antrian naik kereta
Suasana Antrian naik kereta

14. Membangun Flyover atau Underpass Perlintasan Kereta
Tahukah anda palang pintu perlintasan kereta api itu malah akan menambah kemacetan jalan raya. karena harus menunggu kereta yang lewat. yang paling penulis kesal yaitu harus menunggu beberapa menit hanya untuk kereta lokomotif tanpa gerbong -_-
Perbandingan Palang Kereta dengan Underpass
Perbandingan Palang Kereta dengan Underpass

15. Mengatur waktu Lampu merah 
Setiap lampu merah persimpangan jalan harus diatur waktunya sesuai dengan banyaknya volume kendaraan, bukan disama ratakan. Volume kendaraan yang banyak di berikan waktu lampu hijaunya lama.
Waktu Lampu merah Lama Bikin Macet
Lampu merah dengan waktu yang lama Bikin Macet
16. Memberikan Apresiasi kepada Pesepeda
Memberikan apresiasi kepada Pekerja yang bersepeda saat berangkat kerja itu bisa memancing seseorang menggunakan sepeda untuk bekerja, bentuk apresiasinya yaitu mendapatkan Tunjangan trasnsport khusus.

17. Rekayasa Jalur
Merekayasa jalur harus selalu sering dilakukan, seperti memperluas jalur 3 in 1, serta membuat jalur one way. Jalanan macet itu karena banyak kendaraan pribadi yang hanya mengangkut 1 orang saja.

18. Menutup Jalan Putar balik
Menutup Jalan putar balik jika kendaraan sedang padat dan membangun sebuah jalan putaran (bunderan) sebagai tempat belok. seperti di jalan raya kerawang-cikarang
Jalan Bunderan Untuk Belokan
Jalan Bunderan Untuk Belokan
19. Menaikan Harga Kredit Kendaraan
Kebanyakan perusahaan otomotif lebih memilih penjualan kredit dengan harga murah / DP murah. Hal ini bisa memicu orang untuk memiliki kendaraan yang banyak. dikarenakan biaya kredit murah. Apalagi dengan program pemerintah yang baru yaitu Mobil Murah, sudah dipastikan masyarakat banyak yang berminat.

20. Tilang kendaraan yang parkir liar, Relokasi Pedagang Kaki 5.
Parkir liar, Pedagang kaki lima, dan Terminal bayangan (angkot ngetem) merupakan momok yang sudah biasa ada di DKI Jakarta. Padahal ketiga hal itu membuat jakarta semakin dilanda kemacetan yang panjang. untuk itu pihak pemerintah harus turut bertindak cepat dalam mengatasi kemacetan ini, dengan selalu menilang atau merazia.
Parkir Liar, Pedagang kaki 5 dan terminal bayangan  Bikin Mecet
Parkir Liar, Pedagang kaki 5 dan terminal bayangan  Bikin Mecet
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Jitu Mengatasi Kemacetan Jalan. Semoga dalam rangka HUT LALU LINTAS Ke-60 Ditlantas Polda Metro Jaya. Pemerintah termasuk aparatur kepolisian Ditlantas Polda Metro Jaya dapat memberikan jalan keluar. Sehingga secepatnya Jakarta terbebas dari yang namanya kemacetan. Kalau menurut anda Apa Harapan Masyarakat Pada Polisi Untuk Memecahkan Kemacetan?

142 komentar:

  1. kalo seperti di Jeoang semua warga'a menggunakan angkutan umum dan jalan kaki pasti bisa bebas macet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di jepang menaiki kendaraan umum dan berjalan kaki sudah menjadi tradisi, selain itu pajak mobil dan harga parkir mobil yang mahal membuat masyarakatnya menggunakan kendaraan umum...

      Delete
    2. Coba ditepakan juga di Indonesia pasti bebas macet

      Delete
    3. Tapi Masyarakatnya masih banyak yang belum pada siap...

      Delete
  2. Pake sepeda aja lebih bagus mas untuk diprogramkan pemerintah, sekalian olahraga biar warga Indonesia sehat-sehat semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia... kalau pemerintah ingin memberikan tunjangan khusus bagi pengguna sepeda saat bekerja, pasti banyak yang pakai sepeda tuh...

      Delete
    2. budaya sepeda juga bagus lo mas untuk kesehatan dan mengatasi macet, tapi ini juga susah kayaknya

      Delete
    3. Tidak susah kok mas, Kalau ada niat dari kita sendiri, dan pemerintah memberikan fasilitas lebih untuk pengguna sepeda, pasti akan banyak yang menggunakan sepeda

      Delete
    4. Setuju mas. Mudah-mudahan para pemimpin bangsa ini benar-benar memperhatikan hal ini. Kalau perlu ayo semua sobat blogger untuk menyuarakan hal ini mas.

      Delete
    5. Ayo suarakan cara mengatasi kemacetan di ibu kota Jakarta...

      Delete
    6. Kalau perlu adakan kontes dengan tema ini...

      Delete
    7. Oh ya saya udah follow blognya mas...di tunggu folback nya ya :)

      Delete
    8. Ditlantas Polda Metro memang sedang mengadakan kontes "cara mengatasi kemacetan jakarta" mas :D Saya sudah follow blognya loh, Liat aja No 3 di urutan List follow blognya agan...

      Delete
  3. kalau di tempat saya tidak macet mas, karena di desa, wakakakaka, andai saja pemerintah bisa menerapkan prosedur seperti negara-negara yang sudah maju tranportasinya, pasti tidak ada lagi kemacetan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sekarang memang sudah mengikuti prosedur seperti negara negara lain mas, seperti pembangunan MRT. kita tinggal menunggu waktu untuk merealisasikan kendaraan Massal seperti MRT, Monorel dll...

      Delete
    2. Sama mas, di daerah saya ga kenal macet soalnya dikampung juga wkwkwkwk

      Delete
    3. dikampung macetnya kalau pas lebaran aja ya..

      Delete
    4. sama ini mas pasa ada kecelakaan atau ada mobi baru mas macet sama penonton yang menonton mobil baru. hehehee

      Delete
    5. Polisi emang harus menertibkan secepatnya jika terjadi kecelakaan... Nah kalau yang itu mah tergantung pendirian seseorang mas, mungkin belum pernah liat sebelumnya. Jadi terpanah matanya jika liat mobil baru.

      Delete
  4. Hal ini jika diterapkan di Jakarta insya allah aknan mengurangi angka kemacetan lalu lintas.
    Akan tetapi yang berkontribusi tidak hanya pemerintah dalam membangun fasilitas negara, masyarakat juga perlu unutk menjaganya dan di edukasi tentang pentingnya menjaga fasilitas negara.
    ayo kita mulai dari diri kita sendiri....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mas. Semua itu di mulai dari kesadaran kita sendiri untuk mematuhi peraturan lalulintas. dengan begitu semua program pemerintah dapat berjalan dengan benar.. masalah Kemacetan insyaallah akan terurai

      Delete
    2. kalo kita sebagai pengguna ga sadar mending dihilangkana aja jln rayanya biar bikin sendiri jlnnya. hehehehe kapok :D

      Delete
    3. Saya langsung ngebayangin ada kendaraan motor terbang,,, hahaha

      Delete
  5. macet itu karena terlalu banyak kendaraan baik roda 2 maupun roda 4. Kendaraan banyak dikarenakan pengajuan pembelian kendaraan secara kredit mudah. Coba dirubah perihal mengenai Down Payment yang tinggi dan persyaratan yang ketat sehingga jumlah kendaraan pribadi yang berada di jalan tidak banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, program kredit mudah dan murah untuk kendaraan bermotor, menjadi salah satu penyebab banyaknya kendaraan di Jakarta. kemacetan pun akan terus terjadi.

      Delete
    2. kalao bgeitu dilarang aja mas kredit murah itu. mahalin aja biar g ada yang punya kendraan

      Delete
    3. Mahalin harga kredit kendaraan, Murahin tarif angkutan umum...

      Delete
  6. menurut saya kemacetan itu dibuat oleh masyarakatnya sendiri, terkadang juga masih ada aja orang yang gensi menggunakan angkutan umum, belum lagi bukan hanya satu orang seperti itu :), lebih baik jalan kaki atau menggunakan sepeda lebih manjur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya dimulai dari pemerintahnya sendiri ya, Menggalakan masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum, tetapi pemerintahnya jarang yang menaiki kendaraan umum...

      Delete
    2. Sepakat mas ganteng. pake sepeda lebih asyik rame-rame.

      Delete
    3. Tapi sayangnya jalur sepeda hanya ada di BKT (banjir kanal timur) dibekasi ngga ada...

      Delete
    4. iya juga si, jalur sepeda ga disemuanya ada. jadi mungkin lebih efektif menggunakan angkutan umum atau ga jalan kaki :)

      Delete
    5. Angkutan umum yang cepat, bersih, aman dan nyaman harapan masyarkat kedepan...

      Delete
    6. nah iya bener banget mas :D. ya cuma gitu berharap saja pemerintah bisa ngabulin secepatnya.

      Delete
    7. Pemerintah harus berani menggelontorkan dana demi terciptanya wilayah bebas macet.

      Delete
    8. mungkin pemerintah sudah sering memberikan dana, cuma dananya entah nyampenya dimana :D

      Delete
    9. Nah itu dia yang harus diselidiki... Aliran dana nya kemana...Lambatnya pembangunan insfrastruktur dikarenakan uang pendanaanya mampir kemana mana :D

      Delete
    10. haha entah lah itu duit nyungsep dimana, yang pasti selama itu selalu terjadi, ga bakalan selesai" ini kemacetan diindonesia

      Delete
    11. Bisa selesai, kalau pemerintah tegas dalam membuat target selesai pembangunan. Dan aliran dana harus transparan

      Delete
  7. meang menurut saya sulit mengurai kemacetan ini. kalo kata sayamah bener tuh batasi pengguna kendraan kalo bisa di larang aja pengguna kendaraan pribadi tapi gunkan umum aja. spertikereta api yg g bisa berhenti sembarangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengurai kemacetan memang sulit, negara maju seperti jepang dan amerika saja masih terdapat kemacetan jalan.... jumlah penduduk dan kendaraan yang di produksi juga semakin banyak. kecuali lebaran, jakarta bebas macet, karena rata rata penduduknya pulang kampung semua...

      Delete
    2. cuman pulang lebaran bertambah ya. heheheh
      1 orang jadi 2 minimal.

      Delete
    3. berrti jakarta speerti di tempat saya ya. pas lebaran sepi pada pulang semua

      Delete
    4. Peninjauan tingkat urbanisasi harus di tegakan kembali, agar di jakarta tidak Padat.. setiap tahun jumlah penduduknya bertambah.. mangkannya sering macet

      Delete
    5. repot juga ya dijakarta nih. kbayakan orang. suruh ke kalimanta aja gen orangnya masih bnayak lahan kosong bekas tabang. mungkin bisa di buat pasar

      Delete
    6. Ya solusi paling jitu adalah memindahkan ibu kota jakarta ke pulau kalimantan mas, Nanti yang macet kalimantan... jakarta jadi sepi

      Delete
  8. plus ini nih berdayakan speda. atau njln kaki aja lah biar sehat. stop berkendraan . hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seperti pada poin 16. Smoga saja pemerintah mau memberikan tunjangan khusus bagi pekerja yang memakai sepeda goes

      Delete
    2. ia bner juga ya mungkin seperti obat nyeri otot atau sejenisnya, atau subsidi sepeda. kayanya rame

      Delete
    3. Bagus juga tuh jika ada subsidi sepeda murah... Atau dikasih Uang transport tambahan...

      Delete
    4. pkonya subsisi yang tidak menjurus pada penggunaan kendaraan pribadi.
      kalo bisa sih di larang aja sudah penggunaaan mobil pribadi. di batasi kepemilikan max 2 tahun.

      Delete
    5. Itu ide bagus, melarang penggunaan kendaraan pribadi melewati jakarta, Tapi ini akan berguna kalau transportasi di jakarta banyak, berintegrasi kesebua daerah dan layak di pakai...

      Delete
  9. bagus tuh ide-idenya, semoga ada yang merealisasikan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... semoga dengan cara cara diatas, masalah kemacetan dapat diselesaikan

      Delete
  10. kalau liat d tv Busway sering bangget mengalami problem, bukan malah jadi solusi kalau gitu ma yang ada mubadzir.
    ditambah seringnya terjadi kebakaran, haah mau dijadikan solusi gimana yang ada masyarakat takut untuk naik busway,heu
    untuk timer waktu stopan memang sukan bikin gemes.
    mudah"n dengan adanya artikel ini ada perbaikan untuk kedepannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mangkannya beli Produk yang berkualitas, bukan cuma mengambil keuntungannya saja... Mobil bus seharga 3 milyar, tapi belum setahun banyak yang rusak... Tidak berkualitas,,, Iya lampu merah dengan waktu yang sangat lama, menguji kesabaran seseorang... banyak yang melanggar karena tidak sabar. semoga saja dengan cara diatas dapat membantu dalam mengurai kemacetan di jalan

      Delete
  11. cadagan bernas yg harus diperhatikan pihak berkuasa ni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemerintah memang seharus nya mencari solusi untuk masyarakatnya...

      Delete
  12. ikutan lomba blog mas? haha aku juga*tos* tapi punyaku nggak selengkap ini, ecek ecekan banget haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pengen memberi saran aja, agar kemacetan bisa teratasi... *Tos juga #cipikacipiki ... yang penting sudah berusaha mencari solusi terbaik mengatasi kemacetan...

      Delete
  13. Waaah solusi kemacetan ini bisa menjadi masukan yang berarti bagi pa ahok ya mas.. Siiippp mas achmad... Iya coba kalo liat drama korea, iya jalan kaki dan naik kendaraan umum kebanyakannya ya, jadi saya belum pernah melihat ada kemacetan di drama korea tidak seperti lihat kota jakarta di berita... hehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin di korea berjalan kaki dan menggunakan kendaraan umum sudah menjadi tradisi mas, Semoga beberapa cara diatas bisa mengurangi tingkat kemacetan di ibukota...

      Delete
    2. Iya amin mas achmad, semoga ibu kota gak macet lagi ya.. :)

      Delete
    3. Amin... ya soalnya ibukota cerminan suatu negara...

      Delete
  14. ide bagus mas fazri yang saya sering liat banyak dealer motor khususnya yang bisa kredit dengan dp 500rb bahkan dulu sempat dp nol rupiah, ya memang sih menolong bagi kalangan menengah kebawah tapi giliran yang punya uang lebih ini malah jadi kesempatan dia beli motor bkn cuma satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kak ani... Itu dia dampak dari penjualan kendaraan murah... semakin banyak orang yang memiliki kendaraan pribadi lebih dari 1. volume kendaraan yang tidak teratur menjadi resiko kemacetan. Solusinya harus meninggikan pajak Progresif dan Meninggikan syarat kredit kendaraan.

      Delete
  15. wah.. ide2nya sangat cemerlang. membuka pikiran kita bahwa mengatasi kemacetan bukan hanya 1 atau 2 langkah saja. tapi harus benar2 dijalankan secara sistemik,karena kota2 besar khususnya ibu kota macetnya sudah tidak realistis lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengatasi kemacetan di ibukota jakarta memang harus diprioritaskan... Karena Jakarta adalah Ibukota, yang menjadi pusat ekonomi nasional, Kalau sering macet, berarti akan mempengaruhi stabilitas ekonomi secara nasional

      Delete
  16. Kalau busway transjakarta bisa kasih jadwal keberangkatan tepat waktu seperti KRL, mungkin orang mau beralih ke transjakarta. Naik tansjakarta juga repot sih, busnya terbatas, penuh, antri... kalau berangkat/pulang kerja, masih lebih enak naik kendaraan pribadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekurangan armada bus transjakarta membuat calon penumpang saling desak desakan. ini membuat para penumpang ingin beralih naik kendaraan pribadi...

      Delete
  17. di indonesia masih banyak yang perlu ditata mas, untuk menghindari kemacetan juga susah kayaknya, apalagi kendaraan sekarang makin banyak sedangkan lahan menyempit.kalo menurut saya mending hentikan dulu produksi kendaraan, semakin banyak kendaraan dampak macet akan semakin besar..hancurkan kendaraan yang boros dan berpolusi, harus diganti dengan kendaraan ramah lingkungan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penataan perkotaan yang baik menjadi solusi untuk menghindari kemacetan, Mungkin pembatasan produksi kendaraan mas, kalau di hentikan, otomatis perekonomian akan menurun, orang banyak yang menganggur. Kendaraan yang ramah lingkungan memang dambaan setiap orang. termasuk saya...Angkutan di jakarta rata rata sudah karatan tidak layak digunakan...

      Delete
  18. Replies
    1. Tidaklah rumit, jika semua masyarakat mau mematuhi peraturan lalulintas...

      Delete
  19. weh hebat ni tulisan, saya rasa kalau menerapkan cara ini bernar benar ngak macet mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas Albar... Tidak ada yang mustahil melihat jakarta bebas Macet :D

      Delete
  20. ide bagus mas... semoga terealisasi..haha
    trnyata flyover kl dilihat dari atas ruwet ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mba Chelin... Flayover bisa menangkal kemacetan dibandingkan mengandalkan lampu merah

      Delete
    2. Masalahnya akan menambah beban baru untuk kota jakarta... dengan beton betonnya,,,nanti malah tenggelem kota jakarta :D

      Delete
  21. jitu banget kang,semoga dibaca presiden dan staf-stafnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga saja cara cara diatas cepat terealisasikan mas...

      Delete
  22. Mas Fazri saya setuju banget,sangat solutif sekali, yang paling unik dan yahud adalah perbedaan jam tayang masing-masing profesi di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan jam masuk kerja itu selalu macet, dikarenakan waktu masuknya serentak sama semua... mangkannya jadi padat... Ada solusi lain?

      Delete
  23. semuanya harus diterapkan, supaya nyaman

    umur kendaraan diperpendek, diberi batas experied, misal kalo sudah 2 thn di hancurkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di luar negeri semakin lama mobil, maka semakin besar pula pajak yang ditanggungnya, kalau di indonesia malah kebalik...2 tahun atau 2 kali perpanjang pajak 5 tahunan mas... ?:D

      Delete
  24. betul juga tips tips diatas mas,memang banyak angkutan yg ngetem menunggu penumpang dan juga banyaknya kendaraan sekarang ini menjadikan permasalahan kemacetan menjadi komplex

    ReplyDelete
    Replies
    1. Angkutan ngetem gara gara menunggu penumpang... Penumpangnya sudah jarang yang naik angkutan dan lebih memilih pakai kendaraan pribadi..dikarenakan angkutannya sudah banyak yang tidak layak pakai, serta banyak yang ugal ugalan..

      Delete
    2. akhirnya masalah kemacetan menjadi menjalar kemana2 yamas

      Delete
    3. iya. sangat kompleks...hanya karena 1 titik kemacetan, bisa menjalar kemana mana...

      Delete
  25. Macet itu rumit lah.. yang realistis aja.. Jakarta udah berapa kali ganti gubernur, tapi tetep macet.. meskipun sebagian cara di atas sudah dikerjakan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya soalnya setiap gubernur tidak ada yang mau melanjutkan kembali program kerja yang sudah dilakukan oleh gubernur lama...Jakarta bisa bebas macet, Liat aja pas lebaran kemarin... :D

      Delete
  26. ada yang kurang mas, jika cara diatas diterapkan secara baik, maka kondisi di darat juga akan semakin ramai dan padat, cara tambahannya adalah membuka jalur bawah tanah atau terowongan, misalnya jalur angkutan umum semuanya ada dibawah tanah pasti keren.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang ada di point 8 membangun kereta bawah tanah, Tapi sepertinya kurang dilirik mba. soalnya setiap hujan jakarta aja selalu kena banjir, bagaimana kalau ada jalan terowongan atau underpass. yang ada malah kendaraan terjebak banjir di dalam terowongan bawah tanah...

      Delete
  27. kayaknya kepemilikan kendaaraannya juga harus dikurangi.... dan menurut saya sih kalau untuk berpergian yang dekat - dekat <10 lebih baik pakai sepeda aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dengan membiasakan diri untuk bersepeda, menjadi solusi menurunkan tingkat polusi dan mengurangi padatnya kendaraan roda 4

      Delete
  28. lebih baik jalan kaki atau naik sepeda ya mas hehehe cara yang paling aman untuk mengatasi kemacetan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sepertinya mudah tapi jarang yang mempraktikan, Masyarakatnya ngga mau cape...

      Delete
  29. Replies
    1. Memang bikin macet, Tapi pemerintah harus merelokasi pedagangnya, bukan menggusur tanpa memberi tempat yang layak

      Delete
  30. Jika telah diatur sedemikian rupa
    tidak lagi berjumpa
    kemacetan dijalan raya
    kemana-mana cepat sampainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemacetan dapat teratasi
      Kalau Pemerintah sigap menanggapi
      Masyarakat pun diminta untuk mengerti
      Peraturan lalulintas harus di patuhi dan taati

      Delete
    2. Ya Jika pengendara tahu sadar diri
      Tak melanggar rambu yang tersaji
      Kemacetan tak terjadi
      Kecuali jalan rusak tidak dibenahi...

      Delete
    3. Jika melanggar peraturan
      Harus di tindak dengan teguran
      Atau dengan penilangan
      Karena sesuai dengan pedoman

      Delete
  31. Point-point diatas sudah sangat mewakili kang, komplit banget. Ada juga yang mungkin sedikit susah realisasinya, seperti penambahan lebar ataur jalu jalan dipusat perkotaan karena sudah semakin padatnya bangunan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hanya di tempat tempat tertentu saja yang bisa di perlebar jalannya. Kalau mau harus bikin jalan layang atau fly over...

      Delete
    2. Iya kang, menjadi solusinya itu ya :D

      Delete
    3. Di jakarta utara (cakung priuk) sedang di bangun, Tapi lambat sekali pembangunannya... seperti tidak ada target yang realistis...

      Delete
  32. Mudah-mudahan cara tersebut jadi ampuh buat dilaksanakan oleh polisi lalu lintas.

    Dan kita menjadi warga negara yang lebih baik lagi, sangat menginspirasi mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mas...meskipun tidak 100% kemacetan teratasi, Setidaknya bisa mengurangi tingkat volume kendaraan pribadi yang mengakibatkan kemacetan...

      Delete
    2. Ya mudah-mudahan mas, setidaknya ada pengurangan dari kemacetan.

      Delete
    3. bener mas. sedikit demi sedikit kemacetan dapat di atasi

      Delete
  33. Semoga masyarakat kita lekas pada sadar gan .. Soalnya apa kemacetan itu yg bikin mlh orang orang sendiri, maap seperti pedagang kaki lima yg jualannya makan bibir jalan. Itu salah satunya, dan masih banyak faktor lain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kesadaran dari diri sendirilah salah satu solusi menurunkan kemacetan yang ada di Jakarta.. di gusur, malah di sangka tidak manusiawi.. serba salah

      Delete
  34. Solusi yang realistis menurut saya dan bisa nih diajukan ke pemerintahan Jokowi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau teori sepertinya mudah mas, Tapi kalau prakteknya langsung itu yang sulit di lakukan...

      Delete
    2. taat peraturan
      agar tidak menjadi korban

      Delete
    3. ia hars taat mas biar selamta sampai tujuan

      Delete
  35. Mungkin ditambah dengan pembatasan usia kendaraan,misalnya kendaraan yang sudah berusaha diatas 10 tahun dilarang masuk kota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalau hanya untuk orang yang memiliki mobil baru aja yang bisa melewati kota...itu disangka diskriminasi orang orang ekonomi rendah tidak bisa memiliki mobil baru mas...

      Delete
  36. Kalo memperlebar ruas jalan sy rasa sulit mas, pasti terkendala pembebasan lahannya yang sulit, contoh di kota gresik saja untuk pelabaran jalan butuh waktu berpuluh tahun baru bisa terealisasikan. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sulit, tapi ini menjadi salah satu solusi untuk meminimalisir kemacetan, khususnya buat jalanan yang dilalui bus transjakarta (busway)

      Delete
  37. Ide yg bagus itu mas....bilang aja ma pak gubernur......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja tips ini sampai ke pak gubernur DKI :D

      Delete
  38. Sangat komplit solusi mengatasi jalan macetnya Kang. Semoga pihak pemerintah yang berwenang dapat menanganinya dengan serius

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga saja pemerintah dapat memberi jawaban atas semua solusi yang sudah di wancanakan secepatnya...

      Delete
  39. Solusi yang ciamiiikk mas, dan sangat mungkin diimplementasikan... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa membantu kepolisian lalulintas dalam menyikapi kemacetan di ibukota

      Delete
  40. selamat jadi pemenang lomba blog HUT Lantas

    mampir di blog saya http://danielldt.blogspot.com/2015/09/peraturan-dibuat-untuk-dilanggar-pada.html

    ReplyDelete
  41. pantes aja menang la wong berbobot gini to artikelnya.....
    mantabbb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ya atas pujiannya ya, Pemenang ada di tangan juri, saya ngga tau penilaian sebenarnya... soalnya banyak peserta yang lebih berbobot isinya tapi tidak masuk nominasi...

      Delete
  42. haha, cara yang bagus untuk dicoba ni buat lolos dari kemacetan :) tks mas

    ReplyDelete

  43. Sekali lagi, selamat ya mas Achmad, atas kemenangan lombanya lewat artikel yang sangat hebat ini.

    ReplyDelete
  44. SOLUSI JITU ATASI KEMACETAN

    Cukup dengan menerapkan 3 shift untuk seluruh bidang usaha, pekerjaan dan pendidikan, baik swasta maupun negeri,
    misalnya
    Shift 1 dari pukul 08.00 s/d 16:00
    Shift 2 dari pukul 16:00 s/d 00:00
    Shift 3 dari pukul 00:00 s/d 08:00

    Dengan begitu aktifitas masyarakat akan terbagi menjadi 3 aktifitas :
    1/3 sedang bekerja/belajar
    1/3 sedang istirahat/tidur
    1/3 sedang istirahat/santai

    Dengan sistem rolling shift ini maka :
    1. Tidak akan ada kemacetan
    2. Tidak banyak waktu terbuang di jalan
    3. Kualitas dan produktifitas meningkat
    4. Terbuka luas kesempatan/lowongan kerja
    5. Tidak ada pengangguran
    6. Keamanan, ketertiban, kerapihan, kebersihan dan keindahan kota lebih terjamin
    7. Kota menjadi hidup 24 jam non stop
    8. Dan banyak manfaat lainnya.

    ReplyDelete
  45. SOLUSI JITU MENGATASI KEMACETAN

    Walaupun konsentrasinya untuk mengatasi kemacetan jalan raya, tapi jika solusi ini diterapkan, maka akan sangat mempercepat laju pertumbuhan dan kemajuan di seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa dan negara, baik di bidang (ekonomi, sosial, politik, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, ideologi, budaya, IPTEK, dll).

    Selama ini berbagai cara dan upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi kemacetan jalan raya khususnya di ibukota Jakarta, dengan mengeluarkan biaya yang teramat sangat besar,

    Mulai dari pelebaran dan penambahan ruas jalan, pembangunan jalan layang, pengadaan (bus trans jakarta, KRL), penerapan 3 in 1, dan berbagai upaya lainnya,

    Namun upaya tersebut seakan sia-sia, dalam hal mengatasi kemacetan jalan raya.

    Padahal solusinya sangat mudah, sangat murah, dan sangat cepat untuk bisa direalisasikan, tinggal masyarakat mau atau tidak menerapkannya? Atau pemerintah tegas atau tidak untuk menerapkan solusi ini?

    Yaitu dengan menerapkan "Sistem Rolling Shift" di seluruh bidang (usaha, pekerjaan, perkantoran, perdagangan, industri, pendidikan) menjadi 3 Shift,

    Misalnya :
    Shift I dari pukul 08:00 s/d 16:00
    Shift II dari pukul 16:00 s/d 00:00
    Shift III dari pukul 00:00 s/d 08:00

    Dengan pembagian 3 Shift ini, maka aktifitas warga masyarakat akan terbagi menjadi 3, 
    yaitu :
    1/3 sedang aktif bekerja/belajar
    1/3 sedang istirahat/tidur
    1/3 sedang santai/berlibur

    Dengan begitu maka akan didapatkan manfaat sebagai berikut :
    1. Tidak akan pernah ada kemacetan
    2. Semua pekerja/pelajar tepat waktu
    3. Tidak ada waktu terbuang di jalan
    4. Produktifitas masyarakat meningkat
    5. Kesehatan dan kecerdasan masyarakat meningkat
    6. Terbuka peluang kerja minimal 100% karena setiap bidang usaha dan pekerjaan pasti menambah tenaga kerja untuk bisa beroperasi 3 shift.
    7. Tidak ada lagi pengangguran 
    8. Kesejahteraan masyarakat meningkat
    9. Keselamatan, keamanan, kenyamanan, ketertiban, kerapihan, kebersihan dan keindahan kota jauh lebih terjamin. 
    10. Layanan masyarakat menjadi lebih maksimal dan optimal.
    11. Kota besar (Jabodetabek) menjadi hidup selama 24 jam non stop. 
    12. Keharmonisan warga jauh lebih terjamin. 
    13. Perkembangan dan kemajuan bangsa dan negara akan jauh lebih cepat dalam segala hal. 
    14. Kontrol pemerintah terhadap aktifitas warganya jauh lebih mudah. 
    15. Tidak ada lagi warga masyarakat yang takut dengan gelapnya malam.
    16. Seluruh tempat kerja/usaha dan pendidikan/sekolah jauh lebih berdaya guna.
    17. Dan berbagai manfaat lainnya.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post