................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Friday, June 22, 2012

Tugas 4 Softskill Etika Profesi

1. Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah memiliki kompetensi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut, sebutkan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh sarjana Teknik Industri !
Jawab:
Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang sarjana teknik industri salah satunya mampu menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan keterampilan pada bidang teknik industri, seperti mensimulasikan suatu sistem, PPIC, QC, Lay Out, Material Handling, Akuntansi Biaya & Ekonomi Teknik, Manajemen Teknologi, Software & Hardware, dll.) selain itu sarjana Teknik Industri mempunyai peran yang sangat kuat yang berhubungan dengan perancangan (design), perbaikan dan pengoperasian sistem produksi yang melibatkan manusia, material, mesin dan peralatan serta informasi dan energi secara integral.

2. Dilemma moral merupakan hal yang sering ditemui dalam menjalankan profesi keteknikan. Jelaskan cara penyelesaian dilemma moral menurut faham utilitarianisme! Berikan contoh kasus !
Jawab:
Kata Utilitarianisme diambil dari bahasa inggris yaitu utilitarian yang berarti bermanfaat.
Utilitarianisme merupakan suatu ajaran yang menyatakan bahwa segala perbuatan itu adalah baik apabila perbuatan tersebut berdaya guna untuk seseorang. Sedangkan dilemma moral memiliki arti menentukan pilihan diantara dua pilihan, pilihan tersebut kemungkinan sama-sama tidak menyenangkan, akan tetapi pilihan tersebut harus dipilih salah satu. Jika kita satukan antara dilemma moral dengan utilitarianisme bisa kita artikan apabila terjadi suatu permasalan dalam menentukan keputusan, utilitarianisme menjadi suatu cara dalam menentukan pilihan. Walaupun diselingi oleh suatu keraguan dan kecaman dari pihak lain.
Contohnya. Ada suatu pasangan suami istri yang sudah menikah sudah lama tetapi tidak memiliki keturunan, akan tetapi orang tua lelaki tersebut menginginkan seorang cucu secepatnya. Orang tua lelaki tersebut menyuruh anaknya untuk menikah lagi, tetapi lelaki tersebut tidak tega melihat istrinya dipoligami. Tetapi disi lain lelaki tersebut juga tidak tega melihat ibunya yang sedang sakit-sakitan menginginkan seorang cucu dari dirinya dan kebetulan lelaki tersebut merupakan anak satu-satunya.


3. Jelaskan minimal 5 kasus yang terkait dengan pelanggaran etika profesi dalam bidang keteknikan termasuk jenis pelanggaran etika yang terjadi!
Jawab:
Kasus pelanggaran dalam bidang keteknikan diantaranya:
a. Suatu perusahaan pengembang yang bergerak dalam bidang konstruksi perumahan bersepakat untuk membangun suatu komplek rumah, akan tetapi perusahaan pengembang tersebut menurunkan suatu kualitas spesifikasi tanpa sepengetahuan perusahaan yang bekerja sama dengannya. Kasus tersebut melanggar prisip kejujuran karena tidak memenuhi spesifikasi bangunan yang telah disepakati.
b. Kasus mobil Ford pinto yang menjual mobil dengan bertemakan murah tanpa memandang keselamatan konsumennya. Kasus tersebut melanggar kode etik keteknikan yang didalamnya mengabaikan keselamatan konsumen.
c. Kasus Ford Explorer dan ban Firestone yang banyak menelan korban jiwa, dikarenakan konstruksi ban salah akibat desain suspensi yang buruk dan apabila mobil berjalan dengan kecepatan tinggi, mobil tersebut akan terguling.
d. Kasus bencana di Bhopal yang mengakibatkan ledakan dikarenakan kebocoran reaktor bahan kimia.
e. Kasus meledaknya pesawat Challenger milik NASA padaJanuari 1986 yang diakibatkan terjadinya erosi pada o-ring dikarenakan temperatur yang tidak sesuai.

4. Jelaskan yang dimaksud dengan “toxic colonialism” dan hubungannya dengan etika lingkungan. Berikan contoh kasus!
Jawab:
Kata Toxic berasal dari bahasa Yunani yaitu "toxikon" yang merupakan ramuan yang mengandung racun yang di pasang di mata anak panah. Dalam perkembangannya kata ini dipakai untuk menyebutkan bahan-bahan beracun berbahaya. toxic colonialism merupakan suatu limbah yang berasal dari bahan-bahan beracun. Asal muasal limbah tersebut dari suatu pembuangan sisa-sisa bahan yang tidak terpakai.

Kasus yang paling terkenal mengenai akibat dari senyawa beracun yaitu kasus minamata di jepang yang mewabah sejak tahun 1958 di jepang. Berdasarkan hasil penyelidikan penyakit tersebut di tenggarai oleh zat merkuri atau lebih dikenal secara umum dengan air raksa dan sumber dari penyebar limbah racun tersebut adalah pabrik baterai

Hubungannya dengan etika lingkungan yaitu setiap permasalahan lingkungan hidup yang sangat kompleks harus diupayakan pengelolaan yang baik, selain itu pola antisipasi kerusakan yang dikarenakan limbah perlu dilakukan pembinaan, sehingga pembuangan limbah dapat terencana dengan baik tanpa merugikan satu sama lain.

5. Jelaskan tentang keterkaitan antara Risiko dan kemajuan teknologi! Berikan contoh nyata! Bagaimana cara mengurangi risiko yang mungkin terjadi?
Jawab:
Berkembangnya ilmu pengetahuan tentang teknologi bisa membuat kehidupan sosial ekonomi lebih produktif, efektif dan efisien. Akan tetapi berkembangnya teknologi bisa menyebabkan sikap individualisme atau sikap mementingkan diri sendiri. Hal ini disebabkan karena semua hal dapat ditangani oleh teknologi. Sehingga menumbuhkan rasa atau sikap tidak memerlukan orang lain. Berkembangnya teknologi juga bisa menyebabkan sikap mementingkan teknologi. Dengan kemajuan teknologi membuat semua kehidupan bergantung pada teknologi.

Banyak hal yang diberikan oleh teknologi itu mempermudah baik dalam proses, penerapan pemahaman serta penguasaan dibidang pendidikan ataupun bidang-bidang lainnya.teknologi adalah tolak ukur kemajuan. Akan tetapi dari kemajuan teknologi ada dampak negatifnya yaitu resiko akibat penggunaan teknologi yang tinggi, seperti Handphone yang merupakan suatu ciptaan dengan teknologi tinggi, Saat ini, handphone menjadi salah satu alat berkomunikasi.
akan tetapi radiasi yang tercipta akibat handphone dapat menyebabkan kanker otak dikarenakan meningkatnya giloma, dan peningkatan akustik neuroma. semakin muda usia penggunan handphone maka semakin besar resiko terkena kanker. untuk menghindari resiko tersebut, pemilik Handphone harus menjauhkan handphone dari kontak tubuh secara langsung, seperti dikantong baju.

6. Jelaskan peranan Insinyur terkait dengan kerusakan dan pelestarian lingkungan hidup! Berikan masing –masing contoh nyata.
Jawab:
Kerusakan lingkungan hidup terhadap Keanekaragaman hayati mulai terancam dengan punahnya beberapa jenis hewan maupun tumbuhan dan rusaknya lingkungan habitat karena tedesak oleh arus yang mengatas namakan pembangunan. Kerusakan lingkungan belum dapat teratasi karena berbagai factor penghambat. Diantaranya, belum sadarnya manusia akan pentingnya pemeliharaan lingkungan, sulitnya pembuktian dalam peradilan lingkungan, pengelolaan lingkungan hidup yang berpusat sampai dengan lemahnya pengawasan lingkungan hidup. Untuk itu peranan insinyur keteknikan sangat diperlukan karena dapat meminimumkan tingkat kerusakan dalam pelestarian lingkungan dengan mengelola lingkungan secara professional dalam penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan dan pengendalian lingkungan secara komprehensif dan terintegratif, seperti contoh dalam membangun suatu bangunan, seorang insinyur yang bangga dengan profesinya, dimanapun posisinya, akan bekerja dengan sepenuh hati, dengan passion, sehingga dia dengan segenap kemampuan dan semangat akan berusaha menghasilkan karya keinsinyuran yang terbaik.
File Pdf Click Here
Keterangan:
*Postingan diatas adalah Tugas Softskill 4 mata kuliah Etika Profesi
*Nama : Achmad Fazri
*Kelas : 3ID 04
*NPM : 31409130
*Dosen : Bpk.Sudaryanto, IR, MSC.
*Jawaban soal diatas berdasarkan sumber.






Daftar Pustaka

http://www.scribd.com/doc/39989039/4/Utilitarianism
http://f-blue.blogspot.com/2012/04/tugas-softkill-2-etika-profesi.html
http://ml.scribd.com/doc/94372738/Kasus-Ban-Firestone
http://seopintar.blogspot.com/2011/01/ledakan-pesawat-ulang-alik-challenger.html
http://gori23.blogspot.com/2010/06/toxic.html
http://www.scribd.com/doc/83577370/PELESTARIAN-LINGKUNGAN

5 komentar:

  1. Tugas kampus yasobat menarik untuk dipelajari, eh ia pertama menginjakkan kaki disini salam kenal

    ReplyDelete
  2. teknik industri ya?wow hehe boleh nih etika profesi nya hehe :D nice entry semoga tugas nya dapat nilai bagus ya :D hehe

    ReplyDelete
  3. @munir ardi iya gan. salam kenal kembali

    @Rulita.park thx ya kawan supportnya.

    ReplyDelete
  4. maaf baru bisa mengunjungi balik sekarang :D
    wah.. artikel yang bermanfaat :D
    Disini templatenya bagus & Artikelnya juga Berkualitas :D
    kalau diberi umur panjang aku akan datang lagi kesini :)



    #Semoga Rezekinya Lancar :D

    ReplyDelete
  5. kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
    Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
    ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post