................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Saturday, January 23, 2016

Pengalaman Hampir Tertipu Belanja di OLX

Pengalaman Hampir Tertipu di Olx
Pengalaman Hampir Tertipu di Olx
Salam Blogger,  Teknologi semakin memanjakan seseorang, Sekarang ini belanja tidak perlu jauh-jauh, Cukup dengan menggunakan handphone genggam saja, barang yang ingin dicari sudah bisa ditemukan, Selain itu dengan adanya peningkatan teknologi komunikasi, mau pergi kemana aja sudah bisa mengandalkan Ojek Online, Bukan hanya itu saja, bagi yang sudah memiliki kendaraan seperti mobil, Pasang kaca mobil pun sekarang sudah bisa pesan via online, Akan tetapi dengan banyaknya kemudahan yang di berikan, sebagian orang memanfaatkan peluang untuk menipu. Salah satunya yang pernah saya alami. 

Berawal dari keinginan membeli handphone melalui media online. Saya ingin mencoba beli barang dengan media COD (cash on delivery). Hanya di beberapa toko online aja yang bisa memanfaatkan COD, seperti di Olx, Kenapa saya pilih belanja lewat COD, karena menurut saya lebih aman, Untuk calon pembeli yang ingin membeli lewat media online, pastikan toko tersebut asli bukan fiktif, karena banyak sekali para penjual yang palsu. Pertama saya buka link Olx, dan memasukan kata kunci Lenovo a7000. disana menampilkan beberapa produk barang bekas dan baru. Berhubung saya tinggal di bekasi, saya pilih di area bekasi, Saya pun menemukan Handphone Lenovo a7000 dengan harga sangat murah tapi masih dalam keadaan baru.

Iklan yang di tampilkan dalam OLX seperti berikut ini:
Iklan penipu di olx
Iklan penipu di olx
Lenovo A7000 Plus Spesial Edition Garansi Resmi Lenovo 1 Tahun Stok Warna Hitam Spesifikasi Lenovo A7000 Plus Lengkap:
  • NETWORK Technology: GSM / HSPA / LTE 2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 3G bands HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 4G bands LTE 800 / 1800 / 2100 / 2600 TD-LTE 2300 Speed HSPA+ 42 Mbps / 11 Mbps, LTE Cat4 50 Mbps / 150 Mbps GPRS Yes EDGE Yes 
  • BODY Dimensions 152.6 x 76.2 x 7.9 mm Weight 140 g SIM Dual SIM (GSM-GSM), Micro SIM DISPLAY Type IPS LCD Capacitive touchscreen, 16 M colors Size 5.5 inches Resolution 1080 x 1920 pixels (~401 ppi ixel density) Multitouch Yes – Vibe UI 
  • PLATFORM OS Android OS v5.0 (Lollipop) Chipset MediaTek MT6752 “64-bit” CPU Octa Core 1.7 GHz, Cortex-A53 GPU Mali-T760 
  • MEMORY Card Slot microSD up to 32 GB 
  • Internal 16 GB, 
  • RAM 2GB 
  • CAMERA Primary 13 MP, 4128 x 3096 pixels, auto focus, dual-LED flash Features Aperture F/2.0, CMOS sensor, geo-tagging, face detection, digital zoom, touch focus, panorama, HDR, ISO setting, White balance setting, self timer, scene mode, exposure compensation, Digital image stabilization, continuous shooting Video 1080p30fps Secondary 5 MP 
  • SOUND Alert types Vibration; MP3 ; WAV Ringtones 
  • Loudspeaker Yes 3.5mm jack Yes – Dolby Atmos COMMS 
  • WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Wi-Fi direct
  • Bluetooth v4.0, A2DP GPS GPS Built-in, A-GPS 
  • Radio FM radio, RDS USB microUSB v2.0 
  • FEATURES Sensors Accelerometer, Proximity, Ambient light sensor, Compass, Barometer Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM, RSS Browser HTML5 Java No Colors Black, White – Active noise cancellation with dedicated mic – SNS integration – MP4/H.263/H.264/WMV player – Document viewer/editor – Voice memo/dial/commands – Predictive text input – Organizer 
  • BATTERY Li-Polimer 3000 mAh battery Stand-by up to 750 h Talk time up to 36 h

    Harga pas/net nego no respon
    Tidak melayani tukar tambah
    U/Info Call/Sms: O83I36O24222
    Toko kami di mangga dua, Jakarta Pusat. Luar kota bisa dikirim via JNE/TIKI Jika Minat Silahkan isi Format Pemesanan:
    Nama:
    Alamat Lengkap:
    Kode Pos:
    No.Hp:
    Nama Barang:
    Warna:
    Terima kasih OLX
Spesifikasi Handphone di jelaskan sangat rinci sekali dan penjual pun menafsirkan kalau barang yang dijual tersebut Di Jual masih baru & Tersegel (New In Box), 100%Asli & Original Bukan Replika/BM Garansi Resmi 1 tahun. Sayapun tergiur dengan harganya yang miring. Akhirnya saya menghubungi penjual tersebut melalui sms ke nomer yang tertera. berikut ini Hasil SMSan nya:
SMS Olx Penipu
SMS Olx Penipu
Oke disini saya penasaran dengan harga yang sangat murah yang ditawarkan oleh penjual, saya pun mencoba untuk menelpon ke nomer yang saya sms (nomer 083136024222 sengaja tidak di sensor, agar tidak ada yang tertipu lagi). berikut ini hasil obrolan melalui telpon:

Saya: Halo selamat sore, Ini saya yang tadi menanyakan handphone lenovo.

Penipu: Iya bisa berbicara dengan siapa ini

Saya: Saya Fazri, saya mau nanya, untuk beli handphone lenovo nya bisa COD ngga ?

Penipu: Untuk sementara kami hanya melayani online saja

Saya: Tapi bukannya OLx bisa beli dengan cara COD (cash on delivery)

Penipu: Baik bapak fazri, Apakah sudah punya kartu member dari toko kami?

Saya: Belum, emang kenapa?

Penipu: Jadi begini bapak fazri. Toko kami hanya bisa melayani COD bagi yang mempunyai kartu member atau minimal sudah pernah beli di toko kami. Tadi yang bapak pesan handphone apa ya dan di situ tercantum harga berapa?

Saya: Saya pesan Lenovo a7000 harganya sekitar Rp 1.160.000

Penipu: Baik bapak, Untuk barangnya kami masih ready stock, silahkan kirim aja lewat SMS sesuai format yang mau di pesan,  nanti kami akan memberikan nomer rekening kami, Jika uangnya sudah di transfer harap konfirmasi, nanti kami akan langsung kirim sore ini, barang akan sampai kira kira besok, karena masih dalam satu area. Bonus yang akan di dapat yaitu memori 16 Gb, anti gores, Hard case back cover dan handsfree, untuk ongkos kirimnya tenang, biar kami yang tanggung. 

(kecepatan bicaranya sekitar 100km perjam) penipunya sudah terbiasa, jadi ngomongonya cepet banget.

Saya: Oh begitu ya. tapi saya pengennya COD.

Penipu: Tapi berhubung bapak belum punya kartu member dari toko kami, jadi kami sarankan belinya lewat online saja. bagaimana? nanti kami akan segera secepatnya mengirim barang lewat JNE. mungkin besok barang sudah sampai. ongkir biar kami yang tanggung.

Saya: berarti ngga bisa COD ya, oke nanti saya pikirin dulu mas .

Penipu: silahkan, nanti apabila bersedia membeli, segera konfirmasi ke nomer ini ya.

Saya: Oke terimakasih

Tak lama berselang setelah saya telpon, penipu ini mencoba sms saya untuk memberikan kepastian dalam membeli barang. 
SMS lanjutan dari penipu
Sebelumnya saya pernah mengobrol dengan kakak saya, Supaya hati-hati kalau beli handphone Melalui media online dengan harga murah, soalnya teman kerjanya sudah banyak yang tertipu karena tertarik dengan harga yang ditawarkan sangat murah dan banyak bonusnya. Akhirnya saya memutuskan untuk Tidak Melakukan Transaksi Transfer. Kenapa saya menganggap ini sebagai penipuan? berikut ini beberapa poin yang mencurigakan:
  • Tidak bisa COD
    OLx menyarankan calon pembeli untuk transaksi via COD (cash on delivery), pembayaran di tempat dengan bertemu langsung antara penjual dan pembeli. Baca Informasinya disini
  • Harga sangat miring hampir 50 %
    Setelah saya cari harga lenovo a7000 sebenarnya itu masih sekitar Rp 2.300.000 atau hampir 2 kali lipat dari harga yang di tawarkan oleh penipu
  • Banyak bonus
    Sudah murah, Dapat banyak bonus. Siapa yang tidak tertarik? Tapi itu hanya sebuah pancingan agar menarik perhatian calon pembeli. bonus yang di tawarkan: memori 16 Gb, anti gores, Hard case back cover dan handsfree.
  • Gratis ongkir
    Selain dapat banyak bonus dengan harga barang yang sangat murah, Dapat fasilitas gratis ongkir (ongkos kirim) juga. bikin calon pembeli jadi makin berminat
  • Di janjikan Barang cepat sampai.
    barang di janjikan cepat sampai, kalau perlu pakai sistem ojek online, supaya terlihat memberikan sebuah kepastian, kalau jualannya beneran. padahal cuma kedok doang.
Setelah diselidiki lebih lanjut, beberapa hari kemudian iklannya di hapus oleh penjualnya dan merubah nama toko atau merubah nama penjual, Akan tetapi nomer handphonenya tetap sama. Tidak percaya klik aja disini, terus silahkan anda search di google nomer ini 083136024222. Ternyata bukan hanya di Olx saja para penipu melancarkan aksinya. di FJB (forum Jual beli) kaskus juga di manfaatkan para pelaku untuk menarik perhatian calon pembeli. cek aja disini, selain nomer tadi ada lagi nomer yang harus di curigai seperti 081998444926.

Tips penting dari Olx agar jual beli aman dari penipuan
  1. Hati-hati dan waspada Keamanan Anda sangat penting bagi kami, namun terkadang, bahkan di sini ada yang berusaha untuk berbuat jahat, jadi hati-hati dengan iklan yang menawarkan dengan harga lebih murah dan ditulis dengan kata-kata yang sangat menarik. 
  2. Waspada soal pengiriman OLX.co.id adalah sebuah situs yang terdiri dari iklan lokal, jadi diharapkan pembeli untuk menerima barang yang dibeli secara pribadi. 
  3. Jangan transfer uang bayarlah saat bertemu dan setelah memeriksa secara menyeluruh dari barang yang diminati. Jangan pernah mentransfer uang di muka sebelum bertemu
BACA Juga: Pengalaman Transaksi AMAN Jual Beli Online Di OLX.

Saya sarankan untuk membeli barang di Olx lebih baik baca Tipsnya disini, karena di Olx kebanyakan tidak memakai sistem rekber (rekening bersama) seperti Bukalapak dan Tokopedia. Tapi sebenarnya di Olx (ex Toko bagus + Berniaga) cara transfer paling aman bisa menggunakan Top Up saldo OLX, dimana Pengguna akan diarahkan ke situs pemrosesan pembayaran oleh pihak ketiga dan pengguna secara pribadi bertanggung jawab atas keamanan pembelian Saldo OLX tersebut, termasuk dalam hal pengungkapan informasi pribadinya. Semoga dengan pengalaman ini semuanya tidak ada yang sampai tertipu, soalnya sudah banyak yang tertipu membeli barang di olx dengan cara Transfer. Terimakasih.

82 komentar:

  1. Emang bener mas sekarang banyak yang kayak gitu, beberapa waktu yang lalu teman saya juga punya pengalaman persis seperti Mas Fazri saat mau beli netbook.

    Dan kadang barang yang dijual dengan harga miring adalah barang bodong mas. Makasih shrenya. Lama ndak kunjung kesini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Olx metode pembayaran utamanya pakai sistem rekber (rekening bersama) saya pasti percaya mas, Tapi kalau lewat Transfer langsung ke rek penjual yang "fiktif" saya sangat ragu. soalnya sudah banyak yang terkena tipu...

      Untuk barang dengan harga miring memang sangat ampuh menarik perhatian mas, soalnya barang yang paling murah itu banyak diminati pembeli...

      Delete
  2. Untung nggak jadi sampai tertipu ya mas achmad, dari pengalamannya bener tuh ya jadi penting banget mengenai COD cash on delivery biar nggak kena tipu... COD lebih aman ya mas acmad... makasih masukannya mas achmad tentang belanja di internet... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari awal saya sudah curiga mas, mangkannya saya tidak langsung mengambil keputusan untuk membeli handphone tersebut. Ya siapa tau buat tambah pengalaman buat teman blogger lainnya, agar waspada kalau mau beli hape lewat media online. kalau mau beli barang mending lewat REKBER, soalnya kalau barang tidak sampai dalam beberapa hari, maka uang kita akan kembali

      Delete
    2. Iya mendingan lewat REKBER ya mas achmad kalo gitu, kalau nggak ada barang uang kembali, jadi nggak akan rugi... :)

      Delete
    3. Iya, saya juga sering balik uangnya, dikarenakan lamanya respon dari penjual. memang penjualan sistem rekber itu sangat aman.

      Delete
    4. Siiipppp mas achmad,,, makasih masukannya... :)

      Delete
    5. Iya sama sama mas diar, semoga bermanfaat

      Delete
  3. Sampai sekarang saya juga masih belum berani beli barang elektronik yang harganya jutaan melalui toko online meskipun ada juga yang terpercaya COD emang cara paling aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya malah suka beli online mas, karena biasanya barangnya lebih murah, tapi ngga tau secara langsung kualitasnya. Metode pembayaran lebih aman itu COD dan Rekber

      Delete
    2. Soal hp saya selalu pasan online
      Tapi alhamdulillah hasilnya paten

      Delete
    3. Beli barang lewat media online harus waspada
      Karena banyak penipu yang merajalela

      Delete
  4. Bisa jadi pelajaran buat kita kedepannya nich Mas,,,agar lebih hati-hati saat ingin transaksi online

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sebenarnya saya lebih senang belanja online, tapi masih suka belanja lewat toko online yang memakai rekber, soalnya takut barang tidak sampai

      Delete
  5. Untunglah mas bisa sigap, dan dari pengalaman tersebut mas menganalisanya sungguh jadi manfaat buat kita. Memang di analisa dari jawabannya kelihatan tidak ramah dan tidak profesional.

    Benar, memang kita perlu hati-hati makasih banget mas udah mengingatkan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebuah pengalaman memang jadi poin penting agar tidak ada lagi yang terulang menjadi korban penipuan. Semoga kita selalu di lindungi. semua informasi diatas real dan bisa menjadi pengalaman untuk yang lainnya...

      Delete
    2. Alhamdulillah kalau gitu mas, saya ikut mengacungkan jempol karena berani mengungkap yang seharusnya dirahasiakan. Karena ga mudah banget buat mempublikasikan sesuatu yang fenomena ini.

      Semoga kita jadi lebih berhati-hati lagi.

      Makasih banget artikelnya.

      Delete
    3. Berawal dari sebuah pengalaman, yang diulas untuk menghindari tindak penipuan toko online. agar tidak berulang ke orang lain. saling memberitahu aja mas, Kehati-hatian emang dari diri sendiri. semoga bermanfaat ya

      Delete
  6. Kalau sejenis OLX saya masih agak ragu, tapi kalau sejenis E Commerce seperti lazada saya percaya hampir 90% pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lazada, Mataharimall, Bukalapak, Tokopedia memakai rekening pihak ke 3. atau rekber Apabila barang tidak sampai kepada pembeli dalam waktu tertentu, maka uangnya akan kembali ke saldo pembeli...

      Delete
  7. Replies
    1. Tidak usah di tandai, yg penting tau tipsnya aja supaya tidak tertipu oleh penjual nakal

      Delete
  8. bermanfaat mas info dan sarannya. ternyata gampang2 susah juga ya mau belanja online ini.
    barrti jika di ajak cod ga mau itu tandanya penipu kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak semua belanja di media online itu bisa COD mang, yang penting jangan tergiur dengan harga yang sangat miring dengan iming iming banyak bonus...

      Delete
    2. ia sih mas tapi gimana mas biasanya banyak sekali yang ktipu dengan seperti itu. kalo saya sih sekarang jarang banget blanja online. waspada dulu deh kalo begitu

      Delete
    3. Kalo mau belanja online saya saranin pakai sestem rekber mas, keamanan uangnya terjamin, jika barang tidak sampai, uangnya bisa balik lagi ke saldo kita

      Delete
    4. rekening bersama atau rekening pihak ke 3, yang menampung uang transaksi atas nama perusahaan buka personal toko.

      Delete
  9. Kalau saya pernah ketipu pesan artikel 300 kata bhs indo, harganya 50000, janji seminggu sampai nggak taunya sampe berganti tahun blm ada nongol.

    Nggal nyadar jg kalau hrg miring abis...rupanya bodong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mas daniel punya pengalaman juga ya. Transaksi lewat media online itu memang sulit dibedakan benar atau tidaknya...

      Delete
  10. itulah kenapa kalau saya hp lebih suka dateng langsung, karena bisa lihat barangnya sekalian bayar. harga aneh memang menjadi tanda utama penipuan online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi tidak semuanya penipu kok mas, Hanya beberapa orang aja yang memanfaatkan jaringan online untuk menipu terutama di Toko online

      Delete
  11. Iya mas, emang bener bener harus extra hati hati. kalau aman ya pakai rekber. Kalau ane mah mending COD kalau brg elektronik.
    Dulu waktu mau beli kamera ada di situs o*x juga. Ada kamera murah domisilnya Semarang, kan deket tuh sama tempat tinggal ane ( Kendal ). Ane sms si dia ehh katanya tokonya adanya di Solo nanti bayarnya via transfer. Yaudah enggak ane bales aja dari pada tambah panjang urusanya. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. COD kelemahannya pada jarak penjual dan pembeli, harus sama sama dekat satu area. untungnya ngga jadi beli ya, emang harus ekstra hati hati

      Delete
  12. aduh jadi ingat waktu dulu kang, abah kan tertarik dengan mobil yang iklan di olx. kata sipenjualnya harus DP dulu, padahal abah mau beli cas tp ko ada DP -DP segala. pas diajak ketemuan sama abah, sipenjual bilang mobilnya sudah di DP in. ada2 saja. mau beli cas saja harus ada DP aneh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mobil jangan beli online transfer abah, soalnya harganya ngga murah tuh, mending COD (ketemuan) biar bisa tau spek mesinnya. minta DP tapi belum kenal jangan mau, itu modus penipuan

      Delete
    2. iya kang alhmadulillah ga jadi. oh iya gimana kabarnya kang mudah-mudahan dalam keadan sehat amiin

      Delete
    3. Alhamdulilah sehat abah, Tapi sedikit sedih karena klub kesayangan sedang mengalami kekalahan

      Delete
  13. klo di tokopedia aman ga ya om, ada rencana beli dsitu soal nya dalam wktu dekt ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman kok mba, di jamin. soalnya pakai sistem rekber dari tokopedia, Kalo barang ngga sampai dalam beberapa hari, uang akan otomatis kembali ke saldo kita

      Delete
  14. utnung saja bisa waspada bang, penipuan online ini kok susah banget ya diusut, padahal mereka kan terang2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antara punya bekingan aparat atau emang sangking banyaknya penipu, jadi ngga pernah abis tuh kalau ketangkap.

      Delete
  15. olx memang menyarankan untuk cod ya mas dan kita bisa pilih daerah yang deket dijangkau :)
    tapi kalo harga miring banget memang meresahkan juga.hehe
    kalo emang gamau dijaka via toped atau bukalapak ya udha mending ga jadi mungkin penipu ya mas :)
    memang harus hati2 banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau di Olx emang harus ketemuan baru deal. kalau mau transfer juga harus pakai topup Olx, bukan transfer ke rekening langsung penjual. ya sistem tokopedia dan bukalapak itu memang sudah bagus. Harus waspada, sering sering cari informasi.

      Delete
    2. nah itu dia mas, jadi mencoreng semua penjual online.padahal ga semua penjual online itu penipu kan gara-gara ada beberapa oknum akhirnya banyak toko online terkena imbasnya :)

      Delete
    3. iya mas, tapi saya tidak bermaksud menjelekan semua toko online ya. karena banyak toko online yang jujur dan true trust.

      Delete
  16. Iya walau zaman telah teknologi
    Wajib tetap berhati-hati
    Agar tidak rugi
    Dari yang ingin kita beli...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknologi sudah semakin berkembang
      Banyak diminati semua orang
      Karena kemudahannya buat orang jadi senang
      Tapi banyak penipu memanfaat peluang

      Delete
  17. waduh harus hati2 nih kalo mau beli barang di toko online.
    soalnya aku juga mau cari2 hp di situs e-commerce mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serba serbi keanehan toko online itu pasti ada. antara nyata atau fiktif belaka. emang harus hati-hati supaya tidak tertipu

      Delete
  18. Dengan semakin canggih teknologi kita di mudahkan berbelanja tanpa harus repot-repot pergi ke tokonya. Namun seiring maju teknologi maka kejahatan pun semakin banyak. Sebagai konsumen kita di wajibkab untuk selalu waspada dari tindakan kejahatan atau penipuan.

    Tips ini sangat bermanfaat bagi yg ingin membeli produk secara online.

    Thanks mas sudah berbagi pengalaman dan tipsnya kepada kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, semakin ada kemudahan, pasti ada sebuah kejahatan. sebagai konsumen memang harus waspada jangan terkecoh dengan harga yang murah. semoga bisa bermanfaat agar tidak terkena penipuan.

      Delete
  19. sejauh ini saya belum pernah belanja di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olx sebenarnya hanya sebagai sarana iklan jual beli barang second, yang disarankan untuk COD (ketemuan) bukan transfer.

      Delete
  20. terima kasih atas artikel nya membuat saya lebih berhati-hati lagi walau pun sudah terkenal tapi belum tentu aman semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin terkenal, semakin banyak oknum penjual yang nakal, hati-hati...

      Delete
  21. Sekarang memang harus super hati-hati mas. Banyak tukang tipu yang mau ambil kesempatan dan keuntungan. Untungnya mas nggak sampai ketipu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kalau tidak dikasih tau kakak saya, pasti akan kena tipu gan, karena tergiur dengan harganya itu sangat murah, tapi untungnya ngga sampai transfer uang, jadi masih aman

      Delete
  22. berarti kalau mau beli di OLX memang kita harus bayar secara langsung ya mas, tanpa ada jalur transfer, sebab bisa ketipu nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau transfer pakai saldo topup Olx, jangan transfer ke rekening penjual secara langsung mas

      Delete
  23. Kalau domisilinya masih di jabodetabek enakan pakai sistem COD ya mas...lebih aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas sonny, kalau masih satu area sama lokasi penjual. mending COD, tapi di tempat yang umum, bawa teman. biar lebih aman.

      Delete
  24. Ini dia info yang sangat bermanfaat mas, bagus nih kalo di share dan memberikan nomer yang di gunakan penipu ke publik, agar tidak ada yang tertipu dengan kedok jual handphone murah banyak bonusnya.

    Mungkin tuh hp buatan dia (penipu) sendiri kali mas. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomernya sengaja tidak di sensor, karena bukan cuma di OLX aja pelaku beraksi, tapi di kaskus juga banyak sekali produk yang dijual oleh pelaku ini... harus selalu waspada, jangan mudah terpancing dengan harga murah

      Delete
  25. makasih info pentingnya mas, saya catat no hp penipunya biar ga kena tipu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga terlindungi dari tindak penipuan.

      Delete
  26. Replies
    1. iya harus hati hati kalau bertransaksi dengan cara transfer. mending pakai sistem rekber atau COD aja

      Delete
  27. semoga aku nggak tertipu seperti korban2 sebelumnya, Aminnn :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. semoga selalu dihindari dari para penipu

      Delete
  28. kayaknya mas fazri dah pengalaman betul transaksi di berbagai macam portal e commerce, kia kira yang paling kece yang mana niiii???karena postingannya olx, ya olx kalik ya jawabannya hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah bertransaksi tukar tambah handphone di olx. dan berhasil. tergantung penjualnya aja mba, lebih baik COD. atau pakai rekber

      Delete
  29. Informasinya sangat bermanfaat mas fazri, soalnya saya juga sering belanja online.
    Kayaknya perlu lebih berhati hati lagi untuk belanja online

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harus hati hati dalam setiap transaksi di dunia maya

      Delete
  30. Saya juga suka ragu kalau mau beli online. Saya hanya percaya yang betul2 punya rekening seperti lazada, tokopedia, blibli, dll. Itu pun awalnya saya beli yang murah-murah, ya kalau tertipu ngga sakit2 banget pikir saya begitu.

    ReplyDelete
  31. Saya juga hampir kena tipu di OLX tapi bisa segera sadar dan selamat. Itu tips nya bagus banget mas, harus di share nih. Mungkin bukan OLX saja, kita juga harus waspada dengan belanja online dimanapun situsnya.

    ReplyDelete
  32. Makasih nih infonya, teliti sebelum membeli, klo barang eletronik utamakan cod, klo obat2an/suplemen/herbal perhatikan kejelasan perusahaan/distributornya

    ReplyDelete
  33. sorry ne mas fajri sy sebagai penjual di olx, malah sebaliknya mau ditipu oleh pembeli.. beda dengan yg mas bilang. modusnya saat pembeli berminat namun tidak meminta tawar,, alias barang mau dibeli dengan harga berapapun. dan pada saat bertransaksi dia seolah olah sudah mengirimkan uang sebagai tanda bukti. namun saat diminta bukti transfer dia tidak mau memberikannya dengan alasan tidak memiliki BBm,Wa,Maupun alamat email. ujung2nya dengan perintah dari bank uang yang sudah ditransfer ternyata mengalami troble dan pihak penerima dengan alamat bank apapun diminta untuk memiliki saldo minimal 500rb jika tidak ada diminta untuk setor tunai dahulu sebesar nominal itu..
    hati2 juga pagi para penjual di olx. dengan modus tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya keduanya harus waspada juga, baik itu penjual maupun pembeli. kalau bisa transaksinya COD aja, lebih aman. Tapi banyak juga yang Palkor

      Delete
  34. kalo melihat gelagatnya memang ini mau menipu. makanya diajak COD tidak mau. namanya transaksi lewat online bagaimanapun harus waspada.

    nice info gan

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post