................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Sunday, June 24, 2012

Ginjal Mu Masa Depan Mu

Salam Blogger. suatu hari lalu disaat saya sedang liburan selama beberapa hari, saya iseng-iseng mengikuti ajakan teman untuk mendatangi suatu acara Seminar. walaupun seminarnya bukan mengacu ke jurusan saya yaitu Teknik Industri tetapi pengalaman serta pengetahuan tentang kesehatan terutama mengenai organ manusia yaitu ginjal itu yang saya inginkan. bukan sekedar gratis tetapi jarang-jarang saya dapat seminar tentang kesehatan. dalam seminar tersebut. saya di ajarkan mengenal dan mencegah penyakit ginjal. Berikut ini ulasan isi seminar yang saya dapat.

Tags: fungsi ginjal yang sebenarnya. kasus orang jual ginjal, Pengertian ginjal dan fungsinya, teori tentang ginjal, cara mencegah penyakit ginjal, ini cara mendeteksi penyakit ginjal

1.       Apa itu ginjal dan fungsinya ?
Ginjal sebagai bagian dari sistem saluran kemih adalah organ yang berjumlah dua buah terletak dibelakang ruang perut (abdomen) bersandar pada dinding belakang, berada disebelah kiri dan kanan tulang belakang, kurang lebih antara pinggang ada hati. Ginjal  berukuran kira-kira sebesar kepalan tangan orang dewasa. Setiap hari menerima kurang lebih 1720 liter darah untuk disaring atau dibersihkan. Menghasilkan kira-kira 172 liter air filtrat yang kemudian diproses dan berakhir sebagai urin sekitar 1-2 liter per hari, disalurkan melalui saluran ureter. Ke kandung kemih dan keluar melalui uretra.

2.        Fungsi Ginjal ?
Ginjal yang harus menyaring begitu banyak darah mempunyai fungsi yang cukup banyak dan penting, yaitu:
a.       Mengatur volume cairan tubuh
b.      Mengatur solutes ( bahan terlarut dalam cairan), termasuk end product atau waste product (sampah)
c.       Mengatur ke-asam- basa-an/ PH
d.      Membuat urin pekat
e.      Sekresi renin yang bertugas mengatur tekanan darah
f.        Mengaktifkan vitamin D3: mengatur kalsium dan fosfor (penting untuk tulang)
g.       Produksi hormon Eryhtropietin (berperan dalam pembuatan darah
h.      Mengatur tekanan darah melalui butir 1,2 dan 5.

3.        Apakah yang menyebabkan kelainan atau penyakit Ginjal  ?
Jenis penyakit ginjal sangat beragam, ada penyakit yang memberi gejala atau keluhan. Penyakit ginjal ada yang mendadak dan ada juga yang sakitnya menahun (sakit dalam waktu mendatang), ada penyakit yang timbul pada ginjal, misalnya: batu, infeksi, penyakit pada saringan ginjal (Glomerulonefritis), kista dan sebagainya. Penyakit ginjal juga dapat disebabkan oleh penyakit diluar ginjal antara lain: kencing manis (diabetes), tekanan darah tinggi (hipertensi), kelainan asam urat yang tinggi, penyakit lupus (SLE), infeksi lain seperti : hepatitis, TBC, Syphilis, Malaria dan sebagainya.

4.       Bagaimana mendeteksi adanya penyakit ginjal ?
Perlu diketahui tanda-tanda adanya penyakit ginjal diantaranya:
a.       Warna kencing berubah misalnnya keruh atau berwarna merah.
b.      Sakit saat buang air kecil, sering kencing
c.       Sakit pinggang mulai dari yang ringan sampai dengan yang hebat. (kolik). Bisa disertai demam.
d.      Bengkak dikaki, dimata, atau bengkak hampir di seluruh badan.
e.      Lemas, nafsu makan kurang, mual, pucat, kencing sedikit, sesak nafas, kulit gatal.
f.        Pemeriksaan laboratorium yang sederhana (urin lengkap) dapat menunjukan berbagai tanda adanya penyakit ginjal. Pemeriksaan fungsi ginjal yang mudah dan praktis adalah pemeriksaan darah kreatinin dan ureum

5.       Bagaimana cara mencegah penyakit ginjal ?
Pencegahan penyakit ginjal dilakukan sesuai dengan kondisi sebagai berikut:
a.        Untuk yang normal:
-        Pada individu yang bersiko: yaitu yang mempunyai penyakit ginjal turunan, antara lain:
·         Batu ginjal: upayakan untuk banyak minum, hindari makanan yang mengandung bahan-bahan pembuat batu seperti kalsium, asam urat, pete, jengkol dan sebagainya. Kurangi protein dan garam
·         Ginjal polikistik: periksa USG, laboratorium berkala.
·         Penyakit umum: Diabetes militus, hipertensi, dislipidemia (Colesterol tinggi), obesitas, Gout: hidup sehat sesuai anjuran dokter atas dasar penyakit-penyakit tersebut: jaga berat badan, diet yang sesuai, olahraga, jangan merokok, dan sebagainya. Atau berobat secara teratur bila sudah ada penyakit tersebut.
-          Individu tanpa resiko:
·         Hidup sehat
·         Pahami tanda-tanda sakit ginjal
·         BAK (Buang Air Kecil) terganggu, tidak normal, nyeri pinggang, bengkak mata atau kaki.
·         Bila ada infeksi diluyar ginjal misalnya ditenggorokan: berobat atau kontrol kedokter untuk menghindari fase kronik atau berkepanjangan yang dapat menyerang ginjal.
b.      Pada orang dengan ginjal yang terganggu ringan atau sedang:
·         Berobat teratur untuk penyakit dasar (lokal ataupun sistemik)
·         Hati-hati obat rematik, antibiotika tertentu, obat tradisional yang tidak diketahui efek sampingnya terhadap ginjal.
·         Bila ada infeksi ditubuh segeralah berobat
·         Hindari kekurangan cairan ( Muntaber)
·         Kontrol secara periodik

"Saya miris melihat seseorang yang menjual organ ginjalnya demi kepuasan sesaat tanpa melihat masa depannya yang tak bisa dirasakan sebelum ginjalnya dijual. Memang mereka hanya korban para pelaku yang semata hanya mementingkan kepribadiannya saja. Namun perlu diketahui kekurangan suatu organ berpengaruh terhadap organ lainnya."

Sebelum terlambat kita harus menyiapkan diri agar penyakit yang setiap saat akan menyerang tubuh kita dapat dicegah, karena dalam slogan kesehatan mengatakan "Mencegah Lebih Baik dari pada Mengobati".

Sekian hasil ulasan seminar yang saya ketahui tentang kesehatan pada ginjal. semoga dapat manfaatnya bagi semua yang membacanya. Ginjal Mu Masa Depan mu

16 komentar:

  1. organ tubuh emang ga boleh di dagangkan gan. .

    Smuanya penting untuk masa depan

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat sob,terima kasih infonya...nice share :)

    ReplyDelete
  3. ayah saya juga kemarin sempat operasi batu ginjal..

    saya serasa diingatkan kembali... :)

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata sangat vital sekali ya. Kok ada ya menggadaikan ginjal hanya untuk kesenangan sesaat. Nggak bersyukur banget.

    ReplyDelete
  5. wah... ginjal penting bgt ya....
    hars lebih memperhatikan kesehatan lagi nih...


    salam kenal.. makasih infonya :)

    ReplyDelete
  6. Karena perduli ginjal juga maka saya beusaha minum ar putih yang cukup [ 2 literan] sehari. Trus kalau minum multivitamin juga saat tdk puasa biar konsumsi air putih untuk 'washing' ginjal mencukupi...

    Kalau soal donor ginjal, saya setuju jika dengan oragan yang lengkap sja kita perlu hati-hati, apalagi jika ada organ yg sdh tidak lengkap . Tapi untuk kasus donor buat keluarga/ortu...itu special case dan bentuk kasih sayang..no matter the risk

    ReplyDelete
  7. apa komentarnya pake moderasi ya? Td dah nulis comment tapi kok gak muncul...huaaa..ilang dunk klo gk pake moderasi..

    ReplyDelete
  8. hmm...kasin bgt yg ginjal nya di curi org...? demi uang org dah g peduli dengan kehidupan org lain..?
    di china banyak bgt cewek yang di rampas organ tubuh nya..?? dan g sedikit yang menjual organ tubuh nya sendiri...?? nice post sob..?

    ReplyDelete
  9. Kunjungan balik nih mas. Blognya bagus banget. Banyak informasi2 bagus buat kita2. Sukses terus.. :)

    ReplyDelete
  10. terimakasih infonya ya, mencegah memang lebih baik daripada mengobati ya....

    ReplyDelete
  11. wah ternyata ginjal sangat bermanfaat toh

    ReplyDelete
  12. kunjungan lagi sob..? sambil nungguin postingan yg baru....???

    ReplyDelete
  13. aku suka sekali artikel ini..
    bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  14. Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    ReplyDelete
  15. Sebenarnya mungkin engga diperdagangkan ya? ada juga alasannya karena sukarela dan menolong. Tapi ada juga yang dijual karena 'kepepet' butuh dana...

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post