................................... ...................................
Agen Bola Tags Populer: #Contoh Proposal #Contoh Surat #Autolike Update #Belanja Online
Wednesday, September 28, 2016

Pengalaman Cara Transaksi Aman Jual Beli di OLX

Transaksi Aman Jual Beli di Olx
Transaksi Aman Jual Beli di Olx  
Salam Blogger, Pengalaman Transaksi Aman Jual Beli di OLX - Media iklan sekarang tidak selamanya berbayar, Karena sudah ada wadah untuk jual beli barang bekas yang masih bagus secara gratis. dimana lagi kalau bukan di OLX. iya Olx merupakan sebuah situs website iklan baris terbesar di indonesia yang di harapkan dapat mempermudah semua orang dalam membeli atau menjual produk serta jasa. OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas yang berkualitas seperti produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa, serta ada juga lowongan kerja. 

OLX.co.id merupakan gabungan dari 2 situs jual beli online ternama yang sebelumnya adalah Tokobagus.com dan Berniaga.com. keduanya merupakan situs iklan baris online terbesar di Indonesia. OLX.co.id menjadi perantara yang mudah bagi para penjual untuk memasang iklan agar dapat dengan cepat menjual barangnya secara cepat dan tepat, sekaligus menjadi media bagi pembeli dalam mencari berbagai macam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhannya. Barang yang dapat dicari dari situs OLX mulai dari kendaraan seperti mobil motor, barang elektronik seperti handphone, komputer, foto dan lain sebagainya. selain itu di OLX juga menjual Peralatan rumah tangga, hingga lowongan kerja dan layanan lainnya. 

OLX menyediakan pasang iklan gratis. Dalam melakukan transaksi di OLX juga tidak dikenakan biaya. Tidak hanya itu, OLX juga dapat menjadi sarana penjualan yang sangat baik. karena merupakan situs yang friendly di search engine, karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine seperti Google juga akan menemukan iklan tersebut. OLX Indonesia memiliki slogan "Cara Tepat Jual Cepat".

Lalu Bagaimana Cara Transaksi Aman dalam Jual Beli Online di Olx?

Pengalaman saya bertransaksi di Olx yaitu dengan cara COD (Cash On Delivery) bertemu langsung dengan penjual. Karena jika bertransaksi menggunakan Transfer ke Penjualnya langsung, saya Takut tertipu. Baca: Pengalaman Hampir Tertipu Belanja Di OLX. Saya bertransaksi di OLX bukan membeli barang. akan tetapi Tukar tambah Handphone. berikut ini cara bertransaksi di Olx.

Pertama:
Download Aplikasi
Download dulu aplikasinya. dari Handphone android bisa download Google playstore atau dari iphone download di Apple Store, kalau mau simpel buka saja di browser Olx.co.id
Tampilan Olx.co.id
Tampilan Olx.co.id

Kedua: 
Mencari Barang
Cari Barang yang menurut anda layak untuk di beli atau di tukar tambah. Jangan sampai anda membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan. nanti malah barang yang di beli tidak terpakai juga.
Transaksi tukar tambah di olx
Transaksi tukar tambah di olx
Pengalaman saya pertama dalam bertransaksi melalui OLX yaitu mencari handphone zenfone 2 yang memiliki memori ram 4 Gb rom internal memori 32 Gb, Tadinya ingin beli baru, Tapi disini saya mau mencoba Tukar tambah dengan handphone Pixcom Oddysey. Baca Beli Handphone Murah di Toko Online. Dengan tukar tambah, pembayaran pun juga lebih sedikit ringan. Syukur syukur dapat handphonenya masih mulus.

Ketiga:
Cek lokasi
Kalau bisa transaksi dengan cara  ketemuan atau bisa di katakan dengan COD (Cash on Delivery). Pilih Lokasi terdekat, Jangan sampai lokasi penjual sangat jauh dengan lokasi anda. Karena pengalaman saya pernah COD (ketemuan) untuk melihat barang. Akan tetapi barangnya masih tidak sesuai dengan keinginan saya. Jadi percuma datang jauh jauh tetapi tidak jadi transaksi. Kalau bisa cari lokasi yang terdekat dengan tempat tinggal anda.
Filter lokasi transaksi olx
Filter lokasi transaksi olx
Dalam Transaksi di Olx saya menyaring lokasi hanya di daerah bekasi saja. supaya ketemuannya tidak terlalu jauh. Akhirnya saya menemukan penjual yang lokasinya masih di daerah bekasi. Kami pun sepakat untuk ketemuan di dekat Naga Swalayan Tambun.

Keempat:
Lihat Kondisi Barang. 
Periksa keterangan barang yang akan di beli baru atau bekas. Jangan sampai anda membeli barang bekas dengan harga barang baru, Yang ada anda akan rugi.
Jual Butuh Asus Zenfone 2
Jual Butuh Asus Zenfone 2
Jika anda beruntung, ada penjual yang menjual barang bekasnya dalam keadaan baru pakai beberapa hari. Karena Butuh Uang, Penjualnya ingin jual barang tersebut. Pengalaman saya dalam Tukar Tambah Handphone di Olx bertemu dengan orang yang sedang Butuh uang. akhirnya saya mencoba menghubungi untuk mengajak Tukar tambah dengan handphone yang saya pakai

Kelima:
Baca Deskripsi Produk
Untuk membeli barang bekasi, Penjual yang baik biasanya akan memberikan semua informasi tentang barang yang akan di jual. Seperti tanggal pembelian barang, Produk yang dijual ada minusnya atau tidak. Kelengkapan barang. dan spesifikasi barang sudah pernah di servis atau belum.
Contoh: 
  • Pembelian Handphone Second. Biasanya yang banyak ditanya adalah Kelengkapan barang seperti: Charger Masih asli, Box atau Kardus, Handsfree, Surat surat dan Nota pembelian
  • Pembelian Kendaraan Bekas: Pajak masih aktif atau tidak. Ada minusnya atau tidak. Surat surat komplit atau tidak, seperti STNK, BPKB dan Faktur pembelian. dan lain lain
Contoh Deskripsi Produk Olx
Contoh Deskripsi Produk Olx 
Hati-hati dalam bertransaksi jual beli handphone, bisa jadi handphone yang di beli tersebut produk Replika alias palsu. untuk handphone yang ingin saya tukar tambah yaitu zenfone 2 yang ram 4gb rom 32gb. Ada cara untuk mengetahui handphone asus asli dan palsu. cukup buka kalkulator di perangkat asus lalu ketik (.12345+=) tanpa tanda kurung. ternyata handphone yang saya tukar masih asli dan segel

Keenam:
Lihat Kontak Penjual
Dalam Olx tersedia beberapa kontak yang dapat di hubungi seperti Telp Penjual, Sms Penjual, Chatting Penjual, Whatsapp penjual dan BBM penjual. Namun tidak semua penjual mengaktifkan kontak tersebut. yang pasti nomer handphone harus ada.
kontak penjual olx
kontak penjual olx
Kalau saya suka bertanya lewat SMS. karena kalau konfirmasi via Whatsapp dan BBM terlalu privasi sekali. dari 15 orang yang saya sms untuk melakukan penawaran, hanya ada 2 orang yang respon. orang yang pertama mengajukan tukar tambah handphone pixcom + 1.8 Juta ketemuan di summarecon bekasi dan satu lagi minta tukar tambah 1,4 juta ketemuan di naga swalayan tambun. Akhirnya saya pilih yang orang nomer 2. tukar handphone lama saya Pixcom + nambah 1,4 Juta.

Ketujuh:
Ketemuan & deal
Sesuai dengan slogan nya yang dahulu "klik, ketemuan, deal" apabila anda cocok, silahkan melakukan transaksi Cod atau ketemuan. karena cara ini benar benar efektif. anda tidak perlu takut untuk melakukan transaksi. karena anda bisa lihat barang dan mengecek sepuasnya sebelum memutuskan untuk membeli atau tukar tambah.
Transaksi Aman Jual Beli Olx
Transaksi Aman Jual Beli Olx (Dokumen pribadi)
saya pun pernah melakukan COD atau ketemuan disebuah lokasi yang sudah ditentukan bersama. Tepatnya di depan Naga swalayan tambun bekasi. waktu itu sekitar jam 10 malam. dengan catatan: dalam melakukan transaksi COD harus membawa teman yang mengerti tentang barang yang akan di beli. sekaligus jaga jaga kalau terjadi tindak penipuan. karena teman yang kita bawa selain bisa mengetahui atau menilai barang, bisa juga menjadi bodyguard. ini dia handphone zenfone 2 Ram 4GB yang sudah saya pakai.
zenfone 2 Ram 4GB
Zenfone 2 Ram 4GB (Dokumen pribadi)
Apabila ingin bertransaksi lebih baik pakai sistem ketemuan atau pakai pembayaran Rekber (rekening bersama) dari olx. Jangan sekali-sekali anda bertransaksi langsung transfer kepada penjualnya, Karena siapa tau itu penjual hanya Fiktif. Tapi ada juga calon pembeli yang fiktif hanya Palkor (Penipu). Sekian Pengalaman saya tentang Transaksi Aman Jual Beli OLX. pengen upgrade handphone? tukar tambah aja di olx.
.::Semoga Bermanfaat::.

18 komentar:

  1. Saya pernah ketipu di OLX waktu saya mau beli handphone, dan setelah itu saya gak berani lagi berbelanja di OLX :( takut terjadi yang kedua kalinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau transaksi yang aman di OLX pakai sistem COD aja. karena kalau transfer selain ke rekber OLX banyak yang ketipu.

      Delete
  2. Sayangnya di OLX ini gak ada sistem Rekbernya yaa mas, kalau ada pasti lebih aman tanpa harus ketemuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Saldo OLX hanya bisa untuk mempromosikan Iklan. untuk transaksi aman memang dengan ketemuan langsung dengan calon pembeli/penjual

      Delete
  3. Kalau sudah ada bukti kaya ginimah jadi gak bakalan ragu lagi nih kang untuk mencoba berbelanja di olx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi harus tetap waspada kang. teliti dalam transaksinya.

      Delete
  4. koncoku kok bar keno tipu penjual neng olx mas,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati mas dalam transaksi di dunia maya, Jangan mudah percaya dengan harga murah, harus ketemuan supaya lebih aman

      Delete
  5. Replies
    1. iya harus tau betul informasi penjual/pembeli. supaya sama sama enak transaksinya

      Delete
  6. sangat mmembantu tipsnya, memang olx banyak oknum2 penipu terutama jual beli motor harga gak masuk akal

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending COD (Ketemuan) aja langsung, jangan pakai sistem transfer kirim barang.

      Delete
  7. Tulisan akan pengalaman ini sangat berguna banget nih bagi orang awam yang masih ragu untuk membeli sesuatu di OLX :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah sering transaksi di OLX mas, Harus Ketemuan langsung cara terbaik untuk menghindari penipuan

      Delete
  8. Mantap mas, info yang sangat lengkap. Tapi sekarang OLX seperti agak sepi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak yang transaksi kok di OLX. saya kemarin habis transaksi Jual beli Motor melalui OLX. masih banyak yang cari.

      Delete
  9. Yang penting selalu hati-hati dalam berbelanja online. Mungkin lebih baik bertanya dulu sebelum membeli ke banyak orang yang pernah berbelanja online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. saya sarankan mending transaksinya ketemuan di rumah calon penjual aja lebih aman. kalau transfer langsung ke orangnya bisa beresiko.

      Delete

Silahkan Berkomentar Sahabat. Jangan malu untuk menulis komentar. Pembaca yang baik akan selalu berkomentar Positif. Semoga komentar anda dapat memberi inspirasi bagi penulis. Dimohon untuk tidak berkomentar dengan Kata-kata yang dianggap tidak sopan. "Komentar Akan di Moderasi" Terimakasih dan Mohon Maaf Jika Komentar Lambat di Respon... Tinggalkan jejakmu Dibawah ini:

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Waktu untuk Berkomentar

Linkon Bedava - Free Backlink
free counters
Quick Random Post