................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Monday, July 06, 2015

Proposal Zakat, Infaq dan Shodaqoh Ramadhan 1436 H

Salam blogger, Proposal Zakat, Infaq dan Shodaqoh Ramadhan 1436 H - Bulan Ramadhan sebentar lagi akan usai, Buat anda yang muslim di wajibkan untuk membayar zakat, karena zakat merupakan rukun islam yang harus kita kerjakan. untuk tahun ini sudah ada yang tau berapa besarnya zakat pada 1436 h? menurut rata-rata standar kehidupan layak, besaran zakat berupa beras paling murah yaitu sebesar Rp 9000. dengan batas minimal 3,5 liter beras atau 2.7 kg makanan pokok (tepung, kurma, gandum, aqith).... berikut ini proposal mengenai penerimaan dan penyaluran zakat infaq dan shadaqoh (ZIS) Ramadhan 1436 H
Proposal Zakat, Infaq dan Shodaqoh Ramadhan 1436H
TAMAN NAROGONG INDAH 
KELURAHAN BOJONG RAWA LUMBU 
KECAMATAN RAWA LUMBU 
BEKASI

No            : 11 /DKM-BM/VII/2015                   
Perihal      : Proposal Penerimaan dan Penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh (Zis)
Lampiran  :                                                

Kepada Yth,
Bapak/Ibu/Sdr/i
Jamaah Masjid Baitul Muttaqin dan Sekitarnya
Di tempat

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dengan Hormat,
Puji dan Syukur hanya kepada Allah S.W.T karena telah memberi sebaik-baiknya nikmat kepada hamba Nya untuk melaksanakan amal-amal shaleh di setiap waktu selama bulan Ramadhan. Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad S.A.W beserta keluarganya, para sahabat dan ummatnya dengan penuh ihsan hingga hari kiamat.
Bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1436 H yang sebentar lagi akan usai, Masjid Baitul Muttaqin Insyaallah siap melayani penerimaan dan penyaluran Zakat Fitrah, Zakat Mal, Infaq dan Sadaqah. Zakat tersebut akan disalurkan kepada orang yang berhak menerimanya. Karena kegiatan ini wajib hukumnya bagi umat muslim yang mampu dalam segi kehidupannya terutama dalam segi materinya.
Penerimaan Zakat Fitrah Insya Allah akan dimulai pada tanggal 21 Ramadhan 1436 H atau tepatnya pada Hari Rabu Tanggal 8 Juli 2015. Oleh karena itu, kami segenap panitia Zakat, Infaq dan Shadaqoh (ZIS) mengajak kepada para kaum muslimin dan muslimah untuk menyisihkan sebagian hartanya sebelum H-2 Bulan Syawal.
Demikian surat pemberitahuan dari kami, atas perhatian nya. kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga Allah berkenan memberkahi ibadah kita dan menerima amal kita semua. Amin
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bekasi, 05 Juli 2015

1.                  PENDAHULUAN
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dimuliakan Allah SWT. Disamping itu juga merupakan bulan suci yang penuh hikmah dan berkah. Bulan ini merupakan kesempatan besar umat muslim untuk memperbaiki diri. Oleh karena itu, untuk meningkatkan derajat ketakwaan kita di bulan Ramadhan ini alangkah baiknya bila kita memperbanyak amalan ibadah kita. Ibadah yang diwajibkan untuk Kaum Muslimin salah satunya dengan melaksanakan perintah Zakat Fitrah.
Orang yang melaksanakan zakat akan mendapat manfaat yang sangat banyak. Selain mendapat pahala dari Allah swt, mereka juga ikut serta memberantas permasalahan kehidupan yang berkaitan dengan harta. Zakat dapat membersihkan mereka dari kekikiran dan cinta yang berlebih-lebihan kepada harta benda.

2.                  DASAR PEMIKIRAN
Menurut istilah, zakat ialah kewajiban seorang muslim untuk mengeluarkan nilai bersih dari kekayaannya yang tidak melebihi satu nisab dan diberikan kepada mustahik dengan beberapa syarat yang telah ditentukan. Zakat termasuk salah satu rukun Islam. Hukum mengeluarkannya pun wajib. Demikian pula orang yang menolak atau mengingkari kewajiban zakat sedangkan ia mampu untuk membayarnya, maka ia dihukumi kufur. Orang yang melaksanakan Zakat adalah mereka yang Muslim baik itu bayi, anak-anak, orang dewasa, laki-laki, perempuan maupun orang tua.
Zakat merupakan ibadah yang berkaitan dengan harta benda yang telah memenuhi syarat untuk menunaikannya. Ibadah zakat mempunyai dua aspek, yaitu aspek pengeluaran (membayar zakat) dan aspek pembagian (penyaluran) zakat. Adapun kewajiban untuk berzakat telah di riwayatkan dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 43 yang artinya “Dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat”.
Zakat fitrah dikeluarkan dan disalurkan sebelum tanggal 1 Syawal (Hari Raya Idul Fitri). Zakat tersebut disalurkan atau bagikan kepada mereka yang sangat membutuhkan (Mustahiq Zakat), adapun 8 kelompok berdasarkan dari ayat dan hadits:
1. Fakir
2. Miskin
3. Amil zakat
4. Mualaf
5. Budak (Riqab)
6. Orang yang berutang (Gharimiin)
7. Untuk jalan Allah (Fisabilillah)
8. Musafir (Ibnussabil)

3.                  MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud Kegiatan ini adalah melaksanakan kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk berzakat karena merupakan amanat yang diperintahkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW demi menggapai keridhoan-Nya. Sedangkan Tujuan kegiatan ini yaitu sebagai wadah untuk menerima dan menyalurkan Zakat Fitrah & Zakat Maal, Infaq dan Shadaqoh kepada orang yang berhak menerimanya (Mustahiq).

4.                  WAKTU PELAKSANAAN
Kami Selaku Panitia Zakat akan mulai menerima Zakat, Infaq dan Shodaqoh  (ZIS) pada tanggal 21 Ramadhan 1436 H atau tepatnya pada tanggal 8 Juli 2015. Oleh karena itu di mohon untuk kaum muslimin dan muslimat agar membayar zakat pada waktu sebelum H-2 Bulan Syawal 1436 H.

5.                  SUSUNAN PANITIA
Pembina                      : Dewan Penasihat Keagamaan Masjid Baitul Muttaqin
Penanggung Jawab     : Ketua DKM Baitul Mutaqin
Ketua                          : H Nurhasan. MS
Sekretaris                    : Achmad Fazri ST
Bendahara                   : Muhamad Ridwan

Koordinator Penerimaan dan Pendistribusian Zakat Fitrah
1. Ubaidillah SH.I
2. H. Ade
3. Samsul
4. Kusnadi
5. Hafidz
6. Sidik
7. Bubu burhan
8. H. Santoso 


6.                  PENUTUP
Demikian proposal penerimaan dan penyaluran zakat, infaq, dan shadaqah (Zis) ini kami buat, besar harapan kami atas segala sesuatu yang tertuang dalam proposal ini dapat tercapai. Semoga Allah senantiasa untuk selalu menganugerahkan segala rahmat dan maghfirahnya kepada kita, guna menjadi hamba yang suci dan bersih baik lahir maupun batin dan memperoleh ketaqwaan yang mantap dalam bulan suci Ramadhan ini. Akhirnya atas segala perhatian, partisipasi dan bantuan kaum muslimin dan muslimat dimanapun berada kami haturkan banyak terima kasih. Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bekasi, 05 Juli 2015

LEMBAR PENGESAHAN
PENERIMAAN DAN PENYALURAN ZAKAT FITRAH, ZAKAT MAAL, INFAQ DAN SODAQOH (ZIS)
MASJID BAITUL MUTTAQIN
TAHUN 1436 H – 2015 M
TAMAN NAROGONG INDAH
KELURAHAN BOJONG RAWA LUMBU
KECAMATAN RAWA LUMBU, BEKASI


                                                                             
Menyetujui,




H. Nur Hasan. MS                                                           Achmad Fazri ST
     Ketua Panitia                                                                     Sekretaris




Mengetahui,


H. Sutardi
Ketua DKM Baitul Muttaqin



PENERIMAAN
Dari ............ Kepala Keluarga, ........... Jiwa

Dengan Rincian Sebagai Berikut:
1. Zakat Fitrah Beras : Liter
2. Zakat Fitrah uang : Rp. ..................................
3. Zakat Maal : Rp. ..................................
4. Infaq dan Sodaqoh : Rp. .................................. +
Jumlah Total : Rp.


DI DISTRIBUSIKAN KE:
1. Fakir Miskin : Sebanyak ....... Jiwa, Sebesar Rp ...........
2. Kaum Dhuafa : Sebanyak ....... Jiwa, Sebesar Rp ...........
3. Yayasan : Sebanyak ....... Yayasan, Sebesar Rp ...........
4. Fisabililah : Sebanyak ....... Jiwa, Sebesar Rp ...........
5. Amil : Sebanyak ....... Jiwa, Sebesar Rp ...........
6. Infaq Ke Masjid : Sebesar Rp ...........


TTD (Panitia Zakat Fitrah Masjid Baitul Muttaqin)

Jika anda butuh dengan Proposal ini silahkan Download File nya  Klik disini, semoga bermanfaat, adapun surat keputusan panitia zakat akan di upload secepatnya. bagi yang berminat silahkan komentar...

Tags: Contoh proposal penerimaan dan pemberian zakat, contoh panitia zakat fitrah, Pembentukan Panitia Zakat Fitrah, Pengumuman Zakat Fitrah, Infaq dan Shodaqoh, contoh surat edaran zakat fitrah contoh zakat fitrah dan zakat mal contoh zakat fitrah dengan uang, contoh zakat fitrah dan zakat mal contoh zakat fitrah dengan uang pengertian zakat fitrah makalah zakat fitrah perhitungan zakat fitrah ketentuan zakat fitrah syarat wajib zakat fitrah niat zakat fitrah, Konsep dan contoh surat pemberitahuan zakat fitrah, contoh surat pemberitahuan zakat fitrah, Laporan Pelaksanaan Zakat 1436 H, pantitia zakat fitrah masjid,  proposal Penerimaan Zakat Fitrah, zakat Maal, infaq dan shadaqoh terbaru

39 komentar:

  1. Wah ini pasti bermanfaat, apalagi untuk pengurus masjid... hehehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan saya juga termasuk pengurus nya mas..... emang sangat dibutuhkan

      Delete
  2. muantab ada proposalnya...jadi kalau mau menjadi pengumpul zakat kayaknya perlu juga di ajukan agar lebih terpercaya ya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbah, ini sebagai pedomannya. karena tersusun kepanitiaan zakat....

      Delete
    2. yup akan lebih terorganisir dan profesional....ini juga akan memudahkan kerja dalam koridor aturan yang berlaku karena udah ada kerangka acuan kerjanya yang biasanya dilampirkan dalam proposal....bukan begitu mas?

      Delete
    3. bener mbah, Tapi ini cuma untuk pegangan, kalau panitia zakat sudah benar-benar terbentuk. bisa sebagai lampiran Surat keputusan Kepanitiaan Zakat di masjid

      Delete
  3. Bagus juga nie buat materi pelajaran di sekolah selama bulan ramadhan, thanks sob !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, ternyata bisa dijadikan materi pelajaran sekolah ya...

      Delete
  4. selamat berzakat fitrah n beramal jariah di bulan yg penuh barokah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat berzakat juga kak paridah, semoga pahala di bulan suci ini selalu bertambah banyak

      Delete
  5. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali, senang bisa bermanfaat

      Delete
  6. Pembahasan cara pembuatan proposalnya lengkap dan baik sekali mas Fazri. Saya pernah ditemui seorang sahabat yang membawa proposal serupa tapi tidak selengkap ini, saya nda ngerti apa2 maksudnya, jadi saya hanya mengucapkan 'maaf, terima kasih'. Apa tindakan saya salah ya mas? mohon maaf ya kalau salah, mungkin bisa dijelasin..makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak salah mas, Semua punya hak masing, masing... proposal diatas hanya dijadikan lampiran arsip saja mas, Tidak dipakai untuk meminta-minta dana...

      Delete
  7. Hm kebetulan saya termasuk panita ramadan mas.. sepertinya bakal bermanfaat nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus tuh, siapa proposal ini bisa berguna....

      Delete
  8. Replies
    1. Download proposalnya aja....soalnya di protect blognya

      Delete
  9. wah mas ini ngingetin saya buat bayar zakat.

    saya akan ngasih tau ibu saya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menjelang H-7 bulan syawal memang serentak semua masjid selalu membuka penerimaan zakat. semoga bermanfaat

      Delete
  10. Untuk masalah zakat saya masih orang tua yang ngurusin.. Kapan ya bisa bayar zakat sendiri.. dikit-dikit juga pengen bantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, nanti kalau sudah waktunya pasti akan bayar zakat dengan uang pribadi...

      Delete
    2. iya saya doakan, smoga bisa secepatnya bayar zakat pakai uang sendiri...

      Delete
  11. Subhanallah semoga lancar acaranya. Zakat kami sudah dibayar suami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mba... semoga tahun ini makin banyak orang yang membayar zakat...

      Delete
  12. Postingannya menjadi pengingat nih. Insya Allah segera bersiap-siap untuk mebayar zakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur lah mas. iya sekarang semua masjid sudah membuka penerimaan dan penyaluran zakat fitrah. semoga tidak ada yang lupa untuk membayar zakat

      Delete
  13. Cocok nih jadi acuan untuk buat proposal... Terimakasih

    ReplyDelete
  14. Waktu bulan ramadhan kemarin, sepupu saya sempat nyari2 contoh proposal zakat ini mas. Kebetulan dia adalah pengurus masjid. Tapi entah dari mana akhirnya dia dapatkan. Yang jelas proposal yang dia buat itu tidak jauh beda dengan contoh proposal yang mas hadirkan ini... Setelah membaca postingan ini, hati saya pun senang, ternyata proposal yang dibuat oleh sepupu saya itu benar, karena sesuai dengan contoh yang ada disini.

    ReplyDelete
  15. kok gak bisa di download.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post